Contoh Materi Fungsi Vlookup dan Hlookup di Microsoft Excel Untuk SMA SMK

Contoh Materi Vlookup dan Hlookup di Microsoft Excel Untuk SMA SMK–Hallo para guru mata pelajaran TIK, KKPI, atau yang sekarang menjadi Simulasi Digital (Simdig) di SMK, semoga kabar anda selalu sehat. Pengantar materi Modul Komputer yang akan admin berikan kali ini yaitu mengenai fungsi Vlookup dan Hlookup pada aplikasi pengolah angka Microsoft Excel.

Contoh materi fungsi Vlookup dan Hlookup ini dapat dijadikan salah satu referensi bahan mengajar mata pelajaran KKPI atau Simulasi Digital pada materi menggunakan aplikasi pengolah angka.

Fungsi Vlookup, rumus Vlookup, dan Contoh Penggunaan Rumus Vlookup

Fungsi atau rumus Vlookup digunakan untuk mencari data pada kolom pertama sebuah tabel data, lalu mengambil nilai dari sel mana pun di baris yang sama pada tabel data tersebut. Vlookup, huruf V didepan kata lookup merupakan singkatan dari kata Vertical, yaitu bentuk tabel referensi yang digunakan berbentuk vertikal / berdiri.

Rumus Vlookup

rumus vlookup pada microsoft excel sma smk
Contoh penggunaan Rumus Vlookup
Dibawah ini gambaran bagaimana menggunakan rumus fungsi Vlookup di Microsoft Excel

contoh latihan rumus vlookup pada microsoft excel sma smk

Fungsi Hlookup, rumus Hlookup, dan Contoh Penggunaan Rumus Hlookup

Fungsi Hlookup pada dasarnya sama dengan VLlookup. Yang membedakan adalah pada fungsi Vlookup digunakan untuk mencari sebuah value secara vertikal. Sedangkan Hlookup digunakan untuk mencari value secara horizontal (kesamping).

Rumus Hlookup

Lihat visualisasi rumus fungsi Hlookup.

rumus hlookup excel sma smk

Contoh penggunaan rumus Hlookup

Sekarang lihat visualisasi contoh penggunaan rumus fungsi Hlookup

contoh latihan rumus hlookup

Masih banyak materi Vlookup dan Hlookup lainnya, contohnya:

  • Penggabungan Vlookup dengan Left
  • Penggabungan Vlookup dengan Mid
  • Penggabungan Vlookup dengan Right
  • Penggabungan Hlookup dengan Left
  • Penggabungan Hlookup dengan Mid
  • Penggabungan Hlookup dengan Right

Materi-materi tersebut harusnya sudah dipelajari di sekolah menengah, baik menengah atas SMA/MA maupun menengah kejuruan MAK/SMK.

Namun kadang materi ini tidak dibahas secara tuntas, jarang pula Guru mata pelajaran memberikan varian contoh penggunaan rumus Vlookup dan Hlookup ini. Padahal fungsi Vlookup dan Hlookup sangat bermanfaat untuk pembuatan aplikasi sederhana berbasis spreadseheet, contohnya aplikasi penggajian, aplikasi pemesanan tiket dan lain sebagainya.

Dan pada mata pelajaran Simulasi Digital di SMK/MAK, materi pengolah angka menggunakan Microsoft Excel tidak detail sampai materi Vlookup dan Hlookup ini.

Nah buat Bapak/Ibu Guru yang membutuhkan Modul Panduan Mengajar Komputer Microsoft Excel untuk SMA / SMK, admin menawarkan paket Modul tersebut. Dengan modul iniĀ  Guru tidak perlu repot-repot menyiapkan materi ajar, karena semuanya sudah tersedia dalam modul. Dengan Modul belajar komputer jadi lebih mudah, mengajar komputer juga teramat sangat mudah.

Lihat daftar isi dan pesan modul disini >>

Nah itu contoh materi fungsi Vlookup, dan contoh materi fungs Hlookup. Silahkan buat contoh latihan lainnya untuk pertemuan belajar lainnya.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *