5 Ciri Modul Komputer Yang Mudah Dipelajari Oleh Siswa

ciri ciri modul komputer yang baik yang mudah dipelajari

Bagi anda yang ingin mengajar menggunakan modul komputer, dan sebelumnya belum pernah menggunakan modul komputer untuk bahan mengajarnya, sebaiknya ketahui dahulu beberapa hal mengenai modul, khususnya modul pelajaran komputer. Tidak semua modul komputer dapat membantu anda dalam mempermudah transfer materi pelajaran komputer, karena ada saja modul yang tidak mudah untuk dipelajari lantaran penyajian materi dalam modul tidak jelas serta kurangnya petunjuk / instruksi dalam bentuk visual.

Untuk itu ketahui 5 ciri modul pelajaran komputer yang mudah dipelajari, ciri-ciri tersebut dapat anda jadikan acuan sebelum menggunakan modul yang mungkin anda memperolehnya dengan cara membelinya.

1. Materi yang disajikan dalam modul runtut

Modul komputer yang baik materinya runtut sesuai silabus. Ciri-ciri materi yang runtut disajikan dengan penulisan materi 1, materi 2, materi 3 dan seterusnya. Setiap materi merupakan materi ajar dari kompetensi dasar (KD), bukan materi khayalan penyusun modul.

2. Gaya bahasa penulisan mudah dipahami oleh siapapun

Biar bagaimanapun bahasa merupakan alat komunikasi utama. Sebagai alat komunikasi maka harus bisa dipahami oleh orang yang diajak berkomunikasi, siapa yang diajak berkomunikasi, ya pengguna modul.

Apa jadinya lantaran gaya bahasa penulisan modul terlalu baku, padahal modul tersebut digunakan oleh anak-anak usai sekolah dasar, pasti anak-anak tersebut tidak akan mampu memahami apa yang mereka baca sehingga materi yang sudah ditulis panjang lebar ternyata tidak dipahami.

Gaya bahasa penulisan modul sebaiknya gaya bahasa sehari-hari yang mudah dipahami oleh siapapun. Apalagi kalau yang akan menggunakan modul adalah anak-anak, maka menyederhanakan bahasa adalah suatu keharusan.

3. Petunjuk / langkah-langkah penggunaan menu menggunakan visual yang jelas

Bukan cuma gaya bahasa yang mesti diperhatikan, petunjuk atau langkah praktik juga harus mendapat perhatian khusus.

Bukan modul komputer namamnya kalau isinya cuma teks doang. Modul pengoperasian aplikasi komputer harus disertai dengan petunjuk langkah penggunaan menu dengan visualisasi yang jelas.

Ada screenshoot tampilan menu yang digunakan, ada petunjuk step by step, biasanya dengan menggunakan petunjuk berupa anak panah, dan disertai pula dengan keterengan yang jelas, sehingga pengguna mudah mengikuti petunjuk dalam modul tersebut.

4. Ada soal-soal latihannya

Jangan lupa, modul yang baik mestinya disertai dengan soal-soal latihan. Baik latihan praktik maupun latihan teori.

Bisanya latihan praktik dibuat setelah petunjuk menggunakan menu tertentu selesai ditampilkan, kemudian setelahnya untuk menguji pemahaman pengguna modul, maka dilengkapi dengan soal latihan praktik.

Dan untuk menguji pemahaman pengguna secara teoritis biasanya penyusun modul juga melengkapi soal-soal latihan teori, biasanya soal ini digunakan untuk ulangan harian dan ulangan umum semester.

Mungkin kriteria modul yang mudah dipelajari, berbeda-beda.

Lain orang lain pendapat.

Mungkin pendapat anda juga berbeda tentang ciri-ciri modul yang mudah dipelajari oleh siswa tersebut.

Tapi empat kriteria diatas merupakan ciri-ciri modul yang menurut saya mudah dipahami dan mudah dipelajari oleh siswa. Jika salah satu kriteria diatas tidak ada, maka saya menganggap modul tersebut tidak mudah dipelajari oleh siswa.

Ciri modul komputer yang baik menurut para ahli

Kriteria modul yang baik dari buku yang saya baca, judul bukunya “media pembelajaran yang ditulis oleh Drs.Rudi Susilana, M.Si dan Cepi Riana, M.Pd bahwa ciri modul yang baik tersebut memiliki ciri sebagai berikut:

Modul harus bersifat Self Contained, artinya seluruh materi pembelajaran dari satu kompetensi atau sub kompetensi terdapat dalam satu modul secara utuh.

Modul harus bersifta Stand alone (berdiri sendiri), artinya modul yang dibuat tidak tergantung kepada bahan ajar lain atau tidak harus digunakan bersama-sama dengan bahan ajar lain. Dengan menggunakan modul siswa tidak usah lagi menggunakan bahan ajar lain, cukup dengan modul.

Modul hendaknya bersifat adaptif. Artinya isi modul tersebut dapat menyesuaikan dengan perkembangan ilmu dan teknologi serta fleksibel digunakan diberbagai tempat. Misalnya modul berisi penggunaan softare, maka software yang digunakan bisa dalam jangka waktu lama, bukan temporer.

Modul hendaknya memiliki sifat user friendly. Artinya, mudah dipahami dan digunakan oleh pemakainya. Maksudnya tidak ribet dengan bahasa baku yang panjang lebar, melebar kemana-mana yang pada akhirnya pengguna tidak bisa mempraktikan petunjuk materi dalam modul tersebut.

Lihat: Modul TIK/Komputer Kelas 1 SD

Penutup

Menentukan kriteria modul komputer yang baik, yang mudah dipahami dan dipelajari oleh siswa tidak susah, dengan membaca dan melihat isi modul kita bisa langsung menyimpulkan apakah modul tersebut gampang dipahami atau susah.

Gampang dipahami oleh orang banyak, bukan cuma gampang dipahami oleh orang tertentu saja. Kalau modul tersebut sudah bisa dipahami oleh orang banyak maka modul komputer tersebut sudah memiliki kriteria modul yang mudah dipelajari.

Kalau modul komputer yang nantinya akan digunakan oleh siswa, maka cara memahaminya adalah dengan seolah-olah kita adalah siswa, dengan memposisikan kita sebagai siswa tentu kita dapat menilai apakah modul itu mudah dipelajari atau susah dipelajari.

Artikel ringan ini ditulis oleh: Mulyadi Tenjo
Guru SMK pada mapel produktif Multimedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *