Latihan Membuat Pembukuan Sederhana Menggunakan Excel

Latihan Membuat Pembukuan Sederhana Menggunakan Excel ini merupakan contoh latihan praktik pada paket kursus komputer program aplikasi Microsoft Excel, atau materi pelajaran Aplikasi Perkantoran pada sekolah menengah atas. Biasa pula diajarkan pada kegiatan pelatihan atau workshop pengelolaan keuangan UKM dan lain sebagainya. Fungsi-fungsi yang digunakan pada pembuatan pembukuan sederhana menggunakan Excel ini kami sertakan dalam materi Modul Microsoft Excel Pro yang bisa anda dapatkan pada laman toko kami.

cara mudah membuat pembukuan di microsof excel

Silahkan lihat secara detail materi Modul Microsoft Excel pro tersebut, atau langsung mengunjungi laman toko kami ini.

Contoh Pembukuan Excel

Sesuai judul artikel ini yaitu membuat pembukuan sederhana, maka tampilan pembukuan dalam jendela kerja Microsoft Excel tersebut seperti dibawah ini;

Contoh 1; Tampilan pembukuan sederhana menggunakan Microsoft Excel

contoh pembukuan sederhana menggunakan excel

Bagi yang belum paham maksud dari tiap kolom diatas, silahkan baca terlebih dahulu keterangan masing-masing fungsi kolom dibawawah ini;

Kolom No; digunakan untuk menampilkan urutan nomor input data
Kolom Tanggal; digunakan untuk menampilkan tanggal transaksi
Kolom Ket/Uraian; digunakan untuk menampilkan deskripsi transaksi
Kolom Debet; digunakan untuk menampilkan nominal pemasukan
Kolom Kredit; digunakan untuk menampilkan nominal pengeluaran
Kolom Saldo; digunakan untuk menampilkan nominal sisa

Untuk lebih jelasnya mengenai masing-masing fungsi kolom tersebut, berikut contoh tampilan kolom pembukuan yang sudah berisi data transaksi;

cara membuat pembukuan sederhana menggunakan Excel

Tabel diatas sudah berisi data transaksi baik pemasukan mapun pengeluaran, jadi tabel data diatas bisa disebut contoh pembukuan pemasukan dan pengeluaran keuangan sederhana. Untuk pencatatan laporan keuangan lainnya bisa disesuaikan dengan model pembukuan akuntansi.

Memasukan Rumus Excel

Rumus Excel yang akan kita gunakan untuk mengotomasi nominal pada kolom Saldo, nominal Total Debet, nominal Total Kredit, dan nominal Total Saldo.

Perhatikan penempatan dan penggunaan rumus dibawah ini;

contoh format laporan keuangan bulanan excel

Keterangan Rumus:
Pada cell F6 masukan rumus =D6-E6
Pada cell F7 masukan rumus =(F6+D7)-E7
Pada cell F8 masukan rumus =(F7+D8)-E8
Pada cell F9 masukan rumus =(F8+D9)-E9
Pada cell F10 masukan rumus =(F9+D10)-E10
Pada cell F11 masukan rumus =(F10+D11)-E11
Pada cell F12 masukan rumus =(F11+D12)-E12
Pada cell F13 masukan rumus =(F12+D13)-E13
Pada cell F14 masukan rumus =(F13+D14)-E14
Pada cell F15 masukan rumus =(F14+D15)-E15
Pada cell F16 masukan rumus =(F15+D16)-E16
Pada cell F17 masukan rumus =(F16+D17)-E17
Pada cell F18 masukan rumus =(F17+D18)-E18
Pada cell F19 masukan rumus =(F18+D19)-E19
Pada cell D20 masukan rumus =SUM(D6:D19)
Pada cell E20 masukan rumus =SUM(F6:F19)
Pada cell F20 masukan rumus =D20-E20

Rumus-rumus yang digunakan masih menggunakan rumus standar operasi matematika, belum menggunakan fungsi formula dan fungsi lainnya, karena data yang digunakan masih sedikit yang bisa diselesaikan dengan rumus sederhana.

Untuk pemgolahan data yang lebih kompleks bisa menggunakan rumus fungsi yang lebih kompleks juga seperti penggunaan rumus formula lookup dan rumus-rumus lainnya.

Atau unduh contoh format laporan keuangan Excel yang lebih rumit ini;

Untuk mengotomasi pengguaan format pembukuan excel sesuai format diatas, anda tinggal menghapus nominal dan deskripsi transaksi saja dengan cara; blok area kolom yang akan dihapus datanya, kemudian tekan tombol DEL pada keyboard.

cara membuat laporan keuangan dengan excel

Jika anda ingin menambahkan baris, tinggal meletakan kursor di cell bagian bawah kemudian klik menu Home, klik icon Insert, kemudian klik Insert Sheet Rows. Atau anda juga bisa melakukan cara lainnya yaitu dengan meletakan kursor di baris terakhir, kemudian klik kanan, kemudian klik Insert, kemudian klin Entry Rows.

Unduh format contoh laporan keuangan xls download

Cara Mencetak Laporan Keuangan Excel

Setelah pencatatan keuangan selesai berikutnya harus dicetak / di print. Bagi anda yang belum tau cara mencetak dokumen di Microsoft Excel, atau belum paham betul pengaturan properties Printer pada saat hendak mencetak dokumen Excel, perhatikan cara dibawah ini;

Beberapa hal yang harus dilakukan sebelum mencetak dokumen Microsoft Excel;

cara ngeprint di microsoft excel

1). Blok area yang akan di Print
2). Klik Page Layout – pilih Size – pilih ukuran kertas misalnya Legal
3). Klik Orientation – pilih Potrait (posisi kertas berdiri) atau Landscape (posisi kertas horizontal)
4). Klik Print Area – klik Set Print Area
5). Baru klik icon Printer

Seting Set Print Area sangat perlu dilakukan, karena jika tidak dilakuka set print area terlebih dahulu mencetak dokumen di Microsoft Excel tidak akan sesuai, bisa saja ada yang terpotong atau tidak sesuai denga ukuran kertas yang dipilih.

Modul Microsoft Excel Untuk Membuat Pembukuan

Jika anda ingin membuat laporan keuangan menggunaka aplikasi perkantoran Microsoft Excel baik yang sederhana maupun yang lebih spesifik denga mengguakan rumus-rumus fungsi, silahka pelajari rumus-rumus excel terlebih dahulu.

Untuk anda yang belum perhan belajar rumus-rumus excel yang spesifik, anda bisa mempelajarinya melalui modul Microsoft Excel yang sudah kami buat. Anda tinggal mengikuti panduan pegguaan rumus-rumus excel secara step by step, dan dalam tempo tidak terlalu lama anda akan terbiasa dan mahir membuat berbagai aplikasi di Microsoft Excel.

modul excel akuntansi

Dengan menggunaka Modul Microsoft Excel pro tersebut, anda akan cepat menguasai berbagai pengguaan rumus fungsi dan formula Microsoft Excel.

Demikian panduan singkat Cara Membuat Pembukuan Sederhana Menggunakan Excel ini, mudah-mudahan bermanfaat, terutama untuk pengujung website modulkomputer.com yang sedang mencari informasi tersebut atau yang sedang belajar membuat format-format pembukuan sederhana menggunakan rumus-rumus fungsi matematika di Microsoft Excel. Selamat mencoba!

Dapatkan Modul Komputer Pilihan Dibawah ini:

Lihat produk-produk Modul Komputer kami Disini

BONUS:
Tiap paket modul yang anda beli sudah dilengkapi dengan BONUS-BONUS modul komputer menarik lainnya. Dan BONUS administrasi mengajar, administrasi kursus, template sertifikat, dan contoh proposal pendirian lembaga kursus komputer.

CARA PESAN MODUL:
Pesan / Order modul yang anda pesan melalui SMS/WA ke nomor: 0813 1951 3609
Contoh: "Order Modul TIK SD, Bapak Abdul, Jakarta"

ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP