Standar Kompetensi Lulusan Kursus dan Pelatihan Komputer Aplikasi Perkantoran

Standar kompetensi lulusan Kursus Komputer ini perlu dipahami oleh para pembaca modulkomputer.com yaitu pengelola lembaga kursus dan pelatihan komputer. Hal ini untuk menjaga kualitas kompetensi lulusan agar memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah, yaitu standar kompetensi kerja nasional (SKKNI). Apabila kompetensi lulusan sudah memenuhi sesuai dengan regulasi yang diterbitkan pemerintah tersebut berarti pengelolaan lembaga kursus sudah baik. Tapi jika belum memenuhi standar yang ditetapkan, maka segera memperbaiki program pembelajaran untuk menyesuaikan dengan standar-standar yang telah ditetapkan pemerintah.

standar kompetensi lulusan kursus komputer

Setiap penyelenggara atau pengelola lembaga kursus komputer harus memperhatikan edaran yang diterbitkan oleh pemerintah terkait standar kompetensi lulusan. Standar yang ditetapkan pemerintah tersebut mengacu kepada KKNI (kompetensi kerja nasional indonesia), sebagai kemampuan standar yang harus dimiliki oleh para lulusan kursus komputer. Tiap penyelenggara kursus boleh menetapkan standar yang lebih tinggi dari SKL pemerintah tersebut, tetapi tidak boleh mengurangi atau menetapkan KKL yang lebih rendah.

Apa itu SKL Kursus Komputer?

SKL merupakan akronim adari Standar Kompetensi Lulusan. SKL merupakan kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.  SKL adalah tolak ukur atau kriteria sukses belajar peserta didik pada suatu jenjang pendidikan tertentu, salah satunya lembaga pendidikan kursus komputer.

SKL juga merupakan gambaran profil lulusan, terutama dalam hal penguasaan keterampilan / skil sesuai bidang ilmu/keterampilan yang dipelajarinya selama di lembaga pendidikan. Kalau peserta kursus komputer, maka setelah lulus kursus nantinya harur mahir aplikasi komputer yang dia pelajari.

Kalau aplikasi komputer yang dipelajarinya adalah aplikasi perkantoran, maka setelah lulus kursus komputer, mestinya peserta kursus tersebut sudah mampu mengoperasikan komputer aplikasi perkantoran. Tentu dalam membuat SKL ini ada aturan yang telah ditetapkan oleh pembuat regulasi, yaitu kementrian pendidikan yang menaungi pendidikan non formal kursus komputer.

SKL Kursus Komputer Tahun 2019

Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 11 tahun 2019 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk lulusan kursus dan pelatihan.

Dalam permendikbud tersebut mencakup berbagai SKL untuk semua kompetensi lulusan lembaga kursus dan pelatihan, diantaranya SKL untuk lulusan kursus komputer.

Berikut merupakan SKL Kursus Komputer:

SKL Kursus Komputer Aplikasi Perkantoran

Sesuai dengan SKL pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 11 Tahun 2019 tentang kompetensi lulusan kursus komputer dan pelatihan, dibawah ini bisa dilihat SKL kursus komputer uuntuk program aplikasi perkantoran.

Kompetensi: Mengoperasikan piranti lunak pengolah kata (Wordprocessing)

Kompetensi Elemen Indikator
Mengoperasikan pengolah kata (wordprocessing) Mengenali dan mengetahui berbagai piranti lunak yang termasuk dalam pengolah kata. a. Mampu mengidentifikasi ragam piranti lunak yang termasuk dalam kelompok pengolah kata.
b. Ketepatan menggunakan ragam piranti lunak pengolah kata sesuai dengan kebutuhan.
Membuat dokumen baru, menyimpan dokumen, membuka dokumen yang sudah tersimpan. a. Mampu membuat dokumen baru, menyimpan dokumen.
b. Mampu membuka dokumen yang sudah ada dan mengedit dokumen (edit halaman).
Menu bar dan menu toolbar a. Mampu mengetahui fungsi pada menu bar dan menu toolbar.
b. Ketepatan menggunakan menu bar dan menu toolbar dengan benar.
Membuat naskah dengan format Indentasi (format paragraf, bullets, numbering, tabulasi). Ketepatan membuat bullet, numbering dan tabulasi dengan benar.
Membuat naskah dengan format kolom. a. Ketepatan membuat kolom sesuai dengan kebutuhan.
b. Ketepatan memodifikasi kolom, jarak antar kolom dan garis antar kolom seusai dengan format yang dibutuhkan.
Membuat naskah dengan format table a. Ketepatan menghitung dan membuat baris dan kolom.
b. Ketepatan mengerjakan penggabungan sel, pemecahan sel dan penghapusan sel.
c. Ketepatan menambah, menghapus baris dan kolom pada.
d. Ketepatan memodifikasi bingkai serta warna latar pada tabel.
e. Ketepatan menghitung menggunakan formula pada tabel.
Membuat naskah surat massal. a. Mampu membuat dokumen utama dan data source.
b. Ketepatan menyisipkan fields di dokumen utama.
c. Mampu menggabungkan dokumen utama dan data source pada dokumen baru.
Mengatur format & edit dokumen. a. Ketepatan mengatur format dokumen yang dibuat (ukuran halaman, margin, jenis & ukuran huruf, jarak spasi antar baris, efek pencetakan, perataan teks, header dan footer) sesuai dengan kebutuhan.
b. Ketepatan mencari dan mengganti kata pada dokumen.
c. Ketepatan memindah atau menukar paragraph dalam dokumen.
Menggunakan fitur. a. Ketepatan menyisipkan dropcap, picture, object dan Word Art pada naskah.
b. Ketepatan memodifikasi dropcap, picture, object dan Wordart pada naskah.
Mencetak dokumen. a. Mampu mengidentifikasi jenis printer yang akan digunakan untuk mencetak.
b. Ketepatan menampilkan hasil cetakan dokumen pada layar (print preview).
c. Ketepatan mencetak dokumen ke dalam media kertas atau ke dalam file tipe PDF

Dapatkan sekarang juga; Modul kursus komputer Paket Office Word & Excel

SKKNI Lulusan Kursus Komputer

SKKKNI adalah singkatan dari Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia, yaitu berupa kumpulan unit-unit kompetensi. SKKNI Memastikan Link and match dunia pendidikan dan dunia kerja. SKKNI adalah standar kompetensi yang disusun, ditetapkan dan diberlakukan secara nasional di Indonesia, proses penyusunan SKKNI, melalui tahapan adopsi dan adaptasi dari standar internasional, standar khusus, referensi, literatur maupun best practices yang berlaku.

Untuk unit kompetensi kursus komputer, bisa dipelajari pada lampiran berkas yang bisa diunduh pada tautan dibawah ini.

Unduh berkas SKKNI kursus komputer disini: SKKNI kurus komputer

Cek status valid dan pembaruan perubahan SKKNI pada situs ini; https://bpptik.kominfo.go.id/skkni/

Penutup

Demikian artikel mengenai SKL kursus komputer dan pelatihan operasi komputer ini. Artikel ini bersifat informatif. Berkas yang ada dalam artikel ini sewaktu-waktu bersifat kadaluarsa. Kami akan memperbarui dengan berkas terbaru sesuai dengan pembaruan pemegang regulasi, dalam hal ini otoritas yang mengatur perubahan peraturan. Pembaca pun diharapkan memverifikasi kembali status validitas berkas pada situs resmi yang mengeluarkan berkas-berkas pada artikel ini.


Dapatkan Modul Komputer Pilihan Dibawah ini:

Lihat produk-produk Modul Komputer kami Disini

BONUS:
Tiap paket modul yang anda beli sudah dilengkapi dengan BONUS-BONUS modul komputer menarik lainnya. Dan BONUS administrasi mengajar, administrasi kursus, template sertifikat, dan contoh proposal pendirian lembaga kursus komputer.

CARA PESAN MODUL:
Pesan / Order modul yang anda pesan melalui SMS/WA ke nomor: 0813 1951 3609
Contoh: "Order Modul TIK SD, Bapak Abdul, Jakarta"

ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP