Cara Membuat Teks Berada Ditengah Tabel Microsoft Word

Cara Membuat Teks Berada Ditengah Tabel Microsoft Word ini mungkin menjadi pertanyaan pengunjung web modulkomputer.com yang saat ini lagi kebingungan lantaran teks tidak bisa berada diposisi menggantung (tepat berada ditengah-tengah cells tabel). Ini masalah klasik, dan sangat lumrah terutama bagi pemula yang jarang mengetik, jarang membuat tabel di Microsoft Word. Pemecahan masalah teks yang tidak bisa berada ditengah-tengah tabel tersebut akan dikupas pada posting kali ini.

cara membuat tulisan berada ditengah tengah tabel microsoft word

Berikut tips dan langkah-langkah pengaturan teks / tulisan pada kotak tabel (celss) pada aplikasi perkantoran Microsoft Office Word, papaun versi MS Wordnya, langkahnya sama.

cara membuat teks berada ditengah tabel microsoft word
Ilustrasi teks tidak bisa berada ditengah cell tabel

Pada ilustrasi diatas, terlihat teks pada kolom tabel tidak berada tepat ditengah-tengah. Mungkin anda kepikiran untuk menggunakan tool align center. Tapi setelah menggunakan tools tersebut posisi teks masih belum tepat berada ditengah kolom, berada ditengah tetapi masih lebih dekat kegaris atas kolom.

Baigi yang belum paham membuat Tabel di Microsoft Word dari A-Z, baca panduan awalnya disini; cara membuat tabel di Microsoft Word

Pengaturan Teks pada Tabel Microsoft Word

Anda bisa menggunakan pengaturan teks pada tabel melalui tools Properties Table. Untuk memunculkan properties table, caranya sebagai berikut:

1). Klik kanan pada ujung kiri atas tabel (kalo kursor didekatkan ada tanda plus)

cara teks menggantung pada tabel word

2). Klik Table Properties, nantinya akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini

membuat teks berada ditengah tabel

3). Klik Cell, pilih Center, klik Ok.

Sampai pada pengaturan ini, mestinya posisi teks sudah berada ditengah tabel. Tapi ternyata posisi teks masih belum berubah posisi ke tengah cell.

Langkah berikutnya mungkin anda akan menggunakan menu Layout, dan memilih icon Align Center. Seperti langkah dibawah ini:

1). Blok teks tabel

tips membuat teks ditengah tabel word

2). Klik menu Layout, pilih Align Center

membuat teks menggantung di tabel word

3). Ternyata hasilnya belum memuaskan, sekalipun teks sudah berubah posisi tepati belum menggantung ditengah-tengah cells, tampilan teksnya masih seperti dibawah ini.

mengatasi teks yang tidak mau ketengah di tabel word

Cara Atasi Teks yang Tidak Bisa Berada Ditengah Cell

Bingung kan? Bagi pemula yang jarang sekali menggunakan aplikasi Microsoft Word, kalau menemukan probelm seperti ini pastinya bingung. Ini hal yang wajar tentunya, jam terbang atau seberapa sering anda menggunakan suatu aplikasi itu kuncinya. Semakin sering menggunakan aplikasi dan tool membuat tabel maka semakin mudah anda mendeteksi letak permasalahannya.

Baca artikel tips dan trik Microsoft Word lainnya:

Lalu, bagaimana cara mengatasi teks yang tidak bisa menggantung ditengah-tengah Cell Tabel? Letak kesalahannya dimana?

Letak permasalahannya biasanya pada pengaturan paragraf. Sebelumnya mungkin default paragraf pada laman kera Microsoft anda adalah diatas 1 paragraf, bisa 1,5 atau 2 mungkin. Atau anda sudah mengatur paragraf tulisan anda menjadi 1,5 misalnya.

Untuk itu silahkan cek paragraf laman kerja Microsoft Word anda, caranya dengan langkah berikut:

1). Blok seluruh tabel anda

2). Pada tab Home, pilih icon Paragraf lihat posisi paragraf anda diangka berapa (pada contoh ada diangka 1,5) artinya paragraf pada laman kerja pada contoh adalah paragrafh 1,5.

mengatasi teks yang tidak mau ketengah tabel word

2). Selanjutnya klik Line Spacing Option, nantinya akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini

atasi teks tidak bisa menggantung di tabel word

3). Rubahlah ukuran spasi ke Single, dan pada before dan after rubah ke angka 0, klik Ok. Dan hasilnya seperti dibawah ini, teks sekarang sudah berada ditengah-tengah cell.

teks ditengah tengah tabel word

Berubah sih teksnya ketengah, tapi ukuran tinggi baris tabelnya jadi kecil, jadi paragraf 1.

Anda tentu masih kecewa, lantaran sekalipun teksnya sudah berubah ketengah, tetapi tampilan tabelnya tidak seperti yang anda inginkan. Untuk mengatasi cara ini selanjutnya anda bisa melakukan perubahan-perubahan seperti berikut;

1). Blok seluruh isi tabel

2). Klik kanan, pilih Table Properties

3). Pilih Row, pada specipy height masukan angka yang diinginkan, misalnya 0,5, 0,7, atau 1, atau sesuai tinggi baris tabel yang anda inginkan. Pada contoh saya memasukan angka 1.

agar teks berada ditengah tabel word

4). Klik Ok, maka tampilan tabel sudah berubah dan teks tepat berada di tengah Cell.

tips agar teks ditengah tabel word

Nah, kalau sekarang sepertinya tampilan tabel sudah sesuai dengan anda inginkan. Teks sudah berada ditengah-tengah cell, dan ukuran tinggi baris tabel juga sudah sesuai dengan anda inginkan.

Baca Panduan Microsoft Word lainnya disini, untuk menambah perbendaharaan pengetahuan anda pada penguasaan aplikasi Microsoft Word.

Penutup

Demikian tips dan trik cara membuat teks berada ditengah-tengah cell tabel Microsoft Word kali ini, semoga panduan diatas bisa anda ikuti, dan dapat mengatasi permasalahan anda saat ini. Sering-seringlah berlatih membuat tabel di Microsoft Word, semakin anda sering berlatih, maka semakin mudah pula anda mendeteksi problem pengetikan yang anda temui. Jangan lupa, kunjungi halaman toko kami untuk melihat produk-produk kami, siapa tau ada modul pembelajaran komputer yang sedang anda butuhkan saat ini.


Dapatkan Modul Komputer Pilihan Dibawah ini:

Lihat produk-produk Modul Komputer kami Disini

BONUS:
Tiap paket modul yang anda beli sudah dilengkapi dengan BONUS-BONUS modul komputer menarik lainnya. Dan BONUS administrasi mengajar, administrasi kursus, template sertifikat, dan contoh proposal pendirian lembaga kursus komputer.

CARA PESAN MODUL:
Pesan / Order modul yang anda pesan melalui SMS/WA ke nomor: 0813 1951 3609
Contoh: "Order Modul TIK SD, Bapak Abdul, Jakarta"

ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP