Contoh Latihan Menggunakan Operasi Matematika Dasar di Microsoft Excel Untuk Kelas 5 SD

Contoh Latihan Menggunakan Operasi Matematika Dasar di Microsoft Excel–Hallo pengunjung web modulkomputer.com semuanya. Terutama buat bapak/ibu guru, dan para instruktur dan juga para orang tua yang sedang mencari materi latihan mengoperasikan komputer, latihan menggunakan aplikasi pengolah angkat Microsoft Excel untuk anaknya yang masih berusia sekolah dasar.

Perkenalan awal dari penggunaan rumus-rumus yang akan dioperasikan pada aplikasi Microsoft Excel dimulai dari pengenalan operasi mateimatika dasar. Baik bentuknya, cara penulisan operasi matematika tersebut, sampai kepada cara penggunaanya.

Operasi matematika dasar di Microsoft Excel

Biar bagaimanapun usia sekolah dasar itu perlu tampilan, visualisasi. Apabila ingin mengenalkan beberapa operasi matematika dasar kepada siswa, yang notabene masih anak-anak, maka menyiapkan contoh penulisan operasi matematika dalam bentuk gambar adalah pilihan yang tepat.

Anak-anak akan mudah ingat, dan paham dengan cara penggunaanya.

latihan pangkat kali tambah bagi kurang di excel

Contohnya dengan membuat penulisan operasi matematika, simbol dan contoh penggunaan simbol operasi matematika pada selembar karton yang diberi warna warni, atau hiasan yang umumnya disukai oleh anak-anak.

Ada 5 (lima) operasi dasar matematika, yang biasa disingkat PAKATABAKU (pangkat, kali, tambah, bagi, kurang). Biar anak inget operasi matematika itu apa saja, guru bisa sering-sering mengingatkan akronim Pakatabaku tersebut.

Guru juga harus menjelaskan, perbedaan simbol operasi, kalau dalam penulisan manual simbol operasi kali menyerupai hurup X, pada komputer berupa * (simbol bintang). Begitupun pada simbol operasi matematika bagi/pembagi, kalau pada penulisan manual berupa : (titik dua), pada komputer berupa / (garis miring).

Contoh penggunaan simbol operasi Matematika di Microsoft Excel

Setelah anak-anak diberitahu seperti apa simbol operasi matematika pada aplikasi Microsoft Excel, berikutnya kita berikan contoh penggunaanya / contoh menggunakan simbol operasi matematika tersebut.

Langkah pertama, tentu dengan membuka jendela kerja aplikasi Microsoft Excel

Jika sudah terbuka jendela kerja Microsoft Excel tersebut, berikutnya membuat table border seperti pada contoh dibawah ini.

step 1 contoh menggunakan operasi matematika di excel

Langkah kedua, mulai rumus sesuai fungsi opearsi matematika, contohnya seperti dibawah ini:

Contoh penggunaan operasi matematika Pangkat (^ )

step 2 contoh menggunakan operasi matematika di excel

Pada tabel diatas, siswa diajak untuk memangkatkan kolom A yang berwarna hijau, dengan bari 1 yang berwarna kuning. Pada contoh penulisan rumus diatas yang dipangkatkan yaitu Cell A2 dengan Cell C1.

Ingat, agar simbol operasi matematika berfungsi, maka harus diawali dengan simbol sama dengan ( = ).

Hasil pemangkatan kolom A dengan baris 1 diatas, nantinya seperti dibawah ini. Silahkan periksa hasil kerja siswa, apakah sudah sesuai dengan tabel dibawah ini setelah selesai memangkatkan seluruh cell.

step 3 contoh menggunakan operasi matematika di excel

Jika diperlihatkan rumus operasi pangkat dari hasil pada tabel diatas, maka rumus-rumusnya seperti tampilan dibawah ini.

contoh menggunakan operasi matematika pangkat di excel

Kalau ada anak yang hasilnya beda, tidak sesuai dengan tabel, maka ada kesalahan penulisan rumus. Atau kesalahan memangkatkan cell.

Contoh penggunaan operasi matematika kali (*)

Cara menggunakan operasi matematika perkalian sama seperti pada operasi matematika pangkat. Tianggal mengganti simbolnya saja.

Seperti pada gambar dibawah ini,

contoh menggunakan operasi matematika perkalian di excel

Hasilnya seperti tampilan tabel dibawah ini,

contoh menggunakan operasi matematika perkalian di excel untuk sd

Untuk penggunaan operasi matematika lainnya, silahkan lakukan hal yang sama yaitu latihan operasi matematika tambah, operasi matematika bagi, dan operasi matematika kurang/pengurangan yang sudah dicontohkan diatas.

Materi pelajaran komputer untuk anak SD lainnya:

(1). Panduan Memperkenalkan Perangkat Komputer Kepada Anak SD dan Pemula
(2). Panduan Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer Bagi Anak-anak
(3). Panduan Cara Menggunakan Mouse Komputer Bagi Anak Usia Sekolah Dasar

Materi menggunakan operasi matematika di Microsoft Excel ini bisa diberikan lima kali pertemuan praktik, satu kali untuk latihan operasi matematika pangkat, satu kali untuk latihan operasi matematika kali, satu kali untuk latihan operasi matematika bagi, satu kali untuk operasi matematika tambah, dan satu kali untuk operasi matematika kurang, dengan jenis latihan yang berbeda. Guru bisa berinovasi dengan memberikan berbagai bentuk latihan dengan operasi matematika yang sama.

Buat bapak/ibu Guru, para instruktur kursus komputer, ataModul Panduan Belajar Komputer kelas 5 SDu para orang tua siswa yang ingin mengajar materi Microsoft Excel kepada anaknya dengan cara yang lebih mudah dan tak perlu capek-capek menyiapkan materi latihan, admin menawarkan satu Modul Panduan Belajar Komputer Microsoft Excel untuk Kelas 5 SD, dengan modul ini mengajar komputer menjadi sangat mudah sekalipun bapak/ibu bukan lulusan sarjana TIK.

Supaya lebih jelas, silahkan lihat Daftar Isi Modul Komputer kelas 5 SD ini disini >>

Nah itulah Contoh Latihan Menggunakan Operasi Matematika Dasar di Microsoft Excel sebagai contoh penyajian materi pelajaran TIK, mulok Komputer untuk tingkat sekolah dasar. Materi menggunakan aplikasi pengolah angka ini cocok diberikan untuk kelas 5 SD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *