Panduan Cara Mencetak Dokumen (Ngeprint) di Microsoft Excel

Panduan Cara Mencetak Dokumen (Ngeprint) di Microsoft Excel–Hallo pembaca laman modulkomputer.com, apakabar? Semoga kabar baik untuk anda semua. Panduan yang akan admin bagikan kali ini berkaitan dengan proses mencetak dokumen atau print pada aplikasi pengolah angka Microsoft Excel. Point penting dari panduan ini adalah bagaimana mencetak dokumen di Microsoft Excel dengan baik, tidak terpotong, atau tidak tercetak semuanya.

Bagi yang belum terbiasa mencetak / ngeprint di Microsoft Excel serting terjadi hal-hal demikian; halaman terpotong, hasil tidak tercetak semua, kesulitan dalam pengaturan margin, dan hal lainnya yang menyebabkan hasil pencetakan tidak sempurna.

Panduan ini menjadi materi dalam mata pelajaran komputer pada modul komputer untuk kelas 5 SD, bagi yang ingin melihat rangkaian materi dari modul pembelajaran komputer level basic tingkat sekolah dasar silahkan melihatnya disini.

Langkah-langkah mencetak/ngeprint di Microsoft Excel

1). Siapkan dokumen yang akan dicetak, misalnya seperti tabel data dibawah ini

panduan cara mencetak ngeprin di microsoft excel 1

Ket:
Untuk melihat keseluruhan data diatas harus menggunakan scrollbar, karenanya tampilan yang bisa divisualisasikan hanya separuh tabel. Sementara asumsinya kita ingin mencetak seluruh data dalam tabel tersebut.

2). Klik Page layout, pilih tanda panah kecil disamping tulisan Page Setup, nantinya akan terbuka kotak dialog Page Setup disana silahkan seting jenis kertas yang digunakan pada Paper size pada contoh kita gunakan setingan kertas Legal.

panduan cara mencetak ngeprin di microsoft excel

3). Blok seluruh tabel yang akan kita cetak,

panduan cara mencetak ngeprin di microsoft excel 2

4). Kemudian klik menu Page Layout, klik Print Area, klik Set print Area

panduan cara mencetak ngeprin di microsoft excel 3

5). Kemudian klik menu Print, klik Printe Preview

panduan cara mencetak ngeprin di microsoft excel 4

6). Klik Show Margin (untuk menampilkan margin), kemudian silahkan atur kembali margin agar benar-benar sesuai dan apabila diprint nanti tidak ada bagian yang tertinggal, cara mengatur kembali margin tinggal menggeser-geser garis yang putus-putus

panduan cara mencetak ngeprin di microsoft excel 5

7). Jika sudah yakin dengan pengaturan margin, lanjutkan dengan klik icon Print (untuk mencetak)

panduan cara mencetak ngeprin di microsoft excel 6

8). Pilih nama printer yang digunakan, pada contoh kita gunakan printer HP Deksjet F2200 series

panduan cara mencetak ngeprin di microsoft excel 7

9). Jangan lupa lihat kembali setingan kertas pada Properties Printer yang kita gunakan. Kalau kita hendak mencetak dokumen dengan ukuran Legal, maka pilihlah Legal. Secara default biasanya setingan kertas pada printer adalah A4. Ini jika tidak dirubah biasanya hasil cetakan / print ada bagian dokumen yang tidak tercetak, atau tidak sempurna.

panduan cara mencetak ngeprin di microsoft excel 8

10). Klik Ok, untuk mencetak dokumen

Nah itulah step by step cara mencetak/ngeprint pada aplikasi Microsoft Excel, mudah bukan? Silahkan dipraktikan, apabila hasil cetakannya masih ada yang kurang, misalnya masih ada data yang belum tercetak silahkan atur kembali margin pada print preview.

Selain cara diatas, ada satu cara lagi untuk mencetak seluruh dokumen dengan menggunakan menu Page Break preview. Cara ini biasanya dilakukan ketika ingin mencetak seluruh dokumen pada satu halaman kertas saja.

modul microsoft excel pro pendukung materi pelajaran aplikasi komputerDan bagi bapak/ibu atau siapapun yang ingin belajar Microsoft Excel lebih profesional lagi, admin menawarkan Modul Panduan Belajar Microsoft Excel Pro, modul ini berisi panduan belajar microsoft excel tingkat menengah. Materi-materi yang disajikan cocok diberikan kepada siswa siswi SMA, MA, SMK, MAK dan sederajat, cocok pula untuk pelatihan karyawan dan umum.

Silahkan dilihat terlebih dahulu materi Modul Microsoft Excel pro ini disini..

Lihat panduan lainnya pada aplikasi Microsoft Excel:

Panduan: Cara Mengurutkan Data dan Merangking Dengan Mudah Di Microsoft Excel

Panduan: Cara Menggunakan Rumus Vlookup dan Hlookup di Microsoft Excel

Panduan: Mengajar Cara Mengetik di Komputer Yang Tepat Untuk Siswa Sekolah Dasar

Demikian panduan cara mengeprint, atau mencetak dokumen di Microsoft Excel yang bisa admin tampilkan sebagai sarana media belajar bagi siapapun yang membutuhkannya, terutama bagi para Guru mata pelajaran komputer yang ingin mendapatkan panduan rinci proses mencetak dokumen tersebut untuk diajarkan kembali kepada siswanya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *