Modul Microsoft Paint Untuk Anak SD Membuat 6 Karakter Binatang

Modul Microsoft Paint Untuk Anak SD Membuat 6 Karakter Binatang – Microsoft Paint merupakan aplikasi mewarnai dan sekaligus aplikasi disain paling basic yang umumnya digunakan oleh anak usia sekolah dasar dalam pelajaran komputer di sekolah. Padahal aplikasi tersebut juga sangat bermanfaat untuk kepentingan disain tertentu yang juga bisa dimanfaatkan oleh user dewasa.

Sesuai judul, yang akan ditampilkan dalam posting ini adalah modul microsoft paint yang isinya terdiri dari 6 materi membuat karakter binatang menggunakan aplikasi Microsoft Paint tersebut.

Keenam materi ini bisa diberikan sebagai bahan belajar anak usia sekolah dasar yang fungsinya untuk melatih gerakan tangan pada saat menggunakan mouse atau touchpad, melatih bakat dan seni dalam hal ini memunculkan jiwa art anak pada saat mewarnai.

Berikut 6 materi belajar menggunakan Microsoft Paint membuat grafhic karakter binatang

Untuk langkah pertama, mengenalkan terlebih dahulu menu dalam aplikasi Microsoft Paint. Adapun versi aplikasi yang digunakan admin dalam latihan ini adalah versi Paint 2007, untuk versi terbaru tampilan visualnya lebih menarik dan tambahan sub menu lainnya.

modul komputer microsoft paint untuk sd

Gambar ditas merupakan tampilan visual jendela kerja aplikasi Paint versi 2007

Sedangkan menu utama yang akan sering digunakan pada latihan-latihan selanjutnya, yaitu membuat 6 karakter binatang, yaitu menu SHAPES (kumpulan vektor), dan COLORS (kumpulan warna), menu FILL WITH COLOR (icon cat tumpah untuk mengaplikasikan warna yang dipilih pada menu colors pada objek shapes).

modul komputer kelas 1 sd materi aplikasi paint

Gambar diatas merupakan visualisasi menu utama Paint, diantaranya Shapes dan Colors.

Karakter binatang apa saja yang akan dibuat menggunakan Paint?

Ada 6 karakter binatang yang semuanya bisa dibuat menggunakan menu Shapes. Apa saja binatang tersebut? Iyah, yang paling mudah yang bisa diikuti oleh anak usia sekolah dasar, yaitu 6 karaker binatang ini:

  • Karaker binatang Gukguk alias Anjing / Dog
  • Karakter binatang Kucing / Cat
  • Karakter binatang Kuda / Horse
  • Karakter binatang Kuda Laut / Sea Horse
  • Karakter binatang Tikus
  • Karakter binatang Burung / Bird

Nah enam karakter binatang tersebut yang siap diberikan kepada anak-anak usia sekolah dasar baik di sekolah maupun di rumah.

Mari bapak/ibu guru atau ayah bunda di rumah untuk memperhatikan proses pembuatan grafhic karakter binatang menggunakan aplikasi Paint berikut. Perhatikan dengan seksama ya. Kalau sudah mampu dan siap diajarkan kembali kepada anak-anak, baru ajak anak didiknya atau putra putri ayah bunda untuk duduk didepan komputer dan siap didampingi dalam belajar disain sederhana menggunakan Paint.

Membuat karakter binatang anjing menggunakan Paint

modul komputer cara membuat karakter binatang anjing menggunakan paint

Gambar diatas merupakan visualisasi proses cara membuat karakter Dog menggunakan aplikasi Paint. Coba perhatikan, menu yang digunakan cuma tiga kan? Shapes, colors dan fill with color.

Membuat disain gambar karakter binatang Kucing menggunakan Paint

Perhatikan visualisasi step by step proses pembuatan karakter binatang kucing dibawah ini

membuat disain gambar kucing dengan paint untuk siswa sd

Membuat disain gambar karakter Kuda / Horse menggunakan Paint

Masih menggunakan menu Shapes, perhatikan proses pembuatan disain karakter kuda dibawah ini

membuat karakter gambar kuda dengan paint

Untuk membuat layout disain karakter Kuda diatas, menu yang digunakan Ouval, line, eraser dan colors serta fill with color untuk proses menumpahkan jenis warnanya.

Membuat disain karakter Kuda Laut / Sea Horse menggunakan Paint

Visualisasi dibawah ini merupakan step by step bagaimana langkah membuat karakter kuda laut.

Untuk membuat layout disain kuda laut diatas, sedikit butuh ketelatenan, dengan membuat lengkungan menggunakan menu shapes Curve. Perlu latihan berlulang agar hasilnya pas.

Membuat disain karakter RAT menggunakan Paint

Yang dibawah ini, disain karakter RAT atau pengerat. Masih menggunakan shapes.

membuat disain grafik RAT TIKUS dengan paint untuk sd

Untuk layout karakter rat diatas juga perlu ketelitian, perlu latihan berulang agar hasilnya bisa benar-benar pas.

Membuat disain karakter Burung / Bird menggunakan Paint

Satu lagi disain karakter dari keenam jenis layout disain karakter binatang menggunakan paint yang admin janjikan. Silahkan diperhatikan proses pembuatannya dibawah ini.

membuat disain grafik kBURUNG BIRD dengan paint untuk sd

Gimana mudah bukan membuat karakter gambar dengan Paint? Tidak terlalu sulit, tetapi tetap perlu latihan yang sering, tertuama pada saat menggerakan mouse untuk membuat layout karakter binatangnya yang menggunakan menu Shapes tersebut. Begitupun pada saat cleaning, atau membersihkan garis-garis yang tidak dibutuhkan lagi untuk menyempurnakan layout sebelum proses coloring atau mewarnai.

Nah demikian tutorial bahan ajar membuat disain karakter binatang menggunakan Paint untuk anak SD ini, mudah-mudahan saja tutorial singkat tersebut bermanfaat dan dapat membuka wawasan serta pengalaman baru bagi para calon mentor, calon pendamping belajar komputer bersama anak-anak usia sekolah dasar pada saat mengikuti pelajaran komputer baik di sekolah maupun di rumah.

Untuk materi lebih rinci, detail step by stepnya, berikut tampilan visualisasi menggunakan aplikasi Powerpoint, silahkan dapatkan dalam bentuk Modul belajar membuat disain Binatang menggunakan Paint (disini)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *