Panduan Mengajar Cara Mengetik di Komputer Yang Tepat Untuk Siswa Sekolah Dasar

Panduan Mengajar Cara Mengetik di Komputer Yang Tepat Untuk Siswa Sekolah Dasar-Hallo pembaca panduan online www.modulkomputer.com semuanya, baik temen-temen guru, instruktur pelatihan dan kursus, atau ayah bunda di rumah, apa kabarnya? Semoga kabar baik untuk anda semuanya. Panduan kali ini bisa dipraktikan pada saat mendampingi anak-anak belajar komputer, khususnya pada saat mereka mulai belajar mengetik.

Pada panduan cara belajar mengetik di komputer untuk anak-anak kali ini, akan admin bahas beberapa hal terkait proses mengajarkan cara mengetik yang tepat. Seperti bagaimana posisi badan saat dihadapan komputer, bagaimana posisi jemari tangan diatas keyboard, maupun teks yang akan diketikan oleh siswa di komputer pada awal-awal belajar mengetik tersebut. Ini penting, jangan sampai ada kesalahan yang dilakukan oleh anak-anak pada saat belajar mengetik tersebut dan berakibat buruk pada masa yang akan datang ketika anak-anak tersebut sudah dewasa.

Yuk baca sekarang juga apa saja yang harus Guru, Instruktur kursus komputer / pelatihan, atau bunda dan ayahanda lakukan manakala mendampingi anak-anak belajar mengetik di komputer?

Perhatikan posisi badan anak pada saat menggunakan Komputer

Ingat, anak itu mempunyai kecenderungan untuk terus bergerak. Tidak mau diam. Maka ketika mereka menggunakan komputer posisi duduknya harus selalu diperhatikan.

Ketika duduk didepan komputer sebenarnya akan berpengaruh terhadap kesehatan, posisi duduk yang salah akan menyebabkan badan cepat lelah, pegal-pegal, keseleo, dan yang paling parah tentu pada perubahan fisik. Alat indera termasuk salah satu organ tubuh yang rentan apabila posisi duduk tidak tepat ketika menggunakan komputer, misalnya terlalu dekat monitor.

Pada artikel yang saya tulis di blog pribadi saya, disini, saya pernah menulis tentang bagaimana seharusnya mengatur posisi tubuh ketika menggunakan komputer.

(1). Duduk dengan tegak
(2). Badan tidak terlalu jauh jangkauannya dengan keyboard
(3). Atur posisi keyboard senyaman mungkin
(4). Atur kemiringan keyboard agar mudah saat jemari menyentuh tombol-tombolnya
(5). Atur posisi monitor dengan tepat, tidak terlalu dekat dengan mata, tetapi juga tidak terlalu jauh
(6). Ketika mengetik, letakan sumber ketikan sejajar dengan monitor
(7). Jangan terus menerus duduk, regangkan badan apabila terasa pegal, bangun dan istirahat sejenak

Pokoknya atur posisi duduk anak-anak dengan komputer senyaman mungkin. Ingat tinggi badan anak juga variatif, karenanya gunakan tinggi bangku yang sesuai dengan tinggi anak. Bangku yang terlalu tinggi sehingga kaki anak menggantung ini juga tidak baik terhadap keseimbangan, bisa saja ank jatuh, kaki yang terlalu lama menggantung juga tidak baik terhadap kesehatan.

ilustrasi posisi duduk saat menggunakna komputer untuk anak

Sebelum anak-anak duduk didepan komputer yang akan mereka gunakan untuk belajar, sebaiknya guru, instruktur atau ayah bunda bisa memberitahukan terlebih dahulu tentang bagaimana cara duduk yang nyaman dan tidak mengganggu gerakan, dan juga tidak berakibat buruk terhadap kesehatan anak-anak.

Sebelumnya, baca juga: Panduan cara menggunakan Mouse untuk anak usia sekolah dasar

Guru, atau ayah bunda bisa mencontohkan terlebih dahulu bagaimana cara duduk yang tepat. Siswa disuruh memperhatikan ketika guru atau ayah bunda memperagakan posisi duduk ketika menggunakan komputer. Kemudian setelah itu, silahkan mempersilahkan siswa untuk duduk ditempatnya masing-masing, setelah itu silahkan lihat semua anak apakah posisi duduknya sudah benar atau belum. Bagi yang posisi duduknya masih kurang tepat, guru bisa langsung mengarahkannya.

Posisi Jari Tangan Ketika Menggunakan Keyboard

Jari tangan merupakan organ tubuh yang akan lebih serig digunakan ketika anak-anak belajar mengetik komputer. Karenanya penempatan keyboard, posisi keyboard, jarak dan cara menempatkan jari-jari tangan pada keyboard sangat perlu untuk mendapatkan perhatian dari guru, instruktur kursusu atau ayah bunda semuanya.

Perhatikan cara-cara menggunakan keyboard berikut;

(1). Ingat, dudukan anak dengan tepat
(2). Tempatkan keyboard ditengah-tengah postur anak, tidak dipinggir, ditempat yang lebih tinggi atau lebih rendah, tapi benar-benar sesuai dengan tubuh anak
(3). Letakan jari-jari anak pada tombol keyboard, dengan kunci utama kedua telunjuk, yaitu telunjuk kiri pada huruf F dan telunjuk kanan pada huruf J.

Perhatikan visualisasi penempatan jari pada keyboard,

posisi jari saat mengetik komputer untuk anak

Lihat gambar posisi awal ketika anak-anak hendak belajar mengetik.

Jari kelingking kiri siap menekan tombol A, jari manis kiri siap menekan tombol S, jari tengah kiri siap menekan tombol D dan telunjuk kiri siap menekan tombol F, jempol kiri siap menekan tombol spasi (space).

Jari kelingking kanan siap menekan tombol enter, titik dua, titik koma, jari manis kanan siap menekan tombol L, jari tengah kanan siap menekan tombol K, telunjuk kanan siap menekan tombol J dan jempol kanan siap menekan tombol spasi.

Posisi jari-jari tangan tersebut hanya sebagai aba-aba saja, agar pada saat mengetik jari-jari menekan tombol keyboard tidak mengacak, seolah-olah jari tangan kanan dan kiri mempunyai teritori masing-masing. Hal ini dilakukan untuk pembiasaan pada anak ketika dewasa nanti sudah bisa mengetik dengan teratur.

Kelebihan mengetik dengan teratur adalah pada kecepatan dan ketepatan pengetikan. Ini juga bisa menjadi dasar anak untuk bisa mengetik cepat.

Contoh Text Untuk Belajar Mengetik Anak Usia Sekolah Dasar

Materi penempatan jari-jari pada tombol keyboard pada saat akan belajar mengetik sudah dijelaskan, berikutnya yaitu teks yang akan diketik siswa itu contohnya seperti apa?

Contoh-contoh teks yang akan diketikan siswa pada saat belajar mengetik menggunakan aplikasi pengolah kata bisa dilihat pada Modul komputer Kelas 3 SD, disitu ada materi belajar mengetik menggunakan aplikasi pengolah kata sederhana wordpad.

Contoh teks yang pertama kali diketikan siswa pada modul komputer kelas 3 sd, yaitu;

asd [spasi] asd [spasi] asd [spasi] asd [spasi] asd [spasi] asd asd

teks seperti contoh diatas, dimaksudkan untuk melatih ketepatan menempatkan jari kelingking, jari manis dan jari tengah tangan kiri, dan jempol tangan kiri ketika menekan tombol spasi. Teks tersebut diketik terus menerus sampai jari-jari anak terlihat mulai mengarah pada tombol yang tepat.

Berikutnya dilanjut dengan mengetik huruf lainnya, tetapi teks yang akan diketik siswa semuanya menggunakan tombol-tombol keyboard pada teritori tangan kiri. Materi sudah ditambah dengan memperkenalkan tombol ENTER.

Contoh teksnya seperti screenshoot materi modul komputer kelas 3 SD pada materi belajar mengetik menggunakan aplikasi pengolah kata sederhana wordpad, lihat gambar dibawah ini!

huruf huruf pertama yang diketik siswa pada saat awal belajar mengetik di komputer

Silahkan membuat bentuk teks yang bisa dijadikan bahan latihan mengetik siswa, tapi tetap fokus latihannya menggunakan jari-jari tangan kiri. Sedangkan contoh teks untuk latihan meluweskan jari-jari tangan kanan bisa dilihat pada contoh dibawah ini;

huruf huruf pertama yang diketik siswa pada saat awal belajar mengetik di komputer tangan kanan

Kemudian dilanjut dengan belajar meluweskan ibu jari ketika menekan tombol spasi. Kali ini membuat spasi double, atau dua kali spasi. Ini tak lain untuk berlatih fokus pada ibu jari.

teks untuk latihan mengetik bagi anak anak

Jika anak-anak sudah terlihat fokus, indikatornya jari-jari mereka mampu ditempatkan pada tombol yang sesuai dengan teks yang mereka ketikan. Baru anak-anak diberikan contoh teks yang berupa kalimat yang memiliki arti.

Contohnya seperti contoh kalimat dibawah ini.

contoh teks untuk belajar mengetik bagi anak anak

Nah itulah beberapa contoh teks yang bisa bapak ibu guru, atau para instruktur dan bunda di rumah yang bisa dijadikan awal mula teks yang harus diketikan oleh anak-anak ketika mereka baru pertama kali belajar mengetik. Contoh-contoh teks diatas hanyalah contoh bukan teks baku untuk belajar mengetik, silahkan buat contoh teks lainnya yang bisa digunakan oleh anak-anak untuk contoh teks yang akan mereka ketik, tapi ingat contoh teks harus memperhatikan fokus jari mana yang akan dilatih.

“Dapatkan materi belajar mengetik untuk anak-anak usia sekolah dasar pada 2 (dua) Modul Komputer, masing-masing (1). Modul Komputer untuk anak usia kelas 3 SD, dan (2). Modul Komputer untuk anak usia kelas 4 SD. Dua modul tersebut seharga Rp.90.000; [ Pesan Modul sakarang juga disini ]” – dengan modul belajar komputer jadi lebih mudah.

Mudah-mudahan artikel singkat mengenai Panduan Mengajar Cara Mengetik di Komputer Yang Tepat Untuk Siswa Sekolah Dasar ini bermanfaat. Jika bermanfaat silahkan bagikan kepada keluarga, teman, sahabat, atau rekan kerja baik di sekolah maupun di kantor bapak/ibu sekalian. Untuk hal-hal lain yang perlu didiskusikan silahkan kontak admin, baik melalui sms maupun chat WA. Atau langsung menulis pertanyaan pada kolom komentar yang tersedia dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *