Tips Mengajar Peserta Kursus Komputer

Mengajar peserta kursus komputer secara umum tidak jauh berbeda dengan mengajar siswa di ruang praktik atau lab komputer, dan secara teori tidak jauh berbeda dengan mengajar pada umumnya. Bagi anda yang memiliki pengalaman mengajar bimbingan praktikum keahlian komputer tentu tidak akan kesulitan apabila saat ini anda diminta mengajar di sebuah lembaga kursus komputer. Tapi berbeda sekali jika anda tidak memiliki pengalaman sebagai guru bimbingan praktikum, anda perlu beradaptasi dalam waktu beberapa lama agar anda mampu membimbing para peserta kursus komputer sesuai dengan target kompetensi pada kurikulum kursus komputer di lembaga kursus tempat anda bekerja.

tips dan cara mengajar peserta kursus komputer

Pada saat anda mengajar materi pembelajaran komputer kepada peserta kursus komputer, anda adalah instruktur bukan Guru kelas yang dalam mengajar biasanya terdiri dari 3 kegiatan, yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dalam mengajar peserta kursus anda tidak perlu melakukan kegiatan tersebut secara runtut, dalam kegitan pembuka mungkin anda cukup mengucapkan salam tanpa harus melakukan apersepsi, dalam kegiatan inti anda langsung to the point saja mengarahkan peserta kursus untuk langsung mempraktikan materi dalam modul tidak perlu dipusingkan dengan metode ini itu. Dalam kegiatan penutup, anda juga boleh langsung closing saja tanpa harus melakukan evaluasi dengan memberikan soal-soal latihan.

Berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang keterampilan mengajar peserta kursus komputer, dan bebebrapa diantaranya merupakan tips yang bisa anda coba dan praktikan kepada para peserta kursus komputer di lembaga kursus tempat anda bekerja saat ini.

Pahami Tujuan Orang Kursus Komputer

Sebelum anda melakukan bimbingan kepada para peserta kursus, sebaiknya anda pahami terlebih dahulu tujuan orang yang datang ke lembaga anda untuk belajar komputer. Apakah hanya untuk belajar komputer, apakah untuk mendapatkan pekerjaan, atau apakah untuk menunjang keterampilan kerja dari pekerjaanya saat ini?

Sebagai pengajar yang memberikan bimbingan keahlian komputer anda harus menyesuaikan cara membimbing anda kepada masing-masing peserta kursus komputer sesuai dengan tujuan mereka.

Misalnya, untuk peserta yang datang dengan tujuan untuk mendapatkan pekerjaan atau ingin meningkatkan kompetensi keahlian komputer sesuai kebutuhan pekerjaanya saat ini, anda harus banyak berkomunikasi dengan mereka mengenai lingkup kerja dan apa saja yang sering mereka kerjakan, kendala materi aplikasi komputer apa yang ingin mereka hadapi saat ini, dan seterusnya. Sehingga apa yang ingin mereka dapatkan dari tempat kursus anda bisa anda bantu mendapatkannya.

Ingat, kebanyakan orang datang ke tempat kursus lantaran ingin cepat belajar menguasai aplikasi komputer tanpa banyak teori seperti di lembaga pendidikan formal, untuk itu berikan bimbingan praktik yang benar-benar dapat membuat peserta kursus mampu menguasai aplikasi dengan waktu yang tepat sesuai durasi waktu program kursus komputer yang diselenggarakan lembaga anda.

Perhatikan Usia Peserta Kursus Komputer Anda

Boleh jadi anda hanya membimbing peserta kursus komputer dengan usia dewasa, tapi suatu waktu mungkin anda juga harus membimbing peserta kursus komputer untuk anak-anak. Karenanya anda harus memperhatikan betul karakteristik usia tersebut, agar anda dapat menempatkan diri sebagai pembimbing praktik yang bijaksana.

Artinya anda tau betul, bagaimana cara berkomunikasi dengan anak-anak, dan cara berkomunikasi dengan yang lebih dewasa. Kepada anak-anak, anda harus “ngemong” dan menjelaskan langkah kerja dari materi yang akan di praktikan dengan perlahan dan mengarahkan (menunjukan) tools atau menu yang digunakan. Kepada yang lebih dewasa anda cukup menjadi pemberi solusi apabila mereka menemukan kesulitan atau trouble pada saat mempraktikan langkah kerja pada modul.

Begitupun dengan materi kursus komputer yang diberikan. Misalnya, sekalipun program kursus yang diambil sama-sama Aplikasi Perkantoran Microsoft Word, tetapi materi yang diberikan kepada peserta anak-anak dan dewasa itu berbeda.

Untuk bahan referensi seperti apa materi kursus komputer untuk anak-anak, silahkan baca daftar isi modul pembelajaran komputer untuk kelas 1-6 SD ini!

Kuasai Metode Pembelajaran Praktik

Metode pembelajaran praktik adalah suatu metode mengajar dengan menggunakan alat atau benda atau peraga sehingga peserta belajar dapat mempraktikan materi yang dipelajari dan kelak bermanfaat dalam kehidupan di masyarakat.

Pembelajaran aplikasi komputer merupakan pembelajaran yang harus di praktikan, terlebih penyelenggara pendidikannya adalah lembaga kursus, dimana siapapun yang belajar ditempat kursus tentu mereka memiliki harapan untuk cepat menguasai aplikasi-aplikasi komputer sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Jadi mereka datang untuk praktik, bukan untuk mendengarkan ceramah-ceramah tentang sejarah komputer, generasi aplikasi dan seterusnya.

Maka metode mengajar yang tepat di lembaga kursus adalah metode pembelajaran praktik ( demonstrasi ).

Secara teoritis ada 4 prosedur yang harus dilakukan ketika anda mengajar dengan menggunakan metode praktik (demonstrasi), tapi pada praktiknya anda tidak harus menggunakan urutan prosedru tersebut semuanya, anda boleh menggunakan beberapa saja secara berurutan atau random.

Berikut urutan prosedur kegiatan mengajar menggunakan metode praktik:

1). Penyampaian tujuan

Pada tahap ini anda tidak perlu berpanjang lebar dalam menyampaikan tujuan pembelajaran. Cukup singkat saja, tetapi yang disampaikan merupakan pokok-pokok yang akan dipraktikan beserta fungsinya dalam dunia kerja, atau fungsinya dalam menyelesaikan pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari.

2). Penjelasan materi praktik

Tahap ini anda harus menjelaskan step by step materi yang dipraktikan. Untuk mempermudah, anda harus menggunakan media pendukung selain perangkat komputer, yaitu Modul dan tampilan visual menggunakan proyektor. Dengan modul, peserta kursus tinggal mengikuti step by step materi yang dipraktikan, dan apabila ada kesulitan mereka bisa meminta bantuan anda untuk memeberikan solusi. Anda bisa membantu menjelaskannya baik secara verbal materi dalam modul, atau dengan visualisasi materi menggunakan proyektor.

3). Mendemonstrasikan cara kerja

Anda harus mampu mendemonstrasikan step by step penggunaan menu dan tools aplikasi komputer yang akan di praktikan oleh peserta kursus, sesuai materi praktik dalam modul. Jangan terlalu cepat dalam mendemonstrasikan, pelan-pelan saja, bahkan anda harus mengulainginya sampai peserta kursus mengingat step by step langkah karja yang anda demonstrasikan.

4). Latihan

Setelah peserta kursus mampu mempraktikan materi dalam modul, maka untuk mengukur pemahaman peserta kursus terhadap materi yang sudah di praktikan mereka harus diberikan latihan. Dalam modul praktikum pembelajaran komputer biasanya sudah tersedia latihan disetiap pertemuan praktiknya.

Baca juga artikel ini 3 alasan mengajar komputer menggunakan modul jauh lebih mudah untuk menambah wawasan anda sebagai pengajar yang professional di lembaga kursus komputer.

Kuasai Materi Modul

Modul merupakan panduan wajib yang harus dimiliki peserta kursus komputer. Dengan adanya modul komputer, selain peserta kursus jadi lebih mudah dalam kegiatan pratikumnya, juga kegiatan pembelajaran jadi lebih terstruktur.

Nah, sebagai orang yang memiliki tanggung jawab terhadap bimbingan praktik untuk para peserta kursus komputer, anda dituntut untuk menguasai semua materi praktik yang ada dalam modul pembelajaran komputer tersebut.

Jangan sampai pada saat membimbing peserta kursus, kemudian ada salah satu peserta kursus yang kurang memahami isi modul, kemudian tidak bisa mempraktikannya pasti akan bertanya kepada anda. Dan apa jadinya jika pada saat peserta kursus tersebut bertanya dan anda sendiri tidak bisa memberikan solusinya karena anda juga belum menguasai materi yang sedang dipelajari oleh peserta kursus.

Jangan permalukan diri anda dengan sebutan instruktur tidak professional, makanya sebelum kegiatan pembelajaran bersama para peserta kursus sebaiknya anda melihat dan mempraktikannya terlebih dahulu, sehingga anda benar-benar menguasai materinya pada saat membimbing peserta kursus praktik.

Bagi anda yang belu memiliki modul kursus komputer yang dibuat terstruktur dengan materi sesuai dengan standar kompetensi kerja nasional untuk usia dewasa (SMP, SMA, SMK, Mahasiswa dan umum), kami sudah membuatkannya untuk anda yaitu modul paket kursus komputer Microsoft Word & Excel plus bonus-bonus istimewa lainnya.

Penutup

Menguasai metode mengajar praktik (demonstrasi) merupakan kompetensi pedagogic yang sebisa mungkin harus anda pelajari, pahami dan praktikan. Sementara menguasai materi praktikum yang akan diberikan kepada peserta kursus komputer meruakan skil professional anda. Dua hal tersebut harus anda kuasai agar dalam melakukan bimbingan praktikum kepada para peserta kursus komputer anda benar-benar menjadi pembimbing professional yang kehadirannya dapat memberi solusi dalam peningkatan kompetensi para peserta kursus komputer. Selamat meningkatkan kemampuan mengajar anda!


Dapatkan Modul Komputer Pilihan Dibawah ini:

Lihat produk-produk Modul Komputer kami Disini

BONUS:
Tiap paket modul yang anda beli sudah dilengkapi dengan BONUS-BONUS modul komputer menarik lainnya. Dan BONUS administrasi mengajar, administrasi kursus, template sertifikat, dan contoh proposal pendirian lembaga kursus komputer.

CARA PESAN MODUL:
Pesan / Order modul yang anda pesan melalui SMS/WA ke nomor: 0813 1951 3609
Contoh: "Order Modul TIK SD, Bapak Abdul, Jakarta"

ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP
ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP (CS 2 Aktif)