Tips Mempromosikan Les Komputer Dengan Tepat

Tips Mempromosikan Les Komputer Dengan Tepat ini bisa anda praktikan apabila anda saat ini sedang menjalankan bisnis dibidang jasa les komputer. Seperti jenis bisnis lainnya yang dikelola secara pribadi, bisnis les komputer juga tentu memerlukan strategi harus terus dikembangkan agar bisnis yang dikelola berkembang signifikan. Indikator keberhasilan mengelola bisnis les komputer adalah dengan banyaknya peserta les baik yang sedang belajar maupun yang mau mendaftar paket les komputer yang ditawarkan.

tips mempromosikan les komputer

Pada artikel kali ini admin akan memberikan beberapa tips terbaik yang dapat anda coba untuk mendongkrak promosi bisnis anda, yaitu les komputer. Tips-tips ini dituangkan berdasarkan pengalaman admin selama mempromosikan les komputer, dan jenis bisnis lainnya yang semuanya dikelola sendiri. Untuk melengkapi tips, admin juga menggunakan strategi bisnis lainnya yang diperoleh dari beberapa literatur sebagai referensi.

Peluang Usaha Les Komputer

Sebelum kita membicarakan tips-tips dan cara mempromosikan les komputer dengan tepat, sebaiknya kita lihat terlebih dahulu prospek, atau peluang usaha les komputer kedepannya.

Analisa kecil-kecilan perlu dilakukan, bukan untuk meramalkan kemungkinan-kemungkinan, tapi memperkirakan keberlangsungan les komputer, tiga, lima, sepuluh tahun kedepannya  merupakan bagian terkecil dari proses untuk pengambilan keputusan untuk melanjutkan bisnis ini atau berhenti dan beralih ke jenis bisnis lainnya.

Sejauh ini peluang usaha les komputer masih sangat bagus. Kemudahan mendapatkan perangkat komputer, dan informasi pembelajaran melalui internet tidak serta merta mengubah cara mempelajari aplikasi komputer konvensional melalui pembelajaran tatap muka. Karenanya pembelajar awal seperti anak-anak pasca pra sekolah akan mencari orang-orang yang siap membimbing dalam kegiatan pembelajaran aplikasi komputer.

Belum lagi tidak adanya mata pelajaran TIK di sekolah juga membuka peluang kepada orang-orang yang siap mengajar secara private penguasaan aplikasi komputer.

Informasi kembalinya mata pelajaran TIK kedalam struktur kurikulum dengan nama baru mapel Informatika juga bukan mengecilkan peluang usaha les komputer, tapi malah sebaliknya, karena muatan materi dalam mapel informatika sudah mengarah kepada saint komputer sementara tenaga pengajar yang siap untuk mengajar materi seperti itu tidak banyak, maka lagi-lagi anda yang mempunyai kompetensi pada materi saint komputer berpeluang untuk mendapatkan tawaran  mengajar secara private, dan les komputer adalah bidang usaha  yang tepat.

Kesimpulannya, peluang usaha les komputer masih cukup bagus untuk tiga sampai lima taun kedepannya, bahkan mungkin 10 tahun kedepannya. Jadi, jika anda sedang menjalankan bisnis les komputer anda sudah berada dibidang usaha yang tepat untuk jangkan panjang.

Strategi Promosi

Dalam bahasa yang sederhana, strategi promosi merupakan kegiatan / cara-cara yang dilakukan perusahaan / orang yang sedang menjalankan usahanya untuk mengenalkan produknya kepada calon konsumen. Dari cara-cara yang dilakukan tersebut diharapkan akan mendapatkan pembeli / pengguna / orang yang tertarik dengan produk yang ditawarkan tersebut.

Sedangkan kalau menurut Fandy Tjiptono dalam bukunya strategi pemasaran (1997:249), strategi promosi penjualan adalah suatu rencana kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan permintaan dari para pemakai atau konsumen akhir yang bertujuan untuk meningkatkan omset penjualan dengan jalan mempengaruhi konsumen secara langsung. Sedangkan menurut cravens dalam bukunya pemasaran stategis, (2002:77), strategi promosi penjualan adalah perencanaan dan pengendalian komunikasi dari suatu organisasi kepada para konsumen dan sasaran lainnya

Tujuan strategi promosi antara lain; ingin meningkatkan penjualan, meningkatkan permintaan dari konsumen untuk produk / jasa yang dipromosikan.

Strategi Promosi Les Komputer

Dibagian atas anda sudah membaca ulasan mengenai prospek usaha les komputer beberapa tahun kedepan, dan juga sudah membaca pendekatan teoritis mengenai strategi promosi. Kini saatnya anda mengetahi strategi-strategi yang dapat anda coba untuk mempromosikan bisnis les komputer anda.

Seperti yang sudah ditulis pada artikel tips mempromosikan usaha kursus komputer, setidaknya ada tiga hal penting penunjang strategi promosi les komputer ini, yaitu:

1). SDM; merupakan orang-orang yang terlibat dalam tim promosi.

2). Menyiapkan media promosi; yaitu properti promosi bisa berupa brosur, banner, dan lainnya.

3). Menentukan target promosi; yaitu kepada siapa promosi akan diberikan (calon konsumen)

Lebih lengkap mengenai strategi promosi, silahkan baca pembahasannya artikel tips mempromosikan usaha kursus komputer.

Tips-tips Mempromosikan Les Komputer

Sesuai dengan judul artikel ini; tips mempromosikan les komputer dengan tepat, dibagian akhir artikel ini admin akan membagikan tips-tips yang sudah dilakukan dalam mempromosikan les komputer.

1). Memberitahukan ke temen-temen bahwa kita membuka les komputer dan meminta temen kita tersebut untuk membantu memperkenalkan les komputer kita tersebut.

2). Bekerjasama dengan guru untuk mengenalkan les komputer kita, kalau anda juga berporfesi sebagai guru, ini bisa anda lakukan sendiri yaitu mengenalkan jasa les komputer kepada sisiwa.

3). Membuat stiker yang bisa ditempel dikendaraan umum, gunanya agar orang mengetahui jasa les komputer yang kita kelola.

4). Membuat mini banner yang bisa ditempel secara mudah dikeramaian

5). Jangan malu untuk mempromosikan usaha les komputer kita melalui sosial media seperti FB, IG, ataupun snap wahats app.

6). Membuat blog atau web promosi yang berisi informasi layanan les komputer kita

Untuk tips nomor 5 dan 6 ini yang sering admin lakukan. Untuk menegaskan saja, selain mengelola website ini admin juga mengelola usaha les komputer, dan promosi yang selama ini admin lakukan dengan cara mempromosikannya lewat media sosial dan blog gratisan wordpress. Dengan intensitas mempromosikan yang tidak terlalu berlebihan melalui media sosial dan blog tersebut, selalu ada saja calon-calon peserta kursus yang bertanya dan akhirnya menjadi peserta les komputer yang admin kelola.

Penutup

Tips mempromosikan les komputer ini merupakan bagian dari ikhtiar memperkenalkan jasa les komputer kepada masyarakat. Semakin sering anda melakukan kegiatan promosi, meka semakin besar pula kemungkinan anda untuk mendapatkan banyak calon peserta kursus. Intinya, jangan cepat menyerah lantaran strategi promosi yang sudah dilakukan belum menghasilkan, terus melakukan hal yang sama sampai akhirnya orang-orang datang untuk mendaptar sebagai peserta les komputer anda.


Dapatkan Modul Komputer Pilihan Dibawah ini:

Lihat produk-produk Modul Komputer kami Disini

BONUS:
Tiap paket modul yang anda beli sudah dilengkapi dengan BONUS-BONUS modul komputer menarik lainnya. Dan BONUS administrasi mengajar, administrasi kursus, template sertifikat, dan contoh proposal pendirian lembaga kursus komputer.

CARA PESAN MODUL:
Pesan / Order modul yang anda pesan melalui SMS/WA ke nomor: 0813 1951 3609
Contoh: "Order Modul TIK SD, Bapak Abdul, Jakarta"

ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP