Tips dan Trik Mengetik Cepat di Microsoft Word

Tips dan Trik Mengetik Cepat di Microsoft Word ini diperlukan pada saat kita mengerjakan pekerjaan menulis yang harus selesai pada waktu tertentu, atau biasa disebut deadline. Tidak semua user / pengguna aplikasi Microsoft Word mengetahui, bahwa ada cara tertentu yang dapat memudahkan pekerjaan pengetikan menjadi lebih cepat. Cara tertentu tersebut biasanya hanya diketahui oleh mereka yang sudah berpengalaman dibidang pengetikan. Keterampilan mengetik cepat sangat dibutuhkan untuk anda yang berprofesi sebagai penulis, atau profesi lainnya yang berhubungan dengan pekerjaan pembuatan dokumen di Microsoft Word.

Berikut beberapa tips dan trik yang biasa dan bisa anda coba untuk membantu pekerjaan mengetik menggunakan aplikasi Microsoft Word menjadi lebih cepat.

Mengatifkan Auto Correct

Dalam aplikasi Microsoft Word terdapat tools Auto Correct. Fungsi dari tools ini adalah untuk memperbaiki kesalahaan ejaan pada saat kita mengetik secara otomatis. Misalnya ketika kita mengetik kata TEH, maka biasanya kata tersebut akan berubah menjadi THE. Nah agar perubahan kata tersebut tidak berulang maka kita bisa menggunakan tools auto correct.

Tapi tools auto correct ini bisa kita manfaatkan, selain untuk memperbaiki kesalahaan ejaan tadi, bisa pula digunakan untuk mempercepat proses mengetik kata yang sering muncul pada tulisan yang sedang kita ketik.

Misalnya kita pada teks yang kita tulis sering menulis kata Jakarta, maka kita bisa mengaktifkan autocorrect penggalan huru Ja menjadi Jakarta. Jadi ketika kita baru mengetik dua huruf Ja, maka otomatis muncul kata Jakarta.

Cara mengaktifkan Auto Correct di Microsoft Word

1). Pilih Button Home (untuk versi Word 2007, versi lain menyesuaikan)
2). Pilih Word Option

cara mengaktipkan autocorrect

3). Pilih Prooping
4). Pilih Auto Correct
5). Pilih Auto Correct Option
6). Ketikan penggalan kata pada Replace, misalnya Ja. Dan ketikan Jakarta pada With. Ini nantinya apabila user mengetik kata Ja, maka secara otomatis akan muncul teks Jakarta.
7). Klik Add, untuk menambah asosiasi kata autocorrect lainya
8). Klik Ok, klik Ok lagi.

cara mengaktifkan auto correct untuk mengetik cepat

Sekarang silahkan di tes pada jendela kerja Microsoft Word dengan mengetikan penggalan kata Ja kemudian spasi, maka secara otomatis akan muncul kata Jakarta.

Nah autocorrect ini sangat membantu sekali ketika dalam pengetikan sering mengetik kata yang sama berulang kali, jadi pada saat akan mengetika jika ada kata yang sama silahkan dibuatkan autocorrectnya terlebih dahulu.

Menempatkan Media Yang Diketik Dengan Tepat

Maksudnya ketika anda mengetik dari teks yang sudah disiapkan, sebaiknya menempatkannya di posisi yang tepat.

Mislanya jika medi teks berupa buku, sebaiknya ditempatkan ditempat yang mudah anda lihat pada waktu mengetik. Bisa disebelahkanan dekstop, atau jugadisebelah kiri dekstop. Untuk memposisikan media teks mudah dilihat, biasanya dibuatkan tempatnya, sehingga pada saat mengetik mudah dilihat.

Untuk yang sudah mampu mengetik tanpa melihat touc keyboard, biasanya hanya dengan melihat media teks tanpa melihat lagi ke dekstop komputer, karena dia sudah terbiasa dan mampu menempatkan jarinya pada abjad keyboar dengan tepat.

Sebenarnya menempatkan media teks yang akan diketik tidak selalu diposisi kanan atau kiri sebelah dekstop, ada juga yang menempatkannya diatas pangkuan atau didekat keyboard yang penting mudah dilihat dan tidak mengganggu. Tapi ditempat kerja yang memerlukan konstentrasi pengetikan, pembuatan media untuk menempatkan media teks yang akan diketik sangat diperlukan.

Mengasah Kemampuan Mengetik 10 Jari

Selain dua tips tadi, yang lebih penting sebenarnya adalah kemampuan mengetiknya. Semakin baik kemampuan mengetik dengan indikator hapal betul setiap tombol yang ada pada keyboard tanpa harus melihatnya, maka akan semakin cepat pula ketika mengetik.

Kemampuan mengetik cepat ini sering disebut kemampuan mengetik 10 jari, artinya mampu mengetik dengan menggunakan kesepuluh jari tangannya. Untuk mampu mengetik 10 jari ini diperlukan latihan dan jam terbang, artinya seberapa melakukan pekerjaan mengetik / sering mengetik.

Semakin sering mengetik, maka akan semakin terampil pula menggunakan 10 jari dalam menekan touch abjad keyboard tanpa harus melihatnya.

Disamping jam terbang, juga diperlukan teori untuk belajar mengetik cepat 10 jari ini. Di web ini sudah pernah dibahas tentang teori mengetik cepat ini, pada topik khusus panduan cara mengetik 10 jari, silahkan kunjungi tulisan tersebut apabila ingin mengetahui bagaiamana cara mengetik 10 jari.

Menguasai Aplikasi Word Processor

Sekalipun anda mampu mengetik 10 jari, tapai apabila anda tidak menguasai dengan profesional aplikasi yang digunakan untuk pengetikan tersebut, tetap saja anda akan terhambat. Untuk itu kuasai dengan profesional aplikasi wordprocessor untuk pengetikan seperti Microsoft Word jika anda menggunakan sistem operasi windows.

Ingat, pada saat anda mengetik, tidak cuma mengerjakan pekerjaan menyusun huruf menjadi kata, kalimat dan kemudian menjadi sebuah paragraf. Tapi anda juga kadang harus menyertakan ilustrasi untuk memperkuat data atau fakta dari teks yang sedang anda ketik.

Ilustrasi tersebut bisa berupa gambar, foto, atau grafik. Atau bisa juga bentuk vektor lainnya untuk menggambarkan sebuah tabel, diagram dan flowchart. Dan untuk menyisipkan ilustrasi-ilustrasi tersebut tentu anda harus paham tools / icon bar pada program aplikasi wordprocessor yang anda gunakan.

Jika anda belum menguasai secara profesional aplikasi Microsoft Word, silahkan mempelajarinya secara mandiri dengan menggunakan modul komputer microsoft word. Jika belummemiliki modul belajar komputer microsoft word yang dibuat khusus untuk belajar mandiri dan kursus tersebut, silahkan kunjungi halaman toko website kami.

Demikian tips dan trik cara mengetik cepat di Microsoft Word ini, semoga saja dapat membantu, terutama buat para pembaca yang sedang belajar meningkatkan kemampuan penguasaan aplikasi Microsoft Word dan kemampuan mengetik cepatnya. Terimakasih, selamat belajar lebih giat lagi!

Modul Komputer laris yang paling banyak di beli:

  • Modul Kursus Komputer Paket Office (Word & Excel) Rp. 270.000;
  • Modul Paket Office Lengkap Word, Excel, PPoint, Access Rp. 375.000;
  • Modul TIK/Mulok Komputer Kelas 1,2,3,4,5,6 SD Rp.225.000;
BONUS:
Tiap paket modul yang anda beli sudah dilengkapi dengan BONUS-BONUS modul komputer menarik lainnya. Dan BONUS administrasi mengajar, administrasi kursus, template sertifikat, dan contoh proposal pendirian lembaga kursus komputer.

CARA PESAN MODUL:
Pesan / Order modul yang anda pesan melalui SMS/WA ke nomor: 0813 1951 3609
Contoh: "Order Modul TIK SD, Bapak Abdul, Jakarta"

ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP