Cara Mengurutkan dan Merangking Data Dengan Mudah Di Microsoft Excel

Cara Mengurutkan Data dan Merangking Dengan Mudah Di Microsoft Excel–Hallo pengunjung modulkomputer.com sehat selalu kabar buat anda, amin. Kali ini admin akan membagi tips cara, bagaimana mengurutkan data dari urutan terkecil ke terbesar, dari terbesar ke terkecil, dari A ke Z atau sebaliknya dari Z ke A, dan cara merangking data di Microsoft Excel, tentu dengan cara-cara yang mudah.

Materi mengurutkan dan merangking data di Microsoft Excel ini bisa dijarkan di kelas 5 SD, di kelas 7 SMP, dan kelas 10 SMA SMK. Materi ini juga ada dalam pelajaran Disain dan Komunikasi Visual SMK kelas 10.

Nah bagi yang belum tahu cara mengurutkan data tersebut, atau kebingungan ketika hendak merangking suatu data, maka panduan berikut akan sangat membantu anda. Silahkan diperhatikan dengan seksama, tampilan visual step by step proses mengurutkan data dan merangking data tersebut dibawah ini.

Mengurutkan Data di Microsoft Excel

Berikut langkah-langkah mengurutkan data di Microsoft Excel.

Contoh mengurutkan nama-nama secara abjad dari huruf A ke Z

Misalnya kita akan mengurutkan data nama-nama berdasarkan abjad, dari A ke Z.

Dengan data sebagai berikut;

cara mengurutkan data di excel 1

Langkah mengurutkan nama-nama pada tabel diatas berdasarkan abjad A ke Z sebagai berikut

1). Blok tabel yang bersisi nama-nama diatas, kemudian pilih menu Sort & Filter, kemudian pilih Custom Sort

cara mengurutkan data di excel 2

2). Pada Sort By pilih Nama, karena kita akan mengurutkan data pada kolom Nama. Pada Sort On biarkan Value. Pada Order pilih A to Z, karena kita akan mengurutkan data pada kolom Nama secara alpabetik ( dari A ke Z).

cara mengurutkan data di excel 3

3). Sekarang data pada kolom Nama sudah tersusun secara alpabetik. Berikutnya silahkan urutkan kembali nomor pada kolom nomor.

cara mengurutkan data di excel 4

4). Hasilnya seperti tampilan dibawah ini, nama-nama yang ada pada kolom Nama sudah tersusun secara alpabetik, A to Z, dan kolom alamatnya pun sesuai dengan data alamat pada nama-nama yang ada pada kolom Nama.

cara mengurutkan data di excel 5

Nah itulah step by step proses mengurutkan data secara alpabetik, dari A ke Z. Mudah bukan? Iya sangat mudah, tinggal sort data, pilih menu sort & filter, kemudian pilih kolom yang mau diurutkan datanya, kemudian pada kolom order pilih A to Z, pilih Ok, maka data pun sudah tersususn alpabetik.

Cara Merangking Data di Microsoft Excel

Proses merangking data sama seperti proses mengurutkan data secara alpabetik, bedanya kalau mengurutkan data secara alpabetik data diurutkan berdasar abjad A ke abjad Z.

Contoh merangking data berdasarkan rata-rata nilai tertinggi

1). Siapkan data yang akan dirangking. Misalnya seperti dibawah ini;

cara merangking data di microsoft excel 1

2). Blok tabel, dari kolom A3 sampai dengan kolom J7. Kenapa tidak di blok semuanya? Karena pada kolom C1 sampai dengan H1 ada penggabungan kolom (Merge Cells).

cara merangking data di microsoft excel 2

3). Pilih menu Sort & Filter, kemudian pilih Custom Sort

cara merangking data di microsoft excel 3

4). Pada Sort by pilih Column J (karena kita akan merangking berdasarkan jumlah rata-rata nilai tertinggi), kemudian pada Order pilih Largest to smalles (mengurutkan data dari nilai tertinggi ke terkecil).

cara merangking data di microsoft excel 4

5). Sekarang data sudah tersusun dari nilai tertinggi ke terkecil, berikutnya silahkan perbaiki urutan nomor pada kolom nomor.

cara merangking data di microsoft excel 5

6). Hasil dari proses merangking data seperti tampilan dibawah ini, nilai tertinggi diperoleh oleh nama dengan nilai rata-rata paling tinggi.

cara merangking data di microsoft excel 6

Demikian proses merangking data di Microsoft Excel.

Mudah bukan?

Sangat mudah, cara ini bisa anda manfaatkan ketika hendak merangking data berdasarkan perolehan rata-rata nilai terbesar / tertinggi.

Cara mengurutkan data di Microsoft Excel sudah bisa, cara merangking data di Microsoft Excel juga sudah bisa, tinggal mempraktikannya sesuai kebutuhan masing-masing.

Modul Microsoft Excel Pro untuk SMA SMK, dan Modul Microsoft Excel untuk SD

Berikutnya boleh dong admin promo?

Mempromosikan produk yang berkaitan dengan materi kali ini, apa sih produknya?

modul microsoft excel pro pendukung materi pelajaran aplikasi komputerBuat bapak, atau ibu guru yang mengajar mata pelajaan komputer di MA, SMA, atau SMK seperti mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital, mata pelajaran KKPI, dan aplikasi perkantoran admin menawarkan Paket Modul Microsoft Excel Pro, modul ini berisi materi-materi aplikasi Microsoft Excel tingkat menengah, jadi yang diajarin disini sudah ke rumus-rumus fungsi, logic, dan makro. Dengan modul ini, bapak/ibu guru tidak perlu lagi repot-repot menyiapkan materi mengajarnya, sebab dalam modul semua materi yang dibutuhkan berkaitan dengan aplikasi Excel tadi sudah tersedia lengkap dengan panduannya.

Mau lihat daftar isinya terlebih dahulu, silahkan lihat disini>>

Sedangkan bagi bapak/ibu guru yang mengajar mata pelajaran komputer di tingkat SD, materi Microsoft Excel bisa diperoleh pada Modul TIK/Komputer Kelas 5 SD, lihat modulnya disini, atau beli disini.

Demikian panduan cara mengurutkan data di Microsoft Excel dan cara merangking data di Microsoft Excel kali ini, semoga saja bermanfaat untuk anda semua. Jangan lupa lihat produk-produk modul komputer yang kami tawarkan siapa tau anda sedang membutuhkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *