Bagaimana Cara Mengenalkan IT Kepada Anak SD?

Bagaimana Cara Mengenalkan IT Kepada Anak SD? Kira-kira seperti itu pertanyaan yang pernah admin web modul komputer lihat melalui laporan site trafik web ini. Pertanyaan semacam itu biasanya keluar dari guru yang baru pertama kali mengajar mata pelajaran komputer di satuan pendidikan sekolah dasar. Atau bisa juga keluar dari pari orang tua siswa yang peduli dengan perkembangan teknologi dan ingin mengenalkannya kepada anaknya.

bagaimana cara mengenalkan it komputer kepada anak anak anak sd

Teknologi informasi saat ini memang berkembang pesat, kehadirannya begitu masif, nyaris disemua sektor ada. Bukan cuma di kantor, bukan cuma di pusat pemerintahan, bukan cuma di kampus atau lembaga pendidikan, tapi disemua tempat ada. Karenanya wajar kalau para orang tua banyak yang bingung ketika anak-anaknya mulai akrab dengan perangkat teknologi informasi tersebut, maka munculah keingintahuan bagaimana cara mengenalkan IT yang baik kepada anak-anaknya. Agar anak-anaknya bisa mengikuti perkembangan IT, tetapi tidak salah menggunakannya.

Begitupun dengan guru di sekolah dasar, terutama guru yang mengajar mata pelajaran yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi, yaitu guru mata pelajaran komputer. Mereka dituntut bukan cuma harus mengajarkan cara menggunakan perangkat dan aplikasi komputer tapi juga dituntut untuk memberikan pemahaman, atitude, dan etika-etika dalam pemanfaatan perangkat dan aplikasi yang benar sesuai fungsinya kepada anak didiknya.

Seperti banyak para pengamat IT mengatakan bahwa IT itu ibarat pisau, jika benar menggunakannya maka IT itu besar sekali manfaatnya, tetapi jika salah menggunaknnya maka banyak pula mudhoratnya.

Lalu bagaimanakah cara mengenalkan IT kepada anak-anak, terutama anak usia SD?

Point penting yang perlu diingat para orang dewasa terhadap anak-anak disekitarnya adalah, bahwa anak-anak itu adalah mahluk yang paling gampang mengingat apa yang dilihatnya.

Ketika disekelilingnya, orang-orang dewasa, entah itu orang tuanya atau siapapun itu yang mereka lihat sering menggunakan perangkat IT, handphone misalnya, maka anak-anak kita akan mudah sekali mengikuti kebiasaan para orang dewasa tersebut.

Contoh kasus adalah anak admin yang baru berusia satu tahun lebih dua bulan, karena setiap hari sering melihat ibunya menggunakan ponsel, maka ketika melihat ponsel yang tergeletak segera ia meniru apa yang dilakukan ibunya memencet toucscreen sampai bisa menyalakan ponsel tersebut. Hal buruknya adalah ia selalu ingin melihat video, padahal keseringan melihat ponsel berdampak pada kesehatan alat indera dan perkembangan otaknya.

Melihat contoh kasus tersebut, maka baik guru maupun para orangtua harus paham cara mengenalkan perangkat IT kepada anak-anak.

Paham dengan manfaat dan mudorat perangkat teknologi yang akan dikenalkan

Mengenalkan teknologi sejak dini tidak ada salahnya, tapi mengetahui terlebih dahulu manfaat yang akan didapat serta hal buruk yang bisa saja terjadi dari perangkat teknologi yang akan dikenalkan kepada anak merupakan point penting yang harus dipahami para orang tua dan guru.

Misalnya ketika hendak mengenalkan perangkat komputer kepada anak-anak, maka sebaiknya personal yang akan mengenalkan perangkat komputer tersebut harus memahami beberapa hal ini:

  • Dengan menggunakan komputer anak-anak bisa menjadi lebih senang dalam belajar, karena ada aplikasi komputer yang bermanfaat untuk menunjang pembelajaran. Atau minimal anak-anak bisa belajar mewarnai menggunakan aplikasi Paint, mereka akan senang membuat bentuk-bentuk dan warna yang menarik secara digital.
  • Dengan menggunakan komputer juga anak-anak bisa melihat video, mendengarkan musik, dan menggunakan berbagai jenis permainan menarik lainnya yang dapat membuat anak terhibur.
  • Dengan menggunakan komputer yang terhubung dengan internet anak-anak bisa menemukan hal-hal menarik seperti gambar-gambar kartun, video di youtube dan lain sebagainya. Anak-anak juga bisa mendownload berbagai aplikasi dan permainan gratis melalui playstore.

Secara umum komputer bagi anak-anak tak lebih dari perangkat hiburan, mereka akan bereksplorasi dengan berbagai perangkat lunak yang mereka anggap menarik.

Karena anak-anak menganggap komputer sepertihalnya perangkat hiburan lainnya, maka hal-hal negatif dekat dengan mereka pada saat menggunakan komputer tersebut.

  • Lupa waktu karena keasyikan mengoperasikan berbagai aplikasi komputer yang mereka anggap menarik seperti games, dan lainnya. Karena lupa waktu itulah anak-anak yang berlama-lama duduk mengoperasikan komputer cenderung menjadi pasif, malas bicara, dan tidak mau untuk bergaul. Ini berbahaya jika dibiarkan, anak akan menjadi pribadi yang individualis dan egois, seolah-olah mereka tak butuh orang lain dan asyik dengan dunianya sendiri.
  • Sering bermain Games juga berdampak tidak baik terhadap dunia anak-anak yang seharusnya berlari, loncat, dan melakukan aktivitas anak-anak lainnya. Belum lagi jika games yang dimainkan mengandung unsur kekerasan, dan hal-hal tidak baik lainnya.
  • Begitupun ketika membiarkan anak mengakses internet tanpa pendampingan. Ini sangat berbahaya, karena maraknya konten yang tidak mendidik bisa saja anak-anak temukan secara tidak sengaja pada saat melakukan pencarian.

Jika sudah paham hal baik dan hal buruk bagi anak-anak ketika hendak dikenalkan dengan perangkat komputer, maka ketika akan mengenalkan perangkat komputer tersebut para orang tua dan guru akan lebih berhati-hati tentunya.

Mengajarkan Aplikasi Komputer Pada Anak Usia SD

Dibeberapa sekolah dasar swasta sudah banyak yang membuka program pembelajaran komputer, mata pelajaran tersebut biasanya masuk dalam kategori mulok pada struktur kurikulum.

Ada yang memulainya dari kelas tiga, ada yang memulainya dari kelas empat. Tapi ada juga sekolah dasar swasta yang sudah mengajarkan siswanya aplikasi komputer mulai dari kelas satu SD.

Adapun materi pelajaran komputer untuk sekolah dasar, biasanya dimulai dari materi mewarnai dan membuat objek-objek sederhana menggunakan aplikasi Paint, terus naik ke materi yang lebih tinggi sesuai dengan tingkatan kelas. Penyusunan materi biasanya dibuat sendiri oleh guru mapelnya, dengan mempertimbangkan habit sekolah. Kalau sekolah tersebut sekolah berbasis agama, biasanya materi disesuikan dengan materi keagmaan disekolah tersebut.

Jadi, sekalipun mengajarkan komputer, tetap saja materi yang dikerjakan siswa adalah materi dari habbit sekolah, ada keselarasan antara penguatan iptek dengan imtak.

Nah buat para orang tua yang ingin mengajarkan aplikasi komputer pada anak-anaknya yang masih usia SD, sementara di tempat anaknya sekolah belum ada pembelajaran komputer, para orang tua bisa mengadopsi materi pembelajaran komputer di sekolah dasar yang sudah menyelenggarakan pelajaran komputer tersebut.

Tapi ingat, harus ada keselarasan antara teknologi dengan dunia anak, dan ada keselarasan pula dengan nilai-nilai moralitas dan nilai-nilai keagamaan. Jadi aplikasi yang dipelajari anak jadikan sebagai media belajar, sementara materi nya tetap mengakomodir kebutuhan pendidikan anak sesuai umurnya.

Materi Pelajaran Komputer Untuk Anak SD?

Diamana para orang tua bisa mendapatkan materi pelajaran komputer yang sesuai dengan materi yang diajarkan di sekolah dasar?

Para orang tua bisa mendapatkan materi-materi tersebut di halaman toko web kami. Kami sudah membuatkan materi pelajaran komputer untuk anak SD lengkap dari kelas 1 sampai dengan kelas 6.

Kami membuatkan materi pelajaran komputer untuk anak SD tersebut dalam bentuk modul.

Untuk materinya sendiri, bapak/ibu bisa melihatnya pada resensi modul yang sudah kami tampilkan pada main menu web ini. Silahkan dilihat sesuai judul modul, ada modul tik kelas 1 SD, modul tik kelas 2 SD, modul tik kelas 3 SD, sampai dengan modul tik kelas 6 SD.

Atau melalui tautan ini; 6 Paket modul panduan belajar komputer untuk anak SD

Demikian artikel tentang cara mengenalkan teknologi komputer kepada anak usia SD ini, semoga bermanfaat, terutama untuk para orang tua yang sedang butuh panduan agar putra putrinya bisa mengenal IT dan mempelajarinya. Dan oleh-olehnya dari kami yaitu berupa panduan belajar komputer untuk anak SD, silahkan lakukan pemesanan sekarang juga…


Dapatkan Modul Komputer Pilihan Dibawah ini:

Lihat produk-produk Modul Komputer kami Disini

BONUS:
Tiap paket modul yang anda beli sudah dilengkapi dengan BONUS-BONUS modul komputer menarik lainnya. Dan BONUS administrasi mengajar, administrasi kursus, template sertifikat, dan contoh proposal pendirian lembaga kursus komputer.

CARA PESAN MODUL:
Pesan / Order modul yang anda pesan melalui SMS/WA ke nomor: 0813 1951 3609
Contoh: "Order Modul TIK SD, Bapak Abdul, Jakarta"

ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP