Strategi Mempromosikan Usaha Kursus Komputer

Strategi Mempromosikan Usaha Kursus Komputer ini merupakan bagian terpenting dari proses memperkenalkan bisnis anda dibidang kursus komputer untuk mendatangkan sebanyak-banyaknya calon peserta kursus ke lembaga anda. Semakin bagus strategi promosi yang dirancang maka semakin besar pula kemungkinan mendatangkan calon peserta kursus ke lembaga anda. Dan semakin banyak calon peserta kursus datang ke lembaga anda, semakin besar pula kemungkinan untuk mendapatkan peserta kursus baru. Dan tentu banyaknya peserta kursus di lembaga anda merupakan indikator keberhasilan bisnis anda.

strategi mempromosikan usaha kursus komputer

Untuk merancang strategi promosi yang tepat, diperlukan manajemen yang bagus. Pada artikel kali ini admin web modulkomputer.com akan memberikan strategi pemasaran kursus komputer tersebut. Dengan artikel ini anda akan mendapat gambaran, atau referensi proses menyusun strategi marketing usaha kursus komputer. Dan tentu ini akan sangat bermanfaat, terutama untuk anda yang baru memulai usaha dibidang kursus komputer, dengan asumsi lembaga kursusnya sudah ada.

Jadi pada artikel ini kami tidak lagi membicarakan pemilihan tempat yang strategis, program kursus yang ditawarkan, dan administrasi kursus lainnya. Karena topik tersebut sudah kami bahas pada artikel panduan dan cara mendirikan kursus komputer, artikel kali ini fokus pada strategi pemasaran saja.

Tahapan Rencana Promosi

Untuk menghasilkan strategi promosi kursus komputer yang bagus, diperlukan tahapan sebagai berikut:

1). Menyiapkan SDM
Suksesor utama dari strategi mempromosikan bisnis kursus komputer adalah SDM. Kuantitas dan kualitas SDM menentukan tingkat keberhasilan, semakin banyak orang yang terlibat dalam promosi maka semakin mudah pula menjangkau target-target promosi. Semakin berkualitas tiap individu yang terlibat dalam promosi, maka semakin besar pula tingkat keberhasilan promosi.

Berapa jumlah individu yang terlibat dalam promosi anda?

Ketika anda mendirikan usaha kursus komputer, kami yakin tidak banyak individu yang bisa anda libatkan, biasanya hanya beberapa orang yang merupakan bagian dari manajemen yang anda buat, karenanya anda harus memanfaatkan betul jumlah individu tersebut. Langkah pertama yang harus dibuat adalah pembentukan tim promosi, siapa ketua, sekretaris dan lain sebagainya. Ini fungsinya untuk mempermudah dalam hal pertanggungjawaban dan evaluasi.

Seberapa bagus kualitas masing-masing individu?

Dalam menyusun strategi promosi, anda juga harus paham masing-masing kualitas individu yang akan terlibat atau dilibatkan dalam kegiatan promosi. Kualitas tersebut meliputi kemampuan komunikasi verbal individu, kemampuan mempengaruhi orang lain, kemampuan disain visual, dan lain sebagainya.

Percaya atau tidak, dalam promosi kita sangat membutuhkan individu yang memiliki kualitas komunikasi verbal yang baik, orang-orang yang berani malu, berani berbicara didepan orang lain yang belum dikenalnya.

Bagaimana jika diantara tim promosi yang ada, tidak menemukan talenta-talenta yang disebutkan terebut? Salah satu solusinya dengan menguatkan penggunaan media promosi seperti brosur, pamplet, foster, iklan baris surat kabar, iklan melalui sosial media dan lain sebagainya.

2). Menyiapkan Media Promosi

Setelah SDM sudah ada, terlepas dari kelebihan dan kekurangannya. Berikutnya yang harus disiapkan adalah media promosinya. Apa saja media promosi untuk mempromosikan usaha kursus komputer?

Tidak beda jauh dengan media promosi usaha lainnya, yang harus disiapkan antaralain:

  • Brosur
  • Spanduk
  • Proposal kerjasama dengan sekolah / instansi
  • Stiker

Empat media tersebut, sudah cukup sebagai media promosi untuk mempromosikan usaha kursus komputer. Anda bisa menggunakan media lainnya seperti beriklan di media masa, dan sosial media. Tapi 4 media promosi diatas tetap harus ada.

3). Menentukan Target Promosi

Promosi boleh kepada siapa saja, kapan saja, dimana saja. Anda boleh berpendapat demikian. Dan tidak salah memang. Tapi agar promosi anda tepat sasaran, dan biaya yang dikeluarkan untuk promosi epektif maka sasaran promosi harus benar-benar tepat.

Maka menentukan target promosi merupakan suatu keharusan.

Cara menentukan target disesuaikan dengan program kursus yang diselenggarakan. Misalnya lembaga kursus anda menyelenggarakan program kursus paket office untuk level SD, maka target promsi anda siswa SD, tempat yang strategis untuk melakukan promosi kepada siswa SD yang pertama tentu di Sekolah Dasar sekitar lembaga kursus, yang kedua anda bisa datang langsung door to door ke rumah di sekitar lembaga kursus.

Begitupun dengan target promosi untuk program kursus lainnya, sesuaikan dengan target input calon peserta kursus yang diselenggarakan.

Pada akhirnya targeti promosi itu meliputi;

Orang yang akan didatangi; anak-anak, remaja, atau dewasa

Lokasi; sekolah, kampus, rumah, atau tempat keramaian yang strategis

Waktu; pagi, siang, sore sesuai kemungkinan berkumpulnya masa

Saatnya Melakukan Promosi

Tahapan rencana promosi sudah selesai, semua kebutuhan promosi sudah siap, maka kini saatnya anda dan tim beraksi / turun ke lapangan menemui target sesuai yang telah direncanakan.

Pada saat berhadapan dengan target, maka kemampuan komunikasi sangat menentukan tingkat keberhasilan promosi anda dan tim. Bagi yang sudah terbiasa berbicara didepan umum kegiatan promosi tak beda jauh dengan kegiatan pidato, cuma bedanya pesan yang disampaikan adalah penawaran produk dalam hal ini program kursus.

Tapi bagi pemula, yang sebelumnya tidak punya pengalaman berbicara didepan umum dengan jumlah masa yang banyak, maka kemungkinan nervous / grogi akan ada, untuk itu jauh-jauh hari sebelum kegiatan promosi sebaiknya berlatih terlebih dahulu.

Berlatih cara berbicara didepan umum, cara menyempaikan program kursus, cara memikat calon peserta kursus dengan kosa kata yang menarik, berlatih cara meyakinkan calon peserta kursus dengan program kursus yang anda tawarkan, berlatih menjawab pertanyaan dengan memprediksikan kemungkinan pertanyaan yang akan disampaikan audiens.

Contoh kata-kata promosi

Buat anda yang belum terbiasa promosi, tentu anda akan grogi dan kebingungan memilih kata-kata promosi yang tepat, alih-alih menyampaikan pesan promosi malah ngalor ngidul tidak produktif. Berikut contoh kata-kata promosi yang bisa anda pelajari sebelum action kelapangan;

“Selamat pagi ade-ade semuanya, apakabar? Kami dari lembaga kursus ……… yang beralamat di ………ingin berbagi informasi dengan kalian. Bagi ade-ade yang belum bisa komputer, bisa mengetik di komputer, ade-ade bisa belajar komputer di lembaga kami dengan mengikuti program kursus paket ceria…. waktunya bisa disesuaikan dengan mau pagi, siang atau sore sepulang sekolah, atau hari sabtu dan minggu saja pada waktu libur sekolah….

Silahkan anda menambahkan kata-kata diatas sesuai dengan kelengkapan informasi dan retorikan yang anda kuasai, ingat sesuaikan gaya bicara dengan target, kalau yang dihadapi adalah anak SD maka sesuaikanlah cara berkomunikasi anda yang tidak terlalu formal, tapi disisipi becandaan atau humor-humor lucu lainnya.

Membagikan brosur promosi

Membagi-bagikan promosi biasanya dilakukan sesudah berpidato / berkomunikasi langsung dengan target, fungsi brosur pada dasarnya untuk mengingatkan kembali keberadaan lembaga kursus anda, termasuk program kursus, biaya dan lain sebagainya yang sebelumnya sudah anda sampaikan secara verbal.

Bagi yang berminat kursus, biasanya brosur ini dibawa pulang, tapi bagi yang tidak berminat biasanya brosur yang sudah susah payah lembaga anda buat dibuang begitu saja.

Untuk itu berhemat-hematlah membagi-bagikan brosur. Bagikan secukupnya saja sesuai jumlah orang target peserta kursus anda.

Adakalanya anda membagi-bagikan kursus di jalanan, atau didepan pintu gerbang sekolah pada saat siswa keluar sekolah sehingga siapa saja mengambil brosur anda dan langsung membuangnya. Karena siswa pada saat mengambil brosur tidak mau berlama-lama berurusan dengan tim promosi anda, untuk kegiatan promosi seperti ini sebaiknya dihindari sebab tidak epektif.

Dapatkan Modul Kursus Komputer Paket Office Word & Excel disini

Evaluasi Promosi

Setelah kegiatan promosi jangan lupa anda mengevaluasinya. Berapa target yang sudah ditemui, berapa jumlah brosur yang sudah tim anda bagi-bagikan, sudah berapa lama dari kegiatan promosi dilakukan sampai waktu evaluasi dilakukan, dan tentu sudah berapa calon peserta kursus yang mendaftar di lembaga anda.

Itu semua harus menjadi point-point penting dalam evaluasi. Kalau banyak yang mendaftar menjadi peserta kursus di lemabag anda, berarti semua kegiatan promosi sudah berhasil, tapi apabila calon peserta kursus nihil maka ini ada yang salah dalam promosi tim anda.

Demikian artikel strategi mempromosikan kursus komputer kali ini, semoga dapat membantu anda dalam mempromosikan lembaga kursus komputer anda saat ini.

Modul Komputer laris yang paling banyak di beli:

  • Modul Kursus Komputer Paket Office (Word & Excel) Rp. 270.000;
  • Modul Paket Office Lengkap Word, Excel, PPoint, Access Rp. 375.000;
  • Modul TIK/Mulok Komputer Kelas 1,2,3,4,5,6 SD Rp.225.000;
BONUS:
Tiap paket modul yang anda beli sudah dilengkapi dengan BONUS-BONUS modul komputer menarik lainnya. Dan BONUS administrasi mengajar, administrasi kursus, template sertifikat, dan contoh proposal pendirian lembaga kursus komputer.

CARA PESAN MODUL:
Pesan / Order modul yang anda pesan melalui SMS/WA ke nomor: 0813 1951 3609
Contoh: "Order Modul TIK SD, Bapak Abdul, Jakarta"

ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP