Cara Mempromosikan Usaha Les Komputer Lewat Internet

Bagaimana caranya mempromosikan usaha les pembelajaran komputer lewat internet / online? Bagi yang sedang memulai usaha les privat pembelajaran komputer dan memiliki pertanyaan seperti itu, saya admin modulkomputer akan membahasnya pada artikel kali ini. Dan pembahasan ini merupakan studi kasus yang sudah saya coba, yaitu mempromosikan usaha les pembelajaran komputer ke publik secara online. Setelah membaca tulisan ini pembaca bisa mengambil kesimpulan yang tepat untuk melakukan promosi kepada publik melalui online seperti apa yang sudah saya lakukan tersebut.

cara mempromosikan les komputer melalui internet dan sosial media

Ada banyak platform yang bisa kita gunakan untuk mempromosikan usaha apapun melalui online. Bisa menggunakan website, blog gratisan, twitter, facebook, instagram, WhatsApp, atau Telegram. Platfomr-platform tersebut bisa kita gunakan sebagai media promosi yang epektif. Tapi untuk memaksimalkan platform-platform tersebut sehingga menghasilkan penjualan atau minimal interaksi, perlu pengetahuan tentang apa dan bagaimana cara mempromosikan melalui tiap jenis paltform yang kita pilih, apakah itu website atau salah satu dari platform sosial media.

Menggunakan Website/Blog

Buatlah website untuk mempromosikan les privat komputer, melalui website ini kita bisa memperkenalkan keberadaan jasa les privat komputer yang kita kelola. Dan sejauh ini website masih menjadi media promosi yang epektif, selain kita bisa menulis banyak hal konten promosi kita, juga dapat meningkatkan kepercayaan orang terhadap kita.

Saya tidak bisa membuat website?

Untuk memiliki website bukan berarti harus bisa membuat website sendiri. Ada banyak cara untuk bisa memiliki website, selain dengan membeli, salah satunya adalah dengan meminta bantuan teman. Kalau mau mudah, tinggal membeli saja di layanan penyedia hosting dan domain, harganya tidak sampai 400 ribuan.

Pada studi kasus yang saya lakukan, saya tidak membuat websie dengan self hosting dan domain, melainkan dengan menggunakan blog gratisan di platform milik wordpress.com

Melalui blog gratisan tersebut saya memposting informasi keberadaan jasa les privat komputer yang saya tawarkan. Update kontennya tidak rutin, seingetnya, tapi semua judul konten adalah informasi tentang promosi jasa les privat komputer.

Dan ternyata sekalipun menggunakan blog gratisan, ada saja WA atau melalui email yang masuk ke saya menanyakan perihal jasa les privat komputer yang saya promosikan melalui blog tersebut.

Kurang lebih dalam sebulan ada saja 5 sampai 8 orang yang menghubungi saya untuk mendaftar sebagai peserta les komputer. Ini artinya, media promosi melalui internet menggunakan blog gratisan masih cukup bagus.

Saya tidak paham SEO biar blog promosi saya ada di halaman depan Google!

Search Engine Optimization atau SEO merupakan pengetahuan teknis tentang cara-cara yang harus dilakukan agar website / blog bisa menempati halaman pertama berdasarkan kata kunci yang diketikan oleh orang di mesin pencari Google, atau mesin pencari lainnya.

Untuk studi kasus blog promosi les privat komputer yang saya buat, saya tidak terlalu memikirkan SEO tersebut. Tapi ada dua teknik SEO yang saya gunakan, ini persepsi saya saja alias masih bisa disebut kemungkinan.

Yang pertama saya menggunakan alamat blog sesuai target area promosi yang saya inginkan.

Contohnya begini; www.kursuskomputerkecamatanmenteng.wordpress.com

Dengan alamat blog seperti itu harapan saya, ketika orang mencari tempat kursus komputer di wilayah kecamatan tersebut  menggunakan Google bisa segera menemukan alamat blog saya tersebut. Karena saya yakin, orang yang mencari tempat kursus melalui internet pasti mengetikan nama daerahnya, itu asumsi saya.

Yang kedua, postingan blog tersebut selalu menargetkan nama-nama desa, dan kampung di sekitar wilayah kecamatan.

Contoh judul postingnya begini; les privat komputer di desa abcdef. atau les komputer di kampung abcd

Kalau dalam satu kecamatan ada 8 desa, maka minimal saya membuat judul posting dengan nama desa dibelakangnya adalah 8 postingan. Setelah postingan dengan naama-nama desa tersebut, saya buat lagi postingan dengan nama-nama kampung dibelakangnya. Kalau satu desa ada 12 kampung, maka saya buat postingan sebanyak itu.

Oh iya,  bagi yang belum bisa membuat website menggunakan wordpress saya sudah membuat panduan dalam bentuk ebook dan membagikannya secara gratis sebagai bonus pembelian modul kursus komputer paket office!

Kira-kira seperti itu teknik sederhana SEO yang bisa digunakan pada blog gratisan yang digunakan untuk mempromosikan usaha les komputer, temen-temen semuanya bisa mencoba menerapkan apa yang sudah saya lakukan tersebut.

Gunakan Google Profil Bisnis

Suatu saat ada orang yang ingin kursus komputer tapi belum tau apakah disekitar tempat tinggalnya ada lembaga kursus, atau orang yang bersedia mengajari keterampilan aplikasi komputer secara privat. Kemudian orang tersebut membuka internet dan mengetikan pertanyaan ke kotak pencarian google. Dan setelah menekan enter, puluhan informasi muncul, salah satunya blog dengan alamat yang sudah kita buat seperti contoh diatas.

Selain itu, juga muncul gambar peta beserta informasi nama tempat kursus, situs perujuk, rute, dan jam operasionalnya (buka jam berapa, tutup jam berapa). Nah yang seperti ini disebut google profil bisnis, sehingga orang dengan mudah menemukan keberadaan alamat kita plus informasi lain yang dibutuhkan.

Bagaimana cara membuat google profil bisnis?

Cara mudah, tinggal login ke akun google bisnis dan ikuti langkah-langkah selanjutnya seperti menuliskan nama bisnis kita (misalnya: kursus komputer kecamatan abcd), dan alamat, kota, provinsi, kode pos, alamat web, no telpon yang bisa dihubungi, dan maps (peta).

Langkah-langkah lengkapnya bisa temen-temen cari sendiri di Google, atau langsung mempraktikannya.

Menggunakan Sosial Media

Saat ini hampir semua orang yang memiliki handphone pasti memiliki akun sosial media, terutama mereka yang usia produktif. Saat ini ada tiga platform sosial media yang menurut saya cukup bagus untuk promosi, yaitu facebook, instagram, dan whatsapp.

Dimasing-masing platform sosial media tersebut juga memiliki banyak fitur yang bisa digunakan untuk kegiatan promosi.

Di Facebook misalnya, kita bisa mempromosikan sesuatu pada update posting beranda, kita juga bisa membuat fansfage dan group untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya orang dan setelah terkumpul banyak kita bisa melakukan brainstroming produk yang kita miliki ke mereka, kita juga bisa menggunakan market place,  facebook story dan facebook ads (yang ini berbayar).

Di Instagram juga sama, kita bisa langsung mempromosikan sesuatu baik di beranda maupun instastory.

Di WhatsApp (WA) juga kita bisa mempromosikan sesuatu menggunakan Snap WhatsApp atau sering disebut SW, bisa juga membuat group WA dan lakukan promosi disana.

Tentu untuk mendapatkan promosi yang epektif ada cara-cara yang perlu dilakukan, dan ini biasa diajarkan oleh para internet marketer. Tapi sebagai orang awam dan ingin menggunakan platform sosial media sebagai sarana promosi, lakukan saja sebisanya dulu sambil mempelajari cara mempromosikan les komputer dengan tepat dan detail dari tahapan-tahapan yang harus dilakukan agar promosi di sosial media tersebut berhasil.

Penutup

Sebagai penutup bahasan, ada hal yang lebih penting dari sekedar cara mempromosikan usaha les komputer melalui internet ini, yaitu kesungguhan menjalankan usaha. Artinya, temen-temen semuanya ketika memulai dan menjalankan usaha les privat komputer ini harus benar-benar mempelajari detail usaha yang dijalani, seperti bagaimana mengelola peserta les, memutar profit agar usaha semakin bertumbuh, dan seterusnya hingga pada akhirnya temen-temen semuanya bukan lagi menjadi guru keliling yang mengajarkan aplikasi komputer ke rumah-rumah melainkan memiliki gedung yang strategis dengan papan nama identitas yang dikenal luas oleh masyarakat. Amin. Selamat berusaha semoga sukses!


Dapatkan Modul Komputer Pilihan Dibawah ini:

Lihat produk-produk Modul Komputer kami Disini

BONUS:
Tiap paket modul yang anda beli sudah dilengkapi dengan BONUS-BONUS modul komputer menarik lainnya. Dan BONUS administrasi mengajar, administrasi kursus, template sertifikat, dan contoh proposal pendirian lembaga kursus komputer.

CARA PESAN MODUL:
Pesan / Order modul yang anda pesan melalui SMS/WA ke nomor: 0813 1951 3609
Contoh: "Order Modul TIK SD, Bapak Abdul, Jakarta"

ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP
ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP (CS 2 Aktif)