Panduan Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer Bagi Anak-anak

Panduan Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer Bagi Anak-anakMenghidupkan dan mematikan komputer itu ada prosedurnya, tidak asal tekan tombol, sebab kalau salah bisa mengakibatkan trouble atau komputer malah cepat rusak. Karenanya cara menghidupkan dan mematikan komputer ada dalam materi mata pelajaran TIK. Agar siswa mempunyai pengetahuan bagaimana prosedur yang benar ketika mereka hendak menghidupkan atau hendak mematikan komputer.

Mengenalkan cara menghidupkan dan mematikan komputer itu tidak sulit, tetapi cara menyampaikannya yang memerlukan teknik penyampaian yang benar, terlebih ketika hendak menyampaikannya kepada anak usia sekolah dasar. Perlu kehati-hatian dan telaten, harus sabar, dan berulang-ulang sambil dicontohkan cara melakukannya.

Prosedur menghidupkan dan mematikan komputer yang benar untuk anak-anak

Sekarang admin akan mengetes pembaca semuanya, syukur-syukur yang membaca tulisan ini adalah Guru TIK/Komputer di Sekolah Dasar. Silahkan dijawab sendiri pertanyaan berikut yang berkaitan dengan prosedur menghidupkan dan prosedur mematikan komputer tersebut.

Pertanyaanya sebagai berikut:

  1. Bagaimana cara menghidupkan komputer dengan benar?
  2. Bagaimana cara mematikan komputer dengan benar?

Saya rasa semuanya bisa menjawab kedua pertanyaan tersebut dengan benar. Tentu dengan prosedur masing-masing sesuai dengan kebiasaan masing-masing pula. Baiklah dua pertanyaan tadi tersebut merupakan dua pertanyaan yang nantinya bisa bapak/ibu tanyakan sebagai pretest kepada siswa ketika hendak memulai materi prosedur menghidupkan dan mematikan komputer di kelas, atau di ruang lab komputer.

Cara menghidupkan komputer yang benar

Hal-hal berikut merupakan prosedur cara menghidupkan komputer.

Pertama, periksa kabel power yang menghubungkan komputer dengan sumber arus listrik. Kalau lab komputer menggunakan stabilizer / UPS, maka nyalakan dulu perangkat tersebut dengan menekan tombol on.

panduan cara menghidupkan komputer untuk anak anak bagian 1

Kedua, Tekan tombol power on yang terdapat pada casing komputer. Perhatikan apakah lampu indikator menyala, kalau menyala berarti tidak ada masalah pada sambungan listrik. Kalau tidak ada masalah pada komponen komputer maka komputer akan segera menyala.

panduan cara menghidupkan komputer untuk anak anak bagian 2

Ketiga, kalau monitor belum menyala, coba tekan tombol on yang terdapat dalam monitor tersebut. Kalau monitor belum menyala juga, periksa kabel yang menghubungkan monitor ke cpu, apakah terhubung dengan baik atau kendor. Kalau kendor segera beritahu guru pembimbing, jangan memperbaiki sendiri karena kabel tersebut ada aliran arus listriknya sekalipun tidak besar.

panduan cara menghidupkan komputer untuk anak anak bagian 3

Keempat, tunggu beberapa saat progres loading sampai muncul tampilan walpaper di layar monitor.

panduan cara menghidupkan komputer untuk anak anak bagian 4

Kelima, kalau sudah muncul berikutnya tinggal membuka aplikasi yang akan digunakan.

Cara mematikan komputer yang benar

Berbeda dengan prosedur menghidupkan komputer, prosedur mematikan komputer bisa dilakukan dengan beberapa cara. Tapi untuk anak-anak sebaiknya diberitahu cara mematikan yang umum saja sesuai dengan sistem operasi yang digunakan, cara yang digunakan kebanyakan orang dan itu tidak membahayakan baik bagi anak-anak maupun bagi perangkat komputernya.

Cara mematikan komputer pada sistem operasi Windows 7

Pertama, tutup semua aplikasi yang masih terbuka. Misalnya sedang belajar aplikasi Paint, maka tutup aplikasi tersebut dengan terlebih dahulu menyimpannya agar berkas bisa dibuka dan diedit kembali pada pertemuan belajar berikutnya.

Kedua, klik tombol Star, kemudian pilih Shutingdown.

panduan cara mematikan komputer untuk anak sd gbr1

Ketiga, tunggu proses shut down sampai komputer tidak menyala

Jika komputer tidak akan digunakan lagi dalam waktu yang cukup lama, lebih baik kabel yang terhubung dengan sumber arus listrik dilepas saja. Ini untuk pencegahan arus listrik yang terus mengalir pada perangkat yang akan menyebabkan toruble, atau jika terjadi konsleting, ada hujan dan petir ini juga bisa menjadi alternatif menyelamatkan perangkat komputer dari kemungkinan-kemungkinan bahaya tersebut.

Cara mematikan komputer pada sistem operasi Windows 8

Tampilan windows 8 berbeda dengan windows 7. Untuk yang pertama kali menggunakan biasanya kesulitan mencari tombol shut down.

Perama, arahkan kursor kesebalah kanan atasĀ  dekstop, nanti akan muncul menu Setting

cara mematikan komputer di windows 8 dengan mudah

Kedua, klik menu Seting, kemudian klik Power

cara mematikan komputer di windows 8 dengan mudah gbr2

Ketiga, klik Shut Down, maka komputer akan mati.

ara mematikan komputer di windows 8 dengan mudah gbr3

Nah itu cara mematikan komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 8. Sebenarnya ada cara mudah lainnya, yaitu dengan menggunakan shortcut pada keyboard. Tapi untuk anak SD sebaiknya tidak perlu diberitahu langkah-langkah mematikan komputer menggunakan shortcut keyboard tersebut. Tidak terlalu penting mengajarkan materi shortcut tersebut.

Nah itulah panduan singkat bagaimana menyampaikan materi memulai menghidupkan dan mematikan komputer untuk anak usia sekolah dasasr. Semoga panduan singkat ini bermanfaat. Jangan lupa, materi yang lebih komplit mata pelajaran TIK/Komputer untuk sekolah dasar bisa bapak/ibu baca pada modul komputer untuk mengajar mata pelajaran TIK/SD, silahkan lihat modulnya disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *