Mengupas Peluang Usaha Les Komputer Untuk Guru

Jenis usaha sampingan yang bisa dilakukan Guru sebenarnya banyak sekali, terkait waktu kerja guru yang sebenarnya fleksibel. Waktu kerja yang fleksibel ini menjadi salah satu peluang untuk menjalankan usaha sampingan, salah satu jenis usaha sampingan yang cocok buat guru adalah mengadakan les komputer. Dan les komputer ini merupakan salah satu usaha sampingan, bahkan bisa menjadi secon job yang sangat prospektif, dan banyak rekam jejak guru yang berhasil memiliki lembaga kursus komputer dengan memulainya terlebih dahulu dari usaha les komputer.

Peluang Usaha Les Komputer Untuk Guru

Setelah membaca artikel ini pembaca akan memiliki gambaran peluang sukses usaha penyelenggaraan les keterampilan komputer. Untuk itu silahkan baca secara seksama dari awal sampai akhir, sebab kami menulisnya dengan sangat lengkap, jadi sangat rugi kalau anda melewatkan bagian-bagian tertentu dari tulisan ini sementara anda sebenarnya sedang mencari informasi terkait peluang les keterampilan komputer!

Tentang Les Keterampilan Komputer

Les adalah kegiatan belajar tambahan diluar jam pelajaran semestinya di Sekolah. Tempat belajarnya biasanya dilakukan di luar Sekolah, biasanya di tempat tinggal penyelenggara les, kebanyakan penyelenggara les tersebut adalah Guru siswa di sekolah. Tapi ada juga penyelenggara Les yang bukan Guru dari siswa seperti mahasiswa, dan lain sebagainya yang memiliki kemampuan untuk menyelenggarakan kegiatan Les.

Umumnya mata pelajaran yang di Les-kan adalah mata pelajaran umum seperti matematika, bahasa inggris, bahasa asing lainnya. Tapi belakangan Les yang sifatnya aplikatif juga sangat banyak, misalnya les gitar, les piano, dan les aplikasi komputer.

Untuk yang terakhir ini, les keterampilan komputer, kita akan membahasnya disini. Membahas seputar peluang yang bisa dilakukan, dikelola, dan diperoleh nilai keuntungannya dari penyelenggaraan les aplikasi komputer ini oleh penyelenggara les, dengan subyek penyelenggaranya adalah temen-temen yang berprofesi sebagai Guru.

Kenapa Guru?

Banyak yang bertanya, tentang peluang usaha sampingan untuk Guru. Jenis usaha apa sih yang cocok untuk pekerjaan sebagai Guru, yang intinya tidak mengganggu pekerjaan utama mengajar di sekolah, tetapi dapat menambah income dengan mudah dan kalau bisa signifikan.

Sebelum membahas peluang-peluang yang bisa diperoleh oleh penyelenggara les komputer, tentu terkait dengan profit margin, kita cari tahu terlebih dahulu tentang apa itu les keterampilan komputer? Baik dari materi yang diberikan kepada peserta kursus, maupun sinkronisasinya dengan pelajaran di sekolah asal peserta kursus agar les yang diselenggarakan bisa  nyambung dengan pelajaran lain.

Belum berpengalaman membuka usaha les komputer? Silahkan mulai dari artikel ini; cara membuat les privat komputer

Materi Les Keterampilan Komputer

Sebenarnya apa saja sih materi les keterampilan komputer itu? Tentu jawabannya variatif, bisa dari yang sifatnya sederhana alias untuk pemula, sampai kepada tingkat mahir dan kepada yang lebih rumit alias profesional. Karena les bukan kegiatan belajar formal, umumnya materi yang diberikan hanyalah materi-materi standar yang umumnya dipelajari dan digunakan oleh orang kebanyakan.

Materi standar yang biasanya dipelajari oleh peserta les komputer;

1). Les aplikasi Microsoft Word

2). Les aplikasi Microsoft Excel

3). Les aplikasi Microsoft PowerPoint

4). Les aplikasi desain grafis Adobe Photosop

5). Les aplikasi desain grafis Adobe Ilustrator

6). Les aplikasi desain grafis Corel Draw

7). Les aplikasi desain 3D seperti Blender, Sketchup, atau Auto CAD & Solid Work

8). Les pemrograman seperti HTML, CSS, PHP, Java, dan lain sebagainya

9). Les aplikasi untuk membuat Game seperti Unity, Game Maker dan lainnya

10). Les aplikasi untuk video editing seperti Adobe Premiere, After Effec, AdobeAudio, dll

Dan masih banyak lagi jenis aplikasi komputer yang bisa dijadikan materi les komputer oleh penyelenggara les komputer.

Jika anda belum memiliki materi les komputer, silahkan mendapatkan berbagai Modul Pembelajaran Komputer di Toko Kami. Atau mulai dari membeli Modul Kursus Komputer Paket Office Ms Word & Excel ini!

Tentu materi-materi yang diberikan pada akhirnya disesuaikan dengan target peserta les. Kalau targetnya adalah siswa sekolah dasar yang sama sekali belum mengenal perangkat dan aplikasi komputer, maka materi les yang diberikan adalah seputar pengenalan perangkat dan aplikasi komputer untum seperti word, excel, ppoint atau bisa memulainya dengan aplikasi sederhana seperti Ms Paint dan WordPad.

Durasi / Jumlah Jam Pertemuan Les Keterampilan Komputer

Berapa sih durasi / jam pertemuan belajar yang ideal les keterampilan komputer?

Karena les bukan bagian dari pelajaran utama, umumnya hanya tambahan, dan diselenggarakan bukan oleh lembaga formal seperti lembaga kursus komputer atau bimbel, maka jumlah jam pertemuannya pun fleksibel saja sesuai dengan kemampuan penyelennggara. Tapi karena les keterampilan komputer ini merupakan bagian dari bisnis, maka penyelenggara harus hitung-hitungan terlebih dahulu.

1). Hitung biaya listrik

2). Hitung biaya penggunaan perangkat komputer / laptop

3). Hitung biaya pemateri / instruktur les

Minimal 3 point tersebut harus dipertimbangkan untuk dihitung. Misalnya penggunaan listrik per jamnya kita hitung Rp.5000; perangkat komputer perjamnya Rp.5000; instruktur per jamnya Rp. 10.000; jadi dalam satu jam les komputer tersebut memerlukan biaya Rp.15.000;

Nominal tersebut, silahkan sesuaikan saja dengan kondisi peserta les, dan kondisi perekonomian lingkungan sekitar.

Dari estimasi hitungan tersebut, penyelenggara bisa menentukan berapa durasi jam pertemuan yang pas untuk peserta lesnya. Dua jam sekali pertemuan, atau tiga jam? Untuk perbandingan, umumnya jam pertemuan les komputer tersebut 2 jam pertemuan, dan setiap jam pertemuannya durasinya kurang lebih 45 menit. Jadi 2 JP x 45 menit, jadi sekali belajar peserta kursus menghabiskan waktu 90 menit pertemuan belajar.

Pertanyaan berikutnya, berapa jumlah jam keseluruhan peserta les untuk satu program aplikasi yang dipelajari? Untuk menentukan jumlah jam keseluruhan ini penyelenggara les harus membuat struktur kurikulum sendiri, untuk lebih mudahnya ikuti saja struktur kurikulum lembaga kursus komputer. Diaman untuk satu program aplikasi dialokasikan waktu sekitar 18 jam pelajaran (9 pertemuan x 2 jam pembelajaran).

Biaya Les Keterampilan Komputer

Berapa sih biaya yang ideal untuk dibebankan kepada peserta les?

Untuk menentukan angka, atau nominal, atau biaya yang harus dikeluarkan oleh peserta les selama mengikuti les keterampilan komputer hitung-hitungannya diambil dari hitung-hitungan durasi tadi. Kalau sudah ditentukan biaya perjamnya berapa, misalnya 15.000; berikutnya tinggal dikalikan dengan jumlah jam sekali pertemuan belajar, untuk contoh diatas adalah 2 jam pertemuan, berarti Rp.30.000 per pertemuan belajar ( 2 x 45 menit).

Karena mengambil standar perhitungan lembaga kursus untuk jumlah pertemuannya, 9 kali pertemuan, maka tinggal dikalikan saja, jumlah pertemuan dikali nominal per jam pembelajarannya. Kurang lebih itung-itungannya seperti ini;

9 x 30.000 = 270.000;

Jadi untuk satu program aplikasi komputer yang dipelajari peserta les misalnya program pengetikan Ms Word, dengan durasi 9 kali pertemuan tersebut, peserta les harus membayar sebesar Rp. 270.000; kalau dua program aplikasi, berari sekitar Rp. 540.000;

Bagaimana cara membayarnya?

Karena ini les, biasanya cara bayarnya pun suka-suka si penyelenggara, bisa bayar tiap pertemuan, atau bayar dimuka, atau bayar dimuka dan akhir pertemuan belajar. Biar tertib, lebih baik adopsi cara pembayaran seperti yang dilakukan di lembaga kursus komputer.

1). Biaya pendaftaran (tentukan sendiri berapa besarannya)

2). Biaya les diawal, atau akhir pertemuan  (sesuai nominal per jam x durasi pertemuan)

3). Biaya ujian (tentukan sendiri besarannya)

4). Biaya sertifikat (ingat penyelenggara les tidak bisa mengeluarkan sertifikat)

5). Biaya ujian ulang (tentukan sendiri besarannya)

Modal Penyelenggaran Les Keterampilan Komputer

Modalnya relaitf, bisa terlihat besar, bisa terlihat kecil. Kalau anda sebelumnya sudah memiliki fasilitas laptop, dan tempat tinggal, maka dua aset tersebut sudah menjadi modal berharga. Dan saya yakin dua fasilitas tersebut sudah dimiliki oleh seorang yang berprofesi sebagai Guru.

Laptop, hampir semua Guru saat ini memiliki perangkat tersebut karena pekerjaanya selalu berkaitan dengan penggunaan laptop. Ruangan, bisa dilakukan di rumah tinggal, atau ruang lain yang bisa menampung para peserta les, misalnya di ruang publik seperti taman kota dan lain sebagainya.

Menyelenggarakan les keterampilan komputer juga bisa dilakukan secara daring / online. Silahkan manfaatkan media website berbasis learning management system semacam moodle, atau schoology

Waktu Belajar

Waktu belajar bisa disesuaikan dengan waktu luang Guru. Setelah selesai jam mengajar adalah waktu luang yang dimiliki Guru untuk menyelenggarakan les keterampilan komputer.

Atau diselenggarakan dihari libur, seperti sabtu dan minggu. Atau hari libur lainnya yang tentunya berdasarkan kesepakatan peserta kursus dan Guru. Yang lebih penting, karena les komputer ini adalah pekerjaan kedua Guru, atau mungkin disebut usaha sampingan, maka dilakukan setelah kewajiban ditempat kerja utama sudah selesai. Agar tertib waktu belajarnya, maka buatlah jadwal pertemuan belajar, dan sepakati bersama.

Contoh jadwal les pembelajaran komputer;

1). Jadwal belajar setelah pulan sekolah

2). Jadwal belajar di hari sabtu dan minggu

3). Jadwal belajar di hari libur tertentu

4). Jadwal belajar pada waktu malam

5). Jadwal belajar sebelum berangkat sekolah, dll

Peluang Guru Menyelenggarakan Les Komputer

Kalau dibagian atas tulisan ini kita sudah membahas materi,  durasi ideal pertemuan belajar, dan hitung-hitungan biaya yang akan kita bebankan kepada peserta les keterampilan komputer yang kita selenggarakan, dibagian ini kita akan membahas hitung-hitungan peluang.

Seberapa besar peluang Guru dapat menyelenggarakan les keterampilan komputer

Seberapa besar peluang Guru dapat mengelola les keterampilan komputer

Seberapa besar peluang Guru dapat sukses dengan bisnis les keterampilan komputer

Setiap Guru pasti punya potensi untuk mengelola kegiatan pembelajaran, karena sudah terbiasa mengelolanya di kelas, di sekolah tempat rutinitasnya mengajar. Rutinitas mengelola kegiatan pembelajaran tersebut tinggal dipindahkan ke ruang lain dalam bentuk les. Karenanya, siapapun Gurunya pasti mampu mengelola usaha les pembelajaran komputer ini.

Kemampuan mengelola pembelajaran saja tidak cukup, faktanya ada pekerjaan lainnya yaitu mencari peserta les. Dan lagi-lagi guru punya potensi untuk bisa mendatangkan peserta lesnya. Caranya bagaimana? Bisa dengan mengarahkan siswa siswinya untuk mengikuti les, atau melakukan promosi konvensional dengan mendatangi sekolah-sekolah dan membagikan brosur, atau menggunakan media online. Semuanya bisa dilakukan oleh Guru, karena Guru punya potensi lebih untuk mampu melakukan banyak hal, tidak terkecuali penyelenggaraan les keterampilan komputer yang sebenarnya sangat sederhana ini.

Untuk peluang sukses atau tidaknya penyelenggaraan les keterampilan komputer ini semua guru memiliki potensi untuk bisa sukses. Tapi seberapa besar potensi suksesnya dikembalikan kepada Guru itu sendiri dengan target-target yang ingin ia capai, apakah hanya sekedar terselenggaranya les saja, atau memiliki target yang lebih tinggi yaitu sampai kepada memiliki lembaga penyelenggaraan pendidikan yang lebih besar.

Jadi, buatlah target yang ingin dicapai untuk toal ukur kesuksesan usaha les komputer anda!

Misalnya target-target sederhana seperti ini;

1). Dari hasil les bulan ke 1 dapat membeli satu Laptop baru

2). Dari hasil les bulan ke 2 dapat membeli meja belajar baru

3). Dari hasil les bulan ke 3 dapat membeli printer baru

4). Dari hasil les bulan ke 4 dapat membeli perangkat proyektor

5). Dapat menyewa ruang untuk penyelenggaraan kursus

6). Dapat mendirikan yayasan dan lembaga kursus komputer

Silahkan tambahkan target-target realistis lainnya yang harus anda kejar dengan semaksimal mungkin. Target-target tersebut akan anda peroleh jika setiap bulannya jumlah peseta les signifikan, maka tantangan terbesarnya adalah dalam hal mendatangkan peserta les.

Bagaimana cara mendatangkan peserta les komputer tersebut? Silahkan baca tips cara mempromosikan les komputer yang tepat!

Penutup

Dengan ulasan diatas kini saatnya anda memutuskan, apakah anda akan mencoba membuka usaha les keterampilan komputer? Atau, tidak. Kalau sebelumnya anda memiliki keinginan yang kuat untuk menyelenggarakan les keterampilan komputer sebagai secon job dari pekerjaan utama anda sebagai Guru, maka lakukanlah sekarang juga. Jangan terlalu banyak mikir, sebab lambat sedikit, anda sudah disalip orang lain yang terlebih dahulu membuka les keterampilan komputer ditempat anda.


Dapatkan Modul Komputer Pilihan Dibawah ini:

Lihat produk-produk Modul Komputer kami Disini

BONUS:
Tiap paket modul yang anda beli sudah dilengkapi dengan BONUS-BONUS modul komputer menarik lainnya. Dan BONUS administrasi mengajar, administrasi kursus, template sertifikat, dan contoh proposal pendirian lembaga kursus komputer.

CARA PESAN MODUL:
Pesan / Order modul yang anda pesan melalui SMS/WA ke nomor: 0813 1951 3609
Contoh: "Order Modul TIK SD, Bapak Abdul, Jakarta"

ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP