Panduan Membuka Kursus Disain Grafis Lengkap

Panduan membuka kursus disain grafis ini admin sajikan dengan lengkap dari A sampai Z akan dibahas pada artikel web modulkomputer kali ini. Untuk itu bagi anda yang sedang mempertimbangkan peluang bisnis kursus disain grafis silahkan membaca sampai tuntas pembahasannya. Apa saja yang akan kami bahas? Mulai dari membaca peluang dan prospek kursus disain grafis, keterkaiatan kompetensi / skil disain grafis dengan peluang usaha dan peluang pekerjaannya, standar kompetensi kerja nasional dibidang disain grafis, sampai kepada cara mempromosikan keberadaan bisnis kursus disain grafis dengan cara yang epektif, murah dan siap meroketkan bisnis kursus disain grafis yang anda kelaola.

kursus desain grafis

Karena artikel ini sangat menarik, dan pantas untuk dibaca sampai tuntas, maka luangkan waktu anda untuk membacanya secara seksama dan tidak melewatinya satu paragrafpun.

Peluang dan Prospek Kursus Disain Grafis

Sebelum mengambil keputusan membuat unit bisnis dibidang kursus disain grafis, pastinya anda akan mempertimbangkan peluang dan prospek dari unit bisnis yang akan anda buat tersebut. Pertimbangan yang matang akan mengurangi resiko kegagalan yang fatal. Setidaknya kalau anda gagal dalam bisnis ini, anda tidak benar-benar gagal total.

Mari kita bahas tentang peluang bisnis kursus komputer dibidang disain grafis yang akan anda buat / buka nanti, peluang-peluang tersebut mungkin sebenarnya sudah anda kuasai tapi luput dari ingatan anda karena tidak ada pemicu yang memunculkan pemahaman anda pada peluang-peluang tersebut. Artikel ini diharapkan jadi pemicunya dan kembali membuka dan menterjemahkan pemahaman-pemahaman tersebut.

1). Peluang Dari Diri Sendiri

Banyak orang yang gagal membangun unit bisnisnya lantaran mereka tidak mengetahui peluang keberhasilan yang bisa dioptimalkan oleh kemampuan yang ada pada dirinya.

Saya yakin, ketika anda berencana membuka unit bisnis kursus disain grafis ini anda paham dengan peluang dari dari diri anda sendiri. Apa itu?

Yang pertama anda paham dengan potensi diri, pasti anda menguasai skil dibidang disain grafis, menguasai software-software disain grafis seperti Adobe Photosop, Adobe Ilustratir, Corel, Indesign, dan lain sebagainya, atau minimal menguasai satu diantara software disain grafis tersebut.

Yang kedua, karena anda paham dengan potensi diri dibidang disain grafis tersebut, pastinya anda percaya diri ketika anda harus terjun langsung mengajari orang sampai menguasai standar minimal penguasaan software disain grafis dalam kelas kursus yang anda buka.

Yang ketiga, karena nda percaya diri dengan segala kemampuan dibidang software disain grafis, pastinya anda akan siap dengan berbagai trouble, tuntutan pasar, tuntutan dunia kerja dan tuntutan lainnya yang diinginkan orang-orang yang akan belajar software disain grafis ke anda.

Dengan memahami peluang diri sendiri tersebut, maka seharusnya anda tidak akan berpikir terlalu lama untuk segera membuka unit usaha dibidang kursus komputer disain grafis. Dan dalam bisnis, semakin cepat memulai maka akan semakin cepat pula anda mengetahui tantangan dan solusinya sehingga kemungkinan berhasil semakin cepat pula.

2). Mengetahui Kebutuhan Masyarakan di Bidang Disain Grafis

Cara lain untuk mengetahui peluang bisnis adalah dengan mencari tahu kebutuhan masyarakat di tempat unit bisnis yang akan dibuat, dalam hal ini tentu unit bisnis kursus komputer disain grafis.

Kalau di tempat anda banyak anak-anak sekolah terutama yang bersekolah di jenjang SMA SMK atau tingkat kesaadaran terhadap pendidikannya tinggi, maka kemungkinan minat untuk belajar disain grafis juga cukup besar. Tinggal bagaimana anda memperkenalkan unit bisnis kursus disain grafis anda, merayu dengan promosi yang smart, meyakinkan kemampuan disain grafis berpeluang dengan kemudahan memperoleh pekerjaan dan wira usaha. Untuk kemampuan yang satu ini kita akan membahasnya pada paragraf cara memprmosikan bisnis kursus disain grafis.

Yang perlu anda pahami dan terus dicari yaitu cara meyakinkannya kepada masyarakat adalah, bahwa kebutuhan akan disain grafis sangat besar dan akan terus dibutuhkan. Jasa pembuatan spanduk, reklame, brosur, pamplet, poster, disain cover buku, disain majalah, editing foto dan jenis media promosi lainnya semuanya adalah bagian dari disain grafis. Pun dengan keberadaan bisnis melalui internet yang semuanya membutuhkan disan visual yang tentunya harus dikerjakan oleh orang yang memiliki kemampuan dibidang disain grafis.

3). Memodifikasi Usah Sejenis

Salah satu menciptakan peluang bisnis adalah dengan memodifikasi jenis bisnis yang sejenis. Ini juga bisa diterapkan pada bisnis disain grafis.

Ada banyak jasa percetakan dengan tempat yang luar biasa berantakan, baik tata letak maulun dari segi kenyamanan dan kebersihan. Umumnya seperti itu, tumpukan orderan yang sudah jadi, komputer lusush, properti disain yang berserakan dan lain sebagainya. Pemandangan semacam ini bisa dimodifikasi, anda bisa menciptakan tempat yang nyaman layaknya kantor yang homie, atau kafe yang membuat orang nyaman.

Atau begini, biasanya bisnis desain grafis lebih kepada jasa pembuatan desain sesuai dengan order. Umumnya seperti itu. Nah, anda bisa memodifikasinya dengan hal baru. Anda tidak lagi cuma menerima jasa desain sesuai order, melainkan menawarkan jenis desain yang sudah anda buat kepada calon konsumen.

Misalnya, anda membuka distro. Anda membuat berbagai desain kaos kreatif, dan calon konsumen bisa memilih jensi desain tersebut, plus memilih warna, ukuran dan jenis kaos yang akan mereka beli. Konsep ini sebenarnya membuka usaha distro, dan desain grafis sebagai penunjangnya. Atau bisa dibalik, sebenarnya anda menjalankan bisnis desain grafis, dan distro sebagai media untuk mendatangkan konsumennya.

Ada banyak jenis modifikasi usaha desain grafis yang bisa anda coba. Silahkan pikirkan dengan tim anda jika usaha dilakukan dengan join. Atau browsing di internet mencari mengamati para pebisnis desain grafis dengan model dan konsep yang mereka jalankan, anda bisa menirunya untuk bisnis desain grafis yang akan anda jalankan.

Hal seperti ini bisa diterapkan pada saat anda hendak membuka kursus desain grafis.

Yang pertama modifikasi tempat, yang biasanya apa adanya yang penting ada komputer dan instruktur menjadi ruangan belajar yang nyaman layaknya di kafe atau jenis ruang yang nyaman lainnya.

Atau sambil jualan kaos distro dengan jasa desain kreatif yang sudah dijelaskan diatas, anda juga membuka kelas kursus desain grafis distro misalnya. Orang yang tertarik dengan desain pada kaos yang dibelinya biasanya juga memiliki kecenderungan tertarik belajar desain grafis, dengan melihat kelas kursus yang anda tawarkan pastinya orang tersebut akan mendaftar sebagai peserta kursus desain grafis yang anda tawarkan. Tentu, karena ini sambil menjalankan bisnis lain, maka anda harus paham bagaimana menentukan waktu belajar peserta kursusnya.

4). Jualan Produk Lain padahal Bisnis Desain

Ini konsepnya sama dengan memodifikasi, yang dijual apa yang dijalankan bisnis apa. Dalam konsep ini, anda bisa menjual produk-produk yang sepertinya tidak ada hubunganya dengan desain grafis, padahal anda menjalankan bisnis desain grafis.

Contoh uniknya adalah penjual voucher pulsa perdana yang sambil jualan voucher atau isi pulsa mereka menerima cetak pas photo. Dan orang yang datang kesana biasanya mula-mula memang mau beli pulsa, tapi karena melihat jasa cetak pas photo anda, pada kunjungan berikutnya mereka datang untuk cetak photo.

Konsep ini juga bisa anda terapkan pada saat anda berencana membuka kursus desain grafis.

Motifnya sama seperti jualan pulsa buka cuce cetak pas photo. Anda bisa membuka produk kursus yang laris dulu, sementara sambil membaca pergerakan pasar, anda bisa menjual produk kursus desain grafis juga.

5). Menjadi Spesial One

Apa sih artinya spesial one? Jangan diartikan, tapi kurang lebih seperti ini maksudnya. Jadilah anda satu-satunya lembaga kursus desain grafis. Hanya membuka kelas desain grafis, tidak yang lainnya.

Ingat, spesial itu unik. Jadi yang belajar di lembaga kursus anda adalah orang-orang yang hanya ingin belajar desain grafis, tidak ingin belajar office, pemrograman, dan lainnya. Dan dengan hanya satu-satunya lembaga desain kursus desain grafis, lembaga anda akan terlihat dan gampang direkomendasikan.

Tantangannya, ketika anda hanya satu-satunya lembaga kursus desain grafis, maka anda harus menjadi sumber belajar desain grafis yang lengkap. Mau belajar photosop ada, mau belajar Ilustrator ada, mau belajar Indesign ada, mau belajar Corel juga ada, dan semua fitur belajar desain grafis ada, bukan hanya software melainkan deteail desain grafis lainnya seperti digital printing, sablon, 3D Printing dan lain sebagainya.

Mempromosikan Kursus Desain Grafis

Setelah anda mengetahui peluang dan prospek bisnis yang akan bangun, dalam hal ini kursus desain grafis. Apakah konsepnya modifikasi, menjual produk lain sebagai triger, atau benar-benar menjadi special one, satu-satunya lembaga kursus desain grafis di daerah pilihan anda.

Mengenai perizinan, dan konsep pembuatan gedung dan lain sebagainya yang berkaitan dengan properti lembaga, silahkan anda membaca artikel pendukung lainnya tentang tata cara perizinan kursus komputer yang sudah admin siapkan untuk anda pada last artikel yang husus membahas materi ini.

Untuk mempromosikan kursus desain grafis pada dasarnya sama saja dengan cara mempromosikan produk kursus komputer lainnya. Hal-hal yang umum dilakukan dalam promosi kurang lebih seperti ini:

Persiapan Promosi Secara Ofline:

  • Menyusun daftar rencana promosi, juga menyiapkan kebutuhan alat promosi (brosur, banner, dll)
  • Tentukan target promosi, dalam hal ini segmentasi pasar, kalau targetnya anak-anak muda maka lakukanlah promosi ke tempat yang banyak anak mudanya, begitu seterusnya.
  • Tentukan waktunya (hari, tanggal, tempat promosi)
  • Lakukan secepatnya, kalau semua kebutuhan alat promosi sudah siap, target sudah terdeteksi, waktunya sudah direncanakan, maka segeralah lakukan promosi agar usaha anda cepat diketahui orang banyak.

Persiapan Promosi Secara Online:

  • Pilih media online untuk promosinya, yang paling mudah adalah menggunakan sosmed maka buatlah segala keperluannya (stiker, image, teks yang tinggal salin tempel, dll)
  • Lakukan promosi secara berkala, misalnya setiap dau hari sekali, atau seminggu sekali dan lakukanlah untuk semua sosmed. Atau bisa setiap hari, misalnya untuk IG dan FB bisa promosi setiap hari tapi bukan menggunakan fitur postingnya melainkan fitur story. Kalau WA bisa menggunakan promosi setiap hari menggunakan SnapWA.
  • Buat teks yang berisi promosi anda, kemudian meminta bantuan temen-temen untuk membagikannya ke temen-temenya. Dan jangan sungkan untuk memberi reward, misalnya pulsa dan lainnya.

Karenanya silahkan anda membaca tips mempromosikan lembaga kursus komputer yang sudah admin terbitkan pada artikel strategi mempromosikan usaha kursus komputer, untuk kursus desain grafis pun kurang lebih sama seperti itu strateginya.

Penutup Bahasan

Demikian pembahasan mengenai panduan membuka kursus desain grafis ini, kurang lebih ulasan lengkapnya seperti itu, untuk penguatan data dan lain sebagainya mengenai persiapan membuka kursus desain grafis silahkan anda mencari literatur lainnya. Point penting dari bahasan ini adalah, tahapan memulainya, cara mempromosikannya dan kemauan yang kuat untuk mebuka usaha kurusus. Akhirnya, semoga saja artikel ini bermanfaat untuk anda yang sedang mencari referensi tentang bagaimana membuka kurus komputer desain grafis.


Dapatkan Modul Komputer Pilihan Dibawah ini:

Lihat produk-produk Modul Komputer kami Disini

BONUS:
Tiap paket modul yang anda beli sudah dilengkapi dengan BONUS-BONUS modul komputer menarik lainnya. Dan BONUS administrasi mengajar, administrasi kursus, template sertifikat, dan contoh proposal pendirian lembaga kursus komputer.

CARA PESAN MODUL:
Pesan / Order modul yang anda pesan melalui SMS/WA ke nomor: 0813 1951 3609
Contoh: "Order Modul TIK SD, Bapak Abdul, Jakarta"

ORDER NOW VIA CHAT WHATSAPP