Panduan dan Cara Mendirikan Kursus Komputer Lengkap

Panduan dan Cara Mendirikan Kursus Komputer Lengkap ini dibuat untuk memudahkan pembaca yang saat ini sedang mencari referensi pengetahuan tahapan yang harus dilakukan untuk mendirikan tempat kursus komputer. Jika pembaca berencana akan membuat sebuah lembaga kursus komputer, maka artikel ini sangat bermanfaat untuk dibaca. Karena dalam artikel ini akan dibahas tentang; syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk mendirikan lembaga kursus komputer, analisa usaha kursus komputer, proposal usaha kursus komputer, prospek bisnis kursus komputer kedepannya, kurikulum kursus komputer, penyiapan SDM untuk instruktur, teknik promosi, modul kursus komputer dan hal-hal lainnya yang semuanya akan kami jelaskan secara rinci.

panduan cara mendirikan kursus komputer lengkap

Kursus komputer merupakan salah satu bidang usaha yang saat ini peluangnya cukup bagus. Dalam jangka panjang kursus komputer akan terus berkembang dan semakin kompetitif. Kursus komputer bukan bidang usaha penyedia jasa teknologi sepertihalnya wartel atau warnet yang akan hilang lantaran perkembangan teknologi yang semakin mudah dijangkau, kursus komputer merupakan bidang usaha pengembangan kemampuan dibidang teknologi komputer yang selalu akan dibutuhkan. Adapun tingkat kompetitif yang semakin tinggi, perlu menjadi perhatian para pengelola kursus komputer untuk lebih berinovasi dengan program-program kursus dan promosi yang menarik.

Syarat Mendirikan Kursus Komputer

Untuk mendirikan lembaga kursus komputer, sebelumnya harus memenuhi beberapa syarat berikut:

  • Mengisi formulir yang telah disediakan di kantor Suku Dinas Dikmenti Kotamadya tempat penyelenggara kursus, kalau anda saat ini tinggal di Bogor maka mengisi formulir di Sudin Kodya Bogor
  • Melampirkan Foto Kopi KTP baik pemilik/penyelenggara, maupun penanggung jawab teknis edukatif.
  • Melampirkan Foto Kopi Ijazah bagi pemilik/penyelenggara, penanggung jawab teknis edukatif maupun tenaga pendidik
  • Melampirkan kurikulum jenis kursus yang bersangkutan
  • Melampirkan tata tertib kursus
  • Melampirkan denah/ peta lokasi kursus
  • Melampirkan Foto Kopi akta notaris bagi yang berbentuk Yayasan
  • Melampirkan daftar riwayat hidup pemilik/penyelenggara dan penanggung jawab teknis edukatif
  • Melampirkan surat keterangan kelakuan baik pemilik/penyelenggara dari kepolisisan
    Melampirkan pasfoto pemilik/ penyelenggara dan penanggung jawab teknis edukatif ukuran 4×6 masing-masing sebanyak 6 lembar
  • Melampirkan surat rekomendasi dari DPC HIPKI
  • Melampirkan surat keterangan domisili usaha dari kecamatan
  • Melampirkan materai Rp 6.000 sebanyak 1 buah

Jika semua syarat pada point-point diatas sudah lengkap, langkah berikutnya adalah pergi mendaftarkan lembaga kursus komputer yang akan anda buat tersebut, dengan memperhatikan persyaratan lainnya sebagai berikut;

  • Persyaratan administrasi dibuat 5 rangkap masing-masing dimasukan dalam map snelhekter
  • Formulir yang telah diisi ditanda-tangani oleh pemohon berikut lampiran-lampiranya dibawa dan diserahkan ke Sudin Dikmenti Kodya setempat dalam hal ini sudinas pendidikan luar sekolah, ingat ya dinas pendidikan luar sekolah (PLS).
  • Berkas permohonan tersebut nantinya akan ditelilti oleh petugas pendaftaran pada seksi pendidikan luar sekolah suku dinas dikmenti kotamadya. Apabila sudah lengkap semua persyaratan, petugas akan memberi tanda terima
  • Petugas datang ke lokasi tempat kursus pemohon, kedatangannya tak lain untuk melakukan studi kelayakan
  • Bila sudah memenuhi syarat teknis dan administrasi, berikutnya pemohon akan mendapatkan tanda bukti pendaftaran kursus yang berlaku selama 6 bulan.

Proses belum selesai, masih ada tahapan lainnya sebelum akhirnya pemohon mendapatkan izin penyelenggaraan kursus, yaitu tempat kursus akan dimonitor selama kurang lebih 6 bulan untuk mendapatkan izin Type C yang berlaku selama satu ahun dari Dikmenti Kota Madya. Izin Type B  berlaku 2-3 tahun atau  jenis izin Type A  berlaku 4 sampai 5 tahun ijin dari Dikmenti Provinsi.

Rekomendasi: Modul Belajar Komputer Untuk Kelas 1 2 3 4 5 6 SD

Analisa Usaha Kursus Komputer

Mengapa memilih peluang bisnis kursus komputer? Jawabannya sederhana, aplikasi komputer terus berkembang, dan dunia kerja saat ini membutuhkan tenaga yang terampil dalam mengoperasikan komputer.

Aplikasi komputer yang terus berkembang, dan tuntutan dunia kerja membuat orang harus membekali dirinya dengan kompetensi penguasaan aplikasi komputer, dan cara cepat untuk menguasai aplikasi komputer tersebut adalah dengan kursus komputer. Karenanya lembaga kursus komputer akan terus dibutuhkan sebagai solusi terbaik untuk menguasai aplikasi komputer lebih cepat.

Jadi jangan khawatir mengenai prospek jangka panjang usaha dibidang kursus komputer. Usaha ini akan selalu mendapat pasar dan nasibnya tidak akan sama dengan jenis usaha penyedia jasa telekomunikasi terdahulu seperti wartel dan warnet.

Konsumen / peserta kursus komputer dapat dikategorikan menjadi beberapa segment, yaitu anak-anak usia sekolah dasar, pelajar sekolah menengah, mahasiswa dan umum.  Penyelenggara kursus bisa membuat paket-paket kursus sesuai segment tersebut. Misalnya paket basic untuk anak-anak usia sekolah dasar, dan seterusnya.

Berdarakan segmen tersebut, penyelenggara juga bisa melihat potensi paket aplikasi komputer apa saja yang sedang banyak diminati. Atau bisa menyesuaikan dengan paket-paket aplikasi yang diajarkan di sekolah.

Untuk nominal biaya, bisa dihitung sesuai kebuthan material dan nonmaterial yang dibutuhkan pada saat akan mendirikan tempat kursus. Kebutuhan biaya seperti mengurus perizinan, sewa tempat, perangkat komputer, pengkabelan, listrik, instruktur, modul komputer panduan kursus, promosi dan lainnya bisa hitung secara rinci sesuai kebutuhan pada saat itu. Untuk pemilik modal yang cukup, bisa langsung mengakomodir semua kebutuhan material dan non material lainnya.

Bagi yang modalnya minim, bisa melakukan efesiensi dengan mendahulukan pembiayaan untuk kebutuhan prioritas terlebih dahulu. Tidak membeli semua perangkat, melainkan membeli beberap saja untuk memenuhi standar minimal.

Semua kebutuhan tadi bisa dirinci, untuk memunculkan nominal biaya awal penyelenggaraan tempat kursus komputer.

Untuk nominal pembiyaan tersebut sengaja tidak dimunculkan angka rupiahnya disini, karena penulis paham kurs rupiah tiap tahunnya berbeda, besaran nominal tahun ini dengan kebutuhan yang sama akan berbeda dengan besaran nominal ditahun berikutnya.

Rekomendasi: Modul Kursus Komputer Microsoft Excel

Proposal Usaha Kursus Komputer

Untuk mendirikan usaha kursus komputer diperlukan proposal usaha. Proposal usaha memiliki arti penting bagi wirausaha sebagai pernyataan atau legitimasi calon wirausaha sebagai pemilik dan pemegang inisiatif dalam membuka usaha.

Selain hal diatas, proposal usaha juga memiliki fungsi;
a. Representasi pengetahuan dan penguasaan bidang wirausaha yang akan dijalankan
b. Wujud perkiraan prospek usaha
c. Tolak ukur dan panduan pelaksanaan kegiatan

Keuntungan membuat proposal usaha kursus komputer;

  • Memberikan gambaran kepada pihak lain tentang profil lembaga kursus komputer
  • Dapat memperoleh pinjaman maupun penyertaan modal dari investor, bank dan pihak potensial lainnya
  • Membantu wirausaha memahami persaingan dalam factor ekonomi dan analisis keuangan yang masuk dalam subjek proposal usaha sehingga dapat mendekati asumsi-asumsi secara cermat tentang seberapa besar tingkat keberhasilan yang dicapai.
  • Mengatur pembentukan kerjasama yang saling menguntungkan dengan perusahaan lain, serta mendapatkan calon relasi usaha yang lebih luas.
  • Mengundang orang-orang yang potensial untuk bergabung dan bekerjasama sehingga penyelenggara memiliki  kesempatan mengembangakan lembaga kursus komputer
  • Memperjelas sumber pendanaan dan pengelolaan usaha.

Pembuatan Proposal usaha kursus komputer juga dapat:

  • Memberikan gambaran awal akan kemampuan manajerial wirausaha
  • Memberiakan gambaran tentang kemampuan wirausaha dalam memenuhi kewajibannya.
  • Mengdentifikasi resiko kritis pada saat-saat penting, sehingga mempermudah penentuan langkah antisipasi
  • Memberikan informasi potensi pasar dan perkiraan pangsa pasar yang mungkin diraih.
  • Memberikan keterangan mengenai sumber-sumber keuangan

Secara umum penyusunan proposal usaha kursus komputer sama dengan proses penyusunan proposal usaha lainnya, dengan terlebih dahulu mempertimbangkan analisi SWOT yaitu Strenght, Weakness, Opportunity, dan Threats, merupakan analisis kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman rsiko yang mungkin dihadapi. Untuk analisa usaha komputer bisa dilihat kembali pada bagian tulisan analisa usaha kursus komputer.

Beberapa hal yang harus dipenuhi dalam penyusunan proposal usaha, yaitu:

  • Menetapkan jenis usaha, aspek produk, pemasaran, teknis penyaluran organisasi, manajemen, dan aspek yuridis. Untuk yang ini sudah lengkap tentunya pada saat pengajuan perizinan.
  • Melaksanakan aspek administrasi
  • Mengetahui aspek sumber keuangan
  • Mempelajari kebijakan pemerintah, terutama yang berkaitan dengan AMDAL.

Sistematika Proposal Usaha Kursus Komputer

A. Uraian Usaha
1). Latar belakang lembaga
2). Prospek perusahaan
3). Hambatan yang dihadapi
4). Pemecahan masalah usaha

B. Produk
1). Bentuk
2). Jenis
3). Kegunaan

C. Lokasi
1).  Backwar linkage
2).  Forward lingkage

D. Pasar dan Segmen Pasar
1). Segmen pasar bagi pemasaran produk
2). Jenis pasar yang dimasuki
3).  Posisi perusahaan dalam pasar

E. Persaingan
1) Jumlah pesaing yang dihadapi
2) Strategi pemasaran dalam menghadapi pesaing

F. Laporan Keuangan
1) Neraca
2) Laporan laba rugi
3) Analisis BEP (Titik pulang pokok / Titik impas)
4) Sumber permudalan

G. Sumber daya manusia
1) Jumlah SDM
2) Latar belakang pendidikan SDM / tenaga pendidik / instruktur kursus

H. Proposal Kredit
1) Alokasi kebutuhan biaya
2) Total kebutuhan biaya

I. Lampiran
1) Surat ijin penyelenggaraan kursus komputer / surat izin usaha
2) Data penelitian pasar
3) Surat kontrak dan dokumen perjanjian lainnya

Prospek Usaha Kursus Komputer Kedepannya

Seperti yang sudah dijelaskan pada awal tulisan, bahwa prospek usaha kursus komputer sangat baik. Ini bisa kita lihat dengan berbagai indikator berikut:

  • Perkembangan teknologi yang semakin pesat membutuhkan penguasaan pada berbagai aplikasi komputer
  • Kebutuhan dunia usah akan tenaga-tenaga terampil yang mampu mengoperasikan komputer, dan menggunakan aplikasi komputer
  • Banyak sekali siswa yang tidak mampu menyerap pembelajaran komputer di sekolahnya secara maksimal sehingga mereka butuh belajar diluar sekolah, salah satunya kursus komputer
  • Perubahan pada kurikulum di sekolah formal yang meniadakan mata pelajaran TIK dan KKPI juga membuat siswa yang ingin mempelajari aplikasi komputer harus mempelajarinya di lembaga pendidikan non formal, salah satunya lembaga kursus komputer
  • Banyak pula mahasiswa yang membutuhkan bimbingan khusus pada penguasaan aplikasi komputer tertentu
  • Teknologi digital, disain grafis menjadi alternatif peluang bisnis, dan ini memerlukan penguasaan aplikasi komputer tertentu, untuk mempelajarinya secara formal membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang mahal, alternatifnya bisa belajar di lembaga kursus komputer.

Itu hanya beberapa indikator saja, pada kenyataanya masih banyak indikator lainnya yang bisa jadi acuan dan penguatan prospek usaha kursus komputer merupakan usaha yang bagus dalam jangka waktu lama, bukan jenis usaha jangka pendek.

Banyak pula lembaga pendidikan formal seperti SMK dan STMIK, yang diawali dari usaha kursus komputer, ini membuktikan bahwa peluang usaha kursus komputer bisa terus berkembang menjadi bidang usaha yang lebih besar.

Demikian Panduan dan Cara Mendirikan Kursus Komputer kali ini, mudah-mudahan bermanfaat. Terutama buat para pembaca yang sedang mencari informasi lengkap mengenai tata cara proses mendirikan usaha dibidang jasa edukasi kursus komputer. Artikel ini akan terus di update untuk semakin melengkapi informasi-informasi penting seputar pendirian kursus komputer ini, karenanya kunjungi terus web ini untuk mendapatkan informasi tambahan lainnya yang pastinya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *