Aplikasi Pendukung Belajar Pemrograman Web Dasar

Aplikasi Pendukung Belajar Pemrograman Web Dasar–Untuk belajar pemrograman web dasar diperlukan beberapa aplikasi pendukung yang nantinya digunakan untuk kebutuhan menulis kode, format video, web browser, dan lain sebagainya. Semua aplikasi pendukung ini harus ada dan diperkenalkan fungsi, versi, tempat mengunduh, cara instalasi dan kelebihan serta kekurangannya kepada siswa. Apa saja aplikasi pendukung belajar pemrograman web dasar tersebut? Silahkan disimak urutan aplikasi standar yang biasa digunakan dalam kegiatan belajar pemrograman web dasar dibawah ini.

Setidaknya ada 5 aplikasi penting yang harus ada dalam komputer siswa, atau komputer lab sekolah pada saat kegiatan belajar pemrograman web dasar. Yaitu; aplikasi untuk menulis kode program (text editor), aplikasi untuk menampilkan kode program, aplikasi untuk memformat video, aplikasi untuk membuat server local, dan aplikasi untuk disain tampilan web.

Aplikasi Untuk Menulis Kode Program

Ada banyak aplikasi yang bisa dipilih sebagai varian untuk kenyamanan menulis kode program atau biasa disebut dengan text editor. Tiap aplikasi memiliki tingkat kenyamanan sendiri-sendiri sesuai kebiasaan dan kesukaan orang yang menggunakannya. Ada yang suka dengan tampilan minimalis dengan latar putih, ada juga yang suka dengan tampilan pekat dengan tampilan kode warna warni. Berikut beberapa text editor yang populer digunakan untuk menulis kode program.

(1). Notepad

Notepad merupakan aplikasi yang umum digunakan pada saat pertamakali belajar menulis kode program. Aplikasi yang terintegrasi pada sistem operasi Windows ini merupakan text editor yang sangat populer yang sudah ada sejak Windows 1.0 di tahun 1985.

aplikasi pendukung belajar pemrograman web dasar - notepad

Aplikasi Notepad ada pada semua versi Windows. Bagi yang belum tau cara  masuk ke program aplikasi ini langkahnya cukup mudah, tinggal masuk ke program accessories, pilih Notepad. Atau gunakan pencarian aplikasi dan ketikan nama aplikasi “notepad”.

(2). Wordpad

Selain Notepad, pada sistem operasi Windows juga terdapat aplikasi yang juga bisa digunakan untuk menulis kode program pemrograman dasar seprti HTML dan CSS.

aplikasi pendukung belajar pemrograman web dasar - wordpad

Wordpad sebenarnya merupakan pengolah kata dasar yang disediakan dengan hampir semua versi Microsoft Windows dari Windows 95 dan seterusnya. Aplikasi ini lebih maju dari Notepad tapi lebih sederhana daripada Microsoft Word. Aplikasi ini juga masih satu paket dengan Notepad berada pada paket program aplikasi Accessories pada sistem operasi Windows.

(3). Notepad ++

Notepad++ merupakan aplikasi text editor gratis ringan yang berjalan pada sistem operasi Windows, kelebihan aplikasi ini disamping ringan yaitu memiliki banyak fitur. Salah satunya adalah fitur pewarnaan code (syntax highlighting). Fitur ini akan memudahkan penulisan HTML.

aplikasi pendukung belajar pemrograman web dasar - notepad ++

Notpad ++ dikembangkan oleh Don Ho yang diriliskan pada tanggal 24 November 2003,dengan memiliki license dari GNU General Public License dengan ukuran program yang kecil yaitu 5.5MB. Aplikasi ini bisa anda unduh pada alamat situs resminya disini: https://notepad-plus-plus.org/

(4). Sublema

Sublime Text adalah teks editor yang mirip seperti Notepad++ namun dengan fitur lebih banyak, aplikasi text editor ini juga menjadi aplikasi text editor yang banyak digunakan selai notepad ++ dan aplikasi text editor lainnya.

aplikasi pendukung belajar pemrograman web dasar - sublime

Tapi sayang, untuk menggunakan aplikasi ini tidak gratis, alias berbayar. Tetapi untuk mencobanya kita bisa menggunakan versi trial dengan batas waktu.

(5). Komodo Edit

Salah satu aplikasi text editor untuk menulis kode pemrograman dan bisa menjadi alternatif aplikasi editor pada saat belajar pemrograman web dasar adalah Komodo Edit. Komodo Edit juga merupakan versi ringan dari versi berbayar Komodo IDE yang juga dikembangkan oleh perusahaan yang sama yaitu ActiveState.

aplikasi pendukung belajar pemrograman web dasar - komodo edit

Aplikasi editor Komodo Edit ini gratis, berbeda dengan Sublime, aplikasi ini bisa anda unduh secara cuma-cuma pada situs resminya disni: https://www.activestate.com/komodo-edit

Selain 5 aplikasi text editor diatas, masih ada banyak lagi aplikasi dengan fungsi serupa dan fitur yang variatif seperti Adobe Dreamweaver, Atom, Brackets, Visual Studio Code, dan lainnya. Tapi sejauh ini, untuk belajar pemrograman web dasar Notepad ++ menjadi aplikasi unggulan dibanding aplikasi text editor lainnya.

Aplikasi Untuk Menampilkan Program / Browser

Selain text editor, aplikasi lainnya yang diperlukan saat belajar pemrograman web dasar adalah aplikasi untuk menampilkan hasil penulisan kode program, yaitu web browser.

Ada banyak web browser yang bisa dan biasa digunakan untuk menampilkan hasil penulisan kode program tersebut, diantaranya:

(1). Mozilla Firefox

(2). Google Chrome

(3).Internet Explorer

(4). Safari

(5). Opera, dll

Selain 5 aplikasi web browser diatas ada banyak web browser yang bisa digunakan sebagai aplikasi untuk menampilkan hasil penulisan kode pemrograman web dasar yang bisa kita peroleh dengan gratis. Tapi yang paling populer 5 aplikasi tersebut.

Aplikasi Converter Video

Aplikasi converter video dibutuhkan pada saat belajar menampilkan video menggunakan kode, karena tidak semua format video bisa ditampilkan di browser.

Misalnya format video WMV, format file video ini tidak bisa ditampilkan di browser. Agar video berformat WMV bisa ditampilkan di browser maka terlebih dahulu kita harus  merubah extension WMV menjadi MP4. Untuk proses merubah file extension ini kita memerlukan yang namanya aplikasi converter video.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk converter video:

(1). Format Factory

(2). Any Video Converter

(3). Fremake Video Converter

(4). DVD Flick

(5). Free video converter, dll

Ada banyak varian aplikasi converter video yang bisa kita dapatkan dengan cuma-cuma alias gratis, tetapi diantara aplikasi converter  video tersebut, yang paling mudah digunakan adalah Format Factory.

Aplikasi Web Server Localhost

Aplikasi web server localhost dibutuhkan pada saat belajar pemrograman web dasar menuju level yang lebih tinggi, tepatnya aplikasi ini digunakan untuk melakukan testing protokol yang terinstall di komputer, dengan webserver localhost bisa melakukan aktifitas ujicoba pemrograman tanpa harus terhubung ke jaringan online tanpa biaya bandwidth.

Beberapa aplikasi webserver locahost yang sering digunakan untuk belajar “ngehost” dari kode-kode pemrograman web antara lain;

(1). Xampp

(2). Wampserver

(3). Ammps

(4). EasyPHP

(5). Winginx, dll

Dan banyak lagi tentunya webserver localhost lainnya sesuai platform sistem operasi komputer masing-masing, tapi yang umum digunakan yaitu Xampp dan Wampserver.

Aplikasi Disain Tampilan Web

Pada dasarnya aplikasi-aplikasi text editor diatas sudah termasuk dalam aplikasi disain, akan tetapi aplikasi tersebut tidak bisa menampilkan grafhic secara langsung pada saat proses mendisain tampilan website. Untuk itu bagi yang ingin belajar membuat tampilan website antara yang sedang dikerjakan dan yang nantinya akan ditampilkan pada browser sama maka diperlukan beberapa aplikasi untuk menyelesaikan kebutuhan ini.

Beberapa aplikasi yang lazim digunakan dalam membuat disain tampilan website antara lain:

(1). Adobe Photosop

(2). Adobe Dreamweaver

(3). Adobe Ilustrator

(4). Adobe Indesign

(5). Corel Draw

(6). Pidoco

(7). Gimmp

(8). Web Flow

(9). Power Mockup

(10). Invision, dll

Banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk mempercantik tampilan suatu website. Biasanya aplikasi tersebut disesuaikan dengan platform komputer, dan web programming dan web platform yang nantinya akan digunakan.

Selain aplikasi diatas, sebenarnya masih banyak lagi aplikasi pendukung lainnya, seperti aplikasi untuk membuat flowchart program dan DFD, aplikasi untuk membuat database program, aplikasi untuk responsive web dan lain sebagainya untuk kebutuhan pembuatan web aplikasi.

Demikian artikel mengenai aplikasi atau software pendukung belajar pemrograman web kali ini, semoga saja bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan pengetahuan dan yang lebih penting dapat memotivasi semangat belajar pemrograman web. Pembahasan penggunaan software-software pendukung belajar pemrograman website diatas akan dibahas lebih rinci pada artikel-artikel selanjutnya.

Artikel aplikasi pendukung belajar pemrograman web dasar ini ditulis oleh:
Mulyadi Tenjo
Guru mapel produktif di SMK Nida El-Adabi, Bogor, pada kompetensi Multimedia
Kontak bisa dilihat dihalaman about as.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *