Bagian ke 4 Belajar Membuat Film Animasi Untuk Anak SD

Bagian ke 4 Belajar Membuat Film Animasi Untuk Anak SD ini melanjutkan tutorial sebelumnya. Pada tutorial sebelumnya di bagian 3, tokoh protagonis bertemu dengan tokoh antagonis dalam pandangan layar saat keduanya berhadap-hadapan tercipta suasana menegangkan disertai kilatan-kilatan petir. Di bagian yang kelima ini akan kita lanjutkan adegan selanjutnya, dimana kedua tokoh saling adu kekuatan, mengeluarkan jurus-jurus saktinya.  Seperti apa proses nganimasinya, yuk lihat step by stepnya….

Pada bagian ke 4 ini, nanti tokoh protagonis yang diawal tutorial sesuai skenario diberi nama Panji, akan mengeluarkan jurus pengumpul awan, jurus andalan yang bisa mengumpulkan awan dan menyerang lawannya dengan sekali hentakan.

Sebelum kita mulai membuat adegan demi adegan karakter menggunakan software, sebaiknya pembaca yang baru datang ke web ini, untuk membaca bagian ke 3 tutorial ini terlebih dahulu. Dan baca pula dari tutorial pertama untuk mendapatkan panduan belajar animasi lengkap.

Nganimasi Adegan Mengeluarkan Jurus

Okeh, kita mulai lagi proses nganimasinya

1). Seperti biasa, buat slide kosong dengan layout blank
2). Pilih menu Insert, pilih sub menu Picture, dan pilih gambar background, karakter, dan gambar awan yang sudah disediakan sebelumnya. Bagi yang belum memiliki stok karakter silahkan mengunduhnya pada tutorial belajar animasi bagian pertama.

bagian 4 tutorial belajar membuat film animasi untuk anak SD

3). Agar karakter protagonis sebagai tokoh utamanya ada diurutan paling depan, caranya klik gambar karakter, kemudian klik kanan, kemudian pilih bring to front.

4). Klik gambar asap, beri efek, pada Add Effect pilih  Entrance, pilih Appear. Jangan lupa beri perubahan pada Start: With Previus lalu geser hingga start 1.0s

5). Tambahkan gambar awan lainnya, ada tiga gambar awan tambahan. Letakan seperti tampilan dibawah ini.

nganimasi karakter pelajaran animasi sd

6). Klik semua gambar awan yang baru ditambahkan tadi, kemudian beri efek dengan pengaturan sebagai berikut: Pada menu Custom Animations, pilih dd Effect, pilih Entrance, pilih Appear. Dan pada Start pilih With Previous.

7). Pada Advanced Timeline, Geser masing-masing posisi gambar pada custom animation dengan jarak 0.5s, hingga terbentuk seperti gambar dibawah ini.

pengaturan timeline pelajaran animasi

8). Tambahkan gambar garis-garis untuk membuat efek ilang, perbesar dan letakan disebelah awan pertama. Lihat penempatannya seperti gambar dibawah ini.

animatic adalah

9). Klik gamabar ilang, pada Add Effect  pilih Entrance, pilih Fade. Jangan lupa buat pengaturan pda Start: With Previus, Speed: Fast. Pada advanced timeline geser hingga start 3.5s

pengaturan timeline pada pelajaran animasi

10). Klik gamabar karakter Panji, pilih Add Effect, pilih  Exit, pilih Fade. Start: With Previus, Speed: Fast

11). Klik semua gambar awan. Pilih Add Effect, pilih Exit , pilih Fade. Atur pula pada Start pilih With Previous, pada Speed pilih Medium. Pada advanced timeline Geser posisi dan beri jarak masing-masing 1.0s

12). Berikutnya Klik gambar ilang, beri Add Effect, pilih Exit, pilihFade. Start: With Previus, Speed: Medium

13). Klik gambar karakter Panji, pada Add Effect, pilih Entrance, pilih Fade. Pada pengaturan Start: With Previus, Speed: Fast. Geser hingga start 10.5s

14). Langkah terakhir, geser gambar ilang sampai menutupi gambar karakter Panji.

15). Silahkan dijalankan dengan menekan tombol F5 / slideshow

Untuk tutorial yang lebih jelas, silahkan mengunduhnya pada lampiran file yang tersedia. Lihat file pada bagian akhir tutorial ini, disana sudah disertakan tutorial lengkapnya dalam bentuk modul komputer dengan petunjuk gambar yang memudahkan tentunya.

Efek Animasi Yang Digunakan

Pada tutorial bagian ke 4 ini, efek animasi yang digunakan untuk memberi kesan pada gambar dan karakter yang sudah dibuat yaitu efek Entrance Fade, dan exit Fade. Dengan pengaturan kecepatan speed, antara lain very fast.

Fungsi efek animasi tersebut, untuk menampilkan efek animasi memunculkan gambar dan karakter, setelah muncul, kemudian gambar dan karakter tersebut akan menghilang. Secara sederhana efek animasi yang digunakan untuk memberi kesan menghilang, muncul dan menghilang kembali. Dalam alur cerita, itu merupakan langkah karakter Panji sebelum mengeluarkan jurus andalannya heheeh.

Lanjut ke tutorial bagian 5 belajar animasi sederhana untuk anak SD

Demikian untuk sementara tutorial belajar membuat animasi sederhana untuk anak SD begian 4 ini, mudah-mudahan dapat melengkapi tutorial sebelumnya sehingga pembaca bisa membuat animasi di rumahnya bersama anak-anak tercinta secara step by step dengan mudah. Untuk menyelesaikan film animasi sederhana ini, simak semua tutorialnya dan praktikan.