Mengulas Tuntas Peluang Usaha Kursus Komputer

Mengulas Tuntas Peluang Usaha Kursus Komputer, topik ini menarik dan terkait dengan produk yang kami buat yaitu modul komputer yang beberapa diantaranya dibuat khusus untuk kebutuhan kursus komputer. Dengan membaca artikel ini anda akan mendapat beberapa informasi penting terkait prospek dan manajemen pengelolaan lembaga kursus komputer. Penting kiranya bagi anda yang berencana membuka usaha kursus komputer untuk meluangkan waktu sejenak membaca sampai selesai artikel ini.

Peluang usaha kursus komputer sampai saat ini masih memiliki prospek bisnis yang cukup bagus dan profitable. Sekalipun tidak sebagus lima atau sepuluh tahun kebelakang, tetapi provit dari usaha jasa kursus komputer masih bisa menjadi kran pengisi rekening keuangan yang bisa diandalkan. Kebutuhan akan penguasaan aplikasi komputer dengan sistem belajar yang fleksibel menjadi alasan untuk memilih lembaga kursus komputer sebagai tempat belajar yang nyaman, terutama bagi mereka yang sudah bekerja.

mengulas tuntas peluang usaha kursus komputer
Berikut ulasan lengkap tentang peluang usaha kursus komputer….

Usaha Kursus Komputer

Sebelum membahas hal yang lebih teknis dan ditail mengenai peluang usaha kursus komputer ini, sebelumnya pahami dahulu prihal definisi usaha kursus komputer.

Sebagaimana kita pahami bahwa kursus termasuk kedalam jenis pendidikan non formal, secara pengurusan dan kelembagaan kursus dibawah satuan pendidikan non formal (PNF) Dinas Pendidikan sub dinas pendiidan pendidikan luar sekolah (PLS). Karenanya ada syarat dan ketentuan yang harus di patuhi pengelola kursus. Sekalipun sama-sama merupakan satuan pendidikan, kursus berbeda dengan sekolah terutama dalam hal waktu belajar, dimana waktu belajarnya lebih singkat.

Lembaga kursus termasuk jenis perusahaan sosial (social corporate) dibawah kelembagaan yang bernama Yayasan, bisa disebut juga perusahaan Yayasan, bisa juga disebut perusahaan kursus. Dengan produk berupa jasa / layanan pelatihan. Karena kursus termasuk kedalam bentuk perusahaan maka pengelolaanya harus dilakukan secara profesional untuk mencapai target visi dan misinya. Untuk bisa mengelola secara profesional maka dibutuhkan SDM yang profesional pula.

Kepada lembaga Kursus dilakukan penjaminan mutu oleh dinas terkait berupa evaluasi, akreditasi, dan sertifikasi, ini mengacu pada undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Evaluasi dan Akreditasi dilakukan terhadap lembaga kursus dan pelatihannya, untuk sertifikasi dilakukan kepada SDM yang meiliputi pengelola, pendidik, dan peserta didiknya. Evaluasi dilakukan oleh pemerintah berupa evaluasi kinerja, akreditasi untuk mengukur kelayakan yang dilakukan oleh Ban-PNF, dan sertifikasi dilakukan oleh Lembaga Sertifikikasi Kompetensi yang di bentuk oleh asosiasi profesi dan ditetapkan oleh pemerintah, seperti Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK).

Melihat beberapa hal diatas, maka siapapun anda yang berencana membuat lembaga kursus komputer harus mempersiapkan matang-matang sistem pengelolaanya selain modal asset dan keuangan tentunya.

Cara Mendirikan Kursus Komputer

Ada beberapa hal yang harus dilakukan ketika seseorang ingin mendirikan usaha kursus komputer. Apa saja itu?

Yang pertama, apakah anda akan mendirikan usaha kursus secara perseorangan (sendirian), atau berkongsi dengan orang lain (bekerjasama)? Karena pada dasarnya ketika hendak memulai mendirikan lembaga kursus, sama pula ketika hendak mendirikan usaha lainnya yaitu akan mengelolanya sendiri atau bekerjasama denga orang lain. Selalu ada perkiraan untung ruginya apabila melakukan sesuatu secara sendiri atau bekerjasama dengan seseorang, ini perlu dipikirkan matang-matang.

Yang kedua, mengurus perizinan. Karena lembaga kursus termasuk dalam satuan pendidikan non formal yang penyelenggaraanya diatur Undang-Undang, maka penyelenggara kursus wajib mengurus perizinan ke ke instansi yang berwenang dalam hal ini Dinas Pendidikan. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon penyelenggara usaha kursus komputer, yaitu:

  • 1. Mengisi formulir yang telah disediakan instansi berwenang (dulu sukudinas dikmenti kotamadya)
  • 2. Melampirkan foto copy akta notaries yayasan
  • 3. Melampirkan foto copy KTP baik pemilik/penyelenggara
  • 4. Melampirkan foto copy ijazah pemilik/penyelenggara, dan instruktur pengajarnya
  • 5. Melampirkan Daftar Riawayat Hidup Pemilik/Penyelenggara
  • 6. Melampirkan surat keterangan kelakukan baik penyelenggara kursus dari Kepolisian.
  • 7. Melampirkan kurikulum kursus
  • 8. Melampirkan tata tertib / peraturan lembaga kursus
  • 9. Melampirkan denah/peta lokasi kursus
  • 10. Melampirkan pasfoto pengelenggara dan instruktur ukuran 4 X 6 ( dulu masing-masing sebanyak lima lembar)
  • 11. Melampirkan Surat Rekomendasi dari DPC HIPKI
  • 12. Melampirkan materai Rp. 6.000 sebanyak 1 (satu) buah)
  • 13. Melampirkan surat keterangan domisili usaha dari kecamatan

Hal-hal apa saja yang berkaitan dengan proses mendirikan kursus komputer, silahkan baca pada tulisan panduan cara mendirikan kursus komputer lebih lengkap.

Prospek Kursus Komputer

Prospek kursus komputer sampai saat ini masih sangat menjanjikan. Sekalipun penguasaan aplikasi komputer banyak diajarkan di sekolah-sekolah formal, akan tetapi kebutuhan menguasai aplikasi tertentu dengan durasi waktu belajar lebih singkat dan jam belajar yang lebih flexibel menjadikan lembaga kursus komputer tetap dicari banyak orang.

Berikut beberapa alasan mengapa lembaga kursus komputer masih terus diminati?

1). Durasi belajar lebih singkat, rata-rata durasi 8 kali pertemuan per paket kursus
2). Waktu belajar lebih flexibel, bisa disesuaikan dengan kesibukan masing-masing
3). Biaya yang relatif lebih murah dibanding dengan sekolah formal
4). Langsung praktik aplikasi, tidak muter-muter dengan teori terlebih dahulu seperti kegiatan belajar di sekolah formal
5). Sertifikat kursus sangat berguna untuk kebutuhan portofolio
6). Proses belajar lebih rileks, santai, nyaman
7). Mendapat bimbingan intensip dari instruktur yang cara mengajarnya lebih menyenangkan biasanya
8). Pasti lulus, kalaupun pada saat ujian belum bisa, biasanya peserta kursus bisa belajar beberapa kali pertemuan dan ujian berikutnya dengan gratis
9). Dihilangkannya mata pelajaran TIK di sekolah non kejuruan menjadikan lembaga kursus komputer menjadi alternatif belajar TIK bagi siswa siswi sekolah non kejuruan tersebut

Dan banyak lagi hal-hal lainnya yang membuat lembaga kursus komputer tetap banyak peminatnya.

Dengan melihat alasan-alasan diatas, maka kehadiran lembaga kursus komputer tetap prospektif dan provitable. Dibeberapa artikel tentang kursus komputer yang sudah saya tulis di web ini, saya sering menulis, kehadiran kursus komputer masih akan terus dibutuhkan 10 – 20 tahun kedepan, atau bisa selalu dibutuhkan karena perkembangan aplikasi komputer terus berkembang dan orang-orang harus mempelajari kembali aplikasi komputer terbaru tersebut, dan lembaga kursus komputer menjadi alternatif untuk belajar yang memudahkan.

Jadi kalau anda berencana akan membuat lembaga kursus komputer, pilihan anda sudah tepat dan bisa langsung memantapkan hati untuk segera mengurus berbagai persyaratan administrasinya.

Prakiraan Modal Usaha Kursus Komputer

Bicara usaha, bicara pula modal usaha, begitupun ketika hendak mendirikan usaha kursus komputer, maka perhitungkanlah nominal anggaran untuk persiapan modal usaha tersebut.

Untuk modal mendirikan lembaga kursus komputer, persiapkan beberapa item modal sebagai berikut:

1). Biaya pengurusan akta notaris, sampai tulisan ini dibuat biaya untuk pengurusan akta notaris yayasan tersebut kurang lebih 6 jutaan, tiap daerah / kota pastinya berbeda harga bisa lebih murah bisa pula lebih mahal, tapi untuk jaga-jaga siapkan saja sekitar 6 jutaan. Dan sebaiknya tanya-tanya dulu kepada orang-orang yang sudah pernah mengurus akta notaris yayasan di daerah anda.

2). Biaya sewa gedung, kalau anda sudah memiliki gedung, maka anggaran ini bisa dilewatkan. Untuk sewa gedung harganya relatif sesuai dengan luas bangunan, strategis tempat, dan nilai jual di daerah tersebut. Usahakan memilih gedung dengan harga yang terjangkau tetapi posisi gedung strategis, atau jika tidak menemukan gedung dengan harga yang terjangkau anda bisa memaksakan menyewa gedung yang ekspensive tapi posisinya benar-benar strategis. Siapkan dana untuk sewa satu tahun sekitar 10 jutaan.

3). Biaya pembelian komputer. Untuk awal-awal beli sekitar 5 unit komputer terlebih dahulu dengan spesifikasi standar untuk pengetikan. Dengan spek seperti itu perkiraan harga saat ini, untuk 5 unit komputer, sekitar 12,5 jutaan bahkan bisa lebih kecil lagi. Tapi kedepannya, jika program kursusnya sudah ke kursus disain grafis harus disiapkan spek komputer yang lebih tinggi lagi.

4). Mebeuler seperti meja dan bangku, lemari arsip, whiteboard dan lainnya. Meja komputer plus bangku sebanyak 5 buah (cari yang murah dulu) sekitar 2 jutaan, masih ada loh harga meja komputer yang dibawah 300an. Meja pendaftaran, lemari arsip dan whiteboard kecil kurang lebih 1 jutaan. Jadi totoal semuanya untuk mebeuler sekitar 3 jutaan.

5). Modul komputer untuk peserta kursus belajar, silahkan buat modul sesuai program kursus, kalau tidak sempat membuatnya anda bisa membeli modul kursus komputer tersebut kemudian perbanyak, siapkan secukupnya, untuk pertamakali buka siapkan sekitar 6 modul komputer. Untuk modul ini siapkan biaya sekitar 400 ribuan (beli softcopy dan memperbanyak).

6). Honor instruktur dan karyawan untuk prepare 6 bulan kedepan. Kalau anda tidak punya kesibukan lain dan sanggup mengajar dan menglola administrasi sendiri maka untuk sementara tidak perlu menggunakan orang lain. Jika tidak sanggup maka harus menggunakan orang lain, cukup satu orang dulu. Untuk honor biasanya dihitung sesuai jumlah tatap muka. Estimasi saja, satu kali pertemuan hoornya berapa? Untuk estimasi honor siapkan dana aman untuk 6 bulan kedepan sekitar 6 jutaan.

8). Biaya promosi. Ingat ya promosi itu penting. Orang tidak akan mengetahui lembaga kursus anda kalau tidak melalui promosi. Cara promosi macem-macem, bisa datang ke sekolah-sekolah, bisa door to door menyebar brosur ke rumah-rumah warga, atau dengan memasang spanduk di keramaian, atau menggunakan iklan digital seperti facebook dan instagram. Prepare saja biaya untuk promosi tersebut sekitar 2 jutaan ( untuk pembuatan brosur, spanduk, dan proses promosinya).

Kira-kira 8 item itu yang harus disiapkan modalnya. Kalau dihitung-hitung sekitar 32.400.000. Besar ya? Ingat ya itu cuma perhitungan kasar dan prakiraan.

Pada kenyataanya anda bisa lebih menghematnya sampai 50%, dan biaya-biaya tersebut bisa anda bayar saat kursus sudah berjalan jadi beban modal bisa dibayarkan melalui uang masuk peserta kursus.

Mencari pinjaman Modal usaha untuk membuka kursus komputer

Jika anda memiliki semangat tinggi dan niat yang kuat untuk profesioanl dibidang usaha kursus komputer, sementara modal anda terbatas, jangan khawatir selalu ada jalan untuk mendapatkan modal tersebut.

Bagaimana caranya?

Yaitu dengan mencari pinjaman modal usaha, anda sudah tahu tentunya untuk hal ini. Ada banyak cara untuk bisa mendapatkan pinjaman modal usaha.

Salah satu yang bisa dan umum dilakukan adalah, mencari pinjaman ke Bank. Di beberapa Bank sudah ada program untuk UMKM dan untuk orang-orang yang hendak memulai usaha baru.

Biasanya prosesnya tidak terlalu susah asala persyaratannya lengkap dan sesuai kriteria verifikasi bank maka danapun bisa anda peroleh dalam waktu tidak terlalu lama. Salah satu persayaratannya memang harus memiliki agunan berupa SPPT tanah, tapi ada juga pinjaman tanpa agunan dengan tenor pengembalian yang lebih pendek dan bunga yang lebih tinggi.

Selain pinjaman ke Bank, anda juga bisa mencoba alternatif lain seperti menggadaikan aset, meminjam kepada saudara atau teman dekat anda. Atau juga meminjam ke perusahaan tempat anda bekerja saat ini.

Kesimpulan

Sebenarnya tulisan ini belum tuntas tidak seperti judulnya Mengulas Tuntas Peluang Usaha Kursus Komputer, karena masih ada sub bahasan yang harus dilengkapi lagi seperti bagaimana menyususn RAB lembaga kursus, menyusun kurikulum kursus, membuat proposal usaha kursus dan lain sebagainya. Tapi kalau dilengkapi semuanya pada tulisan ini akan terlalu panjang, untuk sub bahasan lainnya saya akan pisahkan pada topik khusus tadi, misalnya topik khusus membuat kurikulum kursus komputer.

Sampai pada satu kesimpulan, bahwa peluang usaha kursus komputer masih terbuka lebar dan provitable. Artinya usaha dibidang ini masih sangat menguntungkan, dan pasarnya selalu ada, tidak musiman seperti jenis usaha telekomunikasi lainnya misalnya warnet, atau wartel dulu. Aplikasi komputer terus berkembang, dan orang-rang harus terus belajar aplikasi-aplikasi terbaru, sementara waktu belajar tidak selamanya bisa formal, maka kehadiran lembaga kursus komputer akan selalu dibutuhkan.

Artikel ditulis oleh Mulyadi Tenjo
Guru produktif Multimedia di SMK Nida El-Adabi, Bogor