Rumus Untuk Menampilkan Data Yang Diinput Dari Sheet Lain

Rumus Untuk Menampilkan Data Yang Diinput Dari Sheet Lain di Microsoft Excel – Apabila kita ingin menampilkan isi Cells yang terdapat pada Sheet yang berbeda pada Microsoft Excel, rumusnya cukup mudah. Ini jika hanya ingin menampilkan isi cells dari suatu sheet. Tapi kalau untuk menampilkan seluurh isi seheet, kita bisa menggunakan rumus formula lookup dan rumus formulas lainnya.

Menampilkan isi cells yang di input dari sheet lain, bisa digunakan dalam pembuatan aplikasi sederhana berbasis Microsoft Excel, dimana data pendukung di input dari sheet berbeda, misalnya data diinput dari sheet 1 dan akan ditampilkan pada sheet 2 untuk di cetak / print.

Rumus menampilkan isi cells dari sheet lain di Microsoft Excel

Untuk menampilkan isis cells dari sheet yang berbeda rumusnya sangat mudah, yaitu

=Sheet!Cells

Keterangan:

Sheet, merupakan nama sheet yang datanya akan diambil, misalnya sheet 1

Cells, merupakan nama cells yang datanya akan diambil, misalnya A1

Contoh rumusnya:

=Sheet1!A1

Rumus tersebut artinya, data akan diambli dari Sheet 1 pada Cells A1.

Paham ya? Mudah-mudahan paham. Untuk contoh, perhatikan contoh penggunaan rumus tersebut pada visualisasi gambar dibawah ini.

Misalnya kita memiliki data pada Sheet 1 seperti tampilan berikut;

rumus menampilkan isi cells dari sheet berbeda

Kemudian kita akan menampilkannya kembali data tersebut pada Sheet 2, misalnya tampilan layout datanya seperti dibawah ini,

cara menampilkan data cell dari sheet berbeda

Misalnya kita ingin memasukan NIS pada kolom C1, data diambil dari Sheet 1 pada kolom B2, maka rumusnya seperti ini:

=Sheet1!B2

Begitupun untuk menampilkan data Nama Siswa pada kolom C2, data diambil dari Sheet 1 pada kolom C2, rumusnya seperti ini:

=Sheet1!C2

Tampilan penulisan kedua rumus diatas, seperti dibawah ini;

rumus link antar sheet di excel

Maka hasilnya, sekarang data yang ada di Sheet 1 sudah tampil pada kolom Sheet 2 seperti tampilan dibawah ini;

rumus data sheet excel

Dengan menggunakan rumus untuk menghubungkan data cell antar sheet di Microsoft Excel ini, kita jadi lebih mudah dalam menampilkan data yang di input dari sheet lain.

Perhatikan gambar atas, jika kita ingin menampilkan NIS dan Nama Siswa yang sama tanpa harus mengetik ulang rumus satu persatu, maka kita bisa menggunakan rumus formula lookup untuk menampilkan data dari sheet lain di Microsoft Excel, caranya cukup mudah, tinggal memasukan rumus seperti ini;

=Vlookup(E1,Sheet1!A2:C6,1,True) – Untuk menampilkan NIS dari Sheet 1

=Vlookup(E1,Sheet1!A2:C6,2,True) – Untuk menampilkan Nama Siswa dari Sheet 1

Untuk tutorial lengkapnya mengenai penggunaan rumus formulas lookup ini, silahkan melihatnya pada tutorial cara menampilkan data pada sheet yang berbeda berdasar kriteria di Microsoft Excel ini.

Demikian tutorial kali ini mengenai Rumus Untuk Menampilkan Data Yang Diinput Dari Sheet Lain ini, mudah-mudahan saja bermanfaat dan dapat membantu melengkapi materi pada modul komputer microsoft excel pro yang bisa bapak/ibu dapatkan pada laman toko web ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *