Belajar Mewarnai Menggunakan Microsoft Paint

Belajar mewarnai menggunakan Paint – Salah satu materi pembelajaran komputer tingkat sekolah dasar untuk kelas rendah (kelas 1-3), adalah menggunakan aplikasi pengolah gambar sederhana Microsoft Paint. Dan salah satu sub materi dari pelajaran tersebut adalah, mewarnai objek. Sub materi ini cocok diberikan kepada siswa kelas rendah, terutama kelas 1 dan 2 SD, karena untuk kelas 3 SD materinya sudah kepada membuat bentuk-bentuk / objek dengan Paint.

Untuk mengajarkan materi mewarnai menggunakan MS Paint ini, ada beberapa skenario yang bisa dibuat oleh Guru, Instruktur, atau para orang tua ketika ingin mengajarkan materi ini kepada siswa atau putra/putrinya. Skenario-skenario tersebut terkait dengan persiapan materi dan bahan mengajar.

Skenario Mengajar Mewarnai Menggunakan MS Paint

Skenario pertama, guru mengenalkan tools untuk mewarnai. Kemudian dilanjut dengan contoh cara mewarnai objek. Kemudian setelah siswa terlihat mampu, dilanjut dengan latihan mewarnai. Pada saat latihan mewarnai ini, siswa berkreasi dengan warna-warni yang mereka sukai.

Skenario kedua, siswa mewarnai objek yang terlebih dahulu sudah disiapkan oleh guru, instruktur, atau para orang tuanya. Objek-objek tersebut berbentuk sketsa, nantinya siswa tinggal mewarnai saja sesuai dengan warna kesukaanya. Objek-objek tersebut tersebut bisa diperoleh dari internet, atau sketsa hasil buatan guru yang sudah discan tentunya.

Oke, supaya jelas runtutan proses mengajarnya, kurang lebih seperti ini:

  • Mengenalkan tools / menu untuk mewarnai
  • Memberi contoh cara mewarnai objek
  • Memberi latihan – latihan
  • Melakukan evaluasi

Untuk bahan mengajar tersebut, dibawah ini admin tampilkan runtutan materinya;

Tools/Menu Untuk Mewarnai di Microsoft Paint

Menu yang digunakan untuk mewarnai di Microsoft Paint, yaitu:

A. Icon Menu Fill WIth Color

menu untuk mewarnai di Paint 1

Ikon berbentuk kaleng cat tumpah ini digunakan untuk mewarnai objek, dengan terlebih dahulu memilih jenis warna pada icon pallete color.

B. Icon Pallete Color

menu pallete color di microsoft paint

Ikon menu palet Color digunakan untuk memilih jenis-jenis warna. Setelah memilih jenis warna dilanjutkan dengan mengklik icon menu fill with color, kemudian meletakannya pada objek untuk memberi sapuan warna pada objek tersebut.

Lihat: Materi Microsoft Paint dari A – Z super lengkap

Cara Mewarnai di Microsoft Paint

Cara menggunakan icon menu Fill With Color dan Pallete Color

Berikut cara menggunakan icon menu fill with color dan pallete color:

1.  Buat objek yang akan diwarnai pada jendela kerja Paint, misalnya seperti objek-objek dibawah ini

sketsa bahan mewarnai di microsoft paint

2. Pilih jenis warna pada icon menu pallete color misalnya warna Merah, indikator warna sudah dipilih terlihat pada Color 1, warnanya harus sama dengan warna yang dipilih.

memilih warna di microsoft paint

3. Kemudian, klik icon menu Fill With Color (gambar kaleng cat tumpah)

langkah langkah mewarnai objek di paint

4. Letakan ikcon menu fill with color ke objek yang akan diwarna, klik mouse, maka objek akan berwarna

mewarnai objek menggunakan ms paint

5. Coba warna warni lainnya untuk mewarnai keempat objek diatas, sehingga hasilnya seperti dibawah ini

contoh hasil mewarnai objek dengan paint

Latihan Mewarnai Menggunakan Microsoft Paint

Cara mewarnai sudah diberikan diatas, berikutnya asah kemampuan anak dengan latihan-latihan. Dibawah ini ada beberapa sketsa yang bisa diberikan kepada siswa untuk diwarnai.

Sketsa icon untuk diwarnai menggunakan Paint

icon small for coloring with paint modulkomputerdotcom

Silahkan warnai icon-icon diatas dengan warna yang kontras, seperti kuning atau merah. Warna yang cocok, yaitu warna kuning pada face, dan warna hitam serta putih pada area mata. Tapi biarkan anak bereksplorasi dengan imajinasi warna yang mereka sukai, sekalipun mungkin menurut kita warna tersebut tidak cocok, atau pas.

Contoh objek lainnya yang bisa dijadikan objek untuk latihan mewarnai di Microsoft Paint,

sketsa untuk mewarnai

Warnai sketsa pohon diatas dengan warna yang sesuai. Misalnya warnai daun dengan warna hijau, dan warnai batang pohon dengan warna kayu, warna coklat misalnya. Warnai pula latar dari keempat sketsa pohon tersebut dengan warna latar alami, misalnya warna biru langit.

Dapatkan Modul Mewarnai Menggunakan Paint untuk Anak-anak

Demikian artikel Belajar Mewarnai Menggunakan Microsoft Paint kali ini, sebagai pengantar mengajar, atau pengantar belajar komputer anak-anak, mudah-mudahan bermanfaat.

Untuk pengantar materi belajar mewarnai menggunakan Microsoft Paint yang lebih lengkap, khusus dibuat untuk keperluan mengajar anak-anak, admin sudah menyiapkan Modul Komputer Belajar Mewarnai Menggunakan Paint untuk siswa kelas 1 SD, kelas 2 SD, dan kelas 3 SD.

Dengan modul komputer ini mengajar mewarnai menggunakan Paint jadi sangat mudah, bapak/ibu tidak perlu repot-repot lagi menyiapkan materi, termasuk objek-objek yang akan siswa warnai, semuanya sudah disediakan. Tinggal ikuti petunjuk dan latihan dalam modul, maka anak-anak akan pintar mewarnai dengan Paint.

Dapatkan Modul Belajar Mewarnai Menggunakan Paint disini.

Artikel ditulis oleh:
Mulyadi Tenjo
Guru TIK SD, dan Guru mapel produktif Multimedia di SMK swasta di Kab. Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *