4 Cara Mengajar Komputer Kepada Anak-anak Menurut Pakar

4 Cara Mengajar Komputer Kepada Anak-anak Menurut Pakar– Banyak pertanyaan seputar waktu yang tepat untuk memperkenalkan teknologi komputer kepada anak-anak. Termasuk materi pelajaran komputer yang tepat untuk diberikan kepada anak-anak. Para orang tua umumnya khawatir terjadi hal-hal yang buruk kepada anak-anaknya apabila memperkenalkan komputer terlalu dini baik terhadap kesehatan fisik maupun pengaruhnya terhadap perkembangan psikologi anak. Karenanya diperlukan informasi yang baik untuk menjawab cara mengajar komputer kepada anak-anak ini. Pendapat para ahli menjadi panduan yang tepat untuk menjadi pegangan bagi para orang tua dan tenaga pendidik yang akan mengajarkan perangkat komputer kepada anak-anak.

Dalam artikel ini saya akan mengutip 4 cara mengajarkan komputer kepada anak-anak menurut Buckleitner. Bahwa secara khusus menurutnya ada 4 cara mengajarkan komputer kepada anak-anak.

4 Cara Mengajarkan Komputer Kepada Anak-anak

Berikut 4 cara mengajarkan komputer kepada anak-anak menurut Buckleitner;

1. Program-program yang fokus pada keterampilan awal

Apa saja keterampilan awal tersebut?

Seperti pengenalan huruf dan menghitung yang dapat digunakan dalam kombinasi dengan pendekatan tradisional , misalnya penggunaan manipulatif.

4 cara mengajarkan komputer kepada anak-anak menurut pakar 4

Dalam pembelajaran anak usia pra sekolah biasanya guru-guru menggunakan berbagai alat manipulatif untuk mengasah kemampuan psikomotorik anak. Alat-alat manipulatif adalah alat permainan yang kecil yang dapat diletakan diatas meja sehingga membuat ana terampil bekerja mengembangkan daya pikirnya, contohnya; puzzle, balok, roncean, maink-main, bahkan stik es krim.

Jika diaplikasikan kedalam pembelajaran komputer, maka guru dapat membuat materi permainan puzzle, mewarnai huruf dengan paint.

Ada banyak games fuzzle yang biasa dipilih untuk mengasah kemampuan psikomotorik anak, diantaranya jenis logic puzzle, math puzzle, word puzzle, dan trivia puzzles.

Jika bapak/ibu belum memiliki panduan belajar komputer untuk anak usia pra sekolah, atau anak usia kelas 1-3 SD bisa mendapatkan panduan belajar komputer berupa modul komputer disini; modul komputer paket 1, modul kompuet paket 2, modul komputer paket 3.

2. Menulis dan menggambar menggunakan perangkat lunak

Cara mengajarkan komputer berikutnya yang bisa dipraktikan kepada anak-anak yaitu dengan mengajarkan cara menulis dan menggambar menggunakan perangkat lunak.

4 cara mengajarkan komputer kepada anak-anak menurut pakar 2

Ada banyak perangkat lunak yang bisa digunakan untuk media belajar menulis dan menggambar, seperti kidpix misalnya. Atau yang paling umum digunakan yaitu Microsoft Paint.

Selain aplikasi tadi, sebenarnya guru juga bisa membuatkan media belajar berbasis komputer untuk menulis dan menggambar tersebut, salah satunya dengan bahan ajar mewarnai huruf dan menggambar menggunakan paint.

3. Program playful explorasi yang mengajarkan konsep-konsep

Banyak apalikasi yang relevan dengan cara mengajarkan komputer kepada anak bagian tiga ini. Atau bisa juga dengan membuatkan aplikasi sederhana menggunakan aplikasi office, misalnya excel.

4 cara mengajarkan komputer kepada anak-anak menurut pakar 1

Salah satu contoh materi yang mengajarkan konsep-konsep, yaitu dengan membuatkan materi ajar konsep waktu kepada anak-anak menggunakan aplikasi berbasis spreadsheet. Jika ingin yang berupa permainan, tinggal search di palystore apk tentang konsep jam dan waktu.

4. Buku cerita yang menampilkan animasi, suara, dan suara otuput ketika anak memilih item pada layar.

Adanya playstore sebenarnya memudahkan kita untuk mendapakan apk gratis yang bisa dimanfaatkan untuk media belajar anak-anak. Salah satunya apk yang bisa digunakan untuk mengasah kemampuan anak mengenali suara-suara binatang.

4 cara mengajarkan komputer kepada anak-anak menurut pakar 3

Di Play Store ada banyak apk dengan genre suara binatang, salah satunya animal & sound matching. Atau jika ingin membuatnya sendiri, bisa dengan menggunakan aplikasi Powerpoint, dengan menampilkan gambar binatang, dan apabila anak mengklik gambar tersebut terdengar suara asli binatang sesuai gambar binatang yang di klik anak.

Modul pembelajaran komputer untuk anak-anak

Mengajarkan komputer kepada anak-anak perlu memiliki rencana mengajar yang matang. Tidak asal-asalan yang sifatnya temporer sesuai materi yang diingat pengajar saja. Melainkan harus benar-benar sudah direncanakan, agar materi ajar komputer memang sesuai dengan usia dan karakteristik anak.

Untuk memudahkan guru, atau para orang tua dalam mengajar materi komputer kepada anak-anak, sudah kami siapkan bahan rencana mengajar yang dibuat khusus untuk anak-anak, yaitu modul pembelajaran komputer.

Dengan menggunakan modul pembelajaran komputer untuk anak-anak tersebut, siapapun bisa mengajarkan materi demi materi mata pelajaran komputer. Karena dalam modul tersebut sudah disusun materi demi materi secara terstruktur. Guru nantinya tinggal mendampingi siswa untuk mempraktikan latihan demi latihan yang ada dalam modul pembelajaran untuk anak-anak tersebut.

Dapatkan segera; Modul pembelajaran komputer untuk anak-anak

Demikian artikel mengenai 4 Cara Mengajar Komputer Kepada Anak-anak Menurut Pakar ini, mudah-mudahan bermanfaat dan bisa dijadikan referensi pengetahuan guru mata pelajaran mulok komputer, atau untuk para orang tua yang ingin mengajarkan sendiri aplikasi komputer kepada anak-anaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *