Cara Mengajar Aplikasi Microsoft Word Kepada Pemula

cara mengajar microsoft word kepada pemula

Cara Mengajar Aplikasi Microsoft Word Kepada Pemula – Bagaimana cara mengajar microsoft word bagi pemula? Pertanyaan yang lumrah dari instruktur, atau guru yang akan memberikan pengetahuan penggunaan aplikasi pengolah kata Microsoft Word kepada pemula. Pemula disini bisa anak-anak, remaja, atau orang dewasa yang belum pernah sama sekali belajar mengoperasikan aplikasi pengolah kata.

Kalau belum pernah belajar mengoperasikan aplikasi pengolah kata, biasanya juga belum pernah juga belajar mengoperasikan komputer. Jadi benar-benar pemula, baru belajar menggunakan komputer. Karena aplikasi pengolah kata merupakan aplikasi dasar, jadi sebelum belajar mengoperasikan aplikasi lainnya yang canggih-canggih aplikasi pengolah kata inilah yang terlebih dahulu harus dikuasai.

Ada tiga kategori pemula, yang pertama pemula anak-anak, yang kedua pemula remaja, yang ketiga pemula orang dewasa. Untuk yang terakhir ini biasanya motivasi belajar aplikasi pengolah kata lantaran tuntutan pekerjaan. Nah karena ada tiga kategori jenis pemula, maka cara mengajarnya berbeda, biar lebih mudah kita bagi dua saja, yaitu pemula anak-anak dan remaja, dan satu lagi pemula orang dewasa.

Cara Mengajar Microsoft Word Kepada Pemula Anak-anak dan Remaja

Mengajarkan aplikasi komputer kepada anak-anak sebenarnya tidak jauh beda ketika kita mengajarkan aplikasi komputer kepada remaja atau orang dewasa. Yang membedakan adalah cara menyampaikan, dan materi yang akan disampaikan.

Cara mengajar aplikasi komputer kepada anak-anak

Cara menyampaikan materi kepada anak-anak harus dengan bahasa anak-anak, tidak terlalu serius dan terlihat tegang. Cipatakan suasana santai, rilex, dan mendekati dunia anak-anak.

Materi yang akan disampaikan, tentu materinya juga yang harus sesuai dengan dunia anak-anak, bukan materi serius yang sering dikerjakan orang-orang dewasa. Contohnya pada saat belajar mengetik, maka contoh surat yang akan diketik bukanlah contoh surat-surat resmi, tetapi berikan contoh surat yang biasa mereka lihat, misalnya contoh surat izin tidak masuk sekolah.

Sebelum mengajar aplikasi pengolah kata Microsoft Word kepada anak-anak, sebagiknya guru juga mengenalkan perangkat hardware komputer yang sering mereka lihat terlebih dahulu kepada anak-anak, agar anak-anak tahu fungsi dan kemunkinan bahaya dari tiap perangkat tersebut.

Cara mengajar aplikasi komputer Microsoft Word kepada remaja

Untuk kategori remaja, cara penyampaian dan penyajian materinya sedikit serius daripada ketika mengajar untuk usia anak-anak. Bahasa pengantar guru, atau instrukutr sebaiknya bahasa yang mudah dipahami, bukan bahasa yang terlalu formal yang kadang-kadang para remaja tidak paham dengan arti bahasa tersebut. Gunakan bahasa sehari-hari saja.

Untuk penyajian materi, buat saja materi yang lebih tinggi dari materi yang diberikan kepada anak-anak. Misalnya, kalau untuk anak-anak pada saat belajar mengetik surat, contoh surat yang anak-anak ketik adalah contoh surat izin tidak masuk sekolah, kalau untuk yang remaja contoh suratnya adalah contoh surat resmi dan umum, misalnya contoh surat lamaran pekerjaan.

Materi Mengajar Microsoft Word Untuk Pemula Anak-anak dan Remaja

Beberapa materi aplikasi pengolah kata Microsoft Word yang bisa diajarkan kepada pemula anak-anak sebagai berikut:

  1. Materi cara masuk ke program aplikasi Microsoft Word
  2. Materi cara menyimpan file Microsoft Word
  3. Materi cara membuka file Microsoft Word
  4. Materi pengaturan huruf / Font
  5. Materi membuat tabel
  6. Materi menyisipkan gambar, foto, clipt art dan grafik
  7. Materi pengaturan ukuran kertas, ukuran margin, dan page layout lainnya
  8. Materi mencetak dokumen

Gambaran jelasnya mengenai materi mengajar aplikasi Microsoft Word untuk anak-anak bisa dilihat pada panduan belajar Microsoft Word untuk anak-anak

Dan untuk para guru / instruktur yang membutuhkan Modul Panduan Belajar Microsoft Word untuk anak-anak dan remaja bisa mendapatkannya disini; Modul Microsoft Word untuk anak-anak dan remaja

Cara Mengajar Microsoft Word Kepada Pemula Dewasa

Mengajarkan sesuatu kepada orang dewasa tantangannya berbeda dibanding dengan mengajarkan sesuatu kepada anak-anak atau remaja. Apalagi jika orang dewasa tersebut usianya sudah memasuki usia paruh baya.

Mengajar orang dewasa lebih sulit, terutama bagi mereka yang sebelumnya belum pernah belajar mengoperasikan komputer. Sekalipun demikian, orang dewasa punya kelebihan yaitu kemauan kerasnya untuk bisa.

Beberapa hal ketika mengajar aplikasi Microsoft Word kepada pemula dewasa:

  • Mengajarnya harus pelan-pelan, harus diulang-ulang sampai mereka bisa
  • Cara menyampaikan materi harus dengan bahasa yang sopan, jangan sampai karena kesal instruktur mengeluarkan tutur yang kurang santun, karena orang dewasa mudah perasa
  • Harus sering-sering mengeluarkan kalimat ini “maaf, pa/bu sudah paham kan?”
  • Berikan materi yang mudah diingat dan mudah mereka praktikan kembali
  • Berikan contoh latihan yang sesuai dengan dunia kerjanya,
  • Selalu beri semangat dengan mengatakan “bapak/ibu hebat cepat bisa”
  • Dan-dan hal lainnya yang membuat pemula dewasa tersebut merasa nyaman untuk terus belajar bersama anda

Materi Belajar Microsoft Word untuk Pemula Dewasa

Untuk materi belajar pada dasarnya sama saja seperti halnya materi belajar mengoperasikan aplikasi Microsoft Word untuk anak-anak dan remaja, yang perlu disesuaikan hanyalah pada contoh-contoh latihannya saja yang mesti disesuaikan dengan dunia kerjanya.

Dapatkan Panduan Cara Mengetik 10 Jari untuk anak-anak dan Pemula

Berikut beberapa materi belajar Microsoft Word untuk pemula dewasa:

  1. Materi cara masuk ke program Microsoft Word
  2. Materi menyimpan file Microsoft Word
  3. Materi membuka file Microsoft Word
  4. Materi pengaturan ukuran kertas, orientation, dan margin (page layout)
  5. Materi pengaturan paragrafh
  6. Materi pengaturan jenis, ukuran, dan warna huruf serta karakter spesial lainnya
  7. Materi menyisipkan gambar kedalam teks
  8. Materi menyisipkan gambar clipt art sebagai ilustrasi teks
  9. Materi menyisipkan bentuk vektor / shapes
  10. Materi membuat word art
  11. Materi membuat header dan footer
  12. Materi membuat numbering
  13. Materi membuat footnote
  14. Materi membuat grafik
  15. Materi membuat tabel
  16. Materi membuat kop surat
  17. Materi membuat page border
  18. Materi membuat mail merge
  19. Materi pengaturan sebelum mencetak dokumen
  20. Materi mencetak dokumen
  21. Dan materi lainnya yang dibutuhkan sesuai dunia kerjanya

Penutup
Demikian panduan singkat mengenai Cara Mengajar Aplikasi Microsoft Word Kepada Pemula baik pemula anak-anak dan remaja maupun pemula dewasa, mudah-mudahan bermanfaat.

Untuk bahan mengajar, guru/instruktur pasti memerlukan media yang dapat memudahkan proses kegiatan mengajar, dan bisa dipelajari secara mandiri oleh siswa / peserta kursus. Modul merupakan salah satu media yang paling mudah digunakan. Nah bagi yang membutuhkan modul-modul panduan belajar aplikasi komputer silahkan menggunakan modul-modul yang kami buat.

Artikel ditulis oleh:
Mulyadi Tenjo
Guru produktif mapel Multimedia di SMK, di Kab. Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *