Tips Mencetak Dokumen / Ngeprint di Microsoft Excel

Tips Mencetak Dokumen / Ngeprint di Microsoft Excel ini sudah pernah ditampilkan pada tulisan panduan cara mencetak dokumen di microsoft excel, tapi untuk mengingatkan kembali bagaimana cara mencetak dokumen di Microsoft Excel tersebut yang memang tidak semudah mencetak dokumen di Microsoft Word, maka tidak ada salahnya kalau kami tampilkan kembali tips dan triknya pada artikel kali ini.

Ada beberapa kendala bagi yang belum mahir menggunakan aplikasi Microsoft Excel ini pada saat akan mencetak dokumen spreadsheet yang sudah dibuat. Beberapa kendala yang sering ditemukan dan ini kadang menguras energi, antara lain:

Dokumen di Microsoft Excel terpotong pada saat di print

Kesulitan mengatur margin pada saat mencetak dokumen Excel

Halaman terpotong dan besar pada saat mencetak dokumen excel

Dan beberapa kendala lainnya yang memang perlu tips khusus untuk mengatasinya. Dan tips-tips tersebut hanya bisa diperoleh dari pengalaman, atau seberapa sering menggunakan aplikasi Excel tersebut.

Cara Mencetak Dokumen di Microsoft Excel

Langkah-langkah mencetak dokumen di Microsoft Excel:

1). Buka dokumen Excel yang akan dicetak
2). Blok pada area yang akan dicetak. Misalnya seperti tampilan dibawah ini;

cara mencetak dokumen di microsoft excel

3). Kemudian, klik Page Layout untuk menentukan posisi hasil cetak pada kertas apakah landscape (horizontal) atau Potrait ( vertikal / berdiri ). Untuk latihan kali ini, pilih Landscape.

cara ngeprint di microsoft excel 2007 2010 2013 2016

4). Jangan lupa pilih ukuran kertas yang digunakan. Untuk latihan kali ini, kita pilih ukuran kertas Legal.

tips ngeprint di microsoft excel

5). Kemudian, masih pada Page Layout klik Print Area, pilih Set Print Area. Nantinya area yang akan di cetak akan terseleksi, tandanya ada garis putus-putus mengelilingi area yang akan di cetak tersebut.

tips mencetak dokumen di microsoft excel

6). Sebelum menekan tombol Print, sebaiknya lihat dulu Previewnya, dengan cara klik icon Preview, atau klik Ribbon Home, klik Print, pilih Print Preview. Pada saat preview ini kita bisa melakukan perubahan pada margin, dengan cara klik Show Margin. Ingat, preview dan hasil sebenarnya di Microsoft Excel kadang tidak sama. Untuk margin, kami sarankan margin kanan ukurannya lebih besar dibanding margin kiri, jika tidak maka biasanya kertas akan terpotong.

cara ngeprin excel agar tidak terpotong

7). Sampai langkah ini anda sudah bisa mencetak dokumen dengan cara klik icon Print. Tapi sebaiknya lihat dulu setingan properties printer anda apakah ukuran kertasnya sudah sesuai. Jangan sampai kertas dokumen yang akan kita cetak ukurannya Legal, tapi pada default properties printer ukuran kertasnya Letters. Hal ini bisa menyebabkan dokumen terpotong. Karenanya sesuaikan ukuran kertas pada properties printer dengan ukuran kertas dokumen yang akan dicetak.

Bagi yang belum tahu cara merubah ukuran kertas pada Properties Printer pada saat akan mencetak dokumen di Microsoft Excel, silahkan melihatnya pada panduan cara mencetak dokumen di Microsoft Excel ini.

Agar Dokumen Tidak Terpotong Pada Saat Ngeprint

Agar dokumen tidak terpotong pada saat ngeprint, ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi permasalahan ini. Diantaranya;

Merubah Ukuran Kertas Printer

Solusi yang pertama, melakukan perubahan setingan kertas pada default Printer anda. Sesuaikan dengan ukuran kertas dari dokumen yang akan anda cetak di Microsoft Excel, caranya:

1). Klik ribbon Home
2). Pilih Print
3). Pilih merk Printer yang digunakan
4). Pilih Properties
5). Pilih Printing Shortcuts
6). Pilih Paper size, pada langkah ini silahkan pilih ukuran kertas yang sesuai

Adapun cara melakukan perubahan default ukuran kertas pada printer, biasanya ada pada bagian properties setingan printer.  Sebagai contoh, pada seri printer HP Deskjet F2200 series anda bisa melakukan perubahan pada menu Printing Shorcuts – Paper sizes.

agar hasil print tidak terpotong

Untuk seri Printer lainnya silahkan anda menyesuaikannya sendiri.

7). Terakhir, klik Ok.

Urutan diatas mungkin tidak akan sama, tergantung jenis printer yang digunakan.

Mengurangi Angka Persen Pada Scale to Fit

Solusi kedua, selain merubah default ukuran kertas pada printer, anda juga bisa menggunakan cara lain agar hasil print dokumen excel anda tidak terpotong. Yaitu menggunakan fasilitas Scale to Fit.

cara agar ngeprin di excel tidak terpotong

Cara menggunakan menu Scale to Fit, sangat mudah, tinggal merubah angka 100% ke anga yang lebih kecil atau lebih besar. Misalnya, jika dokumen yang dicetak dengan Scale 100% ternyata terpotong, maka perkecil ukurannya menjadi 75% atau rubah ke angka lain sampai dokumen tercetak sempurna.

Untuk contoh penggunaan alternatif menu Scale to Fit, perhatikan ilustrasi dibaah ini.

1). Contoh dokumen dengan scale 100%.

agar ngeprin excel tidak kepotong

2). Setelah di Preview ternyata terpotong. Ada empat kolom yang tidak akan tercetak.

scale to fit di microsoft excel

3). Kemudian, dirubah Scale menjadi 75%. Dan setelah di Preview tidak terpotong.

mengatasi ngeprin excel yang terpotong

Lihat hasil previewnya, empat kolom yang sebelumnya dengan scale 100% tidak ada, kini sudah tampil. Dan jika dicetak maka tidak akan ada lagi kolom yang terpotong.

mengatasi ngeprin di excel yang terpotong dengan scale to fit

Demikian dua tips yang bisa anda gunakan apabila pada saat mencetak / ngeprin dokumen Microsoft Excel ada bagian yang tidak tercetak / terpotong.

Cara yang pertama dengan merubah ukuran default kertas pada properties Printer. Dan cara yang kedua dengan merubah skala pada menu Scale to Fit.

Mudah bukan?

Demikian tips dan trik mencetak /ngeprint dokumen Microsoft Excel ini, semoga bermanfaat dan dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi yang sebelumnya belum tahu beberapa tips yang sudah dijelaskan tadi. Jangan lupa untuk membagikan info ini kalau dirasa bermanfaat.


Dapatkan Modul Komputer Pilihan Dibawah ini:

Lihat produk-produk Modul Komputer kami Disini

BONUS:
Tiap paket modul yang anda beli sudah dilengkapi dengan BONUS-BONUS modul komputer menarik lainnya. Dan BONUS administrasi mengajar, administrasi kursus, template sertifikat, dan contoh proposal pendirian lembaga kursus komputer.

CARA PESAN MODUL:
Pesan / Order modul yang anda pesan melalui SMS/WA ke nomor: 0813 1951 3609
Contoh: "Order Modul TIK SD, Bapak Abdul, Jakarta"

ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP