Penggajian Instruktur di Lembaga Kursus Komputer

Seperti apa penggajian untuk instruktur di lembaga kursus komputer? Dalam artikel kali ini kami akan membahas formulasi penggajian instruktur di lembaga kursus komputer, bahasan ini sangat bermanfaat untuk anda yang baru mengelola, atau membuka lembaga kursus komputer. Instruktur merupakan bagian penting disebuah lembaga kursus komputer, tanpa instruktur lembaga kursus komputer tidak akan berjalan, karenanya sangat penting untuk memperhatikan formulasi penggajian instruktur, agar mereka nyaman bekerja di lembaga kursus anda, dengan mereka nyaman maka anda bisa mengembangkan lembaga kursus komputer anda dengan mudah.

penggajian lembaga kursus komputer

Transparansi formulasi perhitungan gaji instruktur kursus komputer sangat penting di sebuah lembaga kursus komputer, agar para instruktur mengetahui dengan sejelas-jelasnya item yang akan dihitung menjadi rincian gaji yang akan mereka terima setiap bulannya. Untuk menyusun formulasi penggajian instruktur ini perlu memahami model penggajian, jenis item yang harus dihitung menjadi nilai rupiah, dan hak-hak instruktur lainnya yang memungkinkan dimasukan kedalam rincian gaji.

Promo: Dapatkan Modul Kursus Komputer Paket Office Lengkap disini

Mari kita bahas secara seksama!

Cara Menentukan Formulasi Penggajian

Bagaimana cara menentukan, atau membuat formulasi penggajian yang tepat bagi para instruktur di lembaga kursus komputer?

Mencari tahu formulasi penggajian

Sebelum kita membuat sendiri formulasinya, sebaiknya kita melihat formulasi penggajian yang digunakan oleh lembaga kursus komputer lainnya. Untuk itu anda bisa melakukan riset, atau mencari tahu seperti apa penggajian instruktur kursus komputer tersebut di lembaga-lembaga kursus komputer di daerah anda. Kalau di daerah anda tidak ada lembaga serupa, anda bisa mencari tahu di kota lain.

Untuk apa mencari tahu formulasi penggajian instruktur komputer dari lembaga lain? Antara lain untuk mempelajari, membandingkan, dan mencari referensi beberapa formulasi penggajian instruktur kursus komputer dari lembaga lain sehingga anda bisa memilah, atau mengkombinasikan jenis formulasi yang dianggap paling relevan dengan kondisi keuangan lembaga kursus komputer yang anda kelola saat ini.

Melihat kondisi keuangan lembaga / Financial Checkup

Setelah mendapatkan formulasi penggajian instruktur komputer dari lembaga kurssu lain, dan dianggap ini yang paling relevan, kini saatnya anda berkumpul dengan manajemen dan membicarakan kemungkinan penyusunan formulasi penggajian tersebut, keputusan finalnya adalah dengan melihat kondisi keuangan saat ini dan kemungkinan dimasa yang akan datang.

Kalau anda adalah pemilik tunggal lembaga kursus komputer saat ini, secara kewenangan anda bisa menentukan langsung formulasi penggajian tersebut. Tapi secara profesional anda harus melibatkan komponen yang terlibat dalam pengelolaan lembaga kursus, termasuk para instruktur tersebut. Agar formulasi yang akan digunakan dipahami dan disepakati bersama.

Bagaimana cara melihat kondisi keuangan lembaga kursus komputer secara benar?

Salah satu metode yang bisa digunakan yaitu Financial Check up. Financial chek up merupakan pemeriksaan kondisi keuangan secara menyeluruh dengan tujuan untuk mengetahui apakah sudah sehat kondisi keuangan, jika belum tentunya sebagai bahan evaluasi untuk melakukan perbaikan kondisi keuangan di masa yang akan datang. Dan memontum melakukan financial check up yang paling tepat adalah di akhir tahun.

Apa saja yang harus diperiksa dalam melakukan financial check up tersebut?

1). Membuat neraca (total kekayaan dan total hutang)

Apa saja yang termasuk dalam total kekayaan? Total kekayaan; mulai dari properti, kendaraan, tabungan, deposito, emas, reksadana, saham dan lainnya, baik yang sudah lunas atau pun yang masih dicicil alias semua daftar kekayaan yang dimiliki oleh lembaga.  Dan nilai yang dihitung adalah nilai apabila kekayaan tersebut dijual pada saat ini.

Apa saja yang termasuk kedalam total hutang?  yang dimaksud dengan total hutang atau total kewajiban adalah semua daftar hutang yang lembaga miliki, masukkan nilai pokok hutang lembaga yang terakhir dalam daftar hutang.

Melihat neraca keuangan lembaga dikatakan sehat apabila nilai kekayaan bersih lembaga positif. Cara mengetahui positif atau tidak menurut para ahli, yaitu apabila total aset lembaga lebih besar dari total hutang atau total kewajiban lembaga.

2). Membuat Cash Flow (Pemasukkan dan Pengeluaran)

Untuk mengetahui kondisi Cash Flow yang sesungguhnya pengelola lembaga harus membuat catatan terutama kemana pendapatan yang lembaga terima dihabiskan, atau digunakan untuk apa saja. Melalui catatan kemana aliran penggunaan uang lembaga, pengelola lembaga dapat melihat apakah sudah tepat, atau banyak kebocoran disana sini, alias banyak pengeluaran yang tidak semestinya digunakan.

Melalui catatan keungan tersebut pengelola lembaga dapat melihat,  apakah kondisi keuangan lembaga saat ini sehat, pas pasan atau negatif.

Kondisi keuangan lembaga dikatakan sehat yaitu apabila kondisi pendapatan lebih besar dari pengeluaran. Dengan kondisi seperti ini lembaga masih memiliki Disposible Income, yaitu merupakan pendapatan yang siap digunakan, baik untuk keperluan konsumsi maupun untuk ditabung.

Kondisi keuangan lembaga dikatakan pas pasan apabila pendapatan sama besar dengan pengeluaran, dengan kondisi seperti ini lembaga tidak bisa melakukan disposible income.

Dan yang perlu diwaspadai adalah apabila kondisi keuangan lembaga Negatif. Yaitu kondisi dimana pengeluaran lebih besar dari pendapatan.

Dengan data-data Neraca dan Cash Flow yang telah dibuat oleh pengeloa lembaga secara umum dapat digunakan untuk pengambilan kesimpulan apakah neraca dan cash flow keuangan lembaga positif. Jika nilainya positif, berarti kondisi keuangan lembaga kursus komputer anda secara umum bisa dikatakan sehat. Jadi, selamat lembaga anda kondisi keuangannya sehat.

Walaupun tidak selesai sampai disitu, untuk lembaga-lembaga besar ada pemeriksaan yang dilakukan secara detail oleh perencana keuangan dengan menggunakan rasio-rasio khusus, nantinya akan muncul metode saving ratio, liquidty ratio, debt service ratio dan ratio lainnya . Dengan metode rasio-rasio lebih spesifik tersebut pengelola lembaga dapat menilai kesehatan kondisi keuangan lembaga lebih detail, seperti besarnya nilai hutang, nilai asset, nilai cicilan dan beberapa hal lainnya.

Formulasi Penggajian Instruktur Kursus

Data-data yang diperoleh dari financial cehcup selanjutnya bisa digunakan sebagai pedoman dalam penentuan kenaikan nominal pada formulasi penggajian.

Tiap lembaga tentunya punya sekema penggajian tersendiri yang bisa dituangkan dalam formulasi penggajian. Item yang dihitung dalam rincian penggajian di lembaga pendidikan secara umum diantaranya:

  • Lama kerja
  • Tunjangan jabatan
  • Jam tatap muka
  • Transport
  • Uang makan

Item-item tersebut bisa dituangkan kedalam aplikasi penggajian sederhana menggunakan rumus-rumus excel untuk mempermudah bagian penggajian dalam menghitung nominal gaji karyawan di lembaga kursus.

Agar artikel ini tidak terlalu panjang membahas rumus-rumus excel dalam pembuatan formulasi penggajian, kami sertakan contoh formulasi penggajian menggunakan excel yang dapat anda unduh disini;

Penutup Bahasan

Dengan membaca informasi-informasi yang kami sampaikan pada artikel kali ini, terutama dalam menentukan sehat atau tidaknya kondisi keuangan di lembaga kursus yang anda kelola, anda dapat menentukan formulasi penggajian yang tepat yang dapat memenuhi rasa keadilan instruktur kursus komputer, staf dan pengelola lembaga kursus komputer itu sendiri. Anda juga dapat menentukan sekam kenaikan penggajian, dan yang lebih penting formulasi penggajian di lembaga kursus komputer anda bisa dipahami oleh seluruh karwawan.


Dapatkan Modul Komputer Pilihan Dibawah ini:

Lihat produk-produk Modul Komputer kami Disini

BONUS:
Tiap paket modul yang anda beli sudah dilengkapi dengan BONUS-BONUS modul komputer menarik lainnya. Dan BONUS administrasi mengajar, administrasi kursus, template sertifikat, dan contoh proposal pendirian lembaga kursus komputer.

CARA PESAN MODUL:
Pesan / Order modul yang anda pesan melalui SMS/WA ke nomor: 0813 1951 3609
Contoh: "Order Modul TIK SD, Bapak Abdul, Jakarta"

ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP