Panduan Cara Menggunakan Mouse Komputer Bagi Anak Usia Sekolah Dasar

Panduan Cara Menggunakan Mouse Komputer Bagi Anak Usia Sekolah Dasar–Hallo bapak/ibu Guru yang lagi membaca panduan disini www.modulkomputer.com, semoga hari anda menyenangkan hari ini. Satu lagi panduan sederhana yang akan bermanfaat bagi siapapun yang berprofesi sebagai tenaga pengajar, atau instruktur komputer untuk anak-anak, terutama anak usia sekolah dasar, dan belum mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana memberikan materi menggunakan mouse komputer untuk anak-anak.

Sepintas materi menggunakan perangkat tetikus komputer ini tidak terlalu penting, karena secara visual bisa dilihat dan langsung dipraktikan. Cuma menggerak-gerakan kekiri atau kekanan, maju atau mundur atau diagonal sesuai keinginan penggunanya. Padahal materi ini jika tidak disampaikan dengan benar, akan berbahaya bagi anak-anak.

Bahaya?

Kok bisa bahaya?

Menggunakan mouse komputer dengan cara yang tidak tepat dalam durasi lama, atau terus menerus, bisa mengakibatkan gejala carpal tunnel syndrome. Yaitu gejala dimana awalnya tangan terasa sakit, kesemutan, terasa kebas atau baal. Keadaan seperti ini jika dibiarkan  akan semakin parah karena akan terjadi kerusakan cabang motoris otot yang menggerakkan ibu jari, sehingga ibu jari akhirnya tidak bisa menekuk dan susah bertemu dengan jari lain. Kalau sudah begini fungsi-fungsi jari akan berkurang, nantinya tidak bisa mengancingkan baju, tidak bisa pegang uang, tidak bisa pegang sendok dan pekerjaan lainnya yang biasanya dikerjakan menggunakan jari tangan.

Bagi yang pernah belajar materi interaksi manusia dan komputer (interkom) di semester 4 kuliah sistem informasi, pasti sering mendengar contoh-contoh gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh penggunaan perangkat komputer yang tidak tepat, salah satunya akibat penggunaan mouse.

panduan menggunakan mouse komputer untuk anak anak

Sebelum mengenalkan cara menggunakan mouse kepada anak-anak, beberapa point dibawah ini seharusnya dipahami dulu oleh guru, atau instruktur.

(1). Fungsi Mouse komputer yang harus dijelaskan kepada anak-anak

Mouse pada komputer memiliki fungsi untuk mengarahkan dan juga mengatur posisi kursor ( pointer) sebagai penunjuk tombol atau objek perintah pada desktop di monitor.

Beberapa fungsi umum dari mouse adalah:

  • Penggerak pointer baik itu klik atau drag and drop.
  • Memperbesar dan memperkecil tampilan, pada beberapa aplikasi dengan menskrol mouse maju atau mundur dapat melakukan perubahan tampilan zoom in dan zoom out.
  • Melakukan intruksi dan konversi ke sinyal elektronik yang dapat dimengerti oleh sistem komputer.
  • Digunakan untuk melakukan scrolling pada layar dengan menggunakan roda scroll yang ada pada mouse.
  • Digunakan Untuk melakukan perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, tombol kanan pada mouse jika diklik 2x berfungsi sebagai tombol enter pada perintah eksekusi. Atau untuk membuka menu tersembunyi pada aplikasi.

Jika punya banyak waktu, guru/instruktur dapat menjelaskan fungsi-fungsi umum tadi dengan langsung mempraktikannya dihadapan siswa. Terutama untuk point klik kanan, karena klik kanan nantinya akan sering digunakan saat anak belajar menggunakan aplikasi komputer.

(2) Visualisasi Bagian-bagian Mouse Komputer

Secara detail materi ini (baca: bagian-bagian komputer) sebenarnya tidak perlu dijelaskan kepada anak-anak usia sekolah dasar, tetapi gurunya / instruktur yang akan mengajar materi penggunaan mouse harus tahu. Yang perlu dijelaskan adalah bagian-bagian umumnya saja.

bagian-bagian mouse komputer dan fungsinya

Lihat visualisasi bentuk mouse diatas!

Secara umum bagian-bagian mouse terdiri dari:

  1. Tombol kiri, digunakan untuk klik tombol kiri
  2. Tombol kanan, digunakan untuk klik tombol kanan
  3. Bola scrol, digunakan untuk melakukan scrol
  4. Lampu indikator, adanya dibawah mouse, fungsinya sebagai indikator mouse terhubung dengan komputer, atau sebagai indikator mouse tersebut masih berfungsi atau tidak, jika menyala berarti tidak ada masalah, jika tidak menyala berarti bisa dua kemungkinan mouse sudah rusak atau tidak terhubung dengan komputer, atau untuk mouse wireless bisa jadi baterainya habis.

(3). Beberapa Operasi Dasar pada Mouse Komputer ini Harus Dijelaskan Kepada Anak-anak

Pada saat menggunakan mouse tentu ada caranya. Cara yang satandar digunakan ini disebut operasi dasar, seperti apa operasi dasar penggunaan mouse komputer, lihat dibawah ini:

  • Menggerakan mouse sesuai arah pointer yang diinginkan pada layar. Misalnya ingin menggerakan ponter ke sudut kiri bawah, atau yang lainnya. Cara penggunaanya tinggal menggerak-gerakan mouse kekiri, kekanan, maju, mundur atau diagonal.
  • Klik tombol kiri, digunakan untuk membuka menu atau memilih item di layar, berupa icon, file, opsi menu, atau mengkses menu, menandai / memilih pada dialog box, memindahkan kursor saat menulis, memilih objek tertentu dan sebagainya. Cara penggunaanya, dengan cara menekan tombol kiri biasanya menggunakan jari telunjuk.
  • Klik tombol kanan, digunakan untuk memunculkan context menu atau menu yang berhubungan dengan objek yang sedang ditunjuk, misalnya pada aplikasi Microsoft Word jika ditekan klik kanan akan muncul menu copy, paste, cut, font, paragraph, bullets, numbering, dan menu tersembunyi lainnya. Cara penggunaanya yaitu dengan menekan tombol kanan, biasanya menggunakan jari tengah.
  • Drag and Drop. Drag yaitu menyeret atau memindahkan kursor / pointer ke arah tertentu dan tetap mempertahankan klik kiri tidak terlepas. Ini biasa digunakan untuk memindahkan objek, melakukan blok teks, atau memilih beberapa objek sekaligus, misalnya ketika drag suatu paragraf untuk melakukan copy-paste. Drag dan drop juga bisa digunakan untuk menunjuk satu objek / icon, mengklik dan menahan tombol kiri, kemudian mengarahkan mouse ke tempat yang diinginkan, lalu melepas tekanan pada tombol. Dapat dianalogkan dengan gerakan mengambil benda, menggenggam, mengarahkan, lalu melepaskan benda di tempat yang diinginkan.
  • Klik dua kali / double klik. Digunakan untuk membuka atau menjalankan suatu program tertentu, misalnya jika klik ganda pada shortcut aplikasi Paint maka program tersebut akan segera terbuka. Cara penggunaan operasi double klik, tinggal klik dua kali dengan cepat.

(4). Cara Menggunakan Mouse / Posisi Tangan Saat Memegang Mouse

Bagian ini merupakan bagian penting dari panduan cara menggunakan mouse untuk anak-anak usia sekolah dasar, guru / instruktur wajib menjelaskannya dengan benar, jangan sampai salah. Karena kesalahan menyampaiakan materi ini akan berdampak jangka panjang, setelah remaja dan dewasa nanti anak-anak tersebut akan menggunakan mouse sebagaimana yang diajarkan gurunya pada waktu kecil. Padahal cara yang salah pada saat menggunakan mouse berdampak terhadap bentuk dan kesehatan fisik, seperti yang saya tulis pada blog pribadi saya lainnya disini.

Untuk lebih jelas, seperti apa posisi tangan saat menggunakan mouse komputer, silahkan lihat pada visualisasi gambar tangan pada saat menggunakan mouse dibawah ini.

posisi tangan saat menggunakan Mouse komputer

Perhatikan pada viasualisasi gambar diatas, ada dua bagan, kiri dan kanan. Sengaja admin buat seperti itu agar ketika guru menjelaskan materi ini bisa langsung divisualisasikan saja kepada anak-anaknya.

Bagian kiri, lihat bagan kiri. Merupakan contoh posisi tangan yang salah pada saat menggunakan mouse komputer. Lihat, ada empat posisi tangan yang salah.

Bagian kanan, lihat bagan kanan. Pada bagan kanan merupakan contoh posisi tangan yang tepat, benar, ketika menggunakan mouse komputer. Ada dua gambar, yang atas penampakan gambar jika dilihat dari samping, dan yang bawah penampakan gambar jika posisi tangan saat memegang mouse dilihat dari atas.

posisi duduk pada saat menggunakan mouse

Pada visualisasi kedua, lihat gambar atas. Merupakan contoh posisi pengguna komputer menjangkau mouse. Gambar yang sebelah kiri, merupakan contoh yang tidak tepat pada saat menjangkau mouse. Gambar yang kanan merupakan contoh yang tepat pada saat menjangkau mouse.

Baca dua panduan sebelumnya yang penting dibaca oleh guru/instruktu komputer yang akan mengajar untuk anak usia sekolah dasar (SD);

Panduan Memperkenalkan Perangkat Komputer Kepada Anak SD dan Pemula

Panduan Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer Bagi Anak-anak

Nah itulah beberapa hal penting dari materi Cara Menggunakan Mouse Komputer ketika materi ini diberikan kepada Anak Usia Sekolah Dasar. Sebenarnya materi ini adalah materi umum, yang akan dijelaskan berulang-ulang oleh guru / instruktur ditiap satuan pendidikan. Ketika masuk SMP, materi ini juga akan diulang, ketika masuk SMA materi ini juga akan diulang, bahkan ketika kuliah pada jurusan ilmu komputer materi ini juga akan ditemukan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk memperbarui, atau mengingatkan kembali para guru / instruktur pada saat akan mengajar mapel komputer pada materi cara menggunakan mouse.

INFO TAMBAHAN;
Untuk memudahan guru / instruktur komputer yang akan mengajar siswa tingkat sekolah dasar (SD), sebaiknya menggunakan Modul komputer. Dengan modul belajar komputer menjadi lebih mudah. Bagi yang ingin mendapatkan Modul Komputer SD Kelas 1-6 untuk memudahkan dalam belajar dan mengajar mata pelajaran Komputer tingkat SD tersebut, silahkan cari tahu cara mendapatkannya disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *