Belajar Membuat Film Animasi Sederhana Untuk Anak SD

Belajar Membuat Film Animasi Sederhana Untuk Anak SD ini merupakan contoh saja untuk melengkapi bahan mengajar komputer tingkat Sekolah Dasar dari topik tulisan yang kemarin saya tulis, mengenai materi-materi pelajaran komputer yang menarik untuk anak SD, dimana salah satu materi yang dianggap menarik menurut anak SD adalah pada saat belajar membuat animasi sederhana. Biar apa yang saya tulis tersebut lebih berfaedah maka pada tulisan kali ini saya melengkapinya dengan contoh proses membuat animasi sederhana tersebut.

Oh ya, bagi pembaca yang belum membaca topik sebelumnya mengenai materi-materi pelajara komputer yang menarik untuk anak usia SD, silahkan membacanya terlebih dahulu agar pemahamannya lebih runtut.

tutorial modul belajar membuat animasi lengkap anak sd

Tahapan Membuat Film Animasi Sederhana

Untuk membuat film animasi sederhana tahapannya antara lain;

Menyiapkan ide cerita

Menyiapkan ide cerita merupakan tahapan awal dalam rencana pembuatan film animamasi, termasuk untuk proses pembuatan animasi sederhana kali ini. Untuk itu siapkan stok cerita menarik yang bisa kita peroleh dari siswa. Cara memperoleh ide cerita ini, kita bisa membuat tugas membuat cerita hayalan kepada siswa, temanya bisa sama misalnya tema binatang, tema mobil, dan seterusnya. Proses pengumpulan ide cerita juga bisa kolaborasi dengan guru mapel bahasa Indonesia. Setelah itu kita bisa menyeleksinya untuk mendapatkan satu ide cerita yang paling menarik.

Contoh ide cerita yang akan kita buat animasinya pada latihan kali ni seperti dibawah ini;

belajar membuat film animasi untuk anak SD pic 1

Setelah mendapatkan ide cerita yang paling menarik tersebut, selanjutnya kita persingkat alias dibuatkan premis dan sinopsinya. Setelah sinopsis ada baru ke proses berikutnya,  yaitu membuat disain karakter animasinya.

Disain karakter animasi

Dari sinopsis kita bisa membuat bentuk krakarter animasinya. Disain karakter dibuat sesuai dengan kekuatan cerita. Ada karakter antagonis alias karakter jahat, dan karakter protagonis alias karakter tidak jahat. Kalau karakter antagonis biasanya disain karakternya juga serem, angker, menakutkan. Tapi sebaliknya kalau karakter protagonis biasanya digambarkan dalam bentuk tampan, menarik, dan enak dilihat.

belajar membuat film animasi untuk anak SD pic 2

Tidak perlu membuat disain karakter yang rumit, namanya juga membuat animasi sederhana, ya cukup yang sederhana-sederhana saja yang intinya bisa dibuat oleh anak usia sekolah dasar. Sekalipun sederhana, prinisip membuat disain karakter tadi, pembentukan karakter antagonis protagonis tetep harus ada.

Membuat background

Background atau latar merupakan bagian penting yang akan kita buat dalam proses membuat animasi sederhana ini. Apakah latarnya didalam ruangan, diluar ruangan. Kalau didalam ruangan apakah didalam rumah, didalam gedung dan seterusnya. Kalau diluar ruangan apakah di hutan, di pasar, dan seterusnya. Tentu latar ini harus sesuai dengan ide premis dan sinopsis cerita yang sudah dibuat.

belajar membuat film animasi untuk anak SD pic 3

Gambar diatas merupakan contoh disain background / latar film animasi sederhana

Membuat skenario

Merupakan penjelasan tertulis mengenai cerita yang akan ditampilkan dalam layar, yang menjelaskan siapa karakter yang akan ditampilkan, apa yang terjadi, kapan waktunya, dan dimana lokasinya. Rumusnya sama dengan rumus wawancara yaitu 5 W + 1 H (who, what, when, where, why dan how).

belajar membuat film animasi untuk anak SD pic 4

Gambar diatas merupakan contoh skenario film animasi sederhana

Membuat storyboard

Ide cerita yang sudah jadi dalam bentuk sinopsis tersebut, selanjutnya dituangkan dalam bentuk sketsa yang dibuat secara manual, sketsa ini menggambarkan adegan demi adegan animasi yang lengkap diberi keterangan lainnya seperti keterangan dialog, instrumen, pergerakan kamera dan seterusnya. Hal-hal seperti ini disebut storyboard. Storyboard ini yang nantinya menjadi patokan gerakan yang akan dibuat dalam animasi.

Referensi bagaimana membuat storyboard animasi, bisa melihatnya pada web brainfarto

belajar membuat film animasi untuk anak SD pic 5 contoh storyboard animasi

Gambar diatas merupakan contoh dari storyboard animasi

Storyboard untuk pembuatan animasi sebenarnya dibagi 2, yaitu storyboard thumbnail dan storyboard animatik. Yang membedakannya, kalau storyboard thumbnail  dalam bentuk sketsa ide yang masih kasar, sedangkan storyboard animatik merupakan storybord yang sudah rapi sudah tersusun urutan adegan demi adegannya, juga sudah berisi durasi dan timingnya.

Pekerjaan yang dilakukan sampai pembuatan storyboard ini dalam ilmu disain multimedia dinamakan tahap pra produksi. Jadi sampai storyboard ini, berarti persiapan / pengumpulan bahan untuk membuat film animasi sudah rampung alias selesai. Selanjutnya proses membuat semua yang sudah disiapkan pada tahap pra produksi tadi, atau biasa disebut tahap produksi.

Semua pekerjaan diatas, tidak bisa diberikan kepada siswa yang masih duduk di bangku SD. Kecuali memang ada kelas khusus animasi. Semua pekerjaan diatas dikerjakan oleh guru, sedangkan siswanya cuma mengerjakan pada saat produksinya saja, yaitu menganimasikan semua bahan yang sudah disiapkan guru menggunakan aplikasi komputer.

Menggunakan Software Animasi Untuk Anak SD

Karena semua bahan sudah disiapkan guru, maka siswa hanya akan mempraktikan bagaimana cara menggunakan software yang bisa digunakan untuk menganimasi bahan-bahan tadi. Ada banyak software yang bisa digunakan untuk menganimasi, seperti Adobe Flash, 3D MX, dan lainnya.

Tapi kita tidak akan menggunakan aplikasi-aplikasi canggih tersebut, karena yang akan mempraktikan penggunakan aplikasi untuk nganimasi tersebut adalah anak-anak usia SD, untuk itu yang akan kita gunakan adalah aplikasi yang familiar buatan Microsoft, yaitu MS Powerpoint.

Berikut contoh penggunaan menu untuk menganimasi disain karakter animasi menggunakan aplikasi MS Powerpoint;

Membuat opening

Opening / pembuka merupakan hal penting dalam tampilan awal film animasi. Opening ini biasanya berisi tampilan bumpers atau objek bergerak lainnya yang kemudian diikuti dengan tampilan judul film animasi dan sub judul atau teks laiinnya.

1). Bukalah aplikasi Powerpoint
2). Pilih menu Insert – pilih menu Picture – pilih gambar ini (silahkan tempatkan di direktori komputer anda)
3). klik Insert

modul komputer cara membuat animasi untuk anak SD

4). Perkecil ukuran Slide menjadi 30%, kemudian perbesar gambar background melebihi ukuran slide

modul cara membuat film animasi untuk anak SD
5). Aktifkan gambar background dengan cara mengklik gambar tersebut
6). Pilih menu Animation, kemudian pilih Custom Animations
7). Pada Add Efect, pilih Emphasis, pilih More Effect, pilih Spin, klik Ok.

modul cara membuat film animasi untuk anak SD menambahkan efek

8). Pada property effect buatlah pengaturan seperti dibawah ini;
Pada Starti: With Previeous
Pada Delay: 0 Second
Pada Speed: 0,5 Second (Very Slow)
Pada Repeat: Until End of Slide

9). Klik Ok, untuk menyelesaikan perubahan

Jika slide dijalankan (Slide Show) maka akan tampil gambar background berputar. Selanjutnya kita akan menambahkan Tittle atau judul film diatas gambar background tersebut, tentu dengan melakukan perubahan pada panel effect option.

Menambahkan judul film

Ingat ya, sesuai skenario judul film animasi yang akan kita buat adalah “musuh menjadi teman”.

1). Klik Insert – pilih Wordart – pilih style huruf yang disukai – ketik kata “musuh”
Kita buat efek animasinya kata perkata. Jenis huruf pada latihan ini, menggunakan jenis huruf tambahan yang diperoleh dari situs 1001font.

panduan cara membuat film animasi untuk anak sd

2). Aktifkan kata dengan cara mengkliknya, kemudian pilih Animations, pilih Custom Animations, pada Add Efect, pilih Entrance, pilih More Effect, pilih Fade.

cara membuat film animasi di powerpoint lengkap

3). Lakukan perubaha pada Timing, seperti yang dilakukan pada langkah membuat opening nomor 8

4). Klik Show Advanced Timeline, untuk memunculkan timeline effect

pelajaran membuat film animasi anak SD

5). Atur timeline untuk membuat jeda, dengan cara menggeser timeline text “musuh” kesebelah kanan sampai dengan angka 0,9 s.

film animasi anak sd

6). Klik slide show untuk melihat tampilan judul.

7). Berikutnya, buat teks judul lainnya yaitu kata ” jadi” dan “teman”. Prosesnya sama dengan cara pada huruf “musuh” diatas. Tapi untuk mempermudah dan mempercepat pengerjaan, cukup dengan meng copy huruf yang sudah ada kemudian menggantinya dengan kata ” jadi” dan “teman” tersebut.

8). Atur jeda pada timeline seperti dibawah ini

membuat opening film animasi

Silahkan dijalankan, maka akan tampil opening dan judul yang menarik.

Opening dan judul sudah kita buat, berikutnya yang akan kita buat adalah, proses menganimasi background dan karakter utamanya.

Menganimasi background / latar

Oke kita lanjut ke proses berikutnya yaitu menganimasi tampilan background, langkahnya:

1). Buat slide baru pada Powerpoint
2). Pilih menu Insert – pilih Picture – pilih gambar background (silahkan gunakan gambar backround ini)
3). Atur gambar backgroudn sampai melewati batas tepi slide
4). Aktifkan gambar background, pilih menu Animations, pilih Custom Animations, pilih Add Effect, pilih Emphasis, pilih Grow / Shrink.

proses menganimasi film animasi untuk anak sd

5). Atur perubahan pada panel
Start: With Previous
Effect, Size, Custom ubah menjadi 190%
Speed: Very Slow

menganimasi background film animasi

6). Silahkan jalankan dengan menekan tombol F5

Memasukan karakter utama kedalam background

Masukan karakter kedalam background,

1). Klik menu Insert – pilih menu Picture – dan masukan 3 gambar karakter ini

2). Atur posisi 3 karakter berjajar, jangan keluar dari jalan

3). Tekan tombol CTRL, kemudian Klik Karakter 1, karakter 2, karaker 3.

4). Pada Add Effect pilih Emphasis, pilih Grow / Shrink,

5). Atur perubahan pada panel Effect;
Start: With Previous
Effect, Size, Custom ubah menjadi 200%
Speed: Very Slow

membuat karakter animasi untuk film animasi anak sd

6). Sampai langkah ini berarti kita sudah berhasil menganimasi karakter pada background, silahkan jalankan untuk melihat perubahan dengan menekan tombol keyboard F5.

Lanjut ke: Belajar membuat film animasi untuk anak SD bagian ke-2

Untuk sementara demikian tutorial cara membuat film animasi sederhana untuk anak SD ini, masih banyak tahapan yang harus dibuat yang akan saya update berikutnya, atau dilanjut pada posting selanjutnya.

Ditulis oleh Mulyadi Tenjo
Admin wwww.modulkomputer.com


Dapatkan Modul Komputer Pilihan Dibawah ini:

Lihat produk-produk Modul Komputer kami Disini

BONUS:
Tiap paket modul yang anda beli sudah dilengkapi dengan BONUS-BONUS modul komputer menarik lainnya. Dan BONUS administrasi mengajar, administrasi kursus, template sertifikat, dan contoh proposal pendirian lembaga kursus komputer.

CARA PESAN MODUL:
Pesan / Order modul yang anda pesan melalui SMS/WA ke nomor: 0813 1951 3609
Contoh: "Order Modul TIK SD, Bapak Abdul, Jakarta"

ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP