Modul Microsoft Paint Untuk Anak SD Membuat Disain Rumah

Modul Microsoft Paint Untuk Anak SD Membuat Disain Rumah–Materi modul komputer berikutnya untuk belajar anak-anak usia sekolah dasar, terutama yang umuran kelas 3 SD, kali ini materi yang bisa dicoba untuk diberikan kepada mereka adalah membuat disain rumah lengkap dengan view mirip-mirip maket. Aplikasi yang digunakannya tetep masih menggunakan aplikasi pengolah gambar sederhana default OS Windows yaitu Microsoft Paint.

Ini tantangan buat guru, instruktur, para orang tua siswa dan pembimbing anak-anak belajar komputer sebenarnya. Sebab kalau mendisain rumah menggunakan Paint itu tidak mudah, akan lebih mudah jika menggunakan aplikasi sesungguhnya untuk keperluan ini semacam Google Sketchup dan lainnya. Tapi bukan berarti dengan Paint tidak bisa, bisa juga, banyak kok yang berhasil mendisain bentuk rumah dengan aplikasi ini, sekalipun hasil akhirnya masih sangat sederhana.

Baiklah, kita akan melihat salah satu contoh proses pembuatan disain rumah menggunakan aplikasi pengolah gambar sederhana Microsoft Paint untuk bahan belajar komputer anak-anak usia sekolah dasar, khususnya anak-anak kelas III SD.

Jangan lupa baca Latihan sebelumnya belajar membuat Foster di Microsoft Paint

#Step 1. Membuat Layout Rumah dengan Microsoft Paint

Untuk langkah pertama buat terlebih dahulu layoutnya. Menu yang digunakan pada aplikasi Paint untuk membuat layout ada 2 (dua) yaitu Rectangle dan Up Arrow.

menu untuk membuat disain rumah di paint

Cara menggunakan menu diatas tinggal di drag saja menggunakan Mouse, ukurannya dikira-kira aja menggunakan feeling.

layout membuat disain rumah dengan paint
Berikutnya hapus bagian-bagian garis yang dirasa tidak perlu.

cara membuat disain rumah dengan microsoft paint

Berikutnya, buat tambahan bentuk untuk memperjelas bentuk disain

membuat disain rumah dengan paint

membuat disain rumah dengan paint untuk kelas 3 sd

#Step 2. Mewarnai Disain Rumah dengan Microsoft Paint

Setelah layout sudah selesai dibuat pada step 1 diatas, berikutnya tebalkan garis-garis tertentu dan warnai dengan warna yang sesuai, dan dilanjutkan dengan proses mewarnai menggunakan menu fil with color. Pilih warna yang sesuai. Pada saat belajar biarkan anak-anak memilih warna sendiri yang mereka sukai.

modul komputer membuat disain rumah dengan paint

Tegaskan lagi ketebalan garisnya, dengan menggunakan line dan ukuranya pilih yang paling tebal

modul komputer sd membuat disain rumah di paint

#Step 3. Membuat Warna latar Untuk Mempermanis Disain Rumah dengan Microsoft Paint

Untuk mempermanis disain rumah di Microsoft Paint ini, sekarang buatlah tampilan latarnya. Beri aksen langit dengan memberi latar belakang warna langit, pilih yang cerah atau parna yang mirip-mirip langit. Tak lupa beri pula aksen bentuk rumput dengan warna hijau sebagai pilihannya, beri pula accesoires pohon.

modul komputer sd membuat disain rumah sederhana dengan paint

Sekarang satu disain rumah sederhana berhasil dibuat. Ini bisa menjadi referensi bahan latihan untuk anak-anak usia sekolah dasar pada mata pelajaran komputer. Materi ini juga bisa diajarkan oleh para orang tua siswa di rumah masing-masing.

Dapatkan modul komputer untuk siswa sekolah dasar

Untuk bahan belajar berupa modul komputer untuk anak SD bisa diperoleh bapak/ibu Guru, atau para orang tua siswa, para instruktur dan pembimbing belajar di lembaga kursus atau bimbel bisa diperoleh secara lebih lengkap. Dalam modul komputer SD tersebut bukan cuma materi paint, tetapi materi-materi lainnya yang lebih menarik yang bisa diajarkan kepada anak-anak seusia sekolah dasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *