Rumus Excel Yang Paling Banyak Digunakan di Dunia Kerja

Rumus excel apa yang paling banyak digunakan di dunia kerja, jawabannya ada pada lis kumpulan rumus excel penting dibawah ini. Rumus-rumus Excel ini sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Kategori Informasi dan Komunikasi Golongan Pokok Aktivitas Jasa Informasi Bidang Pengoperasian Komputer  sesuai KEPMEN Naker No. 56 Tahun 2018, dan referensi lainnya, serta pengalaman admin di dunia kerja.

rumus excel penting di dunia kerja

Microsoft Excel merupakan aplikasi untuk mengolah data secara otomatis yang dapat berupa perhitungan dasar, rumus, pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan menajemen data. Dalam modul komputer yang saya buat, saya lebih sering menyebut aplikasi microsoft excel dengan sebutan aplikasi pengolah angka, itu tak lain dari kegunaan aplikasi ini yang kebanyakan digunakan untuk melakukan pengolahan data berupa angka-angka. Untuk mengolah angka-angka ini nantinya dikelompokan sesua dengan cara pengolahannya, maka di Microsoft Excel ini nanti ada ribbon Formulas dengan sub ribon untuk pengolahan data yang lebih spesifik dalam function library.

Setiap pengolahan data dalam aplikasi Microsoft Excel menggunakan rumus-rumus, terutama untuk menyelesaikan permasalahan yang bersifat Logic. Di dunia kerja kemampuan menggunakan rumus-rumus excel ini sangat dibutuhkan untuk mempercepat proses pengolahan data perusahaan, untuk itu di lembaga kursus dan pendidikan penyelenggara pembelajaran keterampilan mengoperasikan komputer harus membuat silabus pembelajaran yang didalamnya terdapat materi penggunaan rumus excel sesuai SKKNI.

Bagi yang belum mengetahui SKKNI keterampilan Menggunakan Perangkat Lunak Lembar Sebar (Spreadsheet) Tingkat Dasar, silahkan mengunduh berkas yang kami lampirkan diakhir posting admin modulkomputer kali ini.

Rumus-rumus Dasar Excel untuk Dunia Kerja

Sebelum menggunakan rumus-rumus yang memerlukan kemampuan Logic, dan penulisan yang sedikit rumit tapi mengasyikan, seorang operator komputer yang mengoperasikan aplikasi spreadseheet Microsoft Excel terlebih dahulu harus menguasai rumus-rumus dasar Excel dibawah ini;

A. Rumus Formula PAKATABAKU (Pangkat, Kali, Tambah, Bagi, Kurang)

Rumus-rumus ini merupakan rumus operator matematika dasar yaitu pangkat, kali, tambah, bagi dan kurang. Berbeda dengan operasi matematika secara manual, pada aplikasi Excel terdapat beberapa perbedaan simbol operasi matematika dan cara penggunaanya. Pakatabaku merupakan salah satu formula sederhana yang harus dikuasai oleh user aplikasi Excel.

Rumus Formula Pangkat ( ^ )

=Cell ^ Cell
Contoh: =A1^B1

Rumus Formula Kali (*)

=Cell*Cell
Contoh: =A1*B1

Rumus Formula Tambah (+)

=Cell+Cell
Contoh: =A1+B1

Rumus Formula Bagi (/)

=Cell/Cell
Contoh: =A1/B1

Rumus Formula Kurang (-)

=Cell-Cell
Contoh: =A1-B1

B. Rumus Formula Sum, Average, Min, Max, Count

Rumus formula ini merupakan rumus dasar lainnya setelah user menguasai formula pakatabaku diatas. Rumus sum, average, min, max, dan count merupakan rumus statistik dasar yang ada dalam aplikasi Excel.

Rumus Formula SUM

Formula SUM digunakan untuk mencari tahu jumlah keseluruhan (summary) pada suatu baris atau kolom.
Contoh:
=SUM(A1:G1) atau,
=SUM(A1:A20)

Turunan dari rumus Sum ini antara lain: SUMIF, SUMIFS, SUMPRODUCT, SUMSQ, SUMX2MY2, SUMX2PY2, SUMXMY2.

Rumus Formula AVERAGE

Formula Average digunakan untuk mencari nilai rata-rata pada suatu baris atau kolom.
Contoh:
=Average(A1:G1)
=Average(A1:A20)

Turunan dari rumus Average yaitu; Averagea, Averageif, dan Averageifs

Rumus Formula MIN

Formula MIN digunakan untuk mencari nilai terkecil pada deret suatu baris atau kolom
Contoh:
=MIN(A1:G1)
=MIN(A1:A20)

Turunan dari formula MIN yaitu Mina, Minute, dan Minverse

Rumus Formula MAX

Formula MAX digunakan untuk mencari nilai terbesar pada deret suatu baris atau kolom
Contoh:
=MAX(A1:G1)
=MAX(A1:A20)

Turunan dari formula Max yaitu; Maxa

Rumus Formula COUNT

Formula Count digunakan untuk mengetahui jumlah data pada suatu baris atau kolom
Contoh:
=Count(A1:G1)
=Count(A1:A20)

Turunan dari formula Count adalah; CountIf, CountIfs, Counta, dan CountBlank

C. Rumus Formula Left, Mid, dan Right

Rumus formula text sebenarnya banyak, bukan cuma left, mid, dan right. Masih ada Fixed, Proper, Lower, search, dollar, replace, substitute, dan seterusnya. Tetapi yang paling banyak digunakan untuk pengolahan data yang menggunakan kode produk biasanya adalah Left, Mid, dan Right.

Rumus Formula Text: Left

=Left(Cell Kunci, Jumlah Teks yang diambil)
Contoh:
=Left(A1,2)

Rumus Formula Text: Mid

=Mid(Cell Kunci, Jumlah ke huruf pertama teks yang diambil dari kiri, jumlah teks yang diambil)
Contoh:
=Mid(Cell Kunci,3,2)

Rumus Formula Text: Right

=Right(Cell Kunci, Jumlah Teks yang diambil)
Contoh:
=Right(A1,2)

Dapatkan Modul Lengkap Belajar Excel Sampai Mahir disini >>

Rumus Formula Logic Excel Untuk Dunia Kerja

Rumus formula berikutnya yang sering digunakan di dunia kerja untuk pengolahan data adalah rumus-rumus formulas logic. Rumus-rumus ini sudah menggunakan kemampuan memahami alur proses pengolahan data secara logic.

Berikut beberapa rumus formula logic yang sering digunakan di dunia kerja;

A. Rumus Formulas Logic: IF

Rumus IF digunakan untuk membandingkan dua kondisi atau lebih, fungsi ini sangat sering digunakan dalam skenario untuk menyelesaikan berbagai perhitungan dalam microsoft excel. Atau dalam pengertian yang sederhana rumus IF digunakan untuk mencari nilai berdasarkan kriteria tertentu.

Penulisan rumus IF

Penulisan rumus IF menggunakan operator perbandingan:
= : Sama dengan
> : Lebih besar dari
< : Lebih kecil dari
>= : Lebih besar sama dengan
<= : Kurang dari sama dengan
<> : Tidak sama dengan

Rumus IF terbagi dua, yang pertama IF tunggal, dan yang kedua IF bertingkat.

Rumus IF Tunggal:

=IF( Logical_test, Value_If_true, value_If_False)

Contoh:

=IF(A1>75,”Lulus”,”Tidak Lulus”)

Rumus IF Bertingkat atau sering juga disebut IF Majemuk:

Contoh:

=IF( A1 >= 90, “A”, IF( A1 >= 80, “B”, “C” ))

Selain rumus If tunggal dan If majemuk, ada juga rumus If else dan penggabungan rumus if dengan lookup. Tapi yang standar digunakan untuk yang baru bekerja sebagai staf administrasi, tidak jauh-jauh dari rumus if tunggal dan if majemuk, kecuali anda bekerja untuk menangani kasus-kasus pengolahan data menggunakan escel, atau disebut juga sebagai programmer excel.

B. Rumus Lookup & Reference: Vlookup & Hlookup

Fungsi Vlookup dan Hlookup adalah untuk membaca tabel referensi dimana dua atau lebih tabel mempunyai data yang saling dihubungkan.

Jika tabel disusun secara Vertikal kita menggunakan rumus fungsi Vlookup sedangkan jika tabel disusun secara Horizontal maka kita gunakan rumus fungsi Hlookup.

Untuk contoh penggunaan rumus Vlookup dan Hlookup admin sertakan dalam format Excel, silahkan mengunduhnya untuk dipelajari secara mandiri.

Contoh penggunaan rumus Vlookup dan Hlookup bisa diunduh pada tautan berikut, selain latihan Lookup, juga disertakan latihan rumus lainnya. Cek dan unduh disini: Latihan Vlookup & Hlookup

Nah itulah rumus-rumus yang penting dipelajari oleh anda yang akan mempersiapkan diri untuk bekerja sebagai staf administrasi di persuahaan. Selain kemampuan rumus-rumus tersebut, anda juga sebaiknya mempelajari rumus lainnya di Microsoft Excel, masih banyak formulas yang perlu dikuasai yang nantinya dapat mempermudah anda dalam menyelesaikan berbagai penyelesaian kasus pengolahan data perusahaan.

Yang lainnya yang perlu anda sangat kuasai adalah, selain rumus-rumus standar diatas, antara lain kemampuan membuat tabel di excel seperti menentukan default ukuran tinggi lebar cell, menggabungkan cell, membuat grafik otomatis sesuai data yang diinput. Dan tentu, kemampuan mencetak / print pada aplikasi Excel, karena berbeda dengan aplikasi Word, ada beberapa pengaturan yang memerlukan insting anda pada saat akan mencetak dokumen excel.

Ini dia SKKNI yang saya sebutkan: SKKNI

Jika anda belum menguasai rumus-rumus dasar Excel penting untuk dunia kerja tersebut, dan anda ingin menyiapkan diri untuk dapat bekerja sebagai staf administrasi di perkantoran, kami sudah menyiapkan modul komputer Microsoft Excel yang dapat anda pelajari sendiri dan dijamin anda mahir. Silahkan mengunjungi toko kami!


Dapatkan Modul Komputer Pilihan Dibawah ini:

Lihat produk-produk Modul Komputer kami Disini

BONUS:
Tiap paket modul yang anda beli sudah dilengkapi dengan BONUS-BONUS modul komputer menarik lainnya. Dan BONUS administrasi mengajar, administrasi kursus, template sertifikat, dan contoh proposal pendirian lembaga kursus komputer.

CARA PESAN MODUL:
Pesan / Order modul yang anda pesan melalui SMS/WA ke nomor: 0813 1951 3609
Contoh: "Order Modul TIK SD, Bapak Abdul, Jakarta"

ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP