Materi Pelajaran Komputer Untuk Anak Usia SD Saat ini

Materi Pelajaran Komputer Untuk Anak Usia SD Saat ini, topik ini menarik saya tulis di website modulkomputer.com untuk membuka ide-ide kreatif para Guru yang mengajar mata pelajaran TIK/ mulok komputer di sekolah dasar. Perkembangan teknologi berkembang pesat saat ini, ini berdampak pada pergaulan anak-anak dengan perangkat teknologi informasi yang semakin lumrah. Karenanya sebagai guru komputer perlu memusatkan perhatian pada dampak yang ditimbulkan dari pergaulan anak-anak, anak usia SD terutama, terhadap perangkat teknologi informasi tersebut. Untuk itu lewat tulisan ini mari kita beropini tentang materi pelajaran komputer seperti apa yang pas, atau dibutuhkan ditahun 2018 ini.

materi pelajaran komputer sd

Yang jadi acuan dalam penentuan materi pelajaran mulok Komputer di Sekolah Dasar adalah struktur kurikulum, lebih spesifik lagi SK KD dalam silabus pembelajaran pada kurikulum yang digunakan.

Materi pelajaran komputer SD di era KTSP

Pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dimana masih ada mata pelajaran TIK, pemerintah mengeluarkan acuan dasar materi pelajaran komputer yang akan diajarkan oleh guru di sekolah masing-masing, silabus tersebut bisa disesuaikan dan dikembangkan lagi oleh masing-masing sekolah.

Pada era kurikulum KTSP umumnya materi pelajaran di level SD itu seputar penggunaan aplikasi Office. Silabus TIK yang saya buat untuk pembuatan modul komputer SD, juga kurang lebih sama materinya sepuatr Office, plus pengenalan internet dan penggunaan aplikasi berbasis internet didalamnya.

Materi pelajaran komputer dalam silabus TIK SD yang saya buat dipetakan menjadi dua, yang pertama materi kelas dasar (kelas 1 – 3), dan materi kelas tinggi ( kelas 4 – 6). Untuk materi kelas dasar materi utamanya fokus pada pengenalan cara menggunakan perangkat komputer dasar, seperti menggerakan mouse, menggunakan keyboard dengan aplikasi sederhana (Paint, Wordpad, aplikasi Accesorries) sebagai media materinya.

Sedangkan untuk kelas tinggi masuk pada pokok materi mengoperasikan aplikasi Office dan Internet. Untuk kelas 3 SD misalnya, materi pokoknya adalah belajar cara mengetik yang baik dengan aplikasi yang digunakan adalah Wordpad. Untuk kelas 4 pokok materi pada cara mengoperasikan aplikasi Microsoft Word dan dasar internet. Kelas 5 fokus pada menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan penggunaan beberapa aplikasi berbasis internet, untuk kelas 6 nya fokus pada aplikasi Microsoft Powerpoint untuk animasi dan Interent.

Di sekolah dasar yang sudah mapan, dalam arti perangkat komputernya lengkap, guru komputernya ada dan mumpuni, materi pelajaran komputernya sudah jauh lebih tinggi. Seperti yang saya lihat pada silabus dari penerbit erlangga untuk kelas 6 SD materi pelajarannya sudah pada penggunaan aplikasi disain grafis Adobe Photosop, lihat disini contoh silabusnya.

Saya sendiri membuat silabus dengan asumsi general, artinya semua sekolah dasar mampu mengajarkan materi yang ada dalam silabus yang saya buat tersebut, seminim apapun fasilitas komputernya, dan siapapun gurunya.

Materi pelajaran komputer di era saat ini, Generasi Alfha

Era saat ini disebut juga dengan era generasi alpha. generasi yang lahir dari tahun 2011 – 2015, generasi yang ketika mereka lahir teknologi sudah berkembang dengan canggihnya. Maka intensitas pergaulan dengan perangkat teknologi seperti komputer dan gadget sudah menjadi hal lumrah, pada kondisi seperti ini muncul pertanyaan tentang materi pelajaran komputer yang relevan untuk mereka.

Apa materi pelajaran komputer yang cocok dengan anak usia SD saat ini?

Ada beberapa materi yang sebenarnya tetap relevan digenerasi apapun. Materi itu adalah materi office. Kalau menggunakan aplikasi buatan Bil Gate maka materi menggunakan aplikasi Microsoft Offie akan tetap relevan di era apapun.

Aplikasi wordprocessor merupakan aplikasi yang akan tetap digunakan sekalipun teknologi terus berkembang. Karena aplikasi wordprocessor ini merupakan media pengganti alat tulis dan kertas, sedangkan kebutuhan menulis akan terus ada sampai kapanpun. Jadi, materi mengetik di aplikasi wordprocessor akan tetap dibutuhkan. Tinggal bagimana cara mengemasnya saja.

Begitupun dengan aplikasi spreadsheet, ini juga merupakan aplikasi yang tak lekang oleh zaman. Keberadaanya dan fungsi-fungsinya sangat dibutuhkan, terutama untuk pengolahan data sementara.

Sedangkan untuk aplikasi presentation, sekalipun tetap digunakan tetapi belakanga banyak varian aplikasi canggih yang bisa digunakan untuk membuat slide presentasi.

Maka saya mengurutkan beberapa materi yang menurut saya pas untuk anak-anak usia SDĀ  saat ini, antara lain;

1). Materi pegolah kata menggunakan aplikasi wordprocessor

2). Materi pengolah angka menggunakan aplikasi spreadsheet

3). Materi membuat slide presentasi kreatif dan animasi sederhana menggunakan aplikasi presentation

Saya rasa tiga materi tersebut tetap relevan untuk menjadi materi pokok pembelajaran mata pelajaran mulok TIK / komputer di level Sekolah Dasar.

Bagaimana dengan materi ini;

1). Disain grafis menggunakan adobe photosop

2). Belajar pemrograman menggunakan scratc, alice, atau tynker atau visual basic

3). Robotik

Materi-materi tersebut menurut saya boleh diajarkan, tapi sebatas pilihan, tidak masuk dalam materi pokok pembelajaran. Sebab materi-materi tersebut sekalipun terdengar “wah” dan “canggih” tapi kurang bermanfaat bagi anak-anak usia SD, materi seperti itu cocoknya diajarkan untuk anak di level SMP dan SMA.

Jadi, dalam modul TIK SD terbaru yang akan saya buat, saya akan tetap membuat materi-materi pokok tadi yaitu materi aplikasi perkantoran, tentu dengan versi aplikais terbaru dan cara penyajian yang berbeda disesuaikan dengan kebutuhan penggunakan aplikasi tersebut di eras saat ini. Misalnya untuk penggunaan aplikasi presentation saya akan lebih senang menyajikannya untuk membuat karakter dan film animasi sederhana ketimbang membuat slide-slide presentasi.

Kira-kira seperti itulah Materi Pelajaran Komputer Untuk Anak Usia SD yang pas untuk anak SD di era generasi Z saat ini. Mungkin penyusun buku komputer level SD lainnya berpendapat berbeda, tapi secara pribadi saya berpendapat materi-materi itulah yang pas diajarkan kepada anak usia Sekolah Dasar.

Modul Komputer laris yang paling banyak di beli:

  • Modul Kursus Komputer Paket Office (Word & Excel) Rp. 270.000;
  • Modul Paket Office Lengkap Word, Excel, PPoint, Access Rp. 375.000;
  • Modul TIK/Mulok Komputer Kelas 1,2,3,4,5,6 SD Rp.225.000;
Lihat produk-produk Modul Komputer kami Disini


BONUS:
Tiap paket modul yang anda beli sudah dilengkapi dengan BONUS-BONUS modul komputer menarik lainnya. Dan BONUS administrasi mengajar, administrasi kursus, template sertifikat, dan contoh proposal pendirian lembaga kursus komputer.

CARA PESAN MODUL:
Pesan / Order modul yang anda pesan melalui SMS/WA ke nomor: 0813 1951 3609
Contoh: "Order Modul TIK SD, Bapak Abdul, Jakarta"

ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP