Tips Mengajar Pemrograman Web Dasar Bagi Guru Pemula

Tips Mengajar Pemrograman Web Dasar Bagi Guru Pemula, yang dimaksud guru pemula disini adalah guru yang baru pertama kali mengajar dalam kelas,  menghadapi puluhan siswa dalam waktu bersamaan. Mengajar pemrograman web berbeda dengan mengajar mata pelajaran umum yang bisa menggunakan metode ceramah, mengajar pemrograman web harus dengan demonstrasi dan praktik langsung. Bagi guru yang pertamakali mengajar, biasanya akan merasa grogi mengetikan kode-kode dihadapan siswa yang juga belum paham sama sekali tentang kode pemrograman web. Untuk itu perlu perencanaan yang matang, agar guru pemula tersebut bisa mengajar dengan tenang dan tidak kebingungan dalam mengajar mata pelajaran pemrograman web tersebut.

Berikut beberapa tips yang bisa digunakan oleh guru pemula ketika mengajar mata pelajaran pemrograman web dasar;

Persiapan Mengajar Pemrograman Web Dasar

Sehebat apapun anda menguasai materi pemrograman web, tanpa persiapan mengajar yang matang jangan berharap bisa menyelesaikan pekerjaan mengajar dengan enjoy, bisa dipahami siswa, dan sistematis. Ingat, tujuan mengajar adalah proses mentransfer ilmu bukan unjuk kemampuan guru, maka tidak akan berhasil proses transfer ilmu tersebut tanpa persiapan.

Persiapan dilakukan jauh-jauh hari, atau minimal sehari sebelum kelas dimulai, ada juga yang menyiapkan materi ajar pada waktu malam sebelum besoknya mengajar. Persiapan tidak bisa dilakukan beberapa jam sebelum waktu mengajar tiba, kalaupun bisa persiapannya tidak akan matang.

Apa saja yang harus disiapkan untuk mengajar mata pelajaran pemrograman web dasar tersebut?

  • Menyiapkan materi ajar. Untuk mengetahui materi ajar bisa dengan cara melihatnya pada silabus pembelajaran pemrograman web dasar. Tanpa silabus sebenarnya guru tetap bisa menyiapkan materi ajar, akan tetapi karena kita akan mengajar di sekolah maka silabus menjadi acuan materi ajar agar materi yang kita ajarkan sesuai dengan materi yang diajarkan di sekolah lain. Lihat SK KD pada silabus, dan indikator pembelajaran, kemudian sederhanakan menjadi sebuah materi ajar yang diperkirakan selesai dalam beberapa jam pelajaran di sekolah. Ingat, sederhanakan materi…
  • Menyiapkan buku ajar, atau referensi materi ajar. Setelah melihat SK KD dan indikator dalam silabus, berarti guru sudah memiliki gambaran tentang materi yang akan diajarkan. Untuk itu guru perlu memiliki buku ajar pemrograman web dasar atau minimal referensi materi ajar dari materi yang akan diajarkan kepada siswanya. Tanpa buku dan referensi ajarpun guru yang menguasai materi pelajaran pasti bisa mengajar, akan tetapi lagi-lagi ini sekolah yang notabene merupakan lembaga ilmiah yang segala sesuatunya harus jelas sumber dan referensi mengajarnya.
  • Menyiapkan strategi mengajar. Materi sudah tau, buku atau referensi mengajar sudah ada, berikutnya yang perlu disiapkan adalah strategi mengajarnya. Ingat, buku tidak akan menjadi solusi dalam mengajar tanpa menyiapkan strategi mengajarnya. Strategi mengajar ini biasa dituangkan dalam lesson plan / RPP, maka guru harus membuat lesson plan / RPP terlebih dahulu. Jika pekerjaan membuat RPP menyiat waktu, paling tidak guru harus membuat notes strategi mengaja yang berisi pointer tahapan proses kegiatan mengajarnya dari mulai tahapan pembuka, isi dan penutup semuanya harus terencana dengan baik.
  • Menyiapkan media mengajar. Media merupakan alat bantu guru dalam mensukseskan proses mengajarnya, tujuannya agar siswa mudah memahami materi ajar yang diberikan gurunya. Seperti apa media mengajar yang cocok untuk mengajar mata pelajaran pemrograman web? Berbeda dengan media yang digunakan untuk mengajar mata pelajaran umum yang bisa menggunakan kertas karton, gambar-gambar, atau kumpulan benda simulasi. Media yang cocok untuk mengajar pemrograman web diantaranya slide presentasi untuk menampilkan kode program, video tutorial penggunaan kode yang bisa dibuat terlebih dahulu oleh guru, asset untuk ditampilkan menggunakan kode, proyektor, aplikasi pendukung pembelajaran website, dan yang paling penting tentunya perangkat komputer yang digunakan siswa untuk mempraktikan penulisan kode.
  • Menyiapkan bahan evaluasi. Bahan evaluasi bisa berupa soal teori ataupun soal praktik. Bahan evaluasi penting dibuat, disamping untuk mengukur sejauh mana proses pembelajaran bisa dipahami siswa, juga untuk finishing guru dalam kegiatan KBM sebelum memberikan follow up sebagai tindak lanjut.

Pada dasarnya persiapan mengajar pemrograman web dasar tidak jauh berbeda dengan persiapan mengajar mata pelajaran umum lainnya. Yang membedakan hanya pada materi, strategi dan media saja. Sedangkan untuk tahapan-tahapannya sama saja yaitu pra instruksional, instuksional, assessment, dan follow up.

Contoh Bahan Mengajar Pemrograman Web Dasar

Untuk mempermudah pemahaman guru pemula mengenai beberapa point penting tentang persiapan mengajar pemrograman web dasar diatas, saya lengkapi pembahasan tersebut dengan beberapa dokumen bahan mengajar pada salah satu materi mengajar pemrograman web dasar.

(1). Contoh SK KD dan indikator pembelajaran dan penyederhanaan materi ajar

(2). Contoh materi dalam buku ajar yang akan diajarkan kepada siswa

(3). Contoh RPP dan notes strategi mengajar

(4). Contoh media berupa slide powerpoint dan asset bahan ajar dan video tutorial

(5). Contoh soal evaluasi dan penugasan

Kesimpulan Mengenai Tips Mengajar Pemrograman Web

Pada dasarnya setiap guru memiliki tips dan trik sendiri dalam menyiapkan materi dan strategi mengajarnya, dan setiap guru memiliki cara tersendiri dalam meramu proses kegiatan KBM nya. Tips-tips yang saya tampilkan disini merupakan pengingat saja, terutama bagi guru pemula yang belum memiliki pengetahuan dasar tentang persiapan mengajar.

Terlebih jika guru pemula tersebut bukan merupakan lulusan sarjana pendidikan, dan kebanyakan guru produktif yang mengajar mata pelajaran pemrograman web di SMK/MAK merupakan sarjana informatika yang notabne non kependidikan, karenanya tips-tips diatas mudahan dapat membantu, bisa dipahami, dan bisa dipraktikan.

Artikel Tips Mengajar Pemrograman Web Dasar Bagi Guru Pemula ini ditulis oleh:
Mulyadi Tenjo
Guru mapel Produktif Multimedia di SMK Nida El-Adabi Kab. Bogor
Kontak person lihat disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *