Langkah Mengajar Informatika Kelas 3 SD

Bagaimana langkah mengajar Informatika kelas 3 SD? Ada beberapa langkah mudah yang bisa diterapkan pada saat kita akan mengajar mata pelajaran informatika di kelas 3 SD, urutan langkah yang akan admin modulkomputer bahas ini akan membuat cara mengajar informatika yang kita sajikan akan lebih sistematis dan terukur. Hadirnya kurikulum merdeka memberi kesempatan kepada pengelola sekolah untuk merancang kurikulum sekolahnya sesuai dengan kemampuan sekolah baik fasilitas maupun sdm. Dan mata pelajaran informatika di level sekolah dasar saat ini menjadi mata pelajaran yang bisa disertakan kedalam kurikulum sekolah, dan mata pelajaran ini bisa menjadi mata pelajaran unggulan yang sangat diminati peserta didik dan di respon positif oleh para orang tua siswa.

langkah mengajar informatika sd

Permasalahan dan kendala

Banyak sekolah dasar yang belum menyelenggarakan mapel mulok komputer, atau informatika. Ada beberapa masalah klasik yang menjadi alasan, seperti tidak adanya fasilitas lab komputer, tidak adanya guru yang background pendidikan nya dibidang teknologi informasi. Permasalahan tersebut dilengkapi dengan tidak adanya mata pelajaran TIK, atau sekarang informatika dalam struktur kurikulum sehingga semakin mengecilkan minat pengelola sekolah untuk menambah mata pelajaran informatika kedalam struktur kurikulum sekolah dasar yang dikelolanya.

Jadi ada beberapa faktor yang membuat mata pelajaran komputer, TIK, atau sekarang informatika minim tampil di struktur kurikulum sekolah dasar itu adalah; (1) tidak adanya penunjang belajar / fasilitas belajar berupa perangkat komputer dan ruangannya atau biasa diberi label lab komputer, (2) tidak adanya guru berlatar belakang teknologi informasi, sarjana tik, atau sarjana ilmu komputer, (3) tidak adanya mapel informatika dalam struktur kurikulum sekolah dasar, (4) kebanyakan pengelola sekolah dasar masih awam terhadap perkembangan teknologi informasi secara global.

Solusi tepat mengatasi kendala

Setiap permasalahan sekolah adalah pekerjaan rumah pengelola sekolah yang harus dikerjakan, diselesaikan, dicarikan jalan keluarnya. Pengelola sekolah yang visioner akan menganggap mata pelajaran informatika ini merupakan salah satu bagian penting dari jaring-jaring pendidikan modern. Semakin menyeluruhnya pemanfaatan teknologi informasi dalam aktivitas kehidupan, maka semakin perlu pula menyiapkan siswa untuk mampu beradaptasi dengan kehidupan yang selalu berhubungan dengan pemanfaatan perangkat teknologi informasi tersebut, dan mata pelajaran informatika menjadi salah satu cara pengelola lembaga pendidikan dalam rangka menyiapkan siswa mampu beradaptasi dengan kehidupan berteknolgi saat ini dan dimasa yang akan datang.

Solusi untuk mengatasi permasalahan dan kendala yang sudah disebutkan antara lain;

(1) solusi untuk mengatasi tidak adanya penunjang belajar / fasilitas belajar / lab komputer yaitu dengan teknik mengajar secara demonstrasi menggunakan proyektor dan laptop guru lalu siswa mencobanya satu satu, cara seperti ini memang tidak mudah untuk mencapai target pembelajaran tapi minimal akan memberi pengalaman menyenangkan kepada siswa. Tentunya sekolah sambil terus menyiapkan perangkat komputer secara bertahap.

(2) solusi tidak adanya guru yang berlatar pendidikan informatika, yaitu dengan memaksimalkan guru yang sudah ada, karena hari ini guru dituntut tidak gagap teknologi. Maka guru harus terus belajar memperbaharui pengetahuan dan kemampuannya dibidang teknologi informasi, dan mengajar mata pelajaran informatika bisa dijadikan cara memperbarui pengetahuan dan kemampuan dibidang teknologi informasi tersebut. Untuk itu pilih guru yang secara pengetahuan dan kemampuan dibidang teknologi informasi diatas rata-rata rekan sejawat guru lainnya, dan itu pasti ada.

(3) solusi tidak adanya mapel informatika dalam struktur kurikulum, ini tidak masalah, karena setiap sekolah bisa memasukan mapel informatika kedalam struktur sekolahnya sebagai mapel unggulan, atau mapel yang sifatnya mulok.

Cara mengajar informatika di sekolah dasar

Setelah memahami kendala dan permasalahan dan juga solusi-solusi yang bisa dicoba untuk mengatasi kendala dan permasalahan tidak adanya mapel informatika di level sd, permasalahan lainnya yang sering ditanyakan para guru yang ingin mencoba mengajar mapel informatika adalah, cara mengajarnya, bagaimana cara mengajar mapel informatika di level sekolah dasar.

Ada beberapa tahap yang harus disiapkan bagi guru yang akan mengajar mapel informatika di level sekolah dasar. Berikut tahapan-tahapan yang bisa dilaksanakan pada saat akan memulai mengajar mata pelajaran informatika di level sd;

  1. menyiapkan materi mengajar yang tepat
  2. menyiapkan perangkat mengajarnya, tentu yang dimiliki oleh sekolah dan gurunya.
  3. mengkondisikan tempat belajar atau tempat praktik agar siap digunakan dengan nyaman
  4. pengkondisian siswa untuk siap belajar informatika
  5. memulai belajar dengan istruksi SOP
  6. memberi instruksi dan manfaat materi yang akan di praktikan
  7. memberi contoh langkah kerja praktik
  8. memeriksa/mengontrol siswa saat praktik
  9. ciptakan tutor sebaya
  10. mengakhiri kegiatan tepat waktu

Tahapan-tahapan diatas lebih detail dapat anda pelajari pada artikel lebih lengkap disini; 10 tahap cara mengajar komputer untuk anak sd

Buku Informatika SD

Lalu bagaimana dengan buku sumber, atau buku sumber belajar informatikanya?

Buku sumber belajar merupakan bagian penting dari keberhasilan mengajar. Kalau mengajar mata pelajaran informatika, maka buku sumber nya harus buku informatika yang tepat. Terlebih untuk level sekolah dasar. Tidak semua buku informatika atau buku komputer dengan cover spesifik untuk level kelas di sekolah dasar materinya benar-benar sesuai dengan level kelas, atau umur anak-anak di level kelas sekolah dasar tersebut.

Ada yang materinya canggih, saking canggihnya guru yang akan mengajarnya saja kebingungan, apalagi siswa yang akan belajarnya. Kalau gurunya saja bingung bagaimana siswa bisa memahami materi yang akan diajarkan oleh gurunya yang bingung tersebut. Contohnya begini, kelas 3 sekolah dasar sudah diberikan materi menggunakan aplikasi berbasis vektor yang umumnya ini dipelajari oleh anak-anak sekolah menengah kejuruan, yaitu software corel draw. Antara asumsi penulis buku dengan ekspetasi intake sekolah pada umumnya di Indonesia sangat bertolak belakang, penulis ingin mengupgrade kemampuan TIK dari level junior, tapi guru yang akan mengajar mulok komputer misalnya tidak menguasai corel, dan setelah diajarkan ke siswa juga siswa tidak terlalu menyukainya.

Agar siswa merasa senang dalam belajar informatika kita sebagai guru selayaknya selalu upgrade pengetahuan, untuk itu bacalah 4 cara mengajar komputer untuk anak-anak menurut pakar ini dijamin anda akan mendapatkan pencerahan yang bermanfaat tentang bagaimana cara mengajar mapel informatika untuk anak-anak.

Anak usia sekolah dasar lebih bagus untuk diajarkan materi-materi dasar agar mereka merasa senang dengan perangkat komputer, tertarik dengan aplikasi yang dapat mengekplorasi kemampuan motorik mereka secara sederhana seperti mewarnai dan membuat objek-objek sederhana. Atau belajar mengetik yang nantinya akan menjadi kebanggaan mereka manakala sudah bisa mengetik di komputer apalagi ketika tematik dengan mapel lain misalnya membuat puisi, pantun, dan karangan yang diketik di komputer.

Dapatkan Buku Iinformatika untuk kelas 3 SD, disini !

Penutup

Tentunya masih banyak langkah-langkah mengajar informatika lainnya yang bisa dicoba dan dipraktikan, semakin lama kita mengajar maka semakin banyak pula pengalaman yang bisa digunakan pada saat menemukan kendala mengajar, termasuk mengajar mapel informatika ini.  Perbanyak referensi pengetahuan tentang materi yang tepat untuk level anak SD, dan referensi yang tepat tentang bagaimana cara mengajar informatika yang menyenangkan. Semakin banyak referensi semakin banyak pula cara yang bisa kita gunakan ketika mengajar mapel informatika di level SD.


Dapatkan Modul Komputer Pilihan Dibawah ini:

Lihat produk-produk Modul Komputer kami Disini

BONUS:
Tiap paket modul yang anda beli sudah dilengkapi dengan BONUS-BONUS modul komputer menarik lainnya. Dan BONUS administrasi mengajar, administrasi kursus, template sertifikat, dan contoh proposal pendirian lembaga kursus komputer.

CARA PESAN MODUL:
Pesan / Order modul yang anda pesan melalui SMS/WA ke nomor: 0813 1951 3609
Contoh: "Order Modul TIK SD, Bapak Abdul, Jakarta"

ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP (CS 1)
ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP (CS 2)