Materi Informatika Kelas 3 SD Microsoft Paint 2D 3D Dan Lainnya

Banyak yang bertanya tentang kepada admin modulkomputer mengenai materi pelajaran komputer kelas 3 SD tentang Paint, lebih tepatnya Microsoft Paint baik Paint 2D maupun Paint 3D. Mungkin banyak yang masih bingung pada saat memberikan materi penggunaan aplikasi Paint ini harus bagaimana, materi yang cocok dengan kelas 3 SD itu seperti apa, kalau menggambar di Paint bentuk gambarnya seperti apa, kalau mewarnai yang diwarnai apa? Dan materi informatika yang cocok dengan kelas 3 SD itu apa saja?

materi informatika pain dan lainnya kls 3 sd

Dalam buku informatika yang kami susun untuk kelas 3 SD, ada enam materi utama, yang pertama adalah materi mengenal perangkat keras komputer, yang kedua adalah materi menggunakan program calculator, yang ketiga adalah materi menggambar menggunakan aplikasi paint 2D, yang keempat adalah materi menggambar menggunakan paint 3D, yang kelima adalah materi belajar mengetik di komputer menggunakan aplikasi wordpad, dan yang keenam adalah materi membuat animasi menggunakan aplikasi powerpoint.

Enam materi utama ini untuk satu tahun pelajaran, guru yang mengampu mata pelajaran informatika kelas 3 SD ini bisa memetakan alokasi materi untuk tiap semesternya, untuk lebih mudahnya tiap semester terdiri dari tiga materi pembelajaran. Atau bisa saja semester satu, empat materi dan sisanya dua materi, karena setiap materi memiliki sub materi yang bervariasi, ini bisa dipertimbangkan untuk diberikan di semester mana dengan pertimbangan-pertimbangan teknis lainnya seperti jumlah hari dan pekan epektif, kegiatan atau kalender sekolah dan lain sebagainnya.

Materi informatika kelas 3 SD semester 1

Prinsip pengembangan materi informatika kelas 3 SD

Sebelum menyusun materi informatika kelas 3 SD sebaiknya memperhatikan terlebih dahulu prinsip-prinsip yang harus terpenuhi dalam proses penyusunan materi pelajaran informatika tersebut. Penulis sudah membahas pada postingan sebelumnya mengenai materi pelajaran informatika yang cocok untuk kelas 3 SD, bahwa prinsip yang digunakan dalam pengembangan materi pelajaran informatika mencakup kesesuaian (relevansi), keajegan (konsistensi), dan kecukupan (adequacy).

Selain prinsip relevansi, konsistensi dan adequacy tersebut hal lainnya yang perlu dipertimbangkan dan diperhatikan terkait materi pelajaran mata pelajaran informatika yang tepat untuk siswa kelas 3 SD yaitu yang pertama, pertimbangan usia peserta didik, apakah materi yang akan diberikan baik konten maupun prosesnya sudah cocok atau sesuai dengan usia peserta didik, maka kewajiban guru / instruktur untuk mempertimbangkan kesesuaian materi dengan usia peserta didik ini. Hal yang kedua yang harus diperhatikan adalah kebermanfaatan materi yang diberikan bagi peserta didik, apakah materi yang diberikan ada manfaatnya bagi peserta didik dengan konteks saat ini maupun kedepannya. Perimbangan yang ketiga, relevansi materi dengan peserta didik dan lingkungan, dan pertimbangan yang lainnya durasi waktu pembelajaran mata pelajaran informatika ini apakah sudah dianggap cukup bagi usai peserta didik kelas 3 SD, tidak terlalu lama juga tidak terlalu sebentar.

Penjelasan lebih lengkapnya mengenai relevansi, konsistensi dan adequacy  dan hal-hal lainnya terkati materi pembelajaran  informatika untuk kelas 3 SD ini pembaca bisa menuju postingan yang membahas hal ini tersebut di website ini dengan menggunakan kotak pencarian.

Rincian materi Pelajaran Informatika Kelas 3 SD

Berikut ini merupakan materi pelajaran informatika yang relevan dengan anak atau siswa pada kelas 3 SD atau jenjang yang sederajat dengan kelas 3 SD tersebut.

  1. Materi pengenalan perangkat keras komputer. Dalam materi ini siswa kelas 3 SD atau jenjang yang sederajat akan diperkenalkan dengan beberapa perangkat keras komputer, ingat, hanya beberapa perangkat saja yaitu perangkat keras yang umum dan paling sering digunakan manakala siswa mengoperasikan komputer. Perangkat yang umum, artinya sering dilihat oleh siswa manakala mengoperasikan komputer tersebut adalah (a) Monitor (b) Keyboard (c) Mouse dan (d) Casing CPU dan piranti yang terlihat dari CPU tersebut. Karena tujuan materinya adalah mengenalkan maka pada saat pembahasan materi instruktur atau guru cukup mengenalkan fungsi dan cara menggunakannya saja dengan langsung mendemonstrasikan cara pengoperasiannya.
  2. Materi pengenalan program calculator. Aplikasi calculator merupakan aplikasi bawaan dari sistem operasi windows, artinya aplikasi ini sudah terinstalasi langsung manakala komputer kita sistem operasinya adalah windows versi berapapun. Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk menstimulus kognitif siswa terutama dalam hal pengolahan operasi matematika, dengan perbantuan aplikasi ini siswa belajar mengenal simbol perasi matematika dalam komputer, siswa belajar proses menggunakan simbol operasi matematika tersebut, kemudian siswa juga belajar secara logis menyelesaikan perhitungan menggunakan operasi matematika. Karenanya materi ini terlihat sederhana akan tetapi besar sekali manfaatnya bagi perkembangan kognitif dan psikomotorik siswa yang pada usia kelas 3 SD sangat diperlukan sebuah stimulus.
  3. Materi menggambar menggunakan aplikasi Paint 2D. Menggambar merupakan aktivitas menyenangkan bagi anak, selain menyenangkan kegiatan menggambar ini besar sekali manfaatnya bagi anak dalam melatih kreativitas terutama dalam mewujudkan berbagai imajinasi yang ada dalam otaknya. Aktivitas menggambar juga melatih konsentrasi anak dalam menyelesaikan target gambar yang ingin diselesaikan, bahkan sebagai terapi untuk membaca emosi anak. Aktivitas menggambar tersebut akan siswa wujudkan menggunakan aplikasi Paint 2D. Dengan aplikasi tersebut instruktur akan membimbing siswa mengenal tools untuk membuat objek sederhana, mewarnainya, dan memfasilitasi mewujudkan berbagai imaji siswa dalam bentuk objek dan warna. Ada aktivitas motorik, dan ini sangat positif bagi perkembangan siswa kelas 3 SD.
  4. Materi menggambar menggunakan aplikasi Paint 3D. Aplikasi paint 3D ini terdapat pada sistem operasi windows versi terbaru, sudah terintergrasi langsung. Tools yang ada pada aplikasi ini akan membantu siswa dalam membuat bentuk gambar menjadi lebih nyata dalam bentuk 3 dimensi. Instruktur bisa memfasilitasi siswa dalam membuat objek yang terkait dengan mata pelajaran lain seperti matematika misalnya dengan membuat bangun ruang balok, kubus, kerucut, tabung dan lainnya sehingga siswa akan memilki kemampuan memahami konsep abstrak bangun ruang tersebut dengan lebih visual, yaitu menampilkannya dalam bentuk bangun ruang 3D.
  5. Materi belajar mengetik dasar menggunakan aplikasi Wordpad. Aplikasi wordpad juga merupakan aplikasi bawaan dari sistem operasi komputer berbasis windows, ini menjadi aplikasi dengan fitur sederhana yang bisa menjadi media belajar siswa kelas 3 SD untuk belajar mengetik di komputer. Dengan fitur yang sederhana tersebut siswa jadi lebih fokus untuk belajar merangkai huruf menjadi sebuah kata yang memiliki arti, merangkai kata menjadi sebuah kalimat lengkap yang memiliki pesan menarik. Materi yang akan memfasilitasi kebutuhan belajar mengetik tersebut antara lain cara menempatkan jari pada keyboard komputer dengan tepat, memilih jenis font, ukuran font, menebalkan dan mewarnai font, mengatur aligment dan menyisipkan ilustrasi gambar yang sudah dibuat menggunakan aplikasi paint 2D dan 3D sebelumnya.
  6. Materi membuat animasi sederhana menggunakan aplikasi Powerpoint. Setelah belajar membuat objek gambar baik dalam bentuk 2D dan 3D, siswa juga bisa menggunakan objek gambar tersebut sebagai sebagai aset animasi yang akan dipraktikan pada materi membuat animasi sederhana menggunakan aplikasi powerpoint. Semua objek hasil kreativitas siswa menggunakan paint 2D dan 3D pada materi sebelumnya bisa digerakan / di animate sehingga menjadi tampilan visual seperti sebuah film animasi. Dalam aplikasi powerpoint sudah tersedia fasilitas Animation untuk menganimasikan objek dengan tools-tools yang memudahkan siswa dalam mengatur timing dan effect animasi sesuai kreativitas dan imajinasinya. Instruktur / guru bisa mengkoneksikan seluruh materi yang sudah diberikan sebelumnya, materi paint untuk membuat objek animasinya, materi mengetik untuk menyusun skenario cerita animasinya, calculator bisa digunakan untuk perhitungan timing gerakan animasi. Instruktur juga bisa mengaitkan dengan pelajaran lain sehingga alur cerita animasi yang dibuat bisa tematik dengan materi pelajaran lain atau dengan tema mata pelajaran intrakurikuler P5.

Ini Buku Informatika Kelas 3 SD yang sesuai

Setelah membaca rincian materi pelajaran informatika untuk kelas 3 SD tentunya ada yang bertanya kira-kira adakah buku informatika kelas 3 SD atau jenjang sederajat dengan kelas 3 SD tersebut? Jawabannya ada. Admin sudah menyusun sebuah buku informatika yang bisa digunakan untuk kegiatan pembelajaran mata pelajaran informatika kelas 3 SD, dan materi yang ada dalam buku yang susun tersebut materinya sama dengan rincian materi pelajaran informatika yang sudah saya tulis di bagian atas tulisan ini.

Berikut daftar isi buku informatika kelas 3 SD tersebut:

Bab 1 Mengenal Perangkat Keras Komputer
1.1. Mengenal perangkat keras komputer yang sering digunakan
1.2. Menggunakan perangkat keras komputer
1.3. Latihan Bab I
1.4. Evaluasi Bab I

Bab 2 Menggunakan Program Calculator
2.1. Mengenal program calculator
2.2. Cara melakukan perhitungan pada aplikasi calculator
2.3. latihan Bab 2
2.4. Evaluasi Bab 2

Bab 3 Menggambar Menggunakan Aplikasi Paint
3.1. Mengenal aplikasi Paint
3.2. Menggunakan aplikasi Paint
3.3. Menyimpan dan membuka file
3.4. Latihan Bab 3
3.5. Evaluasi Bab 3

Bab 4 Menggambar Menggunakan Paint 3D
4.1. Mengenal aplikasi Paint 3D 7
4.2. Menggunakan aplikasi Paint 3D
4.3. Menyimpan dokumen aplikasi Paint 3D
4.4. Latihan Bab 4
4.5. Evaluasi Bab 4
Uji kompetensi semester 1

Bab 5 Belajar Mengetik di Komputer
5.1. Mengenal aplikasi pengolah kata sederhana wordpad
5.2. Menggunakan aplikasi pengolah kata sederhana wordpad
5.3. Mulai mengetik dengan aplikasi wordpad
5.4. Latihan Bab 5
5.5. Evaluasi Bab 5

Bab 6 Membuat Animasi Dengan Powerpoint
6.1. Mengenal perangkat lunak microsfot powerpoint
6.2. Mengenal fitur animation pada microsoft powerpoint
6.3. Membuat animasi dengan powerpoint
6.4. Latihan Bab 6
6.5. Evaluasi Bab 6

Jika ingin lebih jelas seperti apa materi tiap bab dalam buku informatika kelas 3 SD ini lengkap dengan visual pendukungnya anda bisa melihat langsung dalam review buku ini dalam halaman ini; buku informatika kelas 3 SD kurikulum merdeka atau melihat langsung dalam video ini; https://youtu.be/0CkIcFg5FY0

Penutup

Demikian informasi mengenai materi pelajaran informatika paint 2d paint 3d dan materi informatika lainnya yang sesuai dan sangat admin rekomendasikan untuk kelas 3 SD atau jenjang yang sederajat dengan kelas 3 SD tersebut. Dan perlu admin garis bawahi bahwa semua informasi yang disampaikan dalam tulisan ini semuanya berdasarkan empiris pengalaman admin selama mengajar mata pelajaran TIK dan informatika di level sekolah dasar, kemudian diwujudkan dalam bentuk buku informatika kelas 3 SD yang akan sangat membantu dan memudahkan instruktur atau guru dalam memfasilitasi siswanya dalam belajaran pelajaran informatika di kelas 3 SD terutama dalam kegiatan KBM praktikum karena modul ini memang dibuat dengan konsep penulisan modul, artinya dalam buku ini sudah dibantu dengan petunjuk gambar penggunaan tools sehingga siswa tinggal mengikuti step by step sesuai petunjuk  dan tugas guru atau instruktur hanya membantu jika siswa menemui kesulitan.


Dapatkan Modul Komputer Pilihan Dibawah ini:

Lihat produk-produk Modul Komputer kami Disini

BONUS:
Tiap paket modul yang anda beli sudah dilengkapi dengan BONUS-BONUS modul komputer menarik lainnya. Dan BONUS administrasi mengajar, administrasi kursus, template sertifikat, dan contoh proposal pendirian lembaga kursus komputer.

CARA PESAN MODUL:
Pesan / Order modul yang anda pesan melalui SMS/WA ke nomor: 0813 1951 3609
Contoh: "Order Modul TIK SD, Bapak Abdul, Jakarta"

ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP (CS 1)
ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP (CS 2)