Materi Microsoft Word yang Paling Banyak Digunakan Untuk Kerja

Microsoft Word merupakan aplikasi perkantoran yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan kata, dan surat menyurat lainnya. Pada jendela kerja aplikasi ini terdapat banyak tools yang memiliki fungsi beragam, tapi tidak semua tools tersebut acapkali digunakan, hanya tools-tools tertentu saja yang paling banyak digunakan. Karenanya sebagai penyelenggara layanan pelatihan, seperti lembaga kursus komputer, perlu kiranya memetakan tools yang paling banyak digunakan dalam dunia kerja tersebut menjadi materi kursus komputer prioritas.

materi microsoft word di dunia kerja

Memetakan materi kursus prioritas dalam silabus pembelajaran yang dibuat oleh lembaga kursus komputer tersebut sangat penting untuk menjaga kualitas lulusan dan manfaat kemampuan bagi peserta kursus. Dan, tentu efesiensi waktu dan materi. Ukuran kualitas lulusan apabila mereka setelah lulus bisa bekerja dengan kemampuan yang diperolehnya setelah mengikuti kelas kursus. Ukuran manfaat kemampuan bisa dilihat apabila materi yang diperolehnya selama mengikuti kelas kurus mampu menyelesaikan bidang pekerjaanya. Ukuran efesiensi waktu dan materi ukurannya tidak banyak waktu yang terbuang oleh peserta kursus hanya untuk mempelajari tools-tools yang jarang digunakan di dunia kerja.

Menentukan Materi Prioritas MS Word

Langkah-langkah / cara menentukan materi kursus komputer paket Microsoft Word yang prioritas dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut;

1). Evaluasi SKL Kursus Komputer
Pedoman utama penyusunan materi kursus komputer adalah Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Dalam SKL penyelenggara pelatihan dan kursus komputer bisa melihat standar materi yang harus diberikan kepada peserta pelatihan/kursus komputer. SKL kursus komputer aplikasi perkantoran sendiri terdiri dari 10 elemen standar materi, mulai dari mengenal ragam materi piranti lunak pengolah kata sampai kepada materi mencetak dokumen.

Lihat / unduh File Standar Kompetensi Lulusan (SKL) kursus komputer Ms Word disini

Dari 10 elemen standar materi tersebut, penyelenggara bisa mengevaluasi kembali, elemen mana saja yang perlu diberikan dan yang tidak perlu diberikan kepada peserta kursus. Misalnya pada elemen mengenal piranti lunak pengolah kata, bisa saja dihilangkan karena materi ini sifatnya teoritis, dimana indikatornya peserta kursus mengetahui jenis software pengolah kata.

2). Sesuaikan Materi Dengan SKKNI
Baca dan pelajari elemen-elemen yang terdapat dalam berkas Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) untuk mengetahui elemen materi apa saja yang dibutuhkan dalam dunia kerja saat ini.

Dengan memahami SKKNI, penyelenggara kursus komputer akan berdiskusi dengan pembuat silabus kursus komputer dan memetakan materi kursus Microsoft Word apa saja yang harus diberikan kepada peserta kursus, materi yang dipilih merupakan materi yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja berdasarkan standar yang diperolah pada SKKNI tersebut.

Materi kursus komputer Ms Word yang dipilih dijamin merupakan materi yang paling banyak digunakan di dunia kerja, alias materi siap kerja. Semua elemen yang terdapat dalam SKKNI tentu hanya standar, pada pengembangannya penyelenggara bisa menetapkan standar yang lebih tinggi dari elemen materi yang terdapat pada SKKNI tersebut dengan memperhatikan relevansi dan kebutuhan dunia kerja yang menggunakan aplikasi perkantoran Ms Word.

3). Melibatkan Dunia Industri
Agar materi kursus komputer yang akan diberikan kepada peserta kursus benar-benar merupakan materi siap kerja, maka penyelenggara kursus komputer bisa melibatkan dunia industri.

Cara melibatkan dunia industri dalam penyususnan kurikulum kursus komputer bisa berbagai skema, ada yang dengan mendatangkan langsung perwakilan industri dan duduk bersama membicarakan kebutuhan industri terkati penggunakan aplikasi komputer, atau penyelenggara kursus yang datang langsung ke industri sekitar baik dalam bentuk kunjungan link and match maupun bentuk kunjungan lainnya yang intinya penyelenggara kursus bisa memperoleh informasi terbarukan seputar kebutuhan industri pada bidang penggunaan apliksi perkantoran.

Materi Ms Word yang Paling Banyak Digunakan

Ada banyak sekali materi pada penggunaan aplikasi perkantoran Microsoft Word ini. Dalam satu menu saja terdapat banyak sub menu yang bisa dikelola menjadi varian materi kursus, yang kalau di cetak akan berlembar-lembar. Tapi dengan melihat SKKNI dan kebutuhan dunia kerja, maka munculah SKL yang ditetapkan oleh masing-masing penyelenggara kursus komputer.

Berikut beberapa materi kursus komputer pengolah kata Ms Word yang paling banyak digunakan dalam menyelesaikan pekerjaan pengetikan di dunia kerja;

1). Materi membuat surat
Materi ini terdiri dari sub sub materi pengolahan teks untuk kebutuhan surat menyurat. Tools yang harus dikuasai oleh peserta kursus antara lain;

  • Pemformatan Font (memilih jenis huruf, ukuran huruf, warna huruf, memiringkan, menebalkan, memberi garis bawah, subscript, superscript dan pemformatan teks lainnya)
  • Pengaturan Paragrafh (pengaturan tabulasi ruller, jarak spasi, rata kiri kanan paragrafh)
  • Border (cara menambahkan border untuk kop surat, memilih style border, dll)
  • Penomoran (bullet dan numbbering)
  • Table (menyisipkan, dan pengaturan lebar tinggi tabel)
  • Insert Pictuer (menambahkan logo, dll)
  • Symbol (menyisipkan simbol matematika, dll)
  • Header & Footer
  • Page Number
  • Mail merge (membuat surat berantai, dll)

2). Materi membuat Tabel dan Grafik
Membuat tabel data merupakan salah satu kompetensi wajib yang harus dikuasai peserta kursus, dilanjutkan dengan visualisasi data pada tabel tersebut dalam bentuk chart/grafik

  • Insert table (menambahkan kolom baris tabel, menghapus baris kolom tabel, mewarnai kepala tabel, repeat header table, dll)
  • Import table dari excel
  • Insert Chart (memilih jenis grafik, modifikasi tampilan grafik, dll)

3). Membuat dokumen
Tools yang sering digunakan untuk pengolahan dokumen di ms word ini;

  • Margin (menentukan batas garis tepi)
  • Paper (menentukan ukuran kertas yang digunakan)
  • Orientation (pengaturan posisi kertas, landscape atau potrait)
  • Memberi nama dokumen
  • Merename nama dokumen
  • Column (membuat kolom)
  • Copy & paste
  • dan materi yang terdapat pada materi pengetikan lainnya

4). AutoCorrect dan Replace
Materi ini sangat diperlukan untuk kemampuan mengetik yang lebih cepat dan merubah teks melalui pencarian dan duplikasi secara masal (replace)

  • Autocorrect (menambahkan teks yang sering digunakan)
  • Find (mencari teks yang akan dimodifikasi)
  • Replace (mengganti teks secara otomatis)

5). Menyimpan dan mencetak dokumen
Kemampuan menyimpan dokumen pada direktori komputer dengan tepat, dan kemampuan mencetak dokumen ms word dengan tepat, merupakan materi yang harus dikuasai oleh peserta kursus;

  • Save /Save As (memahami cara menyimpan dokumen ke direktori tertentu)
  • Print (memahami prosedur mencetak dokumen Ms Word dengan tepat sesuai dengan pilihan jenis printer yang digunakan)

Materi-materi tersebut nantinya disusun secara terstrukur dalam bentuk silabus dan media belajar peserta kursus komputer berupa modul kursus komputer Ms Word.

Penutup Bahasan

Sebagai penutup bahasan, saya rekomendasikan kepada para penyelenggara kursus komputer semuanya, untuk mengelola paket kursus yang dijualnya kepada masyarakat dengan benar. Artinya, paket kursus yang dijual tersebut benar-benar materi yang dibutuhkan di dunia kerja, bukan sekedar materi penguasaan aplikasi Microsoft Word semata. Dengan sekali ikut kursus komputer Microsoft Word di lembaga anda, para peserta kursus tersebut sudah terampil menyelesaikan semua pekerjaannya yang berkaitan dengan surat menyurat dan pengolahan dokumen lainnya yang menggunakan aplikasi Ms Word.


Dapatkan Modul Komputer Pilihan Dibawah ini:

Lihat produk-produk Modul Komputer kami Disini

BONUS:
Tiap paket modul yang anda beli sudah dilengkapi dengan BONUS-BONUS modul komputer menarik lainnya. Dan BONUS administrasi mengajar, administrasi kursus, template sertifikat, dan contoh proposal pendirian lembaga kursus komputer.

CARA PESAN MODUL:
Pesan / Order modul yang anda pesan melalui SMS/WA ke nomor: 0813 1951 3609
Contoh: "Order Modul TIK SD, Bapak Abdul, Jakarta"

ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP