Materi Pelajaran Komputer Yang Cocok Untuk Anak SD

materi pelajaran komputer sd

Materi Pelajaran Komputer Yang Cocok Untuk Anak SD–Ada yang bertanya tentang materi pelajaran komputer apakah yang cocok buat anak-anak usia sekolah dasar? Pertanyaan semacam ini biasanya keluar dari mulut guru mata pelajaran mulok komputer yang baru pertamakali memulai mengajar mata pelajaran tersebut, dan juga dari para orang tua siswa yang ingin anak-anaknya kelak menguasai teknologi komputer.

Jika ditanya materi apa yang cocok untuk anak usia SD, maka jawabannya tentu varitatif tergantung latar belakang orang yang menjawabnya. Dan bisa diklasifikasikan juga berdasarkan kelas. Kalau kelas rendah (kelas 1,2,3) cocoknya belajar apa, kalau kelas tinggi (4,5,6) cocoknya belajar apa juga.

Saya sendiri cenderung memiliki beberapa jawaban sebagai berikut;

1. Materi mengenalkan perangkat keras komputer yang sering mereka lihat

Materi ini untuk anak SD semua kelas, dan sudah mulai diajarkan di usia kelas 1 SD. Dari mengenal nama-nama perangkat keras yang sering mereka lihat, mereka (baca: siswa) akan lebih mudah mengetahui fungsi tiap perangkat keras yang diajarkan gurunya.

Dengan mengetahui fingsi masing-masing perangkat keras komputer yang sering mereka lihat, para siswa diharapkan mampu menggunakan prangkat-perangkat keras komputer tersebut.

Beberapa perangkat keras komputer yang umumnya mudah terlihat yaitu:

a. Monitor

Monitor merupakan perangkat keras komputer yang paling mudah terlihat, karena biasanya ditempatkan di meja yang otomatis perangkat keras ini keberadaanya paling mencolok.

Perangkat keras ini harus diperkenalkan kepada siswa sekolah dasar, dijelaskan fungsinya, dan diberitahukan berbagai jenisnya.

b. Keyboard

Selain monitor, perangkat keras kedua yang mudah sekali terlihat adalah keyboard. Biasanya ada monitor maka ada pula keyboard.

Perangkat keras yang fungsinya untuk mengetikan berbagai jenis text ini, mudah sekali terlihat, terutama pada saat orang sedang mengetik.

Perangkat keras ini harus diperkenalkan kepada siswa sekolah dasar, dijelaskan secara fungsinya, termasuk penjelasan mengenai macam-macam jenis keyboard.

c. Mouse

Mouse juga merupakan perangkat keras komputer yang mudah terlihat oleh anak-an. ak, jadi perangkat ini harus dijelaskan kepada anak-anak mengenai fungsinya, termasuk jenis-jenisnya.

d. Cassing

Perangkat keras yang sering terlihat oleh anak-anak selain monitor, keyboard, dan mouse adalah cassing tempat perangkat keras utama komputer. Ini juga harus dijelaskan.

Diantara banyaknya perangkat keras komputer, yang mudah terlihat kurang lebih ada 4 perangkat keras yaitu monitor, keyboard, mouse dan cassing. Karenanya empat perangkat keras tersebut harus mendapat prioritas untuk dijadikan materi pengenalan hardware komputer bagi anak-anak usia sekolah dasar.

2. Materi Mewarnai Menggunakan Paint

Mewarnai merupakan kegiatan yang paling menyenangkan bagi anak-anak, disamping meruapakan kegiatan yang dapat mengembangkan motorik halus bagi anak-anak tentunya.

Paint merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk kegiatan mewarnai oleh anak-anak, terutama untuk siswa kelas rendah.

Guru bisa menyusun materi mewarnai menggunakan paint dengan menarik, sehingga anak-anak dapat merasakan kesenangan mewarnai menggunakan aplikasi.

Beberapa hal yang bisa diperoleh manfaatnya dari materi mewarnai dengan paint ini diantaranya siswa tetap tersalurkan kegemarannya yaitu mewarnai, kedua siswa juga mulai mengenal penggunaan tools aplikasi, dan aktivitas menggerakan mouse.

Materi mewarnai menggunakan Paint, biasa diberikan untuk level SD kelas 1, kelas 2, sampai dengan kelas 3.

3. Materi Mengetik

Materi mengetik ini merupakan materi mengetik dasar, biasanya siswa akan diajarkan bagaimana cara menggunakan keyboard, meletakan jari-jari diatas tombol keyboard secara tepat, dan mengetik huruf-huruf dan angka untuk melancarkan cara menggunakan keyboard.

Aplikasi yang digunakan untuk kebutuhan belajar mengetik ini biasanya:

Aplikasi Pengolah Kata Sederhana Wordpad

Wordpad merupakan aplikasi pengolah kata sederhana, bisa digunakan untuk melatih siswa ketika pertamakali belajar mengtik di komputer.

Fiturnya yang sederhana, tidak banyak menu-menu, membuat aplikasi ini nyaman digunakan untuk belajar mengetik bagi anak-anak, sebelum ke aplikasi pengolah kata Microsoft Word atau aplikasi pengolah kata lainnya.

Belajar mengetik menggunakan Wordpad, cocok diberikan bagi siswa sekolah dasar kelas 3 (tiga) setelah materi mewarnai menggunakan Paint selesai, biasanya materi mengetik menggunakan wordpad ini dilaksanakan di semester genap.

Aplikasi pengolah kata Microsoft Word

Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata populer, bisa digunakan juga untuk mendukung materi mengetik bagi siswa tingkat sekolah dasar dengan materi level basic.

Seperti materi cara masuk ke program aplikasi Microsoft Word, menympan file, membuka file, menyisipkan image, clipt art, shapes dan grafik dengan materi-materi sederhana.

Materi mengetik menggunakan aplikasi pengolah kata Microsoft Word biasa diberikan di kelas 4, melanjutkan materi mengetik menggunakan aplikasi pengolah kata sederhana wordpad yang sudah dipelajari di kelas 3.

Aplikasi Games Mengetik

Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengetik, bisa menggunakan berbagai software pendukung untuk kebutuhan tersebut.

Banyak software yang beredar yang dibuat untuk melatih kemampuan mengetik, kecepatan dan keakuratan menggunakan keyboard, dan software-software tersebut dibuat sesuai untuk anak-anak.

Contohnya software mengetik cepat dalam bentuk games. Ada rapid typing, keyblaze dan software sejenis lainnya. Silahkan saja dicari software-software games mengetik cepat tersebut, baik di google pencarian maupuan di google paly store.

4. Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Angka

Aplikasi yang digunakan untuk materi pengolah angka yang umum adalah Microsoft Excel, atau aplikasi spreadsheet lainnya tergantung OS yang digunakan di Sekolah.

Materi pengolah angka yang diberikan yang cocok untuk anak usia sekolah dasar, adalah materi penggunaan rumus matematika sederhana, seperti:

Memangkatkan

Mengalikan

Menjumlahkan

Membagi, dan

Pengurangan

Selain materi menggunakan rumus matematika dasar tersebut, siswa juga dapat diberi materi-materi yang mengasah kemampuan logic anak, seperti rumus-rumus fungsi text dan logic, dan juga fungsi statistik sederhana.

Materi menggunakan perangkat lunak pengolah angka Microsoft Excel cocok diberikan pada siswa kelas 5 SD, karena pada usia ini anak sudah mampu memahami dan menganalisa, karenanya kemampuan memahami dan menganalisa tersebut perlu diasah kemampuannya, salah satunya dengan belajar memecahkan masalah dengan menggunakan rumus-rumus fungsi text dan logic.

Agar materi Excel ini bisa dipahami dan siswa merasa senang, maka guru harus mampu membuat materi ajar yang menyenangkan yang sesuai dengan usai dan pengalaman riil sehari-hari yang dialami siswa.

5. Belajar membuat Presentasi dan Animasi

Aplikasi pengolah Presentasi Microsoft Powerpoint paling banyak digunakan untuk kebutuhan membuat slide presentasi, dan juga animasi-animasi sederhana.

Aplikasi ini bisa diajarkan kepada siswa usia sekolah dasar, dengan materi-materi yang disederhanakan, contohnya seperti belajar membuat presentasi tugas mata pelajaran IPS, IPA dan lainnya.

Adanya elemen animasi dalam aplikasi Powerpoint ini, membuat siswa menjadi senang dan memancing mereka untuk bereksplorasi membuat berbagai bentuk gerakan. Berbagai bentuk gerakan yang siswa buat pada dasarnya merupakan gerakan-gerakan dasar animasi.

Untuk itu, guru yang paham akan membuatkan berbagai jenis materi ajar membuat animasi yang menarik yang bisa dikerjakan dengan menggunakan aplikasi Powerpoint.

Materi menggunakan aplikasi Powerpoint cocok diberikan kepada anak-anak usia kelas 6 SD, dan juga bisa diberikan dikelas dibawahnya asalkan materinya disesuakan dengan usia dan pengalaman riil mereka sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *