Belajar Menyisipkan Gambar di Microsoft Word

Belajar Menyisipkan Gambar di Microsoft Word–Ya, beajar menyisipkan gambar kedalam dokumen yang dibuat di aplikasi microsoft office word, baik microsoft office word 2007, microsoft word 2010, microsoft word 2013 dan versi micsoroft word terbaru lainnya. Materi menyisipkan gambar di Microsoft Word ini merupakan sub materi pada mata pelajaran mulok komputer kelas 4 SD, TIK kelas 7 SMP, KKPI dan pengelolaan informasi di SMK, atau simulasi digital.

Menu bar yang digunakan untuk melakukan proses menyisipkan gambar kedalam dokumen Microsoft Word adalah kumpulan menu Ilustrations yang terdapat pada menu Insert. Tampilan sub-sub menu pada kumpulan menu ilustrations di Microsoft Word 2007 seperti tampilan dibawah ini.

cara menyisipkan gambar di microsoft word

Ada dua jenis pilihan menu yang dapat digunakan untuk menyisipkan gambar kedalam dokumen Microsoft Word, yang pertama menggunakan menu Image, dan yang kedua menggunakan menu Clipt Art. Dua-duanya merupakan menu untuk menyisipkan bentuk gambar, tetapi dokumen gambar yang disisipkan berbeda.

Menu Image digunakan untuk menyisipkan berbagai format gambar, seperti photo, dan format image lainnya. Sedangkan Clipt Arti digunakan untuk menyisipkan berbagai bentuk gambar clipt, atau kartun yang sudah disediakan secara default oleh aplikasi Microsoft Word.

Cara Menyisipkan Gambar di Microsoft Word

Berikut langkah-langkah menyisipkan gambar kedalam dokumen pada aplikasi Microsoft Word

1. Siapkan terlebih dahulu stok gambar pada folder ficture misalnya

2. Buka dokumen Microsoft Word

3. Letakan kursusr pada area yang akan dimasukan gambar

4. Klik Insert – klik Image – pilih gambar – klik Insert

langkah menyisipkan gambar di microsoft word

Cara lain menyisipkan gambar kedalam dokumen Microsoft Word

Cara lainnya untuk menambahkan ilustrasi gambar kedalam dokumen Word adalah, dengan cara salin dan tempel.

Langkah-langkahnya seperti berikut;

1. Buka folder yang berisi gambar, kemudian pilih gambar

2. Klik kanan pada gambar yang dipilih, kemudian pilih copy

3. Letakan kursor pada area yang akan ditempatkan gambar pada dokumen word

4. Klik kanan mouse, pilih paste

5. Atur ukuran gambar dan posisi gambar

Cara Setting Ukuran dan Posisi Gambar di Microsoft Word

Setelah tahu cara menyisipkan gambar pada dokumen Microsoft Word, berikutnya harus tahu juga cara mengatur ukuran gambar dan cara mengatur posisi gambar. Sebab ketika gambar berhasil diletakan, adakalanya gambar terlalu besar atau terlelau kecil. Begitupun dengan peletakannya, gambar tidak bisa di drag /geser ke area yang diinginkan. Untuk itu lakukanlah pengaturan-pengaturan dibawah ini;

Cara merubah ukuran gambar di Microsoft Word

Untuk merubah ukuran gambar, baik diperbesar maupun diperkecil caranya yaitu;

1. Aktifkan gambar dengan cara meng-Klik gambar

2. Klik kanan, pilih Size

cara mengatur tinggi dan lebar gambar di microsoft word 1

3. Masukan ukuran tinggi pada Height, dan ukuran lebar pada Width

cara mengatur tinggi dan lebar gambar di microsoft word

4. Klik Close, maka gambar pun sudah berubah ukurannya

Cara Mengatur Posisi Gambar di Microsoft Word

Gambar sudah diatur tinggi dan lebarnya, pas mau digeser-geser kok tidak bisa. Nah, untuk dapat menggeser-geser gambar, memindahkannya dari satu posisi ke posisi lain, langkahnya;

1. Aktifkan gambar

2. Klik kanan mouse pada gambar yang aktif

3. Pilih Text Wrapping

4. Pilih In front of Text

cara mengatur posisi gambar di microsoft word

5. Geser – geser gambar ke area yang diinginkan

Pada pilihan menu Text Wrapping, ada tujuh pilihan pengaturan posisi gambar. Yaitu in lne with text, square, tight, behind text, in front of text, top and bottom, dan trough. Semuanya memiliki fitur pengaturan tertentu, misalnya behind text maka ketika memilih fitur tersebut maka gambar akan ditempatkan dibelakang text. Silahkan coba-coba sendiri fitur-fitur tersebut.

Fitur-fitur lainnya untuk pengaturan Gambar di Microsoft Word

Masih banyak fitur menu lainnya yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam perubahan terhadap gambar yang disisipkan pada dokumen word.

Semua fitur tersebut ada pada menu format. Misalnya jika kita ingin memberi bingkai gambar, atau merubah gambar dalam bentuk rectangle dan rounded, bisa menggunakan fitur menu Picture Style.

Atau ketika ingin memberi effect, maka bisa menggunakan fitur menu Picture Effect. Dengan menu ini kita bisa memberi efek seperti Shadow, Glow dan lain sebagainya.

Ada juga menu Rotate dan Crop,  fitur rotateini bisa digunakan untuk melakukan rotasi / perputaran gambar dengan skala tertentu. Sedangkan fitur menu Crop digunakan untuk melakukan cropping pada gambar.

Demikian panduan belajar cara menyisipkan gambar kedalam dokumen Microsoft Word ini, semoga bisa menjadi panduan yang bermanfaat bagi semuanya.

Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *