Modul Microsoft Paint untuk Anak SD Membuat Disain Foster Sederhana Kata-Kata Bijak

Modul Microsoft Paint untuk Anak SD Membuat Disain Foster Sederhana Kata-Kata Bijak–Satu lagi materi belajar komputer untuk anak-anak usia sekolah dasar yang bisa dipraktikan, baik di Sekolah maupun di rumah, atau mungkin di lembaga kursus dan bimbingan belajar khusus untuk anak usia SD. Masih menggunakan aplikasi disain sederhana Microsoft Paint untuk melatih syaraf motorik anak dengan mengasah kreatifitasnya melalui pewarnaan dan disain layout karakter.

Untuk latihan kali ini dalam paket modul belajar komputer untuk anak usia SD, dan materi ini cocok dipraktikan bersama anak-anak usia SD kelas 3 (tiga), kelas diatasnya juga tidak masalah tetapi materi seperti ini cocoknya dengan anak kelas tigaan.

Materi belajar komputer kali ini yaitu membuat disain foster sederhana. Isi dari foster tersebut adalah kata-kata bijak yang dapat memotivasi semangat belajar anak-anak.

Untuk praktik disain sederhana ini perlu menyiapkan beberapa kebutuhan belajar lainnya selain perangkat komputer dan printer (jika hasilnya mau langsung dicetak), yaitu:

  1. Stok gambar / image, yaitu gambar-gambar yang akan dijadikan background atau accesories foster. Stok image tersebut bisa diperoleh dari internet.
  2. Stok kata-kata bijaknya. Silahkan browsing di internet kata-kata bijak yang tepat sesuai tema belajar kali ini yaitu kata-kata bijak yang dapat memotivasi semangat belajar anak-anak.

Nah dua bahan belajar tersebut yang mencarinya ya pendamping belajarnya, kalau di sekolah bapak/ibu Gurunya, kalau di rumah ya orang tuanya, dan kalau di lembaga kursus atau bimbel tentu ini tugas intstrukturnya. Bukan anak ya yang mencarinya di internet, kecuali dalam skema belajarnya anak sudah diajarkan cara browsing di internet.

Baca juga materi sebelumnya:

Tetapi secara umum materi Paint adalah materi basic belajar komputer dimana anak yang belajar tentu belum jauh sampai ke jelajah mesin pencari.

#Step 1. Membuat latar background foster di Microsoft Paint

Untuk latar / background yang pertama buat yang sederhana saja yang sudah tersedia tools dan menunya di Paint, tinggal berkreasi saja, contohnya seperti dibawah ini.

membuat foster dengan Paint modulkomputer SD

Menu yang digunakan pada visualisasi Layout bingkai untuk background foster diatas, yaitu menggunakan menu Shapes dengan objek yang dipilih adalah Shapes – Rectangle alias yang bentuknya KOTAK, pada visualsiasi gambar admin beri warna tandai dengan recngtale merah.

Berikutnya silahkan diwarnai layout tersebut dengan warna yang sesuai, kalau anak-anak sesuai anak sekolah dasar biasanya sangat senang dengan warna-warna kontras, cerah, seperti kuning, merah, biru.

membuat background foster dengan Paint modulkomputer SD

Nah jadinya seperti visualisasi diatas, itu contoh sederhana saja, silahkan buat yang lebih menarik lagi baik dari disain maupun pewarnaanya.

Kalau yang diatas backgrounnya dibuat dengan tools dan menu yang sudah tersedia di Microsoft Paint. Sekarang coba membuatnya dengan tampilan background menggunakan stok gambar latar hasil browsing di internet.

background foster,background untuk foster, background untuk latihan membuat foster

Pilih beberapa gambar latar yang dianggap menarik, kumpulkan dalam satu folder, kasih nama saja folder tersebut stok image.

Contoh disian backgroun foster dengan gambar hasil pencarian, seperti dibawah ini

background foster,background untuk foster, background untuk latihan membuat foster sekolah dasar

Silahkan buat disain background yang lebih menarik dengan pemilihan gambar yang menarik pula. Gunakan kata kunci pencarian backgroun foster yang lebih variatif, misalnya backgroun foster for chlidren, backgroun foster education, dan lain sebagainya agar hasil temuan gambar latar lebih sesuai dengan topik dan anak-anak.

#Step 2. Membuat kata-kata bijak pada background foster

Langkah selanjutnya, jika seluruh siswa sudah membuat disain latar foster, langsung saja pada penulisan kata-kata bijaknya. Dalam hal ini berarti tugas pembimbing, guru, instruktur atau para orangtua yaitu membimbing anak-anak untuk menempatkan teks diatas latar foster yang sudah dibuat.

Ingat, biar tidak terlalu lama mikir, stok teks harus sudah tersedia. Proses menyediakan stok teks juga sama persis seperti melakukan pencarian gambar untuk latar, gunakan kata kunci yang spesifik untuk menemukan kalimat yang sesuai dengan topik, misalnya seperti ini “kata-kata bijak untuk foster pendidikan” atau “kata-kata bijak edukasi” dan varian kata kunci yang sesuai dengan topik foster.

Dari admin menyarankan kata-kata bijak pendidikan untuk siswa seperti dibawah ini;

“Aku malu jika mendapat nilai tinggi tapi hasil mencontek”

“Aku malu kalau datang ke sekolah selalu terlambat”

“Aku akan patuh dan taat terhadap perintah Guruku”

“Ilmu tidak akan datang sendiri, ilmu akan datang jika kita tekun belajar”

“ilmu tidak akan datang kepada orang yang bermalas-malasan”

“Sekarang malas belajar, besok atau lusa siap-siap menjadi orang yang bodoh”

Silahkan bapak ibu guru, atau para instruktur dan orang tua siswa membuat kata-kata bijak / kata-kata yang dapat memotivasi siswa / anak-anaknya.

Sebenarnya yang lebih bagus adalah dengan mengajak siswa untuk membuat katak-kata bijak sendiri, agar siswa berpikir logis dan lebih kreatif, atau jika di sekolahan silahkan bekerjasama dengan guru bahasa indonesia untuk mengarahkan anak-anak membuat kata-kata bijak sendiri.

menu paint untuk membuat foster

Pada visualisasi diatas ada yang dilingkari, yaitu huruf A, itu merupakan tools yang akan digunakan untuk membuat teks di Microsoft Paint. Langsung saja, parktik ya…

menyisipkan teks di microsoft paint

Silahkan arahkan siswa untuk memilih jenis huruf dan ukuran yang mereka sukai, dan yang sesuai dengan latar foster.

Nah dibawah ini contoh foster yang sudah jadi.

contoh foster motivasi pendidikan yang dibuat dengan paint

contoh foster motivasi pendidikan yang dibuat dengan paint untuk anak sd

Bagaimana mudah bukan membuat foster sederhana dengan menggunakan aplikasi Microsoft Paint? Contoh-contoh yang disajikan kali ini masih terbilang sangat sederhana, silahkan membuat contoh foster yang lebih menarik dengan kreatifitas masing-masing. Bapak ibu Guru, instruktur, dan orang tua siswa yang mendampingi anak-anak belajar komputer tentunya harus lebih kreatif lagi dalam menciptakan bahan belajar anak-anaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *