Materi Pembelajaran Komputer SD Paling Penting

Kalau ditanya materi pembelajaran komputer apakah yang sebaiknya diberikan kepada siswa di level SD, maka jawabannya beragam tergantung asumsi guru yang mengajarnya, tergantug asumsi penata kurikulum di sekolah dasar yang menyelenggarakan mata pelajaran mulok komputer. Nah dalam artikel modul komputer kali ini akan membahas perihal tersebut, admin coba memetakan materi-materi pembelajaran komputer yang semestinya diberikan kepada peserta didik di level SD, atau bisa disebut materi yang paling penting diberikan sebelum materi-materi pembelajaran komputer lainnya.

materi pembelajaran komputer sd paling penting

Saat ini sebenarnya anak level SD, terutama untuk kelas tinggi, kelas 4 sampai 6, bisa diberikan materi pembelajaran komputer yang lebih tinggi, misalnya koding. Tapi tentunya kita lihat kemampuan awal peserta didik terlebih dahulu, untuk peserta didik yang sudah memiliki kemampuan awal lebih baik tentang penggunaan perangkat komputer, biasanya peserta didik seperti ini adanya di perkotaan, maka kita bisa memberikan materi yang lebih tinggi tersebut. Tapi untuk anak-anak sekolah dasar pada umumnya tentu kita memberikan materi pembelajaran komputer yang disesuaikan, baik dengan kemampuan awal peserta didiknya maupun dengan kondisi dan fasilitas yang dimiliki penyelenggara pendidikan yaitu sekolah.

Materi apa saja yang seharusnya, atau paling penting terlebih dahulu diajarkan kepada siswa sekolah dasar?

Materi Hardware Komputer

Mengenalkan fungsi hardware kepada peserta didik di level SD adalah sangat perlu, ini bisa menjadi bab materi pembuka sebelum masuk ke materi penggunaan perangkat lunak tertentu.

Tapi yang perlu digaris bawahi adalah, fungsi hardware komputer yang harus diberikan kepada peserta didik adalah, fungsi dari hardware komputer yang umum dan pengenalan perangkat komputer lainnya, yang akan selalu mereka gunakan pada bab materi selanjutnya. Hardware yang umum digunakan yaitu; mouse, keyboard, monitor. Tentu kita bisa menambahkan fungsi hardware lainnya seperti CPU, dan lainnya setelah peserta didik sudah paham dengan benar fungsi hardware yang umum tadi.

Fungsi Keyboard

Adalah penting bagi peserta didik untuk mengetahui fungsi keyboard komputer, pada materi ini peserta didik bukan saja tahu kegunaan tapi tahu cara menggunakan, letak posisi masing-masing tombol lengkap dengan cara menggunakan tombol keyboard tersebut. Ada banyak PR yang harus kita berikan tentang fungsi keyboard ini, mulai dari fungsi tombol Esc sampai tombol End. Pada kasus tertentu masih banyak peserta didik yang masih kebingungan ketika diminta menulis simbol bintang, simbol dan, persen dan seterusnya. Itu semua akan menjadi materi penting yang harus diberikan kepada peserta didik pada bab fungsi keyboard komputer.

Fungsi Mouse

Mouse merupakan hardware komputer yang akan selalu digunakan, makanya penting kiranya materi fungsi hardware mouse komputer tersebut. Peserta didik harus tahu cara menggunakan mouse untuk pekerjaan tertentu, misalnya untuk memblok teks, menyalin dan menempel, menggulung jendela kerja aplikasi (scroll bar), dan lain sebagainya. Untuk itu proses mensimulasikan cara penggunaan mouse ini penting, tombol kiri mouse untuk apa, tombol kanan mouse untuk apa, termasuk roda ditengah antara tombol kiri dan kanan itu untuk apa. Pada perangkat komputer Notebook atau laptop tentu guru atau instruktur harus menjelaskan dimanakah mouse berada, touchpad adalah bagian terintegrasi dari laptop yang fungsinya sama dengan fungsi mouse. Cara menggerakan mouse yang umum, dengan cara menggunakan mouse pada touchpad laptop juga harus dijelaskan dan disimulasikan kepada peserta didik sehingga mereka paham perbedaan dan cara penggunaanya.

Fungsi Monitor

Monitor tentu menjadi hardware komputer yang bisa saja anak menyebutnya monitor adalah komputer itu sendiri. Karena di monitor inilah anak-anak akan melihat visualisasi seperti gambar, teks, video sesuai materi praktik yang diberikan guru. Menerangkan fungsi monitor bukan sekedar deskripsi, tapi harus dengan simulasi. Bukan sekedar menjelaskan fungsi monitor itu apa, tapi bagian-bagian dari monitor itu sendiri harus diberikan dengan penyampaian yang mudah dipahami oleh siswa level sekolah dasar. Ada tombol on off, ada tombol untuk mengatur kecerahan, itu semua harus siswa ketahui dimana letaknya dan cara menggunakannya.

Teknis menyampaikan materi fungsi hardware komputer ini bisa dibuat dua cara. Cara pertama dengan langsung memberikanya pada materi pengenalan hardware komputer. Cara kedua, dengan menyisipkan diawal pembelajaran materi lainnya. Misalnya ketika kita akan memberikan materi praktik mewarnai menggunakan aplikasi Paint, kita terlebih dahulu menyisipkan materi cara menggunakan mouse untuk memilih warna tertenu dan mewarnai objek tertentu, itu disimulasikan diawal pembelajaran, maka dengan sendirinya siswa akan tahu fungsi dan cara menggunakan mouse tersebut. Begitupun dengan hardware lainnya.

Materi Aplikasi

Pertanyaannya sederhana, aplikasi apa yang cocok diberikan sebagai materi pembelajaran komputer untuk peserta didik di level sekolah dasar?

Sebagai guru yang hidup di era revolusi industri 4.0 saat ini, tentunya kita ingin memberikan materi-materi keilmuan komputer yang terbaru. Misalnya IoT, Robotik, AI dan inovasi teknologi dengan komputasi lainnya. Tentu materi ini boleh-boleh saja diberikan, asalkan prasyaratnya terpenuhi, yang pertama kemampuan awal peserta didik, yang kedua fasilitas perangkat yang mampu disediakan sekolah, yang ketiga kemampuan kompetensi pengajarnya. Tapi, jika kita bawa kepada konsep mengajar untuk membangkitkan kemauan belajar siswa dan menstimulus daya pikir siswa untuk mau terus menerus mengembangkan kreatifitas berpikirnya maka kita mulai memberikan pelajaran dari yang sederhana terlebih dahulu.

Petakan materi

Agar materi pelajaran komputer yang kita berikan terstruktur, maka sebaiknya kita petakan terlebih dahulu materi apa saja yang akan kita berikan, materinya cocok untuk kelas berapa, dan seterusnya. Point-point penting materi bisa kita petakan dalam bentuk roadmap atau peta minda.

Kelas 1 SD sebaiknya materinya apa, kelas 2 SD sebaiknya materinya apa, dan seterusnya. Tak lupa perhatikan aspek psikologis dan kesehatan anak terkait interaksi dengan komputer pada praktikum materi tertentu. Maka luangkan waktu untuk mencari informasi-informasi yang berkaitan dengan sikologi dan kesehatan anak tersebut. Setelah ketemu baru sinkronkan dengan rencana materi praktikum yang akan kita berikan.

Materi aplikasi dari rendah ke tinggi

Kita mulai dari materi aplikasi dari rendah ke tinggi di kelas 1 SD terlebih dahulu, yang cocok untuk anak kelas 1 SD adalah mengenalkan cara mewarnai objek. Objeknya yang sederhana saja, seperti bulat, kotak, segitiga dan bentuk shapes lainnya. Piliha aplikasinya yang umum kita menggunakan Paint.

Begitupun untuk keas 2 SD, mewarna objek masih perlu diberikan. Objeknya boleh sedikit rumit, misalnya objek perahu, objek meja, objek air laut dan seterusnya. Berikan peluang bereksplorasi kepada siswa untuk memberikan sentuhan warna yang mereka sukai sehingga mereka bisa ketawa bahagia dengan hasil karyanya. Selain mewarnai objek, ajak mereka untuk membuat objek-objek tertentu, tools yang digunakan paint, line dan bentuk shapes lainnya. Apliksi yang digunakan bisa Paint, Paint 3D dan sejenisnya.

Untuk siswa kelas 3 sampai 6, kita sudah bisa memberikan materi aplikasi yang sering digunakan dalam dunia kerja sehari-hari. Seperti aplikasi perkantoran word, excel, powerpoint. Target pembelajarannya siswa mampu menulis menggunakan ms word, mampu menghitung matematik menggunakan excel, mampu membuat persentasi kerja kelompok menggunakan powerpoint. Sederhanakan materinya, tapi fungsi aplikasinya mereka paham dan mampu menggunakannya. Ada banyak materi-materi pembelajaran komputer yang menarik untuk anak SD yang bisa kita petakan dalam kurikulum pembelajaran komputer di sekolah kita, kuncinya mau memetakan dan menyiapkan materinya.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah, materi paling penting pembelajaran komputer untuk siswa sekolah dasar adalah; yang pertama materi mengenalkan fungsi hardware komputer, yang kedua materi aplikasi komputer dimulai dari yang rendah ke yang tinggi, misalnya dimulai dari aplikasi paint, paint 3d, word, excel, dan powerpoint. Tiap aplikasi boleh disesuaikan dengan kelas, misalnya paint untuk kelas 1 dan 2 sd, word untuk kelas 3 sd, excel untuk kelas 5 sd, dan powerpoint untuk kelas 6 sd. Jika kita ingin menambahkan materi inovasi lainnya, misalnya robotic atau desain grafis, animasi, dan lainnya silahkan saja, tapi materi yang paling pentingnya yang sudah kita bahas tersebut harus lebih dahulu diberikan kepada peserta didik.


Dapatkan Modul Komputer Pilihan Dibawah ini:

Lihat produk-produk Modul Komputer kami Disini

BONUS:
Tiap paket modul yang anda beli sudah dilengkapi dengan BONUS-BONUS modul komputer menarik lainnya. Dan BONUS administrasi mengajar, administrasi kursus, template sertifikat, dan contoh proposal pendirian lembaga kursus komputer.

CARA PESAN MODUL:
Pesan / Order modul yang anda pesan melalui SMS/WA ke nomor: 0813 1951 3609
Contoh: "Order Modul TIK SD, Bapak Abdul, Jakarta"

ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP (CS 1)
ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP (CS 2)