Panduan Belajar Microsoft Word Untuk Anak-anak dan Pemula

panduan belajar microsoft word untuk anak anak

Sedang mencari Panduan Belajar Microsoft Word Untuk Anak-anak dan Pemula? Kalau begitu artikel ini bisa menjadi referensi panduan belajar aplikasi besutan perusahaan milik Bil Gate ini, yaitu aplikasi pengolah kata Microsoft Word. Aplikasi Microsoft Word memang sampai saat ini masih menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan di masyarakat untuk melakukan berbagai pengolahan kata seperti menulis surat-surat, karangan dan jenis naskah lainnya.

Karenanya mempelajari aplikasi ini seperti menjadi sebuah kewajiban, tidak bisa mengetik hampir sama dengan tidak bisa menulis di jaman dulu.

Karenanya mengajarkan aplikasi ini kepada anak-anak sangat bermanfaat tentunya, agar setelah dewasa kelak mereka bisa menggunakan aplikasi pengolah kata sesuai kebutuhannya, misalnya untuk mengetik makalah, tugas akhir, skripsi, dan lain sebagainya.

Materi Belajar Microsoft Word Untuk Anak-anak

Ngajarin (baca: mengajar) anak-anak aplikasi pengolah kata Microsoft Word perlu perencanaan terlebih dahulu, agar materi yang dipelajari anak-anak sesuai dengan umur mereka.

Materi-materi yang ada dalam kehidupan keseharian anak-anak tentunya, bukan materi canggih yang tidak mereka temukan dikehidupannya sehari-hari.

Misalnya, anak-anak lebih cocok belajar merubah tampilan huruf seperti merubah jenis huruf, merubah ukuran huruf, menebalkan, memiringkan dan menggarisbawahi huruf daripada ngajarin materi yang canggih-canggih seperti membuat mail merge.

Berikut beberapa materi belajar Microsoft Word yang cocok dengan usia anak-anak;

1. Materi pengaturan huruf / Font

materi microsoft word untuk anak anak 1

Dalam materi ini siswa akan belajar pengaturan huruf:

  • Memilih jenis huruf
  • Mengatur besar kecilnya huruf ( font size )
  • Mengatur warna huruf (font color)
  • Menebalkan huruf (bold)
  • Memiringkan huruf (italic)
  • Menggarisbawahi huruf (italic)
  • Subcript , superscript

2. Materi membuat tabel (Table)

materi microsoft word untuk anak anak 2

Materi membuat tabel di microsoft word untuk anak-anak terdiri dari materi sebagai berikut

  • Mengatur jumlah kolom dan baris tabel
  • Menambah baris (insert rows)
  • Menambah kolom (insert column)
  • Menghapus baris / kolom tabel
  • Mengatur lebar dan tinggi kolom tabel

3. Materi menyisipkan gambar (image), Cliptart dan Shapes

materi microsoft word untuk anak anak insert clipt art image shapes

Pada materi ini siswa akan belajar banyak tentang:

  • Menyisipkan gambar / image. Pada materi ini siswa akan belajar cara menyisipkan gambar atau photo ke dokumen microsoft word
  • Menyisipkan gambar klip / clipt art. Pada materi ini siswa akan belajar cara menyisipkan gambar klip yang sudah tersedia dalam menu Clipt Art.
  • menyisipkan berbagai bentuk vektor / shapes. Pada materi ini siswa akan belajar cara membuat berbagai bentuk vektor, seperti kotak, lingkaran, segitiga, garis, jajaran genjang, dan jenis shapes lainnya untuk ilustrasi di dokumen microsoft word.
  • Text wrapping. Materi ini digunakan untuk pengaturan tata letak gambar, clipt art, atau shapes dengan sub bahasan squere, tight, behind text, in front of tex, dan lain sebagainya.

4. Materi Page Layout

Materi ini berisi pengaturan halaman dokumen Microsoft Word, yang terdiri dari:

  • Margin, merupakan materi yang berisi cara pengaturan batas tepi kertas / dokumen microsoft word
  • Orientation, berisi materi pengaturan posisi kertas / halaman dokumen microsoft word apakah halaman ditampilkan vertikal atau horizontal
  • Size, materi pengaturan ukuran kertas yang akan digunakan apakah ukuran kertasnya A4, legal, dll
  • Column, materi ini berisi format penulisan halaman, apakah akan ditampilkan seperti kolom koran dua kolom, tiga kolom, dan seterusnya

5. Materi menyimpan, membuka, dan mencetak dokumen

Materi ini berisi panduan cara menyimpan halaman / dokumen microsoft word, membuka file dokumen yang sudah tersimpan, dan mencetak dokumen.

  • Menyimpan dokumen / Save, materi ini berisi cara menyimpan dokumen microsoft word, perbedaan save dan save as, shortcut CTRL + S, dll
  • Membuka dokumen / Open, materi ini berisi cara membuka dokumen microsoft word yang sudah tersimpan dalam direktori komputer
  • Mencetak / Print, materi ini berisi cara mencetak dokumen microsoft word

Ada 5 (lima) materi utama panduan belajar aplikasi pengolah kata microsoft word untuk anak-anak, secara garis besar lima materi tersebut juga dipelajari oleh mereka yang belajar aplikasi microsoft word selain anak-anak.

Sekalipun materi-materi tersebut merupakan materi umum, bentuk penyajian materi akan berbeda. Penyajian disesuaikan dengan kehidupan anak-anak, latihan yang akan mereka praktikan bukan berisi teks teks formal melainkan teks teks yang akan membuat mereka senang.

Cari bahan belajar Microsoft Word yang sesuai untuk Anak

Seperti yang sudah saya sampaikan, bahwa materi-materi yang akan anak-anak kita pelajari merupakan materi-materi yang juga dipelajari oleh orang dewasa, tetapi yang membedakan adalah cara penyajian materinya.

Penyajian materi belajar aplikasi Microsoft Word untuk anak-anak berbeda dengan penyajian materi belajar microsoft word untuk orang dewasa, penyajian materi untuk anak-anak lebih ringan dengan bahasa-bahasa yang umum sering didengar oleh anak-anak.

Misalnya ketika belajar mengetik naskah, maka naskah yang diketik anak-anak merupakan naskah cerita yang sesuai dengan umurnya, seperti naskah dongeng binatang (pabel) dan lain sebagainya yang dekat dengan dunia anak-anak.

Jika bapak/ibu ingin mengajarkan aplikasi Microsoft Word untuk anak-anak maka belilah buku, atau modul yang memang dibuat khusus untuk belajar anak-anak, bukan buku atau modul belajar yang dibuat untuk umum.

Dapatkan modul belajar Microsoft Word untuk anak-anak disini

Bagi yang membutuhkan bahan belajar berupa Modul Komputer, jika bapak/ibu sudah mencarinya kemana-mana dan belum menemukan jenis modul yang pas, maksudnya modul pembelajaran komputer yang dibuat khusus untuk belajar anak-anak, saya sudah menyiapkannya untuk putra/putri bapak/ibu semuanya.

Saya sudah membuatkan modul belajar aplikasi Microsoft Word untuk anak-anak, lebih tepatnya untuk usia anak-anak yang duduk di kelas 4 sekolah dasar (SD).

Untuk lebih jelasnya mengenai modul tersebut, silahkan lihat daftar isinya terlebih dahulu.

Atau jika mau langsung pesan, bapak/ibu bisa langsung mengisi form pemesanan

Atau jika mau langsung pesan cepat silahkan pesan via Whasupa (WA)

Bukan cuma modul panduan belajar aplikasi Microsoft Word untuk anak-anak, tapi aplikasi lainnya, terutama aplikasi Office yang saya buat khusus untuk usia anak-anak bisa bapak/ibu dapatkan melalu web ini, silahkan kontak admin untuk mendapatkan info seputar pandun belajar aplikasi komputer khusus untuk anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *