Bagian Penting Dalam Mengoptimalkan Bisnis Kursus Komputer

Dalam mengelola bisnis kursus komputer diperlukan langkah yang tepat agar bisnis berjalan optimal. Ada banyak hal yang perlu dikelola dengan baik untuk memajukan lembaga kursus komputer, tapi untuk langkah awal pengelolaan lembaga kursus komputer agar berjalan optimal ada 4 bagian penting yang harus didahulukan. Apa saja bagian penting dalam mengoptimalkan bisnis kursus komputer tersebut?

Silakan baca artikel ini sampai tuntas untuk mendapatkan referensi pengelolaan bisnis komputer anda, agar bisnis kursus komputer yang anda kelola berjalan optimal. Salah satu indikator pengelolaan yang optimal adalah banyaknya orang yang mendaftar menjadi peserta kursus di lembaga anda.

Untuk mengoptimalkan bisnis kursus komputer, setidaknya ada 4 bagian penting yang harus didahulukan optimasi pengelolaanya.

Ruang Kursus Komputer

Ruangan merupakan bagian penting dalam pengelolaan bisnis kursus komputer. Ruangan yang bersih, dan nyaman akan membuat peserta kursus betah dalam belajar. Untuk membuat ruangan nyaman ada beberapa properti yang harus ada, seperti AC, atau minimal kipas angin untuk menyejukan ruangan, foto-foto kegiatan peserta kursus, atau poster yang mengedukasi cara mengguakan komputer.

Setiap pengelola punya cara sendiri agar ruangan tempat peserta kursus nyaman. Tergantung selera dan budget yang dimiliki. Semakin tinggi selera dan budgetnya ada maka semakin leluasa pula kita membuat ruangan senyaman mungkin.

Tapi point utama agar ruangan nyaman adalah, kebersiahan, sesederhana apapun ruangan jika bersih maka orang akan nyaman. Point yang kedua, sirkulasi udara, ruangan yang tidak terlalu besar dengan ventilasi terbatas membuat udara panas, maka untuk membuat udara sejuk harus ada AC atau minimal kipas angin.

Komputer Compatible dengan Paket Kursus

Komputer yang sesuai / compatible, akan mengurangi hambatan belajar. Misalnya, di lembaga kursus yang anda kelola membuka paket kursus mengedt Video dengan aplikasi yang digunakan produk Adobe, tentu agar proses pembelajaran berjalan optimal dibutuhkan spesifikasi komputer yang sesuai pula. Jangan sampai ketika peserta kursus lagi semangat-semangatnya belajar mengedit video, pada saat rendering komputer crash.

Sesuaikan spesifikasi komputer dengan paket kursus yang anda jual. Ini juga yang menjadi pertimbangan dalam membuka paket kursus, jika komputernya belum ada yang sesuai dengan kebutuhan paket kursus tertentu maka urungkan membuka paket kursus yang membutuhkan spesifikasi komputer tinggi tersebut.

Beberapa paket kursus yang membutuhkan spesifikasi komputer tinggi antara lain; paket kursus mengedit Video (Video Editing), Disain Grafis, membuat Game dan pemrograman tertentu.

Pengadaan perangkat komputer memang membutuhkan biaya yang cukup tinggi, tapi bagian ini pula yang menjadi bagian penting dari berjalannya kursus komputer yang anda kelola yaitu sebagai sarana utama belajar peserta kursus.

Untuk mensiasati agar budget yang dikeluarkan untuk sektor ini tidak terlalu besar dan tepat sasaran, beli komputer yang standar terlebih dahulu untuk paket kursus yang bisa berjalan dengan komputer standar tersebut. Kemudian jika anda kadung membuka paket yang membutuhkan komputer spesifikasi tinggi, beli satu atau dua saja untuk proses tertentu yang memang tidak bisa menggunakan komputer standar. Atau dengan mensiasati softwarenya, salah satunya dengan tidak menggunakan master tapi menggunakan software portable.

Materi dan Instruktur Kursus Komputer

Bagian penting lainnya dalam mengoptimalkan pengelolaan kursus komputer adalah materi kursus komputer. Lembaga kursus komputer harus siap dengan materi yang dijual dalam paket kursus komputer. Materi kursus komputer relasinya dengan instruktur / pengajar. Materi harus benar-benar dikuasai oleh instruktur agar penyampaian kepada peserta kursus mudah dipahami dan mencapai target kompetensi yang sudah ditetapkan pada silabus kursus.

Sebagai pengelola anda harus mampu memanajerial kebutuhan ini, kebutuhan materi kursus, dan kebutuhan instruktur / pengajar. Materi kursus bisa anda buatkan silabusnya dengan mengacu pada standar kompetensi kerja nasional (SKKNI). Sedangkan instruktur / pengajar anda bisa meng-hire orang lain yang mempunyai kemampuan sesuai materi kursus komputer yang anda jual. Jika lembaga kursusnya masih kecil, dan masih bisa ditangani sendiri, maka anda harus menyesuaikan kemampuan anda dengan paket kursus yang anda jual.

Adanya materi yang sesuai standar kompetensi kerja, dan ada orang yang bisa mengajarkan materi tersebut adalah hal mutlak yang tidak bisa ditawar. Jangan main-main dengan menyediakan instruktur seadanya, maksudnya, instruktur yang sebenarnya tidak menguasai materi tertentu tapi anda paksa untuk mengajarnya sambil mempelajarinya, ini akan menghambat tranfer ilmu kepada peserta kursus. Dan hal semacam ini sering kita lihat di lembaga-lembaga kursus, dan hasilnya bisa ditebak, peserta kursusus endingnya hanya mendapatkan selembar sertifikat dan pengalaman pernah belajar paket kursus tertentu tetapi kemampuannya masih jauh dari standar kerja yang dibutuhkan industri.

Modul Kursus Komputer

Selain ruang belajar yang nyaman, ketersediaan komputer yang compatible, dan adanya instruktur yang kompeten mengajarkan materi kursus yang sudah dibuat, satu lagi bagian penting dalam mengoptimalkan pengelolaan bisnis kursus komputer, yaitu bahan ajar berupa modul kursus komputer.

Modul ini menjadi panduan peserta kursus dalam belajar, dan menjadi bahan ajar bagi instruktur / pengajar. Ingat, berbeda dengan sekolah, di lembaga kursus siswa belajar aplikatif alias praktik langsung tanpa berlama-lama dengan pembelajaran teoritis sehingga bahan ajar yang cocok adalah berupa modul. Dengan menggunakan modul, siswa / peserta kursus tinggal mengikuti panduan secara bertahap dan berurutan.

Sedangkan hambatan-hambatan teknis selama proses praktikum, dapat diselesaikan dengan bimbingan instruktur / pengajar. Karenanya, modul kursus komputer menjadi salah satu bagian penting dalam pengelolaan bisnis kursus komputer. Kegiatan kursus tidak akan berjalan optimal, jika tidak ada modul. Dengan modul pula kompetensi peserta kursus dapat terukur, dengan begitu kualitas lulusan akan terjamin, dan hal ini menjadi nilai positif untuk kepentingan jangka panjang bisnis kurus komputer yang anda kelola. Semakin banyak lulusan berkualitas, maka semakin banyak pula penyerapannya dalam dunia kerja, dan biasanya setiap lulusan yang puas dengan kompetensi yang mereka dapat selama kursus dengan sukarela akan mempromosikan lembaga kursus almamaternya.


Dapatkan Modul Komputer Pilihan Dibawah ini:

Lihat produk-produk Modul Komputer kami Disini

BONUS:
Tiap paket modul yang anda beli sudah dilengkapi dengan BONUS-BONUS modul komputer menarik lainnya. Dan BONUS administrasi mengajar, administrasi kursus, template sertifikat, dan contoh proposal pendirian lembaga kursus komputer.

CARA PESAN MODUL:
Pesan / Order modul yang anda pesan melalui SMS/WA ke nomor: 0813 1951 3609
Contoh: "Order Modul TIK SD, Bapak Abdul, Jakarta"

ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP