Materi-materi Pelajaran Komputer Yang Menarik Untuk Anak SD

Materi-materi Pelajaran Komputer Yang Menarik Untuk Anak SD, ya sengaja saya menuliskan tentang beberapa materi pelajaran komputer yang dianggap menarik jika diberikan kepada anak usia Sekolah Dasar. Dianggap menarik, ini berdasarkan respon anak-anak pada saat saya mengajarkan materi ini kepada siswa yang admin ajar di level Sekolah Dasar. Apa saja materi pelajaran komputer yang menarik tersebut?

Dibawah ini akan anda temukan beberapa materi pelajaran komputer yang pernah saya ajarkan kepada siswa-siswi di level Sekolah Dasar, dan materi-materi tersebut mendapat respon yang bagus dari siswa-siswi saya, artinya mereka sangat senang dengan materi – materi pelajaran komputer tersebut.

Materi Mewarnai Untuk SD Kelas Bawah

Materi mewarnai memang selalu mendapatkan respon luar biasa, karena anak akan menemukan berbabagai macam jenis warna kontras yang memancing perhatian mereka.

Pada materi mewarnai ini, siswa sebenarnya cuma klak klik mouse saja, memilih warna yang menurut mereka menarik, kemudian menuangkannya kedalam objek yang sudah saya siapkan sebelumnya. Objek-objek yang siswa warnai merupakan bentuk yang dekat dengan keseharian mereka, yang tentunya sesuai dengan usia anak SD, lebih spesifik lagi dengan usia kelas bawah. Seperti bentuk bulan, bentuk matahari, bentuk bunga, bentuk bintang, lingkaran, pizza, burger dan bentuk lainnya.

Manfaat Materi Pelajaran Komputer Mewarnai Untuk Anak

Sebelum ke hal yang lebih teknis, seperti apa contoh objek yang anak-anak warnai, aplikasi komputer apa yang tepat untuk pelajaran mewarnai, cara mengajar dan bahan mengajarnya, mari kita simak tentang manfaatnya terlebih dahulu mengenai materi mewarnai ini.

#1. Mengasah kemampuan Visual anak
Menurut penelitian bahwa 74% pengetahuan yang kita miliki diperoleh dari kemampuan visual, 12% dari kemampuan mendengar, dan sisanya dari sumber pengetahuan lain. Karena besarnya presentase kemampuan visual terhadap cara seseorang mendapatkan suatu pengetahuan, maka materi mewarnai sangat relevan diajarkan kepada anak usia sekolah dasar.

#2. Mengasah kemampuan Estetika
Mewarnai berbagai bentuk objek dengan warna warni yang anak-anak sukai akan melatih siswa mengenai perpaduan warna yang serasi, hal seperti ini akan mengasah kemampuan estetika anak.

#3. Mengenal konsep bentuk
Berbagai objek yang diwarnai siswa, dengan sendirinya anak-anak / siswa akan mengenali berbagai jenis bentuk. Misalnya bentuk kotak itu seperti apa, bulat itu seperti apa, segi tiga itu seperti apa.

#4. Melatih kreativitas
Menuangkan sapuan warna kedalam berbagai jenis bentuk, tentu akan mengasah kreativitas anak. Mereka akan mengetahui jenis-jenis warna yang menarik, cara mewarnai, dan memadukan warna. Itu semua permulaan yang bisa mengasah daya kreatif anak.

Contoh Objek Untuk Diwarnai Anak SD

Karena ini untuk kelas bawah, maka objek-objek yang digunakan harus dipilih yang sesuai dengan usia dan keseharian mereka. Maka carilah bentuk-bentuk yang umumnya sudah mereka kenali dalam kehidupan nyatanya baik pada saat di rumah, di sekolah atau dilingkungan lainnya.

Dan jangan lupa untuk mengkolerasikan bentuk objek yang akan diwarnai anak dengan pelajaran lainnya, misalnya dengan pelajaran matematika, maka bentuk bangun ruang adalah pilihan yang tepat.

Berikut beberapa contoh objek untuk bahan mewarnai

pelajaran komputer SD materi mewarnai

Aplikasi Untuk Belajar Mewarnai Menggunakan Komputer Untuk Anak SD

Sekarang aplikasi yang digunakannya apa dong? Ada banyak aplikasi yang bisa kita pilih untuk materi mewarnai yang cocok digunakan oleh siswa SD kelas bawah.

#1. Pilihan pertama adalah Microsoft Paint
Selain mudah digunakan, MS Paint juga umumnya sudah terinstalasi pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows. Karena umumnya orang Indonesia menggunakan OS Windows, jadi MS Paint menjadi pilihan yang sangat tepat menurut saya.

#2. Paint SAI
Aplikasi ini secara fungsi sama dengan MS Paint, tapi aplikasi ini lebih canggih lagi. Karena didukung oleh banyak fitur yang tidak dimiliki oleh MS Paint. Tetapi penggunaanya tidak semudah mengoperasikan Paint. Sekalipun begitu aplikasi ini bisa digunakan untuk mengajar SD.

#3. Tux Paint
Aplikasi ini lebin mudah lagi untuk digunakan oleh anak usia 3 sampai 12 tahun. Fitur yang ada pada aplikasi Tux Paint terlihat kontras dikiri dan samping layar, tinggal klak klik saja. Untuk mengenalkannya juga sangat mudah, jadi aplikasi ini lebih cocok sebenarnya untuk mendukung kegiatan belajar mewarnai anak SD kelas bawah.

Selain tiga aplikasi untuk mewarnai diatas, masih banyak lagi aplikasi komputer yang memiliki fungsi sama yang bisa dicoba dan digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mewarnai menggunakan komputer bagi anak SD kelas bawah, misalnya ada Kea Coloring Book, sekolahgambar, dan lainnya.

Untuk memudahkan mengajar materi mewarnai objek di kelas bawah ini, yaitu kelas 1 sampai dengan kelas 3 SD, saya sudah membuatkan modul komputer tingkat SD, dalam modul tersebut sudah lengkap berisi materi-materi pembelajaran komputer / TIK level SD, praktis dan memudahkan dalam proses KBM.

Materi Membuat Animasi Sederhana

Selain materi mewarnai, materi yang menyenangkan lainnya bagi anak-anak usia SD yaitu membuat animasi. Anak sangat senang ketika berhasil membuat objek-objek yang kemudian mereka gerakan menggunakan tools aplikasi.

Animasi yang dibuat merupakan animasi-animasi sederhana, ya seperti menggerakan objek bola memantul, objek cliptart berjalan yang semuanya itu bisa digerakan menggunakan tools animations pada aplikasi Powerpoint. Ada banyak cutom animations yang bisa digunakan untuk menggerakan objek, dan jika diajarkan dengan baik menggunakan prinsip-prinsip animasi maka objek yang digerakan menggunakan tool animations di powerpoint tersebut bisa menjadi adegan movie yang menarik.

belajar membuat animasi untuk anak sd

Dengan menggunakan powerpoint, anak-anak usia SD bisa dibimbing untuk mampu membuat animasi motion guide, stop motion. Tentu dengan proses yang sederhana, tidak seperti proses membuat animasi menggunakan software 2D atau 3D.

Tentu untuk mampu menggiring anak mampu menciptakan kreasi animasi yang menarik, diperlukan bahan ajar dan contoh-contoh kreasi yang sebelumnya sudah dibuat oleh guru. Untuk itu saya membuat panduan mengajar khusus yang didalamnya berisi materi animasi sederhana, seperti dalam modul ini.

Aplikasi-aplikasi Pendukung Pelajaran Membuat Animasi untuk SD

Ada banyak pilihan aplikasi yang bisa menjadi media pendukung pembelajaran komputer yang materinya membuat animasi sederhana.

#1. Powerpoint
Saya menempatkan aplikasi ini diurutan pertama, karena aplikasi Offie buatan Microsoft ini memang sangat familiar, dan saya yakin hampir di semua komputer ada aplikasi ini. Disamping familiar, Powerpoint juga sangat mudah digunakan, dan yang lebih penting dalam aplikasi yang sejatinya dibuat untuk kebutuhan membuat slide presentasi ini ada tools Animationsnya yang bisa digunakan untuk membuat berbagai gerakan animasi yang menarik , dan ini mudah diajarkan kepada anak-anak usia SD.

#2. Pivot Animator
Aplikasi ini juga bisa dijadikan salah satu pilihan aplikasi pada saat hendak mengajar cara membuat animasi sederhana kepada anak SD.

#3. Scratch
Selain dua aplikasi diatas, Scratch bisa menjadi pilihan menarik untuk digunakan sebagai aplikasi untuk membuat animasi sederhana, aplikasi ini cocok untuk anak-anak. Penggunaanya tidak terlalu sulit, cukup dengan cara drag dan drop elemen, hal inilah yang membuat aplikasi ini pantas diajarkan kepada anak usia sekolah dasar.

Untuk sementara bahasan Materi Pelajaran Komputer Yang Menarik Untuk Anak SD ini kita cukupkan dulu, bahasanya masih panjang sebenarnya, nanti kita sambung kembali.