Cara Membuat Les Privat Komputer

Bagaimana cara membuat les privat komputer? Pertanyaan tersebut mungkin yang sedang ada dalam pikiran anda saat ini, dan sedang anda cari jawabannya melalui browsing. Artikel ini akan menjawab pertanyaan anda tersebut, tentang cara membuat les privat komputer. Admin akan membas tahapan-tahapan dari A sampai Z proses mendirikan les privat komputer tersebut. Untuk itu silahkan membaca artikel ini sampai selesai, pahami, dan pada akhirnya anda harus mempraktikannya sendiri tahapan-tahapan yang admin ulas berikut ini.

cara membuat les privat komputer

Untuk melengkapi perbendaharaan pengetahuan mengenai les privat komputer dan strategi bisnisnya, silahkan anda membuka artikel terkait yang berhubungan dengan bisnis les komputer, dan bisnis kursus komputer yang sudah admin terbitkan di website ini.

Les Privat Komputer?

Les privat komputer merupakan kegiatan pembelajaran aplikasi komputer yang dilakukan secara privat. Adapun tempat belajarnya fleksibel sesuai kesepakatan pengajar dan peserta les, bisa dilakukan di rumah pengajar, bisa pula di laksanakan di rumah peserta les, atau bisa juga dilaksanakan di tempat lain yang disepakati misalnya di ruang publik seperti Cafe, taman kota dan lain sebagainya.

Adapun waktu pembelajaran juga disesuaikan sesuai kesepakatan pengajar dan peserta les. Umumnya waktu belajar dilaksanakan diluar jam belajar sekolah bagi peserta les yang masih duduk dibangku sekolah, misalnya hari sabtu, minggu, atau setelah pulang dari sekolah. Sedangkan untuk peserta yang sudah tidak sekolah waktunya disepakati sesuai kesiapan peserta les dan kesiapan pengajarnya.

Materi les privat komputer umumnya adalah materi dasar, seperti materi pengolah kata menggunakan word processor, aplikasi pengolah angka spreadsheet, dan pengolah presentasi menggunakan aplikasi presentation. Tapi banyak pula peserta les yang ingin belajar aplikasi tertentu seperti pemrograman, disain grafis, games, animasi, dan aplikasi tertentu untuk profesional dunia kerja. Tapi berdasarkan pengalaman admin, paket les privat yang paling banyak dicari itu adalah paket les privat Microsoft Office.

Tahapan Membuka Les Privat Komputer

Cara membuat les privat komputer bisa laksanakan dengan spontan, misalnya ketika tiba-tiba ada orang yang ingin belajar aplikasi komputer tertentu kepada anda, karena orang tersebut yakin anda menguasai bidang tersebut. Maka kesepakatan waktu, dan biaya akan menjadi pembahasan dan disepakati bersama. Tapi, jika anda ingin membuat les privat secara benar, anda bisa memulainya dengan beberapa hal berikut ini;

1). Menyiapkan Perangkat Komputer
Untuk belajar aplikasi komputer tentu harus ada media komputernya, lengkap pula dengan aplikasi yang akan digunakan pada pembelajaran. Pada tahap ini, tentu anda harus menyiapkan perangkat kompter atau laptop. Tapi umumnya peserta les privat memiliki perangkat komputer / laptop sendiri, sehingga sebenarnya anda tidak harus menyiapkan perangkat komputer tersebut, karena setiap peserta les yang ingin belajar ke anda akan datang dengan membawa laptop sendiri-sendiri.

Sebagai penyelenggara les privat komputer yang baik, menyediakan perangkat komputer merupakan langkah penting untuk jaga-jaga jika ada calon peserta les yang tidak memiliki perangkat komputer.

2). Menyiapkan Modul
Ini yang paling penting sebenarnya diantara persiapan membuat les privat komputer. Jika tidak anda tidak menyiapkan perangkat komputer, peserta les akan membawa laptop masing-masing, tapi untuk bahan belajarnya tidak mungkin mereka membeli buku komputer dan membawanya masing-masing. Maka menyiapkan modul pembelajaran aplikasi komputer adalah keharusan.

Dengan adanya modul komputer juga mempermudah anda dalam mengatur jumlah pertemuan dan materi yang akan di pelajari dalam tiap pertemuan tersebut, karena dalam modul, materi praktikum dibuat secara sistematis per pertemuan belajar. Kelebihan lainnya dengan menggunakan modul komputer, anda tidak akan terlalu cape menjelaskan langkah-langkah penggunaan tools yang sedang dipelajari, karena dalam modul komputer sudah dijelaskan cara dan langkah penggunaan tools yang bisa diikuti dengan mudah oleh peserta les privat anda.

Jika anda belum memiliki modul les privat komputer kami sudah menyediakan; paket modul kursus komputer microsoft office word, excel, dan powerpoint, dan modul kursus lainnya.

3). Menetapkan Biaya
Untuk biaya les privat komputer sebaiknya anda tetapkan dari awal, jangan sampai pas ada calon peserta les privat yang mau daftar anda masih belum punya angka pasti dari biaya yang harus dikeluarkan oleh peserta les privat. Biaya yang akan anda tetapkan harus jelas, bisa per pertemuan, per minggu, atau per bulan.

Berbeda dengan kursus kompuer yang biasanya biaya ditetapkan sesuai paket kursus dengan rata-rata 8 sampai 9 kali pertemuan. Biaya les privat kursus dikembalikan kepada peserta kursus sesuai kesepakatan, umumnya les privat dikenakan per pertemuan. Sekalipun begitu, ada yang memungut biaya per minggu, atau per bulan, yang penting sesuai kesepakatan.

4). Promosikan Les Privat Komputer anda
Langkah satu sampai tiga sudah anda siapkan, artinya sampai tahap tersebut sebenarnya anda sudah benar-benar siap menerima calon peserta les privat. Nah untuk mendatangkan calon peserta les privat ini perlu promosi, alias memberitahukan kepada khalayak ramai bahwa anda membuka les privat komputer.

Untuk mempromosikan les privat komputer anda bisa menggunakan berbagai cara, seperti meminta bantuan teman anda untuk memberitahukan kepada khalayak tentang les privat anda, bisa juga menggunakan brosur dan membagi-bagikannya kepada khalayak ramai, atau bisa juga dengan mempromosikannya melalui sosial media seperti facebook. instagram, WA dan lain sebagainya.

Silahkan baca artikel strategi mempromosikan les komputer dengan tepat!

Penutup

Les privat komputer merupakan bagian dari jenis bisnis, jadi jika anda ingin membuatnya, maka buat sekarang juga jangan menunggu nanti, jangan menunggu benar-benar siap, atau benar-benar terdesak ekonomi. Memulai lebih cepat, maka kemungkinan akan menuai sukses lebih cepat pula. Kalaupun gagal, maka anda bisa memulainya lagi dan lagi sampai formulasi sukses mengelola les privat komputer anda temukan. Jangan spelekan usaha les privat komputer ini, ada banyak pemilik lembaga kursus komputer bahkan lembaga pendidikan formal yang memulainya dari les privat komputer.


Dapatkan Modul Komputer Pilihan Dibawah ini:

Lihat produk-produk Modul Komputer kami Disini

BONUS:
Tiap paket modul yang anda beli sudah dilengkapi dengan BONUS-BONUS modul komputer menarik lainnya. Dan BONUS administrasi mengajar, administrasi kursus, template sertifikat, dan contoh proposal pendirian lembaga kursus komputer.

CARA PESAN MODUL:
Pesan / Order modul yang anda pesan melalui SMS/WA ke nomor: 0813 1951 3609
Contoh: "Order Modul TIK SD, Bapak Abdul, Jakarta"

ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP