Usaha Sampingan Kursus Komputer di Rumah Untung Ratusan Juta

Mungkin diantara pembaca ada yang sedang mencari referensi tentang usaha sampingan, usaha sampingan yang bisa dilakukan di rumah. Admin merekomendasikan pembaca untuk membaca success story salah seorang yang berhasil menjalankan usaha sampingan kursus komputer di rumahan dan dari usaha sampingannya tersebut berhasil mendapatkan untung ratusan juta rupiah. Kisah sukses ini bisa menjadi motivasi bagi yang sedang menjalankan usaha yang sama, atau yang sedang mencari data dan fakta pelaku usaha sampingan yang jenis usahanya akan dicoba tahun ini.

kisah sukses usaha kursus komputer

Untuk yang tertarik menjalankan usaha sampingan kursus komputer, seb

Sukses Usaha Sampingan Kursus Komputer

Ini kisah nyata dari seseorang yang berhasil menjalankan usaha sampingan kursus komputer, sekalipun kursusnya dijalankan hanya di rumah tetapi ia berhasil meraup untung hingga ratusan juta rupiah.

Namanya Rochmatun Nissa, sapaan akrabnya Nissa. Ia justeru bisa membuka bisnis kursus komputer dengan sangat menguntungkan.  Kursus komputernya dijalankan di rumah, dan kursus komputernya dibuat khusus untuk kelas anak-anak TK. Ihwal ketertarikan Nissa untuk membuka kursus komputer khusus anak taman kanak-kanak adalah kecintaannya pada anak-anak TK. Dari usaha sampingan kursus komputer itu Nissa bisa memperoleh keuntungan hingga 100 Juta.

Success story diatas, saya dapatkan dari salah satu blog melalui penelusuran kata kunci kisah sukses usaha sampingan kursus komputer.

Dari Kursus Komputer hingga Menjadi SMK  TI dan Perguruan Tinggi TI

Ini suscces story yang benar-benar saya ketahui, bukan hasil pencarian dari google, karena saya pernah terlibat dilembaga kursus komputer yang sejarahnya akan saya ceritakan dibawah ini;

Namanya Egi Gunadhi Wiabawa, biasa dipanggil kak Egi, lelaki yang sampai tulisan ini dibuat sedang menjabat sebagai enggota DPRD di salah satu kabupaten di Jawa Barat. Merupakan sosok sukses dari pelaku usaha kursus komputer, dari cikal usaha kursus yang dimulai dari teras rumah, sampai menyewa kios di dekat stasiun kereta, hingga kemudian mampu mengembangkannya lebih jauh dengan mendirikan SMK TI.

kisah sukses usaha kursus komputer
Egi, sukses mendirikan lembaga kursus komputer

Perjalanan panjang dimulai dari les komputer yang diadakan untuk anak-anak sekolah di lingkungannya, les tersebut diadakan di teras rumah orang tuanya. Waktu itu tahun 1999, egi bersama rekan-rekannya membantu anak-anak sekolah  dilingkungannya belajar mengenal komputer yang saat itu perangkat komputer masih menjadi barang langka di daerahnya.

Lambat laun keberadaan les komputer tersebut semakin didengar keberadaanya, peserta les semakin banyak hingga akhirnya Egi memutuskan untuk menyewa kios dan mulai membentuk lembaga dengan nama Yayasan Bina Putra Mandiri, ini cikal kelahiran lembaga kursus, bidang usaha service komputer, penyelenggaraan D1 Komputer dibawah nama Warintek BPM, hingga akhirnya mendirikan SMK dan Kampus TI.

Unit usaha dibawah yayasan Bina Putra Mandiri tersebut semakin berkembang, dan yang paling terkenal saat itu adalah lembaga kursus komputer dengan nama lembaga kursus komputer Perintis.

Kerjasama terus dibangun, dengan naluri bisnisnya, Egi terus melakukan inovasi-inovasi seperti kerjasama dengan sekolah-sekolah dasar untuk penyelenggaraan perangkat dan tenaga pendidik TIK, mengadakan workshop dan seminar-seminar teknologi informasi, inovasi-inovasi tersebut membuahkan hasil yang luar biasa, dari les komputer di teras rumah sampai akhirnya menjadi yayasan pendidikan yang menaungi beberap lembaga, seperti SMK TI, SMK kesehatan, EO, digital printing, kursus komputer, STMIK, dan unit usaha lainnya.

Kisah sukses usaha kursus komputer diatas, hanya salah satu saja, karena kami yakin masih banyak kisah sukses serupa, seperti ikhwal sejarah kampus Bina Sarana Informatika dan Gunadarma yang kabarnya juga dimulai dari lembaga kursus komputer sebelum akhirnya menjadi besar seperti saat ini.

Tertarik Mendirikan Usaha Kursus Komputer?

Jadikan kisah sukses diatas sebagai motivasi ketika anda ingin mendirikan usaha kursus komputer. Kalau orang lain bisa sukses, maka anda pun bisa sukses.

Untuk bisa sukses menjalankan usaha kursus komputer, pahami terlebih dahulu tujuan anda mendirikan usaha tersebut untuk apa? Dua kisah sukses diatas, menjadi contoh nyata, yang satu mendirikan usaha kursus komputer khusus untuk anak TK lantaran kecintaanya pada anak-anak, yang satu mendirikan usaha kursus komputer lantaran kepeduliannya terhadap lingkungannya yang masih tabu dengan teknologi komputer.

Banyak yang mengatakan kalau mau membuka usaha, niatkan usaha tersebut untuk membantu orang lain, dan satu lagi jenis usaha tersebut memang anda sukai. Mudah-mudahan usaha kursus komputer ini merupakan jenis usaha yang anda sukai…

Prospek Usaha Kursus Komputer dan Perkiraan Modal

Cari tahu terlebih dahulu informasi mengenai prospek usaha kursus komputer.

Prospek usaha kursus komputer sampai saat ini masih sangat menjanjikan. Sekalipun penguasaan aplikasi komputer banyak diajarkan di sekolah-sekolah formal, akan tetapi kebutuhan menguasai aplikasi tertentu dengan durasi waktu belajar lebih singkat dan jam belajar yang lebih flexibel menjadikan lembaga kursus komputer tetap dicari banyak orang. Karenanya saya tetap meyakini bahwa usaha kursus komputer merupakan bisnis yang menjanjikan.

Untuk modal usaha kursus komputer, jika anda hendak memulainya dari Nol, maka kebutuhannya tidak banyak, anda cuku memiliki satu unit komputer, ruang tempat belajar yang bisa menggunakan ruang tamu rumah, dan modul kursus komputer untuk panduan belajar peserta kursusnya.

Tapi jika anda memiliki modal yang cukup, atau sudah bulat ingin membuka lembaga kursus komputer, anda bisa melakukan analisa usaha dan lis kebutuhan biaya usaha.

Untuk cara analisa usaha dan taksiran biaya membuka usaha kursus komputer silahkan membaca secara lengkap panduan cara mendirikan kursus komputer disini.

Baca pula analisa peluang usaha, analisa kebutuhan, biaya dan cara mendapatkan biaya untuk mendirikan usaha kursus komputer disini; mengupas tuntas peluang usaha kursus komputer.

Strategi Mempromosikan Kursus Komputer

Promosi merupakan bagian penting dari bisnis anda, termasuk usaha kursus komputer. Usaha kursus komputer anda tidak akan dikenal tanpa promosi yang bagus.

Dan promosi yang berhasil tentu akan mendatangkan prospek yang bagus pula, indikatornya semakin banyaknya peserta kursus yang mendaftar di tempat kursus komputer yang anda kelola.

Tentu, agar promosi berhasil diperlukan strategi-strategi yang tepat. Strategi promosi yang tepat adalah strategi promosi yang epektif, epesien, on target dan jelas indikator keberhasilannya.

Bagi anda yang baru memulai usaha kursus komputer tentu menyusun strategi promosi yang tepat tersebut tidaklah mudah, karena anda memang baru di dunia ini, tapi jangan khawatir anda bisa mempelajarinya bagaimana strategi mempromosikan kursusu komputer yang tepat tersebut pada detail artikel yang sudah kami buat dilaman website kami ini.

Baca; Strategi mempromosikan usaha kursus komputer yang tepat

Kurikulum dan Bahan Praktik Kursus Komputer

Kursus komputer merupakan bagian dari lembaga pendidikan non formal, karenanya untuk menjalankan program kursusnya diperlukan kelengkapan administrasi mengajar berupa kurikulum kursus komputer.

Kurikulum tersebut yang nantinya menjadi acuan standar dalam penyajian bahan mengajar, penyajian materi dan program kursus komputer kepada peserta kursusnya.

Bagi pemula yang baru mencoba membuka usaha kursus komputer, pekerjaan menyusun kurikulum kursus bukanlah pekerjaan mudah diperlukan analisa dan pengetahuan cara penyusunan kurikulum di tingkat satuan pendidikan non formal.

Jangan khawatir, adan bisa membuatnya sekarang, kami sudah menyediakan contoh kurikulum kursus komputer yang siap pakai.

Silahkan mengunduh contoh kurikulum kursus komputer disini

Bagaimana dengan bahan praktik peserta kursus komputernya?

Bahan praktik harus tersusun sistematis, dan terstruktur. Dan itu tidak mudah, anda bisa mengunduh di internet tapi apakah bahan praktik yang anda unduh itu sudah sesuai dengan kurikulum kursus komputer yang anda buat?

Perlu relevansi materi dengan kebutuhan dunia kerja, perlu sinkronisasi antara kurikulum dengan bahan praktik yang diberikan kepada peserta kursus agar lulusan peserta kursus komputer di lembaga anda memenuhi kompetensi standar yang dibutuhakn dunia kerja.

Untuk kebutuhan bahan praktik kursus komputer tersebut, silahkan anda mendapatkannya pada beberapa bahan praktik paket kursus komputer yang sudah kami buat dibawah ini;

Dengan bahan praktik berupa modul diatas, anda tidak perlu lagi repot menyusun materi kursus komputer untuk lembaga kurus komputer anda.

Kesimpulan

Kalau anda memang sudah yakin ingin menjalankan usaha kursus komputer, baik diawali dengan paruh waktu alias secon job dari pekerjaan utama anda, atau mau terjun full dibidang usaha ini, yakinlah anda akan menjalaninya dengan sepenuh hati. Sebab hanya usaha yang dijalani dengan sepenuh hatilah yang akan menuai keberhasilan. Tentu anda juga harus melengkapinya dengan kebutuhan lainnya yang sudah kami ulas secara lengkap tadi.

Semoga anda sukses, dan mampu menjadi salah satu pengusaha baru yang sukses dibidang jasa kursus komputer. Selamat mencoba, sukses untuk anda!

Dapatkan Modul Komputer Pilihan Dibawah ini:

Lihat produk-produk Modul Komputer kami Disini

BONUS:
Tiap paket modul yang anda beli sudah dilengkapi dengan BONUS-BONUS modul komputer menarik lainnya. Dan BONUS administrasi mengajar, administrasi kursus, template sertifikat, dan contoh proposal pendirian lembaga kursus komputer.

CARA PESAN MODUL:
Pesan / Order modul yang anda pesan melalui SMS/WA ke nomor: 0813 1951 3609
Contoh: "Order Modul TIK SD, Bapak Abdul, Jakarta"

ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP