Panduan Memperkenalkan Perangkat Komputer Kepada Anak SD dan Pemula

Panduan Memperkenalkan Perangkat Komputer Kepada Anak SD dan Pemula–Bagaimana cara memperkanalkan perangkat komputer kepada anak-anak, khususnya anak usia sekolah dasar (SD)? Bagaimana pula cara memperkenalkan perangkat komputer kepada orang-orang yang baru belajar komputer (pemula)? Apakah ada teknik dan cara khusus cara memperkenalkan perangkat komputer ketika pertamakali hendak mengajar mata pelajaran komputer kepada anak-anak dan pemula tersebut?

Admin blog www.modulkomputer.com akan menjawab beberapa pertanyaan diatas, dengan kapasitas admin saat ini sebagai tenaga pengajar mata pelajaran Produktif di salah satu SMK swasta di kabupaten Bogor. Dan pernah mengajar mata pelajaran TIK/Komputer selama kurang lebih 8 tahun di salah satu SD Swasta Terpadu di kota yang sama.

Bagaimana cara mengenalkan perangkat Komputer kepada anak usia sekolah dasar?

Point penting dari jawaban ini adalah, yang akan kita ajar atau yang diberi tahu adalah anak-anak, fokusnya anak usia sekolah dasar (SD). Jadi ada caranya, tidak sama ketika yang diajar adalah orang dewasa.

Anak usia sekolah dasar itu:

  1. Senang bermain
  2. Senang bergerak kesana kemari
  3. Senang melakukan sesuatunya secara langsung
  4. Senang bergerombol, berkelompok

Nah setidaknya 4 hal diatas menjadi kunci utama ketika hendak mengajar TIK anak SD. Itu general yah, baik mengajar mata pelajaran umum, maupun mengajar mata pelajaran komputer. 4 point itu wajib diketahui guru / instruktur yang hendak mengenalkan perangkat komputer kepada anak usia SD. Ingat, wajib ya.

Mengenalkan perangkat keras komputer (Hardware)

Sebelum ke materi aplikasi komputer yang terlebih dahulu dikenalkan kepada anak-anak adalah perangkat keras komputer (hardware). Kenapa?

Karena hardware ini yang akan mereka gunakan untuk belajar aplikasi komputer. Kalau cara menggunakan perangkat kerasnya belum tau bagaimana mereka bisa lanjut belajar aplikasi. Misalnya untuk mengetik pasti menggunakan keyboard, untuk memindahkan kursor menggunakan mouse, untuk melihat hasil ketikan menggunakan monitor. Dan untuk menggunakan komputer juga harus tau dulu cara menghidupkan komputer. Dimana menghidupkannya, ya melalui tombol power. Tombol power ada dimana? ya ada di casing CPU.

Makanya mengenalkan hardware ini penting, terutama kaitannya dengan keselamatan anak-anak waktu belajar komputer nanti. Jangan sampai karena kurang pengetahuan yang diberikan oleh guru, anak-anak jadi ceroboh sehingga berakibat cepat rusaknya perangkat komputer. Lebih fatal lagi karena ketidaktahuan anak soal hardware, ada anak yang kesetrum. Nah, ini pentingnya mengenalkan perangkat komputer terlebih dahulu.

Hardware yang diperkenalkan lebih dahulu, yang sering anak-anak lihat waktu belajar komputer.

a. Monitor

mengenalkan perangkat komputer kepada anak sd

Monitor merupakan perangkat keras yang fungsinya untuk menampilkan data. Data tersebut bisa berupa gambar, video, atau teks.

Cara mengenalkan monitornya bagaimana?

Kalau didalam lab, atau ada hardwarenya. Tinggal ditunjuk saja dan langsung dijelaskan bahwa benda yang ditunjuk itu adalah Monitor, kegunaannya untuk menampilkan data, spesifiknya seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Dan ingat, di rumah anak-anak mungkin sudah ada yang punya komputer atau laptop. Tentu type dan jenis monitornya beda-beda. Ini juga harus dijelaskan macam-macam monitor itu apa saja. Kalau di sekolah / tempat belajar cuma ada satu jenis monitor, guru/instruktur bisa menampilkan visualnya baik melalui proyektor maupun melalui gambar peraga yang berisi macam-macam jenis monitor.

Bagian-bagian monitor juga harus dijelaskan, kenapa?

Karena jangan sampai setelah remaja di satuan pendidikan yang lebih tinggi anak-anak belum tau bagaimana mematikan monitor, mengatur kecerahan cahaya, dan pengaturan standar lainnya yang ada pada tombol-tombol monitor.

b. Keyboard

materi mengenalkan perangkat komputer keyboard kepada anak

Perangkat keras komputer berikutnya yang harus dikenalkan kepada anak-anak adalah Keyboard. Fungsi secara sederhana keyboard untuk memasukan data atau perintah ke komputer.

Jangan lupa dijelaskan pula beberapa fungsi tombol keyboard yang sering digunakan.

Tombol keyboard yang sering digunakan, dan harus lebih dahulu dikenalkan:

  1. Tombol Enter
  2. Tombol Space
  3. Tombol Caps Lock
  4. Tombol Delete
  5. Tombol Backspace
  6. Tombol Tabl
  7. Tombol Shift
  8. Tombol untuk mengetikan angka
  9. Tombol-tombol untuk mengetikan huruf

Perlu tidak mengenalkan jenis-jenis keyboard kepada anak-anak?

Ada banyak jenis keyboard, tetapi yang umum ditemukan dan sering digunakan cuma ada satu jenis keyboard, yaitu jenis QWERTY. Jadi menurut admin, tidak perlu mengenalkan jenis-jenis keyboard kepada anak-anak. Berbeda dengan jenis monitor yang berbeda-beda, untuk keyboard di Indonesia umumnya menggunakan yang QWERTY tersebut.

Baca: Panduan cara mengetik 10 jari bagi anak-anak dan pemula

c. Mouse

materi mengenalkan perangkat keras komputer mouse kepada anak sd

Mouse komputer merupakan perangkat keras yang fungsinya untuk menggerakan kursor yang tampil di layar monitor. Selain menggerakan kursor, mouse juga digunakan untuk menekan tombol-tombol perintah pada aplikasi komputer.

Mouse juga banyak jenisnya, ada yang menggunakan kabel, ada yang tidak, atau biasa disebut mouse wireless. Nah kalau yang seperti ini perlu diperkenalkan kepada anak-anak. Karena anak-anak pasti sering melihat ada mouse yang bisa digerak-gerakan tapi tidak ada kabelnya, yang seperti itu adalah mouse wireless.

d. CPU

materi mengenalkan perangkat keras komputer cpu kepada anak

CPU atau central processor unit sebenarnya tidak terlihat langsung oleh anak-anak karena berada didalam casing. Tetapi ini perlu diluruskan, kadang anak beranggapan benda yang bentuknya kotak yang terbuat dari kaleng yang ada sambungan kabel ke monitor , keyboard, dan mouse itu adalah CPU. Padahal itu casing, yang didalam casing itu baru berisi CPU.

Jelaskan saja seperti itu, dengan bahasa yang sederhana, tidak perlu akademis seperti menjelaskan kepada anak kuliahan. Sesederhana mungkin agar anak-anak paham dan tidak harus mikir lagi ketika mendengar penjelasan gurunya.

Yang wajib dijelaskan, bukan fungsi perangkac CPU nya. Tapi tombol-tombol yang ada dalam casing tempat CPU tersebut.

Tombol-tombol yang harus dikenalkan beserta fungsinya:

  1. Tombol power untuk menyalakan komputer
  2. Tombol restart
  3. Tempat CD/DVD
  4. Socket USB
  5. Socket audio / video

Materi pendukung bahasan ini: Cara Mematikan Komputer Yang Benar Bagi Pemula

Yang bagian belakang casing perlu dikasih tau tidak kepada anak-anak?

Dibelakang casing tempat socket mouse, keyboard, kabel VGA ke moniotr, socket USB, socket audio/video, dan socket kabel power yang menghubungkan powersupply dengan sumber arus listrik. Ini perlu dikenalkan kepada anak-anak, supaya anak-anak tidak menyentuh bagian ini, karena berbahaya terutama menyentuh bagian-bagian yang berhubungan dengan arus listrik. Menjelaskan bagian-bagia ini semata-mata untuk mejaga keselamatan anak-anak pada saat belajar komputer.

Materi mengenalkan perangkat keras komputer bisa dilihat pada materi pelajaran komputer untuk siswa kelas 3 sekolah dasar, lihat detil modulnya diini!

Itulah beberapa perangkat keras yang harus diperkenalkan kepada anak-anak ketika mereka akan belajar menggunakan, mengoperasikan perangkat komputer. Materi ini penting untuk bahan pengetahuan anak-anak terhadap bentuk dan fungsi dari perangkat-perangkat keras yang sering mereka lihat setiap hari. Disamping pokok yang utama mengenalkan perangkat komputer kepada anak-anak ini tak lain untuk menjaga keselamatan saat belajar komputer baik di lab sekolah maupun dirumah atau di lembaga tempat belajar komputer lainnya.

Info untuk guru mata pelajaran komputer:
DAPATKAN MODUL BELAJAR KOMPUTER LENGKAP KELAS 1-6 SD UNTUK MEMUDAHKAN MENGAJAR MATA PELAJARAN TIK/KOMPUTER TINGKAT SD, DISINI!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *