Kisi-kisi Soal Uji Teori Kejuruan SMK Semua Jurusan

Kisi-kisi Soal Uji Teori Kejuruan SMK Semua Jurusan-Uji kompetensi atau uji kompetensi keahlian merupakan ujian praktik di satuan pendidikan sekolah menengah kejuruan (SMK). Ujikom / UKK ini dilaksanakan untuk mengukur ketercapaian kompetensi keahlian siswa yang dilaksanakan sebelum pelaksanaan ujian nasional (UN), adapun penguji biasanya merupakan assessor yang diambil dari dunia industri. Adapun lama pelaksanaan ujikom sesuai lamanya durasi ujian yang diatur dalam soal uji kompetensi keahlian.

kisi kisi soal uji kompetensi keahian smk 2018 soal ujikom smk

Hal-hal penting yang perlu diketahui tentang pelaksanaan uji kompetensi keahlian sebagai berikut;

  • Ujikom dapat dilaksanakan menggunakan standar yang ditetapkan oleh industri, Lembaga Sertifikasi Profesi dan perangkat uji yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Tempat-tempat uji kompetensi.
  • Satuan pendidikan yang menyelenggarakan UKK harus dinyatakan layak sebagai tempat uji kompetensi oleh koordinator Ujian Nasional Tingkat Provinsi atau Lembaga Sertifikasi Profesi.
  • Perangkat ujian praktik yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersifat terbuka dan peserta uji dapat berlatih menggunakan perangkat ujian tersebut sebelum pelaksanaan ujian.

Perangkat umum uji kompetensi keahlian SMK

Secara umum perangkat uji kompetensi keahlian terdiri dari;

  • Kisi-kisi Soal/Ujian Teori kejuruan (KST). Kisi-kisi soal ujian Teori Kejuruan merupakan konsep, prinsip-prinsip, prosedur, materi,bahan, dan lain-lain yang harus dikuasai peserta uji dalam melaksanakan pekerjaan bidang tertentu. Kisi-kisi ujian Teori kejuruan terbuka untuk umum.
  • Soal Teori Kejuruan (STK) adalah berupa soalpilihan ganda dengan 5 opsi jawaban. Soal Teori Kejuruan terdiri dari model Ujian Nasional Berbasis Kertas (Paper-based Test) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (Computer-based Test).
  • Kisi-kisi Soal Praktik Kejuruan (KSP). Kisi-kisi soal ujian Praktik Kejuruan merupakan kompetensi utama Standar Kompetensi danKompetensi Dasar yang harus dikuasai peserta uji dalam melaksanakan pekerjaan bidang tertentu. Kisi-kisi ujian Praktik kejuruan digunakan sebagai acuan dalam pembuatan perangkat ujian praktik kejuruan (Soal Praktik Kejuruan, LembarPedoman Penilaian, dan Instrumen Verifikasi)
    Soal Praktik Kejuruan (SPK) adalah berupa penugasanbagi peserta uji untuk membuat atau proses dan mengerjakan suatu produk/jasa
  • Lembar Pedoman Penilaian Soal Praktik (PPsp) adalah rubrik yang digunakan untuk pemberian skor setiap komponen penilaian. Lembar penilaian memuat komponen penilaian, sub-komponen penilaian, pencapaian kompetensi, dan kriteria penilaian.
  • Dan terakhir; Instrumen Verifikasi Penyelenggara Ujian Praktik Kejuruan (InV) adalah instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan satuan pendidikan atau institusi lain sebagai tempat penyelenggaraan ujian Praktik Kejuruan. Instrumen verifikasi memuat standar persyaratan peralatan utama, standar persyaratan peralatan pendukung,standar persyaratan tempat/ruang serta memuat persyaratan penguji yang terdiri atas penguji internal dan eksternal

Kisi-kisi Soal Uji Kompetensi Keahlian SMK

Berikut dokumen kisi-kisi soal uji kompetensi keahlian SMK terbaru;

> Kisi-kisi soal uji kompetensi keahlian SMK

Silahkan diunduh kisi-kisi soal uji kompetensi keahlian tersebut. Kisi-kisi penting untuk diketahui oleh pengelola SMK, terutama oleh panitian ujian nasional, dan guru produktif yang tentunya memiliki tanggungjawab moral terhadap kompeten tidaknya siswa siswinya pada saat dilakukan penilaian oleh assessor uji kompetensi keahlian dari dunia indusri.

Selain kisi-kisi soal uji kompetensi keahlian tersebut, beberapa dokumen berikut juga penting untuk pelaksanaan uji kompetensi keahlian di masing-masing satuan pendidikan;

  • Instrumen Ujian Praktik Kejuruan
  • POS Ujian Nasional
  • Panduan Uji Kompetensi Keahlian

Soal Uji Kompetensi Keahlian SMK

Setelah melihat kisi-kisi soal uji kompetensi keahlian SMK, dan beberapa berkas pendukung lainnya untuk digunakan sebagai acuan pada pelaksanaan ujikom tahun ini. Berikutnya dokumen yang paling penting lainnya adalah soal uji kompetensi keahlian.

Soal uji kompetensi keahlian ini biasanya terdiri dari beberapa paket soal. Biasanya terdiri dari 3 paket soal, yaitu soal ukk/ujikom SMK paket 1, soal ukk/ujikom SMK paket 2, soal ukk/ujikom SMK paket 3. Tiap paket soal memiliki tingkat / bobot soal berbeda.

Soal uji kompetensi keahlian SMK semua jurusan

Karenanya tiap satuan pendidikan SMK bebas memilih salah satu dari paket – paket soal UKK/ujikom tersebut, dan tidak boleh memilih dua paket atau ketiga-tiganya.

Demikian informasi mengenai kisi-kisi soal uji kompetensi keahlian SMK, soal uji kompetensi keahlian SMK dan berkas-berkas lainnya pendukung pelaksanaan uji kompetensi keahlian SMK tahun ini. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *