Tips Mempromosikan Kursus Komputer di Bulan Ramadhan

Mempromosikan kursus komputer di bulan Ramadhan berbeda dengan cara mempromosikan kursus komputer pada bulan syawal. Pengelola lembaga kursus komputer harus bisa menyesuaikan cara-cara promosinya. Menyesuaikan dengan kebiasaan orang pada umumnya di bulan ramadhan. Contohnya, di bulan ramadhan kebanyakan orang mengurangi aktivitasnya, misalnya jam kerja pulang lebih siang, begitupun dengan kegiatan sekolah yang diisi dengan kegiatan ramadhan dan pulangnya juga lebih awal dibanding hari biasanya.

tips mempromosikan kursus komputer ramadhan

Nah hal-hal semacam itu perlu menjadi perhatian pengelola bisnis, pun dengan anda pengelola lembaga kursus komputer. Untuk mendapatkan peserta kursus baru, anda harus kreatif membuat kelas kursus khusus di bulan ramadhan, membuat even ramadhan yang bisa mendukung kegiatan promosi anda untuk mendapatkan peserta kelas kursus ramadhan anda.

Kelas Kursus Ramadhan

Kelas kursus ramadhan merupakan salah satu tips promosi kursus komputer di bulan ramadhan. Pengelola harus kumpul bersama tim manajemen lembaga untuk mencari ide-ide atau tagline kelas kursus versi ramadhan tersebut.

Kelas kursus di bulan ramadhan, biasanya dengan durasi pendek mengikuti kalender pendidikan sekolah. Kurang lebih ada 2 sampai 3 minggu yang bisa dijadikan durasi kelas kursus komputer versi ramadhan. Waktu 3 minggu tersebut bisa dibuat untuk kelas kursus komputer paket office, disain grafis, dan multimedia yang bisa selesai dengan 8 sampai 10 pertemuan.

Silahkan anda bersama pengelola / manajemen lembaga kursus komputer untuk menentukan paket kursus yang akan dibuka di bulan ramadhan.

Paket kursus yang cocok dibuka untuk kelas kursus ramadhan yaitu:

Paket kursus Microsoft Office Word

Paket kursus Microsoft Office Excel

Paket kursus Microsoft Office PowerPoint

Tiga paket kursus Microsoft Office tersebut cocok untuk kelas anak-anak dan umum. Tinggal bagaimana anda bersama pengelola mempromosikannya.

Paket kursus disain grafis Adobe Photosop

Paket kursus disain grafis Adobe Ilustrator

Paket kursus disain grafis Adobe Indesign

Paket kursus disain grafis Adobe Audio

Paket kursus disain grafis Corel Draw

Paket kursus disain grafis Auto CAD

Paket kursus disain grafis Sketchup

Paket kursus disain grafis juga menarik untuk dibuka kelas singkatnya di bulan ramadhan, dengan target peserta kelas usai remaja dan dewasa.

Paket kursus pengolah video Adobe Premiere

Paket kursus pengolah video Adobe After Effect

Paket kursus animasi Adobe Flash

Untuk paket kursus multimedia juga cocok untuk tingkat usia remaja dan dewasa.

Target Peserta Kursus Komputer di Bulan Ramadhan

Penting menentukan targeting peserta kursus untuk paket kursus ramadhan yang akan anda promosikan. Targeting tersebut meliputi beberapa hal yang harus diperhatkan, diantaranya:

1). Target Kelompok Usia

Anda harus mengelompokan usia calon peserta kursus pada kelas kursus komputer yang akan anda buka di bulan ramadhan. Kelompok usia tersebut terdiri dari;

Kelompok usia 9 – 12 tahun

Kelompok usia 13 – 15 tahun

Kelompok usia 16 – 18 tahun

Kelompok usia 19 – 22 tahun

Kelompok dewasa 22 – 35 tahun, dan seterusnya…

Perlu diingat, usai biasanya menentukan terhadap peminatan paket kursus yang akan anda tawarkan khusus di bulan ramadhan.

Misalnya, kelompok usia 9 – 12 tahun lebih tertari dengan mewarnai menggunakan komputer, atau belajar mengetik di Microsoft Word. Atau mungkin diantaranya ada yang tertarik dengan Games dan Animasi. Atau salah satu diatarnya mungkin juga tertarik dengan Video Editing. Maka untuk kelompok usia ini, anda paket kursus yang cocok ditawarkan adalah paket Painting, Office Word,  dan Animasi Sederhana.

Untuk kelompok usia 13 – 15 tahun biasanya lebih tertarik untuk belajar mengetik dengan baik, menggunakan rumus-rumus fungsi, dan membuat tampilan slide persentasi yang baik. Maka untuk kelompok usia ini, paket kursus komputer yang cocok ditawarkan adalah paket Office. Tapi banyak juga pada kelompok usia ini yang tertarik belajar membuat animasi, mengedit video untuk uploadi di sosial media dan youtube, dan tentu disai grafis untuk mempercantik tampilan picture yang akan mereka share di sosial media. Maka selain paket office, juga cocok anda promosikan ke kelompok usia ini adalah paket Video editing dan Disain Grafis.

Untuk kelompok usai 16 – 18 tahun umumnya mereka sudah mengerti komputer dan menguasai aplikasi standar seperti Word dan Excel, atau program Office, dan biasanya pada kelompok usia ini juga sudah mulai menekuni software tertentu sesuai dengan hobi kesehariannya, atau software yang mereka pelajari di sekolahnya. Paket yang cocok untuk kelompok usia ini yaitu paket kursus disain grafis, animasi, video editing dan software multimedia lainnya.

Lalu bagaimana dengan kelompok usia 19 – 22 tahun, dan kelompok usia 23 – 35 tahun? Untuk kelompok usia ini biasanya akan memilih paket kursus yang mendukung aktivitas mereka. Misalnya untuk meningkatkan kemampuannya di Excel, karena pekerjaannya input data di excel maka mereka akan memilih paket excel tentunya. Dan seterusnya…

2). Target Kelompok Aktivitas

Target kelompok ativitas itu apa sih? Tidak jauh berbeda ketika anda mengelompokan targeting berdasarkan kelompok usia, maka mengelompokan targeting berdasarkan kelompok aktivitas juga sama, yaitu mengelompokan target / orang berdasarkan aktivitas kesehariannya. Gunanya bagi pengelola kursus, yaitu untuk menentukan paket kursus komputer yang cocok berdasarkan aktivitas orang.

Kelompok ativitasi itu meliputi aktivitas apa saja?

Kelompok aktivitas Pelajar

Kelompok aktivitas Guru / Pengajar

Kelompok aktivitas Karyawan Kantoran

Kelompok aktivitas Mahasiswa

Kelompok aktivitas Pengusaha

Dan kelompok ativitas lainnya…

Misalnya untuk Kelompok aktivitas Pelajar, yang terdiri dari kelompok pelajar SD, SMP, SMK, SMA ini tentu masing-masing memiliki kebutuhan masing-masing terhadap paket kursus komputer yang akan mereka pilih di bulan ramadhan. Kelompok pelajar SD tentu lebih senang belajar Paint dan bisa dikategorikan pemula, sedangkan pelajar SMP dan SMA mungkin lebih senang belajar aplikasi perkantoran, untuk pelajar SMK lebih senang belajar aplikasi untuk mendukung pembelajaran kejuruannya di sekolah.

Begitupun dengan kelompok aktivitas mahasiswa dan karyawan, atau Guru misalnya. Mereka akan memilih paket kursus untuk mendukung aktivitas kerjanya, maka paket kursus yang dipilih tentu paket kursus pada aplikasi yang mereka gunakan di tempat kerja, pada kelompok ini lebih kepada peningkatan kompetensi dan profesionalitas.

Waktu Pembelajaran Kursus

Ingat, ini bulan ramadhan, penentuan waktu belajar juga harus menyesuaikan dengan kebiasaan orang pada umumnya di bulan ramadhan. Dan targeting menjadi pertimbangan penentuan kelas kursus yang akan dibuka di bulan ramadhan.

Kalau targetingnya kelompok usia 9 – 12 tahun, dan itu adalah kelompok pelajar SD, maka waktu pembelajaran kursus yang tepat adalah jam 11 – 12 siang, karena aktivitas kelompok ini biasanya di sekolah sampai jam 10an, atau tinggal menyesuaikan dengan aktivitas kelompok ini di lingkungan tempat kursus yang anda kelola.

Kalau targetingnya kelompok usia 13 – 15 tahun, kelompok usia 16 – 18 tahun dan mereka adalah kelompok pelajar SMP dan SMA/SMK, maka waktu pembelajaran kursus yang tepat adalah jam 13 – 15 sore. Karena umumnya untuk kelompok ini aktivitas di sekolahnya hanya sampai jam 11, atau 12 siang. Atatu tinggal menyesuaikan dengan jam epektif sekolah di lingkungan tempat lembaga kursus yang anda kelola.

Berbeda dengan kelompok usia 9 – 12 tahun, kelompok usia 13 – 15 tahun, atau kelompok 16 – 18 tahun yang aktivitasnya sebagai pelajar, kelompok usia diatas 18 tahun memiliki jam aktivitas yang varitatif. Maka penyesuaian jam pembelajaran kursus harus menyesuaikan dengan kesepakatan dengan calon peserta kursus masing-masing.

Untuk referensi menentukan waktu, baca artikel ini; menentukan program dan waktu kursus komputer

Tips Promosi Kursus Komputer Bulan Ramadhan

Dibagian ini kami akan membahas tips-tipsnya. Yaitu tips mempromosikan paket kursus komputer yang sudah anda buat dan sudah pula memikirkan targeting-targetingnya, sekarang tinggal bagaimana cara menyampaikan promosinya kepada targeting-targeting tadi.

Pada tahun 2004an saya pernah melihat paket kursus dengan tagline “ramadhan ceria”. Paket kursus ini berupa paket belajar aplikasi komputer tingkat dasar sekali, dengan targetting usia 9 – 12 tahun kelompok aktivitas siswa sekolah dasar. Waktu itu peserta kursusnya cukup ramai, karena pengelola mampu mempromosikannya dengan tepat.

Pelajaran baik yang saya copy dari paket kursus ramadhan ceria itu adalah, cara-cara kreatif pengelola kursus dalam mengemas paket kursus dan tentu cara mempromosikannya untuk targeting yang tepat di bulan ramadhan. Pelajaran baik ini juga saya pikir masih relevan jika anda menerapkannya untuk promosi lembaga kursus komputer yang anda kelola di bulan ramadhan ini. Yaitu dengan mengemas paket kursus dengan tema ramadhan, yaitu paket kursus ramadhan ceria untuk peserta tingkat SD.

Beberapa contoh tips mempromosikan paket kursus komputer dibulan ramadhan:

1). Membuat tema ramadhan

Kelas kursus “paket ramadhan ceria” untuk kelompok usia Sekolah Dasar

Kelas kursus komputer “paket ngabuburit” buat kelompok usia pelajar SMP SMA SMK

Kelas kursus komputer “paket hemat ramadhan” untuk kelompok dewasa

Dan tema lainnya yang berkaitan dengan ramadhan, dan dapat menarik perhatian orang untuk mendaptar sebagai peserta kursus komputer.

2). Buat diskon harga spesial

Sudah diskon, spesial pula. Artinya tema diskonnya bombastis. Ini tak lain untuk memancing perhatian orang agar mau mendaftar sebagai peserta kursus komputer. Jangan kalah sama departemen store atau swalayan yang berani memberikan diskon besar-besaran di bulan ramadhan. Lembaga kursus komputer pun harus berani, tidak masalah mendapatkan untung kecil yang penting tidak rugi, anggap saja beramal dibulan ramadhan yang pahalanya akan dihitung beribu kali lipat tentunya.

Misalnya, harga / biaya kursus komputer untuk paket kursus program Office diluar bulan ramadhan, 400.000. Di bulan ramadhan anda memangkasnya menjadi 250.000 dengan tema “paket hemat ramadhan”. Agar tidak rugi, anda bisa memangkas jumlah pertemuannya, jika normalnya 8 – 10 pertemuan, maka dalam paket hemat ramadhan anda cukup membuat durasi pertemuan 6 – 7 pertemuan saja dengan minimal peserta kursus tiap pertemuannya adalah 10 orang peserta.

3). Membuat media promosi masiv

Membuat media promosi secara masiv maksudnya, gunakan berbagai bentuk media untuk mempromosikan kelas kursus yang anda buka khusus di bulan ramadhan.

Media promosinya apa saja?

Gunakan media yang cepat menginformasikan promosi kelas kursus anda. Banner dan Poster, dua media promosi konvensional ini masih menjadi media yang cepat untuk memperkenalkan promosi anda. Anda bersama pengelola kursus bisa memasang banner dan poster di tempat-tempat umum yang strategis, yang penampakannya mudah dilihat oleh targetting anda.

Brosur, media ini juga masih cukup bagus untuk promosi. Buat saja brosur yang tidak harus anda cetak di percetakan, tapi cukup dengan Print sendiri, kemudian bagikan ka targetting.

Membuat iklan melalui media online, gunakan sosial media untuk mempromosikan kelas kursus anda. Instagram menjadi sosial media yang tepat untuk targetting kelompok usia remaja. Facebook masih cukup ampuh untuk targetting kelompok usia diatas 30 tahunan.

Datang langsung ke targetting, cara ini paling tepat untuk promosi dengan targetting kelompok usia SD dan SMP. Anda bersama tim, datang langsung ke sekolah-sekolah atau membangun kerjasama yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

Tips-tips promosi tadi merupakan bagian penting dalam mengoptimalkan bisnis kursus komputer, silahkan maksimalkan bersama tim pengelola lembaga kursus anda.

Penutup

Dari uraian yang cukup panjang mengenai tips-tips mempromosikan kursus komputer di bulan ramadhan, pada akhirnya penulis harus menyimpulkan bahwa yang paling penting adalah anda dan pengelola lembaga kursus harus lebih kreatif. Lebih kreatif dalam membuka kelas kursus yang sesuai dengan tema ramadhan, lebih kreatif dalam menentukan harga spesial di bulan ramadhan, lebih kreatif dalam hal mempromosikan kelas kursus yang sudah anda buatkan temanya sedemikian rupa dengan harga yang spesial tersebut. Kerjasama yang baik dengan seluruh pengelola, dan disertai kerja keras serta inovasi maksimal semua pengelola akan membantu promosi kelas kursus yang anda promosikan bisa menuai hasil yang sesuai dengan target, yaitu banyaknya targetting yang mendaftar sebagai peserta kursus komputer di lembaga anda. Semoga!


Dapatkan Modul Komputer Pilihan Dibawah ini:

Lihat produk-produk Modul Komputer kami Disini

BONUS:
Tiap paket modul yang anda beli sudah dilengkapi dengan BONUS-BONUS modul komputer menarik lainnya. Dan BONUS administrasi mengajar, administrasi kursus, template sertifikat, dan contoh proposal pendirian lembaga kursus komputer.

CARA PESAN MODUL:
Pesan / Order modul yang anda pesan melalui SMS/WA ke nomor: 0813 1951 3609
Contoh: "Order Modul TIK SD, Bapak Abdul, Jakarta"

ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP